Rabu, 29 Februari 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Beli ESET Smart Security dapat Modem AHA

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ESET, Antivirus asal dari Bratislava - Slovakia ini kembali hadir di pameran komputer 2012. Kali ini bekerjasama dengan AHA, produk modem yang sudah dikenal di Indonesia. ESET hadir di Mega Bazaar Computer, di stand AHA di HALL C, Jakarta Convention Center, 29 Februari - 4 Maret 2012.

Keikutsertaan ESET kali ini mengusung Promo Utama untuk pembelian ESET Smart Security GRATIS Modem AHA myTV, hanya dengan Rp390.000,- atau diskon lebih dari separuh harga normal. Untuk produk ESET lainnya harga mulai dari Rp75.000,- GRATIS merchandise T-shirt, mouse pad, dan lain-lain. Untuk pembeli produk Android AHA, ESET juga memberikan potongan harga Rp25.000,- untuk membeli ESET for Android. Semua dilakukan di stand AHA di Hall C.

Keikutsertaan ESET dengan harga dibandrol sangat murah dan beragam merchandise sebagai hadiah dimaksudkan untuk menarik minat pengunjung segala lapisan untuk mulai memakai antivirus yang berkualitas, antivirus yang ringan dan deteksi yang handal.

“Keikutsertaan ESET pada event  Mega Bazaar Computer 2012 ini selain sebagai upaya menjaga bentuk komunikasi ESET dengan para pengguna komputer, perangkat komunikasi mobile dan internet serta para pecinta ESET, juga untuk meningkatkan awareness atau kesadaran akan keamanan dalam pemanfaatan teknologi yang berbasis komputer dan internet” demikian disampaikan oleh Chrissie Maryanto, Marketing Director PT. Prosperita-ESET Indonesia.

Produk yang diangkat sebagai produk unggulan dalam Mega Bazaar Computer 2012 adalah ESET Smart Security 5, produk kemanan komputer yang lengkap (Antivirus, Antispyware, Antispam, Personal Firewall, Parental Control-memblokir website yang tidak layak untuk anak dan remaja, Out of Home Netwok detection-secara otomatis memberi peringatan jika laptop berada di jaringan yang tidak biasa). Harga yang ditawarkan memang jauh di bawah harga pasar.

Untuk produk Android yang marak di pasaran, ESET juga memberikan harga special yang sangat murah, hanya Rp75.000,- dan khusus pembeli AHA Touch, AHA Pad & Cool Pad ESET memberikan voucher potongan harga Rp25.000,- sehingga user hanya perlu membayar Rp50.000,- untuk bisa menikmati license ESET Mobile Security for Android untuk masa pakai satu tahun dengan fitur Antivirus, Firewall, SMS/MMS Antispam, dan Anti-theft.

Mega Bazaar Computer 2012 Telah Hadir di Jakarta

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini (29/2) Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 hadir kembali di Jakarta Convention Center (JCC).

Selama lima hari (29 Februari - 4 Maret 2012), Mega Bazaar Computer di Jakarta menghadirkan beragam produk IT terbaru di Indonesia.

"Dibandingkan tahun lalu, luasan area penyelenggaraan meningkat sebanyak 10%, lebih dari 21.000m2. Kami harapkan MBC 2012 dapat mengejar target pengunjung hingga 220.000 orang dengan total nilai transaksi 625 miliar rupiah," ungkap Bambang Setiawan, Dyandra Promosindo.

Lebih dari 21.000m2 area pameran JCC diisi oleh peserta pameran dengan berbagai keragaman dan kecanggihan aksesoris komputer, gadget teknologi, alat elektronik dan produk telepon selular terbaru.

Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000 (untuk hari biasa) dan Rp 15.000 (akhir pekan), pengunjung MBC Jakarta 2012 akan disuguhkan beragam merek IT terkemuka, antara lain; Apple, Asus, Canon, Epson, Fuji Xerox, Fujitsu, Hewlett Packard, Hitachi, Intel, Lenovo, Logitech, Samsung, Sennheiser, Sony, Toshiba, Tabulet dan lain-lain.

Focus dan Indonesia Games Festival hadir di MBC Jakarta 2012 Selain menyelenggarakan pameran komputer terbesar awal tahun, MBC Jakarta 2012 juga menghadirkan dua event besar, diselenggarakan di lokasi yang sama, JCC - Senayan, yakni Focus dan Indonesia Games Festival (IGF) 2012.

Untuk Focus yang menyelenggarakan pameran fotografi diselenggarakan di area Assembly Hall.

Sedangkan untuk pamera IGF 2012 digelar di area Plenary Hall dan akan menghadirkan permainan terbaru, serta beragam games competition dengan 200 unit personal computer game mutakhir.

Seagate Luncurkan GoFlex Satellite untuk Perangkat Bergerak

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Seagate meluncurkan media penyimpanan nirkabel GoFlex Satellite yang merupakan pendamping sempurna untuk perangkat bergerak seperti ponsel pintar ataupun tablet. Seagate GoFlex Satellite hadir dengan kapasitas 500 GB serta konetivitas WiFi 802.11 b/g/n dan WPA security (23/2).

BanSeng Teh selaku Wakil Presiden Senior dan Manajer Pelaksana dari Seagate Technology di Asia Pasifik dan Jepang membuka acara di Bistro Boulevard, Menteng, Jakarta, dengan memaparkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh GoFlex Satellite .

BanSeng mengatakan,"Pertumbuhan pasar tablet dan ponsel pintar yang semakin berkembang pesat di Indonesia, dimana pengguna mengalami keterbatasan media penyimpanan pada perangkat itu sendiri. Untuk itulah Seagate GoFlex Satellite menjawab kebutuhan pasar, dimana perangkat ini dapat membawa seluruh isi pustaka yang dapat diakses melalui WiFi secara mudah dan dapat dibawa kemana saja."

Seagate GoFlex Satellite mampu menyajikan berbagai hiburan selama berjam-jam dengan kinerja optimal untuk lebih dari tiga koneksi pada saat bersamaan. Media penyimpanan data GoFlex Satellite mampu bertahan selama 25 jam pada posisi standby dan baterai polimer lithiumnya mampu digunakan hingga 5 jam (1 pengguna) untuk video streaming secara terus-menerus, dengan waktu charging selama 4 jam.

GoFlex Satellite mampu terhubung dengan perangkat bergerak Apple ataupun Android yang mampu menyajikan cara bebas hambatan dengan jangkauan 45 meter. Keterbatasan pada media penyimpanan pada perangkat bergerak tidak akan dialami lagi jika disandingkan dengan GoFlex Satellite. Untuk memuat konten media secara cepat, GoFlex Satellite juga dilengkapi dengan kabel USB 3.0 yang juga dapat bekerja dengan portal USB 2.0, bahkan perangkat ini juga dilengkapi dengan charger untuk di mobil dan konektor listrik di tembok.

GoFlex Satellite dengan ukuran 120 x 90 x 22 mm dengan bobot 0,267 Kg, yang dapat terhubung ke komputer Windows ataupun Mac. Untuk perangkat Apple, mendukung file video tipe H.264, MPEG-4, Motion-JPEG, sedangkan untuk audio mendukung file AAC, MP3, Audible (formats 2,3,4) Apple Lossless, A IFF dan WAV.

Dennis Adishwara yang berprofesi sebagai aktor, direktur sekaligus produser hadir dengan memaparkan penggunaan GoFlex Satellite yang telah digunakannya dalam aktivitasnya membuat video pendek. Penggunaan GoFlex Satellite di luar ruangan yang sangat membantu aktivitasnya, bahkan mampu menayangkan video hasil rekaman yang dapat ditonton secara bersamaan, pun rekannya melihat melalui laptop, ponsel pintar Android, ataupun tablet iPad.

Pada kesempatan yang sama, Dennis juga menayangkan hasil karya berdurasi 3 menit akan sosok Hebring yang dibuatnya selama kurun waktu 1 bulan bersama 6 rekannya. Pengerjaan video animasi karya anak bangsa yang menarik untuk ditonton oleh semua kalangan umur yang mengandung unsur menarik, pendidikan, pesan moral, dan tentunya hadir dengan bentuk yang lucu serta sangat bernuansa Indonesia. Aktivitasnya di Komunitas Web Series memberikan nuansa baru di kalangan film pendek dan animasi Indonesia, bahkan Dennis mengungkapkan keinginannya untuk menghadirkan tayangan tersebut dengan durasi per 3 menit setiap episodenya untuk tayangan publik, bukan tidak mungkin akan hadir dalam bentuk layar lebar pada tahun ini pula dengan durasi yang lebih lama tentunya.

Untuk Anda pecinta video animasi yang ingin turut serta berkecimpung dalam Komunitas Web Series, dapat menginformasikan kepadanya melalui jejaring sosial Twitter @OmDennis. Seagate GoFlex Satellite akan tersedia dipasar Indonesia dengan garansi terbatas 3 tahun seharga USD 199 atau sekitar 1,8 juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut dapat melihat melalui situs http://www.mygoflexsatellite.com/id.

Datascrip Hadirkan Kamera Saku Canon PowerShot G1X

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Menyongsong acara FOCUS 2012 yang berlangsung pada 29 Februari hingga 1 Maret mendatang, Canon menghadirkan PowerShot G1X melalui PT Datascrip untuk para penggemar foto yang mendambakan kamera ringkas dengan kualitas hasil foto terbaik (28/2).

Canon PowerShot G1X merupakan kamera saku yang mengadopsi berbagai teknologi unggulan dari kamera DSLR Canon EOS seperti penggunaan sensor CMOS berukuran 18,7 mm x 14 mm resolusi 14,3 megapiksel mendekati sensor APS-C 22,2 mm x 14,8 mm, prosesor DIGIC 5, juga ISO yang dapat ditingkatkan hingga 12.800 dengan noise yang tetap rendah, serta fitur kendali manual.

Merry Harun selaku Direktur Divisi Canon PT Datascrip mengungkapkan,"Canon PowerShot G1X merupakan jawaban untuk para fotografer yang membutuhkan kamera berukuran ringkas dan ringan, namun tetap dapat menghasilkan kualitas foto yang menyerupai kamera DSLR."

Canon PowerShot G1X juga dipersenjai dengan lensa berteknologi UA yang memiliki bukaan lebar f/2.8 dengan 4x zoom optik atau setara dengan 28-112 mm ekulivalen film 35 mm. Kamera ini juga menawarkan pilihan perekaman gambar dalam format RAW dan JPEG secara bersamaan. Prosesor DIGIC 5 mampu membekukan momen secara berurutan hingga kecepatan 6 frame per detik atau 4,5 frame per detik pada resolusi penuh.

Kenyamanan visual pada Canon PowerShot G1X diperlihatkan dengan layar LCD sebesar 3 inci resolusi 922.000 titik, dimana layar ini dapat diputar ke berbagai arah, memudahkan pengguna memotret secara high angle ataupun low angle.

Canon PowerShot G1X juga memiliki fitur Smart Auto 32 Scenes yang dapat mengenali 32 jenis situasi pengambilan gambar dan secara otomatis mengoptimalkan pengaturan kamera untuk hasil terbaik termasuk penggunaan IS yang optimal. Kamera saku ini juga dapat merekam momen bergerak dalam video Full HD 1080p, 24 frame per detik dengan suara stereo. Terdapat port HDMI yang dapat memudahkan pengguna dalam menonton hasil rekaman bersama dengan kerabat dekat.



Canon PowerShot G1X juga memiliki hotshoe, dimana jika pop-up flash terasa kurang memadai, pengguna dapat menambahkan flash speedlite eksternal. Bahkan, pengambilan foto ataupun video di bawah air hingga kedalaman 40 m ataupun saat hujan deras dapat dilakukan dengan casing tambahan Waterproof Case WP-DC44. Untuk pengambilan nuansa foto yang lebih nyaman, pengguna juga mengkombinasikan dengan filter adapter FA-DC58C, seperti untuk memasang filter circular polarizer ataupun filter lainnya.

Canon PowerShot G1X hadir dipasaran melalui distributor tunggal PT Datascrip dengan harga Rp 6.750.000,-

Perkembangan Pasar Lenovo di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Selang berlangsungnya Kampanye Do Network yang diselenggarakan oleh Lenovo, kali ini kehadiran Lenovo menginformasikan jajaran notebook di tahun 2012 dan perkembangan pasarnya di Indonesia (28/2).

Sandy Lumy selaku President Director Lenovo Indonesia membuka acara dengan menginformasikan pertumbuhan serta keberadaan Lenovo yang saat ini menempati posisi 2, hanya selisih 2 persen dengan posisi pertamanya. Lenovo tercatat sebagai PC vendor tercepat dari vendor-vendor lainnya dengan tumbuh sebanyak 14 persen.

Emerging market share sebesar 26,7 persen dari total market share, dan pertumbuhan Lenovo per kuarter sebanyak 2 persen. Di Indonesia, Lenovo tumbuh sebanyak 10 persen, di market sebanyak 9 persen, sehingga 2 kali lebih cepat per kuarternya.

Lenovo tetap berkomitment di industri PC dengan menghadirkan sederetan produk terbarunya di ajang CES pada awal tahun ini, seperti kehadiran Lenovo ThinkPad X1 Hybrid yang sudah ada di kantor Lenovo, Wisma BNI 46, Jakarta, walaupun belum secara resmi produk ini diluncurkan karena masih dalam tahap sertifikasi dan pengujian. Sementara pada divisi Mobile Internet and Digital Home Business (MIDH), Lenovo akan menghadirkan jajaran ponsel Android.

CHIP mendapat kesempatan untuk melakukan preview cepat pada Lenovo ThinkPad X1 Hybrid hadir dengan dual-boot, dimana booting dengan OS Linux yang ringan mampu menghadirkan ketahanan hingga 10 jam penggunaan, baik untuk multimedia ataupun aktivitas email serta browsing dengan baterai hanya 3-4 cell. Bobot pada Lenovo ThinkPad X1 Hybrid juga tergolong ringan hanya sekitar 1,27 Kg dengan layar 13 inci. CHIP mencoba mengangkatnya, dan merasakan keringanannya, terbilang kokoh dan padat, serta bentuknya cukup tipis sekitar 1,5 cm di sektor depan. Diinformasikan juga bahwa Lenovo ThinkPad X1 Hybrid mampu mengisi baterai 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Sandy juga menginformasikan akan keberadaan Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang telah diluncurkan pada awal Desember 2011, telah mengalami kehabisan stok. Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang hanya hadir dengan warna abu-abu dipasar Indonesia telah habis dengan stok awal sebanyak 140 unit, yang tentunya ultrabook pertama Lenovo ini mendapat respon positif di masyarakat. Harga yang terbilang premium rupanya berbanding lurus dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Lenovo IdeaPad U300s Ultrabook yang tetap mengutamakan bobot yang ringan, dan bentuk ramping, serta ketahanan baterai selama 30 hari kondisi standby.

Sementara pada pasar SMB, kehadiran ThinkCentre Edge 71z yang diminati pasar karena faktor penghematan ruang, minim konsumsi listrik serta berbagai fitur menarik yang dikemas menjadi satu kesatuan. Kebutuhan pasar SMB pada produk ini memberikan kemudahan para UKM yang tidak memiliki IT Manager, sehingga pengaturan dapat dilakukan dengan mudah oleh bisnis owner sendiri.

Sandy juga menginformasikan akan kehadiran U300E yang merupakan bentuk lain dari U300s, dimana U300E menggunakan harddisk standard, namun mampu menekan harga produk dibawah $1000. Untuk pasar yang menginginkan kehadiran slot optical drive, Lenovo juga menghadirkan U400 dengan pilihan prosesor Intel i5 atau i7 dengan performa tinggi sesuai kebutuhan pengguna.

Pada sektor tablet, keberadaan IdeaPad Tablet K1 juga rupanya diminati pasar, dimana stok awal sebanyak 1000 unit telah habis dipasar Indonesia sejak kehadirannya di Indocomtech 2011. Untuk ThinkPad Tablet, sudah habis sebanyak 900 unit. Kedepannya, Lenovo juga akan menghadirkan tablet berukuran 7 dan 10 inci yang memberikan pilihan kebutuhan kepada pengguna.

Bagaimana preview lebih mendalam mengenai Lenovo ThinkPad X1 Hybrid ? Nantikan ulasannya yang akan hadir di CHIP Online!

Perluas Posisi Kepemimpinan, EMC Resmikan Kantor Baru di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - EMC pada hari ini meresmikan kantor baru yang berlokasi di Menara BCA lantai 39 Suite 3904 serta mengumumkan keberhasilannya dalam memperkuat posisi perusahaan sebagai pemimpin dalam infrastruktur informasi (28/2).

EMC telah hadir di Indonesia sejak 2006 dengan mengawali 2 karyawan saat EMC membuka kantor perwakilan pertama di Indonesia. Melalui lokasi kantor pertama EMC di lantai delapan daerah Jalan Casablanca, Jakarta, EMC mengalami pertumbuhan semakin kuat setiap waktu seiring dengan pertumbuhan Indonesia yang dinamis.



EMC kali ini memiliki 25 karyawan, dimana bekerjasama dengan 13 mitra saluran bisnis yang berdedikasi untuk mengatasi pertumbuhan bisnis yang telah memiliki 300 pelanggan dari berbagai industri utama dari enterprise hingga segmen SMB. Bersamaan dengan peresmian kantor baru EMC, juga mengumumkan akan suatu tonggak sejarah bagi EMC di Indonesia yang berhasil memperkuat posisi perusahaan sebagai pemimpin dalam infrastruktur informasi, juga keberhasilan EMC dalam transformasi dinamis 3 tahun terakhir di Indonesia.

Adi J Rusli selaku Country Manager EMC Indonesia mengungkapkan transformasi di Indonesia, dimana Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai sebanyak 6,5 persen di 2011, investasi langsung dari luar negeri (Foreign Direct Investment) tumbuh sebanyak 20 persen yaitu $20 miliar di tahun lalu. PDB Indonesia juga tumbuh sebanyak lebih dari 5 persen dalam jangka waktu tujuh daru delapan tahun terakhir, sehingga Indonesia memiliki pasar domestik yang lebih kuat dibandingkan dengan negara tetangga yang tidak stabil dan bergantung pada ekspor.

Adi mengatakan,"Perkembangan di Indonesia yang berkembang pesat menghasilkan peningkatan pembangunan infrastruktur, kesempatan investasi yang lebih banyak, peluang lapangan kerja yang lebih luas, pertumbuhan ekonomi yang kuat, dan tentunya  penciptaan serta pertukaran data maupun informasi yang lebih banyak."

Di tahun ini, Adi juga menambahkan bahwa terjadi transformasi dimana kehadiran EMC yang turut membantu dalam hal transformasi infrastruktur, transformasi backup, transformasi aplikasi, hingga transformasi IT. Pelanggan telah bergeser kepada model komputasi awan private, public maupun hybrid karena mereka menginginkan efisiensi, pilihan dan kontrol yang lebih besar dalam operasi, transformasi bisnis juga berjalan karena teknologi baru yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan kekuatan Big Data.

Transformasi pada komputasi awan Hybrid dimana EMC mampu melakukan federasi menggabungkan storage tidak hanya pada satu lokasi, namun mampu menyatukan dari berbagai lokasi di Indonesia ataupun di luar Indonesia menjadi sebuah kesatuan media penyimpanan data.

Akhir kata, EMC mengungkapkan bahwa wilayah Asia Pacific memiliki kemampuan perkembangan yang pesat secara global di sektor IT. Indonesia pun memiliki kemampuan ekonomi yang kuat serta kesempatan berkembang yang tinggi. Komputasi awan dan Big Data merupakan era transformasi IT saat ini, dan EMC memiliki kesiapan dalam era ini serta terus memberikan keunggulan bekerjasama dengan para mitra dan penyedia untuk membantu para pelanggan di Indonesia.

Warna-warni Ceria dari Axioo Neon HNM Color

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Axioo menghadirkan warna-warna ceria pada notebook Axioo Neon HNM Color dengan 5 pilihan warna seperti hitam, putih, merah, biru dan hijau. Axioo Neon HNM Color memberikan pilihan bagi pengguna dinamis yang ingin tampil sesuai dengan warna berbeda (28/2).

Axioo Neon HNM Color menghadirkan pilihan prosesor Intel Core i3, i5, i7, serta Pentium ataupun Celeron Generasi kedua Sandy Bridge yang memiliki performa kerja secara prima. Pilihan pada media penyimpanan dari 320 hingga 750 GB mampu digunakan pengguna untuk menyimpan berbagai kebutuhan seperti musik, video ataupun dokumen keseharian berkapasitas besat. Terdapat fitur tombol SoCoNet yang berfungsi sebagai tombol shortcut sebagai solusi bagi pengguna yang gemar menggunjungi situs pertemanan ataupun percakapan virtual.

Axioo Neon HNM Color juga menghadirkan kenyamanan audio dengan menanamkan teknologi digital audio Dolby Home Theater v4. Fitur ini merupakan teknologi digital audio pada desktop dan laptop yang memberikan sifat cinematic surround sound, dimana pengguna akan mendengarkan suara seperti layaknya di dalam sinema. Fitur ini akan semakin terasa saat pengguna menggunakan headset ataupun hanya melalui speaker built-in, bahkan mendukung speaker eskternal 5.1 atau 7.1.

5 Smartphone Terbaru di MWC 2012

Posted:

CHIP.co.id - Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona selalu menjadi tempat dipamerkannya produk-produk terbaru, selain beragam aktivitas seperti konferensi, forum dan seminar. 5 smartphone terbaru hadir di MWC 2012 dengan kemampuan dan spesifikasi yang makin menarik perhatian.

HTC One X

HTC menghadirkan produk yang dikemas dengan sistem operasi terbaru Android 4.0, Ice Cream Sandwich. Produk terbaru ini dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G LTE, NFC (Near Field Communication), Beats Audio, dan layar super LCD2 720p berukuran 4,7 inci. Prosesor pada smartphone HTC One X ini menggunakan prosesor NVIDIA Tegra 3 Mobile 1.5 GHz Qualcomm Snapdragon S4. Simak info lengkapnya di sini.


Nokia 808 PureView

Nokia terbaru dengan sistem operasi Symbian ini menghadirkan resolusi kamera sebesar 41 Megapixel dan layar AMOLED 4 inci. Smartphone Nokia 808 PureView memasang prosesor berkecepatan 1,3 GHz, memori RAM 512 Mb serta internal storage sebesar 16 Gb. Produk baru Nokia ini mendukungan jaringan 3G, Bluetooth, DLNA, Wireless 802.11b, Wireless 802.11g, dan Wireless 802.11n.

Samsung Galaxy Beam

Samsung dengan deretan produk smartphone seri Galaxy memang memenuhi semua lini pasar smartphone. Kehadiran produk terbaru, Galaxy Beam melengkapi jajaran produk Galaxy. Fitur yang diunggulkan adalah smartphone ini dilengkapi dengan proyektor yang sudah tersedia dan bisa memproyeksikan gambar, video, presentasi hingga maksimal selebar 50 inci. Smartphone baru Samsung ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 2,3. Menurut Samsung produk ini pun juga akan diupgrade ke sistem operasi Android 4.

Nokia Lumia 610

Nokia kembali menghadirkan seri produk smartphone Lumia berbasis sistem operasi Windows Phone 7,5 Mango. Pasar anak muda dibidik oleh produk baru Nokia yang memiliki layar berukuran 3,7 inci dan resolusi kamera 5 Megapixel ini. Prosesor yang dipasang pada Nokia Lumia 610 ini memiliki kecepatan 800 MHz dan memori RAM 256 Mb. 

Asus PadFone

Asus nampaknya memiliki strategi yang berbeda dengan menghadirkan konsep smartphone yang menyatu dengan tablet. Asus PadFone menggunakan sistem operasi Android 4.0, memiliki layar HD berukuran 4,3 inci, kamera beresolusi 8 Megapixel, dan prosesor Snapdragon S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar