Senin, 06 Februari 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Tiga Ponsel Android Terbaru S Nexian

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertepatan dengan peluncuran S Apps Planet di SeaWorld, Jumat, 3 Februari 2012 yang lalu, S Nexian juga memperkenalkan tiga farian ponsel Android Terbarunya, XTREME, COSMO JOURNEY, dan EXPLORER.

Menurut Martono Jaya Kusuma selaku CEO Selular Group, peluncuran produk tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang sedang menggandrungi produk berbasis Operating System Android.

"Melihat tingginya tingkat permintaan akan produk dengan operating system Android, membuat kami terus berinovasi dengan mempelajari keinginan pasar. Untuk itulah kami meluncurkan ponsel berbasis Android berharga terjangkau, serta dilengkapi dengan aplikasi terbaru, S Apps Planet khusus untuk pengguna S Nexian," jelas Martono.

Meskipun berharga minimalis, tetapi S Nexian memberikan fitur maksimal bagi konsumen yang menyukai petualangan di dunia digital. Petualangan tersebut dapat dinikmati melalui konten news, game, wallpaper, live wallpaper, audio yang terdapat pada S App Planet.

S Nexian XTREME NX-A899

Ponsel yang di desain sylish ini cocok menunjang gaya hidup mobile lifestyle yang elegan dan berkelas dengan warna hitam solidnya. Dilengkapi dengan operating system Android Gingerbread 2.3, Xtreme tampil elegan untuk menunjang gaya hidup para eksekutif muda melalui beragam aplikasi news dan media.

Selain fitur di atas, handphone yang dibanderol harga Rp 1.799.000,- ini memiliki LCD Screen 4.0 inci WVGA dengan Capacitive Multitouch beresolusi layar 480x800. Layar sentuh dengan ukuran lebih luas ini membuat para eksekutif muda ini dapat bekerja lebih maksimal dan berselancar di dunia maya lebih leluasa.

Dilengkapi dengan fasilitas Dual Camera 5.0 MP Auto Fokus dengan Flash dan kamera depan (VGA) memberikan pengalaman seru mengabadikan momen penting dan mengunggahnya di jejaring sosial.

S Nexian COSMO JOURNEY NX-A895

Ponsel yang tampil dengan warna bronze yang stylish ini, hadir untuk remaja yang menginginkan ponsel simple, tetapi kaya fitur. Dilengkapi dengan sistem Android Gingerbread 2.3, para remaja dapat terus eksis mengunduh beragam aplikasi games, audio, live wallpaper serta konten lainnya melalui Android Market ataupun S Apps Planet.

Dibanderol harga Rp 1.299.000,- ponsel ini juga dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 3.5 inci HVGA dengan Capatitive Multitouch dengan resolusi layar 320x480. Layar sentuh yang dimiliki pada ponsel ini cukup luas untuk gamer mania dapat bermain dan berkreasi.

Selain fitur yang telah disebutkan tadi, ponsel ini juga dilengkapi dengan Dual Camera 3.0 MP Auto Fokus dan camera depan (VGA) membantu para narsis mania untuk mengunggah hasil bidikan mereka ke jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.

S Nexian XPLORER NX-A712

Untuk ponsel yang satu ini, S Nexian melengkapinya dengan sistem operasi Android Froyo 2.2. Hadir dalam empat pilihan warna yang keren, yaitu Black, Red, Blie dan Coffe, Xplorer sangat asik untuk dijadikan teman eksis. Karena, ponsel ini memiliki beragam aplikasi asik yang dapat diunduh di Android Market ataupun di S Apps Planet, mulai dari Games, Musik, Live Wallpaper dan Aplikasi News, serta konten menarik lainnya.

Bagi para remaja yang memiliki teman banyak, untunglah ponsel yang memiliki fitur animasi screen dinamis ini juga support Dual Simcard (GSM-GSM) dengan jaringan koneksi GSM 900/1800 MHz. Biasanya dunia remaja yang asik selalu berhubungan dengan eksis di jejaring sosial, kebetulan sekali ponsel ini juga eksis di jaringan EDGE/GPRS.

Dibanderol harga Rp 799.000,- ponsel ini memiliki beragam fitur unggulan, diantaranya ada LCD Screen berukuran 3.2 inci HVGA dengan Touchscreen LCD dengan resolusi layar 320x480, Kamera 2.0 MP, dan jaringan mobile internet seperti WiFi, membuat remaja eksis dan asik di jejaring sosial.

S Apps Planet, Aplikasi Android untuk Pengguna Nexian

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Tingginya permintaan akan produk berbasis operating system Android di Indonesia, sayangnya tidak dibarengi dengan daya beli aplikasi yang ada di Android Market. Banyak pengguna ponsel Android harus gigit jari, ketika harus membeli sebuah aplikasi yang dibanderol dengan Dollar Amerika itu, menggunakan kartu kredit. Untunglah S Nexian bekerjasama dengan patner-patner teknologi berinovasi meluncurkan S Apps Planet, pasar aplikasi yang dapat dibeli langsung menggunakan potongan pulsa.

"S Nexian tidak mau ketinggalan mengembangkan inovasi-inovasi terbaru dengan meluncurkan S Apps Planet. Aplikasi yang dirancang untuk memberikan experience berbeda bagi pengguna S Nexian dengan operating system Android. Experience tersebut kami tampilkan dalam sebuah pasar aplikasi yang berisikan konten-konten menarik yang dapat diunduh dan dibeli dengan mudah," ujar Martono Jaya Kususma, CEO Selular Group.

S Apps Planet versi Android ini, pada awal peluncurannya di SeaWorld, Jumat, 3 Februari 2012, menghadirkan pilihan konten berupa Apps & Game, Wallpaper, Live Wallpaper, Audio khusus untuk pengguna ponsel S Nexian versi Android.

Setiap konten dapat di-download langsung dari S Apps Planet. Katalog konten dan service yang tersediakan menggabungkan unsur lokal dan internasional. Konten lokal yang terdapat dalam S Apps Planet merupakan upaya untuk menampung kreasi anak bangsa di dunia teknologi dan informasi khususnya di mobile application.

Konten yang terdapat dalam S Apps Planet dapat di download secara gratis maupun berbayar. Rata-rata harga aplikasi yang ada di S Apps Planet mulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 20.000,-. Khusus untuk bulan Februari dapatkan kesempatan download konten pada S Apps Planet secara gratis. Pembayaran dilakukan dengan konfirmasi yang jelas dan terdapat notifikasi persetujuan pengguna.

"S Apps Planet ini dapat dikatakan application store android pertama di Indonesia yang pembayaran kontennya melalui SMS berbayar tanpa kartu kredit dan tanpa regrstrasi paypal," tambah Martono.

Langkah-langkah Men-download Konten di S Apps Planet:

  1. Klik icon berlogo S Apps Planet pada ponsel S Nexian Android
  2. Pilih salah satu konten yang akan dibeli, lalu tekan tombol "BUY"
  3. Muncul notifiasi info aplikasi, tekan "YA" untuk membeli atau "Tidak" untuk batal
  4. Tunggu proses pembelian berhasil sampai mendapatkan SMS notifikasi
  5. Setelah berhasil, lakukan proses download sampai selesai

Peluncuran S Apps Planet versi Android ini dibarengi dengan peluncuran tiga ponsel Android terbaru dari S Nexian, XTREME, COSMO JOURNEY, dan EXPLORER. Ketiga S Nexian Android series ini memang sudah dipersiapkan untuk konsumen yang menyukai petualangan di dunia digital. Petualangan tersebut dapat dinikmati melalui konten news, game, wallpaper, live wallpaper, audio yang terdapat pada S Apps Planet.

e-KTP, Kartu Identitas Pintar Indonesia

Posted:

Kartu identitas elektronik mulai diperkenalkan. Meski masih ada kendala dalam proses pembuatannya, pemerintah sudah mulai bersiap untuk mengembangkan generasi kedua. Lalu, teknologi apa yang sebenarnya digunakan?

KTP pintar

Pada dasarnya, teknologi yang digunakan pada e-KTP bukanlah inovasi baru. Industri perbankan dan telekomunikasi sudah memanfaatkan kartu yang dilengkapi chip sejak beberapa tahun lalu. Dalam chip tersebut tersimpan data-data pemilik kartu yang hanya bisa ditulis dan dibaca dengan menggunakan perangkat tertentu. Kemampuan chip untuk menyimpan data secara elektronik itulah yang membuatnya diberi nama smart card (kartu pintar).

Sebuah chip smart card terdiri atas dua bagian, yaitu memori dan komponen mikroprosesor. Memori yang tertanam dalam chip tersebut terbagi dalam tiga jenis, Random Access Memory (RAM) dengan kapasitas hingga 8 kilobyte dan Read-Only Memory (ROM) dengan kapasitas hingga 346 kilobyte serta programmable ROM berkapasitas 256 kilobyte. Sedangkan mikroprosesornya memiliki kemampuan untuk menangani instruksi sepanjang 16 bit.

Chip yang dibenamkan pada e-KTP adalah produksi Cina. Chip tersebut diimpor dalam bentuk modul seperti film negatif yang biasa digunakan pada kamera konvensional. Dalam satu baris modul terdapat tiga chip yang masing-masing sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 kilobyte. Masing-masing chip berdimensi 1,5 x 1,5 cm tersebut nantinya dibenamkan pada kartu plastik polyvinyl chloride (PVC) berstandar ISO 7810 yang berdimensi 8,5 x 5,3 cm menggunakan mesin pick and placer.

Dilihat dari tipe koneksi chip de­ngan­ perangkat pembacanya, smart card terbagi menjadi dua jenis, yaitu kontak (contact) dan nirkontak (contactless). E-KTP yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah termasuk jenis contactless smart card. Ada beberapa faktor yang mendasari penggunaan smart card jenis ini. Daya tahan yang tinggi karena letak chip yang terlindung dari kontak langsung dengan udara, air, dan zat lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya karat merupakan salah satu alasan utama. Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan kelembaban udara dan air yang tinggi. Faktor lainnya adalah kepraktisan dalam hal pembacaan data. Data yang tersimpan dalam contactless smart card bisa dibaca oleh perangkat pembacanya dari jarak maksimal 10 cm dengan kecepatan transfer data mencapai 106-848 kbit/s tanpa harus memasukkannya ke dalam slot khusus.

Meski teknologi yang digunakan bukan barang baru, pemerintah mengklaim keamanan e-KTP bisa diandalkan karena memiliki kemampuan autentikasi dua arah, enkripsi, dan tanda tangan digital. Autentikasi dua arah merupakan proses identifikasi yang terjadi ketika kartu elektronik berkomunikasi dengan perangkat pembacanya. Pada saat proses pembacaan data, sistem enkripsi bekerja untuk melidungi data yang tersimpan di dalam chip kartu elektronik sehingga data tidak mudah dicuri atau digandakan. Tanda tangan digital menjadi benteng pertahanan terakhir yang berfungsi untuk menjaga integritas data. Jika ada peretas (hacker) yang bisa menembus sistem enkripsi yang ada dan bermaksud untuk mengubah data yang tersimpan dalam chip, pencocokan tanda ta-ngan merupakan cara ampuh untuk melakukan validasi secara manual kepemilikan kartu identitas.

Selain feature pengaman elektronik, e-KTP juga dilengkapi beberapa feature pengaman yang terdapat pada fisik kartu. Untuk menjamin keaslian e-KTP, digunakan relief text, microtext, filter image, invisible ink, dan warna yang berpendar ketika berada di bawah sinar ultra violet merupakan beberapa feature pelindung yang bisa dilihat dan dirasakan melalui sentuhan pada fisik kartu.

Kemampuan chip untuk menyimpan data secara elektronik merupakan alasan utama digunakannya teknologi ini untuk e-KTP. Pasalnya, pemerintah ingin membenahi administrasi kependudukan yang dilengkapi dengan ciri-ciri spesifik dan khas dari setiap orang sehingga dapat menekan jumlah kartu identitas ganda. Ciri-ciri spesifik tersebut (yang dikenal dengan nama biometrik) ada beberapa macam, namun yang digunakan sebagai data pada e-KTP hanya sidik jari dan retina mata karena proses perekaman sidik jari dan retina relatif mudah serta tidak memerlukan biaya besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar