Senin, 11 Juli 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


250.000 Dolar Amerika untuk Promosi Botnet TDL-4

Posted:


CHIP.co.id - Lagi-lagi program software berbahaya seperti TDSS atau TDL-4, kembali terdeteksi oleh Kaspersky Lab di jutaan komputer pengguna. Tetapi kali ini, tim lab berhasil menganalisis pengeluaran penjahat dunia maya dalam mempromosikan botnet dengan komponen rootkit yang kuat ini.

Kini versi terbaru yang telah disempurnakan, merupakan varian generasi ke-4, yang berisi malware yang menyebar luas melalui internet dan perangkat lain seperti flash disk. Analisis pada TDL-4 yang dilakukan oleh Sergey Golovanov dan Igor Sumenkov, ahli di Kaspersky Lab, memungkinkan mereka untuk menentukan kemampuan baru dari malware dan memperkirakan jumlah komputer yang terinfeksi.

Perubahan di TDL-4 bertujuan untuk menciptakan sebuah botnet yang tersembunyi dengan sangat baik dari kompetitor dan perusahaan antivirus, serta menyediakan akses ke mesin yang terinfeksi bahkan setelah semua pusat komando ditutup. 

Perilaku TDL-4 yang paling gawat bagi komputer pengguna adalah penggunaan jaringan peer-to-peer untuk mengendalikan komputer yang terinfeksi, serta fungsi untuk membuka proxy-server. Salah satu tambahan baru yang paling signifikan pada TDL-4 adalah kemungkinan untuk menginfeksi sistem operasi 64-bit.

Disamping upaya perlindungan pada server yang dikontrol, para ahli Kaspersky Lab berhasil menggali statistik umum jumlah komputer yang terinfeksi. Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa hanya dalam tiga bulan pertama tahun 2011, TDL-4 menginfeksi lebih dari 4,5 juta komputer di seluruh dunia, dengan proporsi besar pengguna komputer di Amerika Serikat. Sehingga Kaspersky Lab juga memperkirakan pengeluaran penjahat dunia maya dalam mempromosikan sebuah botnet sekitar 250.000 dolar Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar