Selasa, 05 Juli 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Pembeli Pertama Samsung Galaxy Tab 10.1 di Dunia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mengantre selama berjam-jam untuk mendapatkan satu buah tablet berukuran 10.1 inci di Lobi Selatan, Pacific Place bukanlah hal sepele.

Sabtu yang lalu (2/6), pengalaman mengantre selama berjam-jam, bahkan sampai menginap semalaman hanya untuk mendapatkan satu buah gadget impian, turut dirasakan para calon pembeli Samsung Tab 10.1.

Sejak pukul 09.00 malam mereka sudah mulai mengantre di stan jumbo Samsung, karena tidak ingin ketinggalan menjadi pemilik Samsung Galaxy Tab 10.1 dengan harga khusus di Indonesia. Sayangnya, stan tersebut baru buka tepat pukul 09.00 pagi, maka banyak diantara mereka rela menginap untuk mendapatkan nomer antrean 1 hingga 200 dengan potongan harga yang ekslusif dari Samsung.

Diantara banyak calon pembeli, terdapat satu orang pembeli spesial di hari itu. Dia adalah Iman, warga Jakarta yang dinobatkan menjadi pembeli pertama Samsung Galaxy Tab 10.1 di Dunia.

"Senang sekali menjadi pembeli pertama Samsung Galaxy Tab 10.1 di Dunia dan di Indonesia, akhirnya usaha saya mendapatkan hasil juga," cerita pemuda bertubuh bongsor, yang membawa pulang satu unit tablet Samsung ini, harus merogoh kocek hanya Rp 4.499.000.

Indonesia merupakan pasar pertama yang dibidik oleh Samsung untuk meluncurkan Samsung Galaxy Tab 10.1 di dunia, baru kemudian disusul peluncuran berikutnya di Filipina.

CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Pada pertengahan bulan Juni lalu, Samsung meluncurkan jajaran generasi terbaru dari eksternal hard drive (hdd) seri M, kali ini CHIP memberikan ulasan mengenai Samsung M2 Portable 3.0 kapasitas 500GB yang hadir dengan 4 pilihan warna yaitu Brown Black, Noble Beige, Clay Orange dan Mist Gray (4/7).

Bentuk dan Disain

Pada paketnya, Anda akan menemukan sebuah hdd, sebuah kabel usb Micro USB 3.0. Samsung M2 Portable 3.0 memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar dibandingkan hdd portable pada umumnya, namun jika dilihat dari sisi panjang, hdd ini tidak berbeda dengan hdd pada umumnya.

Bobotnya yang tergolong ringan karena berbahan dasar plastik berdimensi 81.90 x 110.60 x 17.60 mm. Pada sektor depan, terlihat motif matte yang menarik, yang mampu menghindarkan hdd ini slip saat dalam genggaman tangan, serta terhindarkan dari goresan dan sidik jari.

Berbentuk melengkung pada semua sisinya, yang menghadirkan bahan mengkilat. Kesederhanaan terlihat pada saat melihat hdd ini, dimana terdapat sebuah lampu disertai dengan port USB 3.0 Micro-B pada sisi bawah hdd.

Lampu yang terpancarkan berwarna biru akan menyala saat hdd melakukan aktivitas transfer data dengan komputer ataupun laptop Anda.

Pada sisi bawah, terdapat 4 karet yang menjadikan hdd ini kokoh saat diletakkan pada permukaan yang datar. Karet kecil yang terdapat dibawahnya dapat menahan guncangan dengan baik. Dengan permukaan berbahan dove digunakan pada sisi bawah, semakin memberikan perlindungan keamanan dari goresan.

Kecepatan Transfer

Pada tes pengujian melalui port USB 3.0, Samsung M2 Portable 3.0 memiliki kecepatan tulis rata-rata sebesar 88,156 MB/detik dan kecepatan baca rata-rata sebesar 86,221 MB/detik.

Untuk pengujian melalui USB 2.0, Samsung M2 Portable 3.0 menghadirkan kecepatan tulis rata-rata sebesar 17,983 MB/detik, dan kecepatan baca rata-rata sebesar 33,456 MB/detik.

Kesimpulan

Samsung M2 Portable 3.0 memiliki bentuk disain yang menarik sisi luar, dengan bobot yang ringan, memudahkan hdd dibawa dalam berbagai aktivitas keseharian. Kecepatan yang dimiliki masih dalam nilai rata-rata. Namun hdd ini tidak disertai dengan piranti lunak yang terdapat di dalam hdd ataupun CD, sehingga lebih ditujukan kepada pengguna yang memerlukan media penyimpanan data tanpa dukungan lainnya.

Disain motif matte yang dimiliki juga memberikan kenyamanan dari goresan di sektor luar. Bahan plastik yang dimilikinya memiliki keuntungan dimana bobot menjadi lebih ringan, namun di sisi lain CHIP melihat bahannya yang cukup rentan, dengan kata lain hdd ini sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam tas yang penuh dengan berbagai barang lain. CHIP merekomendasikan agar hdd ini menggunakan aksesoris tambahan agar lebih aman dari tekanan dari perangkat berat lainnya.

Bantalan karet yang terdapat pada sisi bawah mampu menahan guncangan dengan baik, sehingga saat transfer data, hdd ini tetap pada tempatnya, tidak bergerak sedikit pun. Samsung M2 Portable 3.0 tidak menghasilkan bunyi, sehingga mampu memberikan kenyamanan dengan putaran hdd yang sunyi.

Berita Terkait : Samsung Luncurkan External Hard Drives Seri M USB 3.0

SAP ERP, Solusi Bisnis Terintegrasi untuk Universitas Kristen Maranatha

Posted:


Bandung, CHIP.co.id - PT SAP Indonesia mulai hari mengajak Universitas Kristen Maranatha untuk mengimplementasikan solusi ERP (Enterprise Resources Planning) dalam mengintegrasikan dan mengembangkan semua proses bisnis Universitas secara tepat waktu.

Sebelum mengimplementasikan SAP ERP, Universitas Kristen Maranatha menemui kendala dalam efisiensi kerja karena masih menggunakan sistem tradisional, dimana aplikasi dan platform yang digunakan sangat beragam. Hal ini mengakibatkan sulitnya pencarian dan pengaturan data, serta pembuatan laporan. Untuk itu, Universitas Kristen Maranatha membutuhkan sebuah solusi yang dapat mengintegrasikan data serta mengembangkan proses bisnisnya dengan baik dan tepat waktu.

“Memiliki sistem yang efektif dan efisien akan memberikan kami lebih banyak waktu untuk merencanakan dan mengelola setiap aspek di Universitas menjadi lebih baik. Solusi SAP ERP membantu kami untuk mencapai hal tersebut,“ ujar Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Dr. Ir. H. P. Septoratno Siregar, DEA.

SAP ERP sendiri merupakan sebuah solusi bisnis yang terintegrasi untuk organisasi dari beragam industri dan mendukung proses bisnis end-to-end yang dapat memberikan wawasan dan keunggulan operasional bagi perusahaan yang mengimplementasikannya.

“SAP  ERP dapat menjawab semua kebutuhan dari Universitas Kristen Maranatha secara lengkap karena dapat memberikan solusi yang terintegrasi serta mendukung beragam industri dan proses bisnis perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif, ujar Arief Setiawan, Business Manager, SAP Indonesia.

Selain SAP ERP, SAP juga memiliki SAP HER, yakni sebuah solusi untuk universitas yang memungkinkan efektifitas biaya manajemen dengan menyediakan fungsi-fungsi yang meliputi seluruh kegiatan inti universitas, yakni: perencanaan akademis, organisasi dan administrasi data mahasiswa, serta  administrasi   biaya dan hibah dalam akun mahasiswa.

Obama Wafat, Gara-gara Akun Twitter Situs Berita Fox Dibajak

Posted:

CHIP.co.id - Obama diberitakan wafat. Berita mengejutkan ini akibat akun Twitter situs berita Fox dibajak. Akun @FoxNewsPolitics merupakan akun Twitter terverifikasi yang dibajak dan memberitakan serangkaian informasi tentang wafatnya Obama melalui tagar (red:hastag) #obamadead

Pembajak melalui akun Twitter tersebut mengabarkan bahwa Presiden Barack Obama ditembak sebanyak 2 kali di sebuah restoran di Iowa dan meninggal dunia. Tweet mengejutkan ini oleh si pembajak dilakukan pada pukul 01.24 PM waktu Amerika Serikat. Berita ini tentu saja mendapat respon tinggi, mengingat Amerika Serikat pada 4 Juli ini merayakan hari raya kemerdekaannya, tercatat tweet tersebut mendapat re-tweet sebanyak lebih dari 100 kali. 

Informasi sementara yang dikumpulkan, pembajak akun Twitter @FoxNewsPolitics yang memiliki lebih dari 30 ribu follower, menurut situs TechCrunch adalah seorang anak yang tidak diketahui usianya. Sampai saat berita ini diturunkan belum ada tweet terbaru, termasuk informasi mengenai mengapa akun Twitter tersebut bisa dibajak.

TDL 4, TDSS Botnet Generasi 4 yang Berbahaya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - TDSS botnet kini muncul dengan varian terbaru yaitu varian generasi ke 4, yang lebih berbahaya. Malware yang menyebar luas melalui internet dan perangkat lain seperti flash disk saat ini tidak lagi merupakan aplikasi yang sekali muncul lalu mati. Malware juga ber-regenerasi dengan selalu muncul dalam bentuk dan varian baru dalam bentuk yang lebih kuat, lebih canggih. TDL 4, yang merupakan TDSS botnet generasi ke-4, adalah salah satunya.

Maraknya infeksi botnet yang menyerang komputer, bahkan juga komputer jaringan menimbulkan dampak kerugian bagi user. Mengomentari kondisi demikian, Yudhi Kukuh, Technical Director dari PT. Prosperita-ESET Indonesia menyampaikan bahwa untuk menghalau TDSS/TDL, dengan segala macam jebakannya untuk menginfeksi system 32bit ataupun 64bit ataupun mengalahkan botnet bukan pekerjaan mudah.

TDSS atau juga dikenal dengan TDSS/TDL, atau Win32/Olmarik, menginfeksi komputer dan kemudian menerima perintah dari sebuah C& C server. Proses selanjutnya Win32/Olmarik. AVA zombies saling bekromunikasi dengan menggunakan Kademilia DHT (distributed hash table) peer-to-peer protocol. Ketika sebuah PC terinfeksi oleh bot, komputer tersebut secara otomatis akan menjadi bagian dari jaringan bersama dengan komputer-komputer lain yang juga telah terinfeksi dengan "Command & Control" (C&C) server atau botnet, yang memiliki sifat perusak.

Botnet akan berusaha menguasai sebuah jaringan dengan beberapa komputer berikut semua informasi yang dimiliki, lalu informasi yang berhasil dicuri akan disebar ke komputer dalam jaringan. Botnet tidak begitu saja berhenti bekerja meskipun hanya tinggal satu komputer sementara komputer yang lainnya dalam jaringan botnet tersebut mati.

Melemahkan jaringan botnet bisa dilakukan salah satunya dengan melacak dan mematikan beberapa atau seluruh server C&C yang mengirimkan informasi ke komputer zombie yang telah terinfeksi dan memberikan instruksi yang harus dilakukan, kemudian jika server tersebut dimatikan, komputer zombie yang terkoneksi ke komputer server tidak lagi bisa berfungsi mengirimkan data atau melakukan seperti yang diinstruksikan oleh botmaster.

Dengan menggunakan Kademilia protocol, botmaster akan mampu meyatukan kelemahan dari pendekatan C & C, kemudian dengan menggunakan pendekatan kesamaan diantara masing masing komputer sebagai C & C server maupun zombie atau client yang telah terinfeksi.

"Selain itu, ada cara yang mudah untuk menghalau botnet di jaringan Anda. Caranya adalah memiliki kesadaran untuk mengaktifkan, mengupdate secara berkala security system dalam komputer maupun server jaringan," tambah Yudhi.

Dskon.com, Situs Baru Kumpulan Promo Diskon

Posted:

CHIP.co.id - Dskon.com, sebuah situs baru hadir menawarkan layanan kumpulan promo diskon dari berbagai situs dengan konsep group buying di Indonesia. Anda pasti pernah mendengar deal keren dan disdus bukan? Kedua situs itu bisa dikatakan sebagai pendahulu yang memiliki konsep group buying yang pertama masuk ke Indonesia dan merupakan situs group buying Indonesia yang populer.

Konsep berbelanja semacam group buying berkembang sangat pesat di Indonesia. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, situs group buying di Indonesia seperti deal keren, disdus, Lapar.com, dan lain-lain, yang menawarkan diskon daily deals untuk restoran, hiburan, tempat wisata semakin tumbuh dan berkembang. Tercatat ada sekitar 13 situs group buying yang aktif beroperasi di Indonesia menurut Dskon.com.

Dskon hadir di Indonesia, dengan maksud mengumpulkan semua promo diskon yang disediakan oleh situs group buying Indonesia, sehingga konsumen tidak perlu dipusingkan oleh banyaknya penawaran yang disediakan. Jika konsumen ingin selalu memperoleh informasi penawaran terbaru, konsumen dapat mendaftarkan alamat email untuk mendapatkan newsletter dari Dskon.com dan konsumen dapat memilih kategori penawaran diskon, lokasi, harga, dan sebagainya. Untuk saat ini informasi promo diskon yang tersedia pada Dskon.com masih berasal dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Pada dasarnya, apa yang dilakukan oleh Dskon.com adalah membuat pencarian penawaran, promo, diskon, daily deals, dan group buying agar lebih mudah, sehingga konsumen memiliki pilihan lebih banyak dan beragam. Menggunakan paduan PHP dan Wordpress serta layanan Cloud, Dskon menjanjikan mempermudah calon konsumen mencari penawaran-penawaran promo diskon menarik.

Dskon merupakan produk dari Global Leads Group, sebuah perusahaan internasional yang memiliki pusat di Berlin, Jerman. Dskon melayani 15 negara di seluruh dunia dengan konsep situs serupa.

 

Summer Pignic: Episode Musim Panas ala Angry Birds Seasons

Posted:

CHIP.co.id - Musim panas telah tiba, liburan mewarnai keseharian aktivitas. Untuk para pelajar yang telah penat setiap harinya dalam bergelut menerima pelajaran sekolah, liburan musim panas merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Dan berbagai aktivitas telah direncanakan untuk mengisi waktu musim panas. Pada kesempatan ini, permaian Angry Birds Seasons menghadirkan Episode Musim Panas dengan tema "Summer Pignic" yang akan menghiasi keseharian musim panas Anda, baik saat berada di perjalanan maupun untuk Anda yang tidak keluar rumah.

Episode Musim Panas keluaran terbaru dari Rovio di Angry Birds Seasons menghadirkan 30 level yang akan memberikan tantang baru kepada Anda penggemar permainan si burung lucu ini. Episode Summer Pignic merupakan episode ke-6 yang dimiliki oleh Angry Birds, setelah sebelumnya menghadirkan episode Trick or Treat, Season's Greedings, Hogs and Kisses, Go Green Get Lucky, dan Easter Eggs yang bertemakan nuansa paskah.

Pada episode Summer Pignic ini, jika Anda mengalami kesulitan dalam memecahkan satu per satu level yang cukup sulit, Anda akan diberikan kemudahan dengan terbukanya setiap level per harinya. CHIP menyempatkan untuk mencoba beberapa level, dan ternyata memang membutuhkan waktu yang lebih lama dari episode sebelumnya, karena pada episode ini memerlukan ketepatan dan keakuratan dalam melontarkan sekumpulan burung lucu.

Untuk Anda pengguna ponsel pintar Android, dapat mengunduhnya secara cuma-cuma di Market, dan untuk pengguna jajaran Apple, Anda dapat mengunduhnya melalui iTunes dengan biaya 99 sen untuk iPhone dan iPod atau $1,99 untuk platform iPad.

1200 Samsung Galaxy Tab 10.1 Ludes dalam Sehari

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hanya dalam sehari, 1.200 Samsung Galaxy Tab 10.1 habis terjual, pada saat penjualan perdana tablet berukuran tipis di Lobi Selatan, Pacific Place Mall (2/7).

Lantas apa yang membuat ribuan warga Jakarta dan sekitarnya tersebut, sangat niat untuk membeli Samsung Galaxy Tab 10.1, sampai harus mengantre sehari sebelumnya?

Rupanya selain menyuguhkan sistem operasi Android 3.1 Honeycomb teranyar, Samsung juga memberikan penawaran ekslusif bagi pembeli di hari penjualan perdana Samsung Galaxy Tab 10.1 di Indonesia. Penawaran ekslusif itu berupa potongan diskon sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) dari harga awal Rp 5.999.000, menjadi Rp 4.999.000. 

Tetapi ternyata tidak sampai di situ saja diskon khusus yang diberikan. Secara bertahap, Samsung memberikan kesempatan kepada 200 antrean pertama pemegang BCA card untuk mendapatkan Samsung Galaxy Tab 10.1 seharga Rp 4.499.000 saja. Maka wajar saja apabila ribuan warga rela mengantre berjam-jam untuk menjadi yang pertama memiliki tablet dengan prosesor Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9, ULP GeForce GPU dan Tegra 2 chipset.

Ditandai dengan penjualan perdana yang fenomenal tersebut, Indonesia menjadi Negara pertama yang dibidik oleh Samsung untuk meluncurkan Samsung Galaxy Tab 10.1 di dunia, baru kemudian disusul oleh Negara Filipina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar