Kamis, 04 Agustus 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


CFVD Agustus 2011

Posted:

CHIP Foto Video Digital edisi Agustus 2011 telah beredar. Simak tes pengujian kamera DSLR 600D versus D5100, pertarungan Canon dan Nikon di kelas yang sama. Menarik juga melihat persaingan kamera Electronic Viewfinder Interchangeable Lens yang mulai marak di Agustus ini.

Hands-On: Panasonic Lumix G3, Lumix GF3, Samsung WB700, BenQ DCR1460, Sony WX7, Sony Handycam SX44

Tes: Pentax 645D, Sigma 8-16 mm, Lumix TZ20, Powershot A800, Lumix DMC-FT3, Cybershot DSCTX10, Coolpix P500.

CHIP Agustus 2011

Posted:

CHIP Agustus 2011 ini adalah Edisi Spesial Ulang Tahun yang mengulas Panduan Belanja PC Gaming dari entry level, mid level, hingga high-end level. Google+, simak apa saja yang menarik dari jejaring sosial terbaru dari Google ini. Pengujian Graphic Card menyajikan pengukuran performa Graphic Card AMD Radeon HD 6670 pada Dirt 3. Bonus CHIP DVD: 50 Tools Open Source, kumpulan aplikasi gratis pilihan untuk PC Anda. Dapatkan juga Majalah CHIP versi PDF edisi 05/2010 hingga 06/2011.

MIKTI dan Square Enix Luncurkan Game Idea Competition

Posted:

CHIP.co.id - Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) dan Square Enix meluncurkan kompetisi untuk mencari ide dan mobile game terbaik dari Indonesia. Kompetisi yang diberi nama Game Idea Competition ini mendapat dukungan dari Square Enix, sebuah perusahaan games terbesar di dunia dalam bentuk kucuran dana untuk memasarkan games-games karya developer lokal tersebut ke pasar Indonesia dan belahan dunia lainnya. Yang unik, para pemenang akan tetap memiliki hak cipta karyanya!

Indonesia dipilih oleh Square Enix sebagai negara pertama untuk menggelar kompetisi ini.  “Kami sangat senang bisa menggelar perlombaan ini di pasar yang tumbuh begitu pesat,” tutur Keiji Honda, Executive Vice President and Representative Director Square Enix.

Penjurian karya akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 19 hingga 22 September, dan akan dilanjutkan di Tokyo, 23 hingga 27 September. Juri akan memilih 10 ide games terbaik serta 3 games terbaik untuk mobile phones berbasis Android, sistem operasi dari Google yang telah menguasai 48 persen pangsa pasar smartphone di seluruh dunia. 3 games yang sudah jadi dan 10 ide games terbaik akan dipersembahkan dalam acara ICT Award di Jakarta, 4-5 Oktober 2011 yang akan datang.

MIKTI akan menghadirkan Takashi Tokita, Produser Square Enix, untuk mempromosikan kompetisi ini,  Takashi baru saja meluncurkan game Final Fantasy Legends untuk mobile phone. Takashi Tokita juga akan hadir di acara CHIP MeetUp v3 bertema Trend Android.

Selain itu, Square Enix juga akan bekerjasama dengan British Council untuk menghadirkan kembali Ian Livingstone, produser legendaris games Tomb Raider dan Presiden Seumur Hidup Eidos yang kini menjadi anak perusahaan Square Enix.

Acara kompetisi ide games ini juga akan didukung oleh rangkaian roadshow sesuai jadwal berikut ini:

  • BANDUNG, Selasa, 9 Agustus 2011:  ITB, Fakultas Elektro, Jurusan Games Technology
  • JAKARTA, Kamis, 11 Agustus 2011: Universitas Bina Nusantara, Fakultas Ilmu Komputer, Kampus Anggrek
  • YOGYAKARTA, 12 Agustus 2011: AMIKOM JOGJAKARTA, Fakultas IT & Ilmu Komputer

 

Square Enix Tetap Berikan Royalty bagi Mobile Games Indonesia

Posted:

Sumber gambar: http://www.square-enix.com/na/

CHIP.co.id - Square Enix, perusahaan game terbesar di dunia yang terkenal dengan Final Fantasy ini, akan tetap memberikan royalty dan membiayai karya developer lokal di Indonesia, memasarkan karya mereka ke pasar Indonesia dan ke seluruh dunia. Hal ini berkaitan dengan Game Idea Competition, sebuah kompetisi untuk mencari ide dan mobile game terbaik karya developer Indonesia, yang diselenggarakan oleh Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) dan Square Enix.

Sekretaris Jenderal MIKTI, Hari Sungkari, mengatakan bahwa kompetisi ini berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. “Dalam kompetisi ini pemenangnya akan bisa terus menikmati jerih kreatifitasnya melalui royalty yang akan mereka terima setelah dipasarkan Square Enix.!”

Para pemenang dari kompetisi ini dan MIKTI akan bertindak sebagai pengembang sementara Square Enix akan menyediakan total hadiah sebesar Rp. 90 juta, sebagai dana awal. Selain itu mereka juga akan bertindak sebagai Publisher (Penerbit), termasuk membiayai pemasaran dan distribusi games pemenang di Indonesia dan ke seluruh dunia.

Sebagai gambaran, untuk memasarkan sebuah games ke pasar internasional dibutuhkan biaya sebesar hingga dua kali lipat biaya produksi. Tapi bila sukses, hasilnya pun tak tanggung-tanggung. Games seperti Angry Bird, seperti dilaporkan gamepro.com, bisa meraup Rp. 7 trilyun sejak dirilis Desember 2009 lalu. Ini 6,000 kali lebih besar dibanding biaya produksinya yang cuma Rp. 1.2 milyar!

Square Enix, yang berpusat di Tokyo, populer bagi para gamer dengan sejumlah games terkenal yang laku di seluruh dunia diantaranya Final Fantasy yang berhasil terjual 100 juta unit, Dragon Quest dengan penjualan 58 juta unit dan Tomb Raider terjual 35 juta unit.

Indonesia dipilih oleh Square Enix sebagai negara pertama untuk menggelar kompetisi ini.  “Kami sangat senang bisa menggelar perlombaan ini di pasar yang tumbuh begitu pesat,” tutur Keiji Honda, Executive Vice President and Representative Director Square Enix. “Kami sudah survei ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina, tapi kami justru tertarik dengan Indonesia.” Rencananya Square Enix akan memasarkan mobile games hasil kompetisi tersebut di Indonesia terlebih dahulu sembari melihat peluang untuk masuk ke pasar-pasar negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar