Kamis, 28 Juli 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Bermain Game dan Belajar Sejarah Bersama Game Nusantara Online

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Nusantara Online, permainan komputer berlatar belakang sejarah Nusantara karya anak bangsa, akhirnya resmi diluncurkan, di Museum Nasional Jakarta. Dengan peluncuran ini, Nusantara Online siap meramaikan pasar game online Indonesia yang selama ini didominasi permainan-permainan asing.

Nusantara Online merupakan Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG), karya anak bangsa dengan latar belakang sejarah Nusantara masa lalu, saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia.

Selain itu, MMORPG adalah suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan Role-Playing Game (RPG) yang bisa dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak pemainan.

Dalam permainan RPG, pemain akan memainkan karakter buatan dan menjalankannya mengikuti alur cerita. Seorang pemain bebas mengatur karakternya untuk mengikuti alur cerita yang disediakan dan tidak selalu mengarah pada satu cerita baku, karena pemain mengatur jalannya cerita sesuai dengan keinginannya.

Selain menggunakan standar MMORPG, fitur-fitur Nusantara Online dikembangkan mengikuti teori-teori kemasyarakatan, arkeologi, sejarah, dan sosial yang berlaku dalam budaya Nusantara masa silam. Karakter-karakter, susunan kemasyarakatan, bentuk bangunan, hingga peta yang digunakan dalam Nusantara Online mengikuti kondisi otentik pada masanya.  Selain sejarah, Nusantara Online juga memasukkan tokoh-tokoh mitologi, hikayat, dan legenda rakyat Nusantara.

Nusantara Online didukung Engine Game Kelas Tinggi

Nusantara Online dibangun di atas engine berjuluk ANother Game Engine Library (ANGEL) yang asli buatan Indonesia. ANGEL dikembangkan oleh anak-anak bangsa menggunakan program-program open source.

ANGEL memiliki kemampuan setara dengan engine game kelas tinggi dan mampu menciptakan obyek 3D dengan tampilan yang sangat nyata, mulai dari tanah, bangunan, pepohonan, tiupan angin,  sungai dan laut dengan riak gelombang dan pantulan, sampai susunan bintang dan pergantian hari dari siang ke malam.

ANGEL juga memungkinkan Nusantara online memanfaatkan semua  widget antarmuka yang tersedia, semisal text box untuk chat, ikon yang dapat di drag-drop, hingga koneksi dengan messenger dan situs jejaring sosial populer, seperti Yahoo! Messenger atau Facebook.

Pemasaran Nusantara Online Menggandeng PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Nusantara Online dikembangkan oleh PT. Tele Nusantara Visi (Telegraph Creative Lab) dan PT. Sangkuriang Internasional (Sangkuriang Solutions). Telegraph memulai pembuatan Nusantara Online dengan melakukan riset sejak 2006.

Hasil riset sejarah dan budaya ini kemudian dituangkan dalam bentuk karakter 3D, animasi, dan alur permainan (gameplay). Semuanya kemudian “dijahit” ke dalam engine berjuluk  ANother Game Engine Library (ANGEL) buatan Sangkuriang.

“Ini permainan MMORPG pertama buatan Indonesia dan benar-benar 100 persen karya anak bangsa. Dengan mengemas sejarah dan cerita-cerita rakyat Nusantara ke dalam bentuk  yang lebih  modern, dinamis dan aktraktif,  generasi muda diharapkan akan kembali menikmati sejarah bangsa dan cerita-cerita peninggalan leluhur tersebut.” ujar Heru Nugroho, Presiden Direktur PT. Tele Nusantara Visi.

Untuk memasarkan Nusantara Online, Telegraph dan Sangkuriang menggandeng PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. sebagai rekan. PT Telkom memiliki jaringan internet terluas dan terbaik di Indonesia, ditambah dengan pengalaman mengelola game-game online sebelumnya. Seluruh server Nusantara Online saat ini terpasang pada data center Telkom.

"Kami optimis, jikalau game Nusantara Online akan dapat diterima oleh pasar. Karena game ini memiliki nilai otentik sejarah nusantara yang akan mencerahkan dan mencerdaskan anak bangsa," tandas Indra Utoyo, Direktur IT & Supply PT Telkom.

Urbanesia Luncurkan Konten Khusus Ramadhan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Menyambut bulan suci Ramadhan 1432H, Urbanesia, situs lifestyle city directory berbasis web 2.0, meluncurkan konten khusus Ramadhan yang dapat diakses dari mobile web Urbanesia.

Urbanesia Ramadhan merupakan mobile site dari Urbanesia.com dengan tema dan konten yang bernuansa Ramadhan. Konten yang dapat diakses di beberapa mobile device ini, sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti rekomendasi tempat berbuka puasa serta informasi masjid dan musholla terdekat di sekitar pengguna.

Selain itu informasi seperti jadwal solat, jadwal imsyak waktu berbuka, hingga jadwal acara Ramadhan bisa ditemukan di mobile web yang bisa diakses langsung melalui http://m.urbanesia.com/ramadhan.

“Kami berharap ibadah puasa tahun ini akan terasa lebih mudah dan indah dengan bantuan fitur dan informasi di Urbanesia Ramadhan,” ujar Selina Limman, Founder dan CEO Urbanesia.com.

Melalui fitur “Petunjuk Arah” yang terdapat pada Urbanesia Ramadhan, pengguna dapat mengakses informasi promosi buka puasa dan lokasi masjid di sepanjang rute perjalanan. Guna mengakses informasi yang diperlukan melalui fitur ini, pengguna cukup memasukkan informasi lokasi yang akan ditempuh dengan mengisi kolom "lokasi awal" dan "lokasi tujuan". Selanjutnya Urbanesia akan menampilkan rekomendasi tempat berbuka serta masjid atau pun musholla yang dapat ditemui sepanjang perjalanan hingga tiba di tempat tujuan. Urbanesia menggunakan HTML geo location JavaScript Snippet untuk memperkirakan lokasi pengguna, sehingga semua hasil pencarian yang dihasilkan berbasis pada lokasi dimana pengguna berada.

"Tujuan Urbanesia adalah untuk membuat aktifitas masyarakat Urban jadi lebih mudah dengan membantu mereka dalam mencari tempat disekitar," tambah Selina.

Konten khusus Urbanesia Ramadhan dapat diakses oleh semua pengguna ponsel dengan platform Blackberry, Android, iOS, atau Java. Terhitung tanggal 27 Juli 2011, pengguna dapat mengunduh Urbanesia Ramadhan dengan mengakses link berikut melalui browser, sesuai dengan platform ponsel masing-masing.

Android : http://urho.me/KXDU9  atau search keyword 'puasa' di Android Market

Java : http://urho.me/1FP7O

Blackberry : http://urho.me/6LNpS 

iOS : m.urbanesia.com kemudian klik popup window dan ikuti petunjuknya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG Loves Indonesia, Berbagi Kesejahteraan dengan Sesama

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - LG Electronic Indonesia berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR), LG Loves Indonesia.

Melalui program LG Loves Indonesia tersebut, LG menggandeng Kick Andy Foundation meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di wilayah terpencil. Dalam menjalankan aktivitas sosialnya ini, LG Electronics Indonesia juga mengajak konsumennya untuk turut berpartisipasi dengan memberikan tanda ‘like’ pada Fan Page Facebook LG Loves Indonesia.

"Program-program CSR yang berada di bawah naungan LG Loves Indonesia, LG Electronics Indonesia memberikan dukungannya kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dengan fokus utama di bidang pendidikan, kesehatan anak, lingkungan serta penanganan korban bencana alam," ujar Kim Weon Dae, Presidet Director PT LG Electronics Indonesia.

Satu "Like" untuk Satu Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Jalanan

Melalui akun www.facebook.com/lglovesindonesia ini, terhitung sejak tanggal 15 Mei 2011 hingga penutupannya di tanggal  26 Juli 2011, program LG Click and Donate ini berhasil menghimpun partisipasi dari 44.172 orang. Untuk setiap ‘like’ yang terhitung di akun Facebook LG Loves Indonesia, perusahaan akan menghargai dengan 1 batu bata yang akan dipergunakan untuk membangun fasilitas pendidikan bagi anak-anak jalanan.

Hanya dalam hitungan hari, program LG Click and Donate ini sudah berhasil mengumpulkan 10,000 partisipan yang memberikan dukungannya. Ini berarti, sebanyak 10,000 batu bata telah siap untuk di donasikan perusahaan kepada Kick Andy Foundation.

Meski begitu, LG menyadari jika diperlukan lebih dari sekedar batu bata untuk pembangunan fasiltas pendidikan yang layak. Berangkat dari alasan ini, perusahaan lantas menambah bentuk dukungannya melalui program LG Click and Donate. Tak cuma membatasi pada bantuan batu bata, untuk selanjutnya LG bahkan menukarkan setiap 1 click dari partisipan, dengan uang tunai sebesar Rp. 1,000,-

Sesuai dengan komitmen program tersebut, sedianya terkumpul dana sebesar Rp 34.172.000,- . Tetapi dengan menimbang pada kecukupan modal yang dibutuhkan untuk fasilitas perpustakaan ini, LG menambahkan donasi langsung menjadi sejumlah Rp. 200,000,000,-.

Keseluruhan dana terhimpun ini akan disalurkan melalaui Kick Andy Foundation untuk pembangunan perpustakaan yang didedikasikan bagi anak-anak jalanan di sekitar Bekasi.

“LG berharap melalui tambahan bantuan ini, maka kami dapat membantu lebih banyak anak-anak jalanan dan juga membangun fasilitas pendidikan yang memadai,” ungkap Kim.

LG Ramadhan Cup of Faith

Selain memberikan dukungannya kepada dunia pendidikan, selama bulan Ramadhan nanti, LG Electronics Indonesia juga akan mengadakan kegiatan sosial bernama Cup of Faith.

Melalui kegiatan ini, sekali lagi LG Electronics Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi melalui jejaring sosial dengan memberikan tanda ‘like’ pada Fan Page Facebook LG Loves Indonesia dan mencantumkan #SharetheJoy di akun Twitter.

Dengan memberikan tanda ‘like’ atau mencantumkan hashtag tersebut, maka masing-masing individu sudah menyumbangkan satu cup yang setara dengan 250 gr beras bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Notebook Sony VAIO Seri Z Terbaru

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Sony mengumumkan peluncuran Sony VAIO Seri Z terbaru yang menghadirkan notebook pribadi dengan penggabungan gaya menawan dan teknologi terkini yang dibungkus dengan bahan serat karbon premium. Sony VAIO Seri Z terbaru hadir dengan bobot 1,165 Kg yang memiliki ketebalan hanya 16,65 mm berlayar full HD resolusi tinggi. Acara peluncuran Sony VAIO Seri Z terbaru mengambil lokasi di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta (26/7).

Satoru Arai selaku President Director, PT Sony Indonesia membuka acara dengan memperkenalkan Sony VAIO Seri Z terbaru serta keberadaan produk Sony VAIO yang bergerak secara agresif di pasar Indonesia. Hadirnya berbagai official shops di berbagai lokasi dan dukungan layanan produk Sony VAIO yang mendapatkan tanggapan positif dari penguna notebook di Tanah Air. Pada kesempatan ini juga Sony memperkenalkan Ridwan Kamil selaku Brand Endorser.

Leo Marathon selaku Product Sales Department, PT Sony Indonesia hadir memaparkan lebih detil mengenai Notebook Sony VAIO Seri Z. Notebook ini hadir dengan berbagai kelebihan seperti bobot yang ringan, bentuknya yang tipis, layar sebesar 13.1 inci yang memberikan kenyamanan kepada penggunanya saat melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama.

Sony VAIO Seri Z menampilkan performa dengan kecepatan proses booting Windows 7 selama 15 detik yang menggunakan prosesor Intel i7 generasi kedua dan hard drive SSD RAID mampu memberikan produktivitas yang tinggi. Ukuran yang tipis namun Notebook Sony VAIO Seri Z tetap memberikan performa tinggi berkat dukungan 2 kipas pendingin, serta mainboard yang menggunakan customized memory.

Pada sisi luar dengan desain bersudut 8 yang edgy (Hexa-shell) dan berbahan serat karbon ultra yang kokoh dan sangat ringan, menjadikan notebook ini handal dan ringkas dalam penggunaan keseharian. Dengan daya tahan baterai yang mampu memberikan ketahanan hingga 6,5 jam, bahkan dengan dukungan Sheet Battery sebagai baterai tambahan yang dipasangkan tanpa harus melepaskan baterai internal, mampu memberikan ketahanan hingga 13 jam.

Sony VAIO Seri Z juga dilengkapi dengan Power Media Dock yang unik, sebuah docking station yang terhubung dengan VAIO melalui kabel optik. Power Media Dock dilengkapi dengan sandaran bersedain yang memiliki tata letak yang bebas. Dilengkapi transfer data I/O berkecepatan tinggi berdasarkan arsitektur bernama Light Peak, Power Media Dock dapat meningkatkan kinerja grafis yang menyediakan konektivitas serta drive slot-in Blu-ray Disc, bahkan mampu menangani hingga empat tampilan (termasuk layar notebook) melalui port HDMI dan/atau output VGA. Untuk tampilan yang memberikan akselerator grafis berkinerja tinggi, Sony VAIO Seri Z menghadirkan AMD Radeon HD 6650 dengan VRAM 1GB yang akan berjalan sempurna dengan gambar yang tajam dan halus, baik untuk penggunaan CAD 3D hingga program permainan mainstream.

Untuk kenyamanan dalam pengetikkan, Sony VAIO Seri Z menampilkan tombol ketik backlit yang akan otomatis beriluminasi ketika sensor mendeteksi kondisi ruangan lebih gelap. Dukungan Headphone mikrofon beam-forming, headphone digital noise-cancelling mampu memberikan kenyamanan pada sektor multimedia.

Notebook Sony VAIO Seri Z akan tersedia pada akhir Juli dengan harga premium Rp 26.999.000,- yang sudah dibundling dengan Power Media Dock. Untuk Sheet Battery dapat diberi terpisah dengan kisaran harga 2 juta rupiah.

ON|OFF 2011, Pesta Blogger dan Peluang Baru

Posted:

Kiri ke Kanan: Wicaksono (Advisor ON|OFF), Phillip Roskamp (Assistant Press Attache, Kedubes AS), Don Q Washington (Public Affairs Counselor, Kedubes AS), Helmy Anam (Head of Marketing Communication Acer Indonesia), Aulia Halimatussadiah (Chairwoman ON|OFF), Natali Ardianto (Deputy ON|OFF), Enda Nasution (Advisor ON|OFF), Ong Hock Chuan (Advisor ON|OFF).

CHIP.co.id - ON|OFF 2011: "Ideas Meet Oportunities" empowering by Acer akan digelar pada Oktober mendatang. ON|OFF 2011 merupakan pengembangan dari acara Pesta Blogger yang sudah berlangsung selama 4 tahun terakhir. Pesatnya perkembangan dunia online di Indonesia membuat Pesta Blogger tidak hanya diminati oleh kalangan blogger. Tahun lalu, sekitar 1.600 orang hadir dalam perhelatan media sosial terbesar di Indonesia itu--baik blogger, pengguna Twitter, Facebook, Kaskus, komunitas online, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu tahun ini Pesta Blogger dikemas sebagai bagian dari acara yang lebih besar, yakni ON|OFF itu sendiri.

"Kita patut bangga akan inisiatif yang dilakukan para penggiat media sosial di Indonesia," kata Aulia Halimatussadiah (Ollie), Chairwoman ON|OFF 2011. "Ada banyak gerakan, bisnis/wirausaha, maupun ide-ide kreatif dan kolaborasi yang lahir dari penggiat media sosial. Ini menggembirakan untuk Indonesia. Banyak pengusaha asing yang justru berminat terhadap ide-ide kreatif dari penggiat media sosial di Indonesia. Jika saja semua ide dan inisiatif ini bisa dipertemukan dengan para pemodal dan pelaku bisnis di Indonesia, bayangkan dampaknya terhadap ekonomi kreatif kita."

Diharapkan ON|OFF 2011 bisa menjadi sarana bagi ide-ide dan kontribusi positif dari para penggiat media sosial bertemu dengan dana, kesempatan, peluang maupun jaringan dari kalangan bisnis/korporat. Acara yang akan digelar selama 2 hari ini memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis dunia online dan pebisnis untuk bertukar informasi dan memperluas jaringan, sehingga dapat bersinergi dalam melangsungkan program-program yang memberikan dampak positif bagi Indonesia melalui media sosial.

Rangkaian acara ON|OFF 2011 akan belangsung sejak Agustus 2011, termasuk kompetisi Guru Era Baru (Guraru) untuk mencari guru-guru yang sudah menggunakan media sosial untuk mendukung proses belajar-mengajar dari Acer, seri workshop Ideas Meet Opportunities ke 10 kota di Indonesia bersama Kedubes AS, dan serangkaian talk show dan sesi diskusi untuk topik-topik ketertarikan yang berbeda, 2 minggu sebelum acara ON|OFF berlangsung seperti pendidikan, start-up lokal, musik/video online, dan sebagainya.

Puncak pelaksanaan ON|OFF 2011 sendiri akan terbagi ke dalam dua hari. Hari pertama ditujukan untuk diskusi, kelas, workshop, seminar, dan networking event, sedangkan hari kedua merupakan "Pesta Blogger" yang akan diisi dengan diskusi santai mengenai isu-isu penting mengenai media sosial di tahun 2011, beragam hiburan, games, kopi darat, dan bazaar/eksibisi dari beragam komunitas online di Indonesia.

Kontributor CHIP.co.id: Bambang Kartika

 

Berkah Blak-Blakan AXIS untuk Kenikmatan Beribadah Ramadhan

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ramadhan sudah di depan mata dan seluruh umat muslim di dunia bersiap menyambut kedatangan bulan yang penuh rahmat. AXIS sebagai operator GSM dan 3G dengan layanan nasional di Indonesia kembali menegaskan komitmen kepada para pelanggannya, termasuk dengan menghadirkan kebutuhan komunikasi seluruh pelanggan AXIS selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan melalui "Berkah Blak-Blakan" AXIS (23/7).

Pada program Ramadhan “Berkah  Blak‐Blakan”, AXIS memberikan penawaran khusus SAHUR, gratis Nelpon Sahur Sepuasnya ke semua AXIS, gratis SMS Sahur Sepuasnya ke semua operator an GRATIS Facebook Sepuasnya. Penawaran ini hadir setiap hari dari jam 00.00-06.00 pagi, masing‐masing setelah pemakaian Rp 300,-. Selain itu, AXIS tetap menawarkan tarif paling hemat untuk   melakukan telepon ke semua operator lain hanya dengan Rp 390,- per menit serta promo GRATIS nelpon dan SMS sepuasnya di jam lainnya juga masih tetap bisa di nikmati seluruh pelanggan AXIS di Indonesia.

Penawaran "Berkah Blak‐Blakan" ini akan memungkinkan para pelanggan AXIS untuk memperat tali silaturahmi dengan teman dan kerabat selama bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai layanan bernilai lebih dari AXIS, silakan menghubungi 838 dari nomor AXIS atau mengunjungi www.axisworld.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar