Kamis, 23 Februari 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Emerson Network Power Ramaikan FutureGov Forum Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Emerson Network Power, yang merupakan salah satu bisnis Emerson dalam memaksimalkan ketersediaan (availability), kapasitas dan efisiensi infrastruktur penting, turut berpartisipasi dalam acara FutureGov Forum Indonesia dan menyampaikan solusi infrastruktur TI yang memungkinkan tercapainya Efficiency Without Compromise.

“Emerson bangga bisa ambil bagian dalam FutureGov Forum Indonesia. Pada event ini kami berkesempatan untuk mempresentastikan solusi kami mengenai bisnis TI yang penting kepada para pengguna dan manajer fasilitas di Indonesia," ungkap Jeffry Toon, Direktur Emerson Network Power Enterprise Solution Group di Asia.

Jeffry Toon, turut hadir menyampaikan optimisasi infrastruktur data center melalui Efficiency Without Compromise yang memiliki detail dalam efisiensi desain, operasi dan manajemen. Jeffry Toon bergabung dengan Emerson pada 2008, dengan segudang pengalaman dalam industri bersama HP dan kegiatan konsultasi yang ia lakukan. Memimpin Enterprise Solution Group Emerson membuatnya memiliki insight mengenai infrastruktur penting yang mendukung pengukuran efisiensi bisnis.

Efficiency Without Compromise memungkinkan perusahaan untuk beroperasi lebih baik baik dengan biaya lebih murah, melalui pemilihan dan penggunaan cooling, daya dan teknologi monitoring yang baik, yang didukung oleh layanan kunci dan keahlian lokal,” jelasnya.

FutureGov Foum diselenggarakan oleh majalah FutureGov Asia Pasifik dengan tujuan memberikan solusi TI yang tepat kepada pelaku bisnis yang pas dan sesuai dengan bisnis mereka. Sebagai acara yang wajib dihadiri para praktisi TI di Indonesia, forum ini memfokuskan pada tantangan TI terbesar pemerintah, karena tidak ada organisasi manapun yang mengelola data sebanyak pemerintah, atau memenuhi permintaan data yang terus naik seperti pemerintah.

Selain Jeffry Toon, pembicara lain dari Malaysia, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi juga akan berbagi keahlian mereka dalam hal security, cloud computing dan praktik terbaik lainnya bagi fasilitas penting perusahaan. FutureGov Forum Indonesia diadakan pada 21-22 Februari 2012 di Hotel Shangri-la, Jakarta.

Twitter Umumkan Update untuk Perangkat Apple dan Android

Posted:



CHIP.co.id - Untuk Anda yang gemar menggunakan jejaring sosial Twitter di perangkat bergerak Anda, kali ini Twitter mengumumkan beberapa update yang terjadi pada aplikasinya. Fitur terbarunya memperkenalkan beberapa penambahan dan perbaikan baru (22/2).

Update yang dilakukan untuk perangkat Apple dan Android memberikan kemudahan pada fungsi shortcut, dimana pengguna dapat dengan mudah melakukan Reply To, Favorite dan Share Tweets, seperti layaknya melakukan retweet (RT) dan melihat profil pengguna namun kemudahan diberikan tanpa memerlukan perpindahan dari timelines (TL).

Update pada kedua platform ini di perangkat bergerak ini juga memperkenalkan sebuah fitur yang dirancang untuk mempercepat proses pencarian teman melalui alamat email ataupun daftar kontak telepon pengguna.

Pembaharuan pada platform Android memberikan optimalisasi Twitter untuk dapat berjalan di versi sistem operasi terbaru besutan Google ini, Ice Cream Sandwich, serta pada tablet Kindle Fire dari Amazon, Barnes & Noble, serta tablet Nook Color.

Untuk pengguna perangkat Apple, aplikasi Twitter juga dapat memudahkan pengguna dengan menekan beberapa saat pada tweet, dan akan muncul seketika itu pula akan dapat melakukan copy tweet. Pengguna juga dapat dengan cepat melakukan buka melalui browser, Tweet link, Copy link, dan Mail link, sehingga proses berbagi link menjadi semakin mudah dan cepat.

Untuk perangkat Apple, pengguna juga dapat melakukan perubahan disain pada ukuran font sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca pengguna. Perubahan ini dapat dilakukan melalui menu Settings dan pilih menu Advanced.

Ingin mendapatkan beberapa fitur terbaru dari Twitter di perangkat bergerak Anda? Lakukan update  pada aplikasi berplatform Apple ataupun Android sekarang dan secara otomatis, jejaring sosial yang banyak digunakan untuk berbagi informasi ini akan memberikan kemudahan dan kecepatan pada Anda.

Selamat Mencoba!

Pameran Mega Bazaar di Medan Resmi Dibuka

Posted:


Medan, CHIP.co.id - Medan menjadi tuan rumah yang mengawali penyelenggaraan rangkaian Mega Bazaar Computer (MBC) 2012. Pameran yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Medan ini bertujuan untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat Medan dan sekitarnya akan produk canggih teknologi informasi dan komunikasi. MBC Medan secara resmi dibuka Kamis lalu (22/2) dan akan berlangsung selama lima hari mulai 22-26 Februari 2012 di Medan International Convention Center (MICC) Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, di Jalan Kapt. Maulana Lubis No. 7 Medan.

Dengan menggunakan lahan seluas seluas 4.000 m2, MBC Medan akan memperlihatkan berbagai kecanggihan aksesoris komputer, gadget teknologi, alat elektronik, dan produk telepon selular terbaru. Ada lebih dari 14 merek dari 54 produsen teknologi informasi terkemuka di tanah air, mulai dari Samsung, Toshiba, Epson, Metrodata, Astrindo, HP, Sony, Smart Fren, Dell, Acer, Canon, XL, IBM, Logitech, M-Audio, Apple, Axis, Esia Indosat, Telkomsel, Flexi dan lain-lain.

“MBC baru pertama kali digelar di Medan, namun kami optimis masyarakat di sini antusias untuk berkunjung. Pameran kami ini kami menargetkan 25 ribu pengunjung, serta transaksi sebesar 10 milyar rupiah,” kata Sri Vista Limbong, IT Division Manager Dyandra Promosindo.

Vista juga menambahkan bahwa MBC Medan ini merupakan ajang yang istimewa karena untuk pertama kalinya MBC hadir di kota Medan, dan pada penyelenggaraannya yang pertama di Medan MBC membawa sebuah program baru yang belum pernah diselenggarakan pada MBC sebelumnya.

Ilustrasi Image Dok: Mega Bazaar Computer 2011 - Jakarta

Acara Meriah Sambut Warga Medan

Panitia telah mempersiapkan berbagai program pendukung untuk menarik warga Medan dan sekitarnya. Ada acara interaktif seperti talk show dengan topik Internet Sehat, Kupas Tuntas Social Media, Social Business, Aplikasi untuk Tablet, Mengelola Komunitas, Business Online, Games Online, Youth & Digital, dan Fotografi.

Program lainnya antara lain HOT Sales, SERBU (Serba Rp 10,000), Console-Online Game-Arcade Competition, Cosplay Competition & Photo Contest, Fashion on Stage, Solo Drum-Bass-Guitar Competition, Community Gathering(Blogger, Kaskus, Komunitas Medan Berkebun, Fotografi, dan Bike to Work), serta doorprize berupa 1 unit sepeda motor.

Ada juga ajang “Social Media & Creativity Festival” yang mempertemukan provider/pengelola social media maupun social business dan komunitas untuk mengupas lebih dalam manfaat social media bagi semua pihak. Pengunjung bisa mengikuti acara Konsultasi Social Media, Digital Art, Kid’s Activation, Cerita Anak, Bike to Work, Digital Movies, Music Recording, Presentation, Live Performance, serta Woman’s Program. Untuk meramaikan para pengguna social media, MBC Medan juga membuat kuis yang digelar setiap hari melalui akun Twitter dan Facebook.

MBC sendiri setelah dilaksanakan di Medan, akan digelar secara serentak di lima kota lainnya, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Makassar mulai tanggal 29 Februari – 4 Maret 2012, sedang  di Semarang akan berlangsung pada 2 – 6 Maret 2012, dan di gelar pada 3 – 7 Maret 2012, MBC 2012 di Yogyakarta akan menjadi penutup rangkaian pameran MBC pada tahun ini.

Solusi Virtual Private Cloud dari DynaLabs Cloud

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - MorphLabs Inc, sebuah perusahaan layanan cloud computing dan solusi dynamic infrastructure untuk enterprise yang berbasis di Amerika Serikat dan Philipina, hari ini meresmikan kemitraan mereka dengan Pratesis, sebuah perusahaan teknologi informasi di Indonesia (22/2). Hasil dari bentuk kerja sama kedua perusahaan tersebut dibutikan dengan memperkenalkan DynaLabs Cloud sebagai solusi virtual private cloud  untuk enterprise.

Untuk saat ini di Indonesia, MorphLabs menggandeng Pratesis sebagai mitra strategisnya untuk memberikan layanan solusi DynaLabs Cloud ini kepada perusahaan-perusahaan di industri keuangan, telekomunikasi, penyedia data center, manufaktur, dan lain sebagainya.

“Salah satu pengembangan perusahaan yang harus disediakan mulai hari ini adalah ketersediaan layanan Cloud Computing yang handal. Morphlabs memahami bahwa organisasi harus melakukan investasi yang cerdas di tengah kondisi pasar yang terus berkembang. Melalui model pay per use, Morphlabs mencerminkan komitmen untuk mendorong pertumbuhan perusahaan di Indonesia dan Asean melalui layanan Cloud Computing tersebut," kata Singgih Tjahjono, Presiden Direktur Pratesis.

Pertumbuhan Pesat Solusi Cloud Computing

Banyak pihak memprediksi, tahun 2012 ini akan menjadi momentum untuk tumbuh pesatnya implementasi solusi cloud computing. Ini seiring dengan semakin meningkatnya kepercayaan perusahaan akan benefit yang ditawarkan solusi cloud ini. Bahkan, lembaga riset Frost & Sullivan memproyeksi cloud akan menjadi teknologi mainstream dengan perkiraan 30% dari perusahan-perusahaan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, akan menerapkan berbagai jenis cloud computing di tahun ini.

Momentum itulah yang ingin ditangkap MorphLabs dan Pratesis dengan memperkenalkan DynaLabs Cloud kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia—setelah berhasil meluncurkan solusi virtual private cloud yang sama tahun lalu di Philipina.

"Saat ini, banyak perusahaan mempercayakan kebutuhan mereka melalui solusi Cloud Computing yang terpecaya. Untuk itulah, kami menyediakan Solusi Virtual Private Cloud dari DynaLabs Cloud yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengorganisir kebutuhan mereka," ujar Wiston Damarillo, CEO MorphLabs.

Solusi DynaLabs Cloud untuk Enterprise

DynaLabs Cloud merupakan solusi dynamic infrastructure services (DIS) yang sangat aman, simple namun powerful. DynaLabs Cloud bisa memenuhi kebutuhan perusahaan akan solusi private cloud yang aman, karena layanannya dikemas menjadi  “Cloud-in-a-box”, dimana  hardware bisa ditempatkan di data center pelanggan (On-premises).

Menggunakan basis teknologi MorphLabs, mCloud DCU memiliki kinerja baik, karena didukung oleh beberapa produk yang sudah mumpuni di industrinya. Antara lain: Dell PowerEdge C dan R Series untuk hardware-nya, Arista Network untuk switching, dan Nexenta Enterprise untuk storage-nya. Perpaduan tersebut membuat solusi DynaLabs Cloud sangat reliable dan kompetitif dari sisi harga.

“Solusi DynaLabs Cloud kami menyediakan platform yang hemat biaya untuk infrastruktur cloud dan memaksimalkan produktivitas bagi para administrator jaringan serta pengembang perangkat lunak, memberdayakan setiap orang untuk bergabung ke revolusi awan,” tambah Winston.

Berbeda dengan solusi private cloud pada umumnya, DynaLabs Cloud menawarkan solusi cloud, berikut ini;

  • Lengkap dan terintegrasi, dengan virtualization, auto provisioning, orchestration, metering & billing, serta customer self service.
  • Private & secure, karena sumber daya cloud tidak berbagi dengan perusahaan lain. Private cloud yang ditawarkan memiliki firewall tersendiri. Alternatif lain yang dapat lebih memberikan nuansa keamanan bagi perusahaan adalah hardware DynaLabs Cloud yang dapat dipasang “on-premises” atau terletak di data center pelanggan. Kelebihan lainnya dari DynaLabs Cloud adalah dapat di-audit oleh auditor internal atau eksternal pelanggan, karena provider bisa menunjukan secara fisik letak perangkat keras yang dialokasi kepada pelanggan.
  • Open dan kompatibel dengan standar cloud yang ada, seperti EC2 dariAmazon Web Services, sehingga pelanggan bisa menggabungkan solusi DynaLabs Cloud dengan penyedia layanan cloud yang lain. Keterbukaan tersebut menghindari kondisi dimana pelanggan terjebak dalam masalah “vendor lock-in”, yang membuat para pelanggan menjadi terikat kepada satu provider.
  • Self service/rapid elasticity: pelanggan bisa menambah atau mengurangi virtual machine (VM) sendiri tanpa intervensi atau permintaan kepada penyelenggara cloud.

Lima Strategi Kunci SAP Indonesia di Tahun 2012

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - SAP Indonesia pada hari ini secara resmi menunjuk Singgih Wandojo sebagai Managing Director SAP Indonesia yang berlaku per Januari 2012. Pada kesempatan yang sama Singgih juga memaparkan di Wisma Keiai, Jakarta mengenai 5 strategi kunci yang diharapkan mampu membawa SAP Indonesia untuk bersaing di Industri Teknologi Informasi di tanah air (22/2).



Singgih mengakui penunjukan ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan SAP sebagai sebuah perusahaan global terhadap sumber daya lokal untuk terus melanjutkan upaya yang telah dijalankan oleh SAP selama ini dalam meningkatkan produktifitas perusahaan di Indonesia. SAP Indonesia turut berperan serta bagi pertumbuhan pendapatan SAP Asia Pasific dan Jepang (APJ) di tahun 2011. Untuk meningkatkan peran serta SAP Indonesia di tahun 2012, Singgih menyiapkan 5 strategi kunci, sbb:

  1. Application: SAP membantu perusahaan mengembangkan bisnis dengan menawarkan solusi bisnis yang dapat meningkatkan efisiensi dan efketifitas perusahaan.
  2. Analytics: SAP membantu perusahaan mengolah data bisnis secara tepat dan akurat menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan di tingkat manajemen.
  3. Mobility: SAP mengembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai pekerjaan dimana saja dan kapan saja melalui perangkat bergerak yang mereka miliki.
  4. Cloud Computing: SAP bertindak sebagai host yang menyediakan jasa aplikasi perangkat lunak, dimana pelanggan dapat menggunakannya secara berlangganan.
  5. Database & Technology: SAP HANA (High Performance Appliance Analytic) merupakan terobosan teknologi terbaru dari SAP untuk real-time computing yang sesungguhnya yang memungkinkan perusahaan menyimpan datanya di dalam memori. SAP HANA memberikan kecepatan dalam proses pengolahan dan analisis data yang mampu menyajikan data secara real time.

Singgih juga mengungkapkan,"Keberadaan SAP yang bermain di cloud aplikasi dan tidak di infrastruktur, diharapkan pada tahun 2012 ini dapat menjadi tahun cloud untuk SAP. SAP juga mengalami pertumbuhan sebesar 100 perusahaan per tahunnya dengan skala sebesar 60 hingga 70 persen. SAP juga melirik akan melakukan ekspansi ke daerah Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar di tahun ini."

Solusi SAP untuk UKM

SAP juga mengumumkan dua penawaran baru bagi UKM yang didukung oleh platform SAP HANA, yakni aplikasi SAP Business One yang analisanya didukung oleh SAP HANA dan SAP HANA edisi Edge. SAP HANA edisi Edge adalah penawaran tidak langsung yang dikompilasi khusus untuk dijual kembali di pasar menengah. Piranti lunak ini ditargetkan bagi pelanggan SAP di pasar menengah. Nilai tambah yang ditawarkan adalah jika versi SAP HANA untuk perusahaan menengah dipaketkan dengan piranti lunak SAP BusinessObjects Edge Businesss Intelligence (BI), kombinasi tersebut memberikan wawasan real time untuk organisasi kelas menengah. SAP HANA edisi Edge telah tersedia secara global melalui mitra SAP yang aktif dan resmi. Dengan dua penawaran baru dari SAP, UKM akan dapat meningkatkan dengan kuat di teknologi in-memory dari SAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar