Sabtu, 28 Januari 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Kompetisi Lumix Fotofestafet di 12 Kota Membangun Kreatifitas Anak Bangsa

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Panasonic Gobel Indonesia (PGI) melalui salah satu produk unggulannya, kamera Digital Lumix, mengumumkan pemenang kompetisi Fotofestafet yang telah berlangsung sejak 10 November 2011 di 12 kota di Indonesia. Kompetisi Fotofestafet bertujuan untuk membangun kreatifitas anak bangsa dalam menampilkan keindahan dan keragaman budaya Indonesia dengan menggabungkan dua teknologi, yaitu kamera Lumix dengan jejaring sosial yang saat ini berkembang dengan pesat baik Facebook maupun Twitter (25/1).

Kompetisi Fotofestafet menggunakan 2 jenis kamera digital yaitu Lumix DMC-FT3 dan Lumix DMC-TZ20. Kamera digital Lumix DMC-FT3 merupakan kamera tahan air hingga kedalaman 12 meter, anti beku hingga suhu -10 derajat C, tahan banting dari ketinggian 2 meter, serta kamera ini juga anti debu. Selain itu, kamera yang mampu merekam gambar 3D juga dapat merekam momen bergerak full HD 1920x1080, built-in GPS serta telah dilengkapi dengan kompas, altimeter dan barometer yang mampu menampilkan serta merekam ketinggian, tekanan udara dan arah.

Sedangkan kamera digital Lumix DMC-TZ20 yang telah diluncurkan di awal tahun 2011, dilengkapi dengan lensa LEICA DC VARIO-Elmar ultra wide-angle, memberikan kemudahan dengan penggunaan tele hingga 16 optical zoom dan mencapai 21 kali dengan menggunakan fitur Intelegent Resolution. Fitur yang serupa juga dimiliki oleh kamera ini, seperti merekam momen bergerak full HD, 3D Photo Mode, GPS yang memudahkan pengguna dalam menyimpan informasi data lintang dan bujur. Kemudahan lainnya diberikan dengan LCD layar sentuh 3 inci resolusi 460 ribu titik.

Dharmaparayana Sthirabudhi selaku Manager Network PT Panasonic Gobel Indonesia menjelaskan dengan detil akan peraturan yang digunakan pada kompetisi Fotofestafet serta memaparkan dengan jumlah pengunjung yang hadir ke situs Lumixkita.com.

Kedua jenis kamera tersebut digunakan oleh para finalis yang dibentuk menjadi empat tim yang diberi nama sesuai dengan empat pilihan warna kamera Lumix, yaitu Merah, Coklat, Biru, dan Oranye. Setiap tim diberi satu kamera Lumix yang secara eftafet dipakai bergiliran di 12 kota di Indonesia, mencakup Jakarta, Palembang, Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Pontianak, Samarinda, Manado, dan Makassar.

Setiap tim mendapatkan tugas untuk membuat foto sesuai dengan 4 tema yang telah ditentukan, seperti foto manusia dengan kegiatannya, foto lokasi yang menjadi ciri khas kota atau situs bersejarah, foto seni penciptaan karya, dan foto makanan khas. Total tercatat sebanyak 480 foto hasil karya dari 1.639 peserta Fotofestafet yang dapat dilihat di situs resmi Lumix di www.lumixkita.com. Pemenang ditentukan dari foto yang terbanyak mendapatkan Like melalui jejaring sosial Facebook, serta dikomunikasikan kepada setiap anggotanya melalui jejaring sosial Twitter dengan #LumixFF. Kompetisi ini memberikan total hadiah sebesar 24 juta rupiah.

Hadir pula pada acara yang mengambil lokasi di Amarone Cafe, Hotel Grand Kemang Jakarta, yaitu Jerry Aurum selaku fotografer proffesional Indonesia yang mengatakan,"Fotofestafet merupakan program yang menarik dalam menfasilitasi para penggemar fotografi di Indonesia. Kompetisi foto ini mengutamakan kejelian, keunikan dengan ide-ide yang menarik dalam merekam momen untuk menerjemahkan ke dalam bahasa foto, yang pada akhirnya menyebarkan informasi dari berbagai kota di Indonesia dalam sebuah hasil karya foto."

Di akhir acara, Dharmaparayana  dan Jerry menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Sebagai tambahan, Jerry juga memaparkan keunggulan setiap foto dari ketiga pemenang kompetisi Fotofestafet. Foto pemenang ke-3 menurut Jerry sangat menarik dengan memperlihatkan situasi pasar, foto pemenang ke-2 menampilkan sebuah keunggulan dengan posisi center pada rumah yang terpancarkan dengan sinar matahari dari sisi belakang, sedangkan foto pemenang utama merekam momen dengan timing yang sangat tepat, karena terlalu cepat atau terlalu lambat sedikit saja, maka momen anak kecil yang melompat menjadi tidak sesuai dengan background matahari di belakangnya.

Pemenang Lumix Fotofestafet

Untuk informasi dan kegiatan dari Lumix, silahkan kunjungi situs Lumixkita.com, juga melalui jejaring sosial Facebook Lumix Indonesia dan Twitter @lumixkita.

Manfaat dan Peluang Teknologi NFC

Posted:

Sebuah smartphone sedang dipakai untuk membaca SmartPoster. Sumber foto: Wikipedia.com

CHIP.co.id - Teknologi Near Field Communication, disingkat NFC,  telah hadir dibeberapa peranti komunikasi pintar seperti pada smartphone Google Nexus, Samsung Galaxy S II, BlackBerry Dakota dan Nokia C7. Produk Tablet PC pun akan dilengkapi juga dengan teknologi NFC termasuk beberapa perangkat elektronik lain seperti home entertainment system, kamera, printer, microwave dan lain sebagainya. 

Teknologi NFC ini akan menciptakan peluang baru selain bagi pengguna produk  juga bagi dunia bisnis. Mari kita lihat manfaat dan peluang yang ada pada teknologi NFC.

Ada 3 jenis cara NFC bekerja. yaitu Card Emulation, Reader/Writer dan Peer-to-peer.

Card Emulation

Smartphone yang dilengkapi NFC akan dapat digunakan sebagai sarana pembayaran misalnya layanan Google Wallet. Konsumen ketika di pusat perbelanjaan dapat melakukan pembayaran dengan cara mendekatkan smartphone pada perangkat yang telah tersedia, tanpa perlu menyentuh atau pun menggesek. (contactless).

Reader/Writer

Teknologi NFC memberikan kemudahan membaca dan menulis NFC tag sehingga bisa digunakan misalnya untuk membaca smart poster.

Peer-to-peer

Peranti yang telah dilengkapi NFC akan dapat terkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain. Misalnya laptop dengan printer atau berbagi foto dari kamera ke televisi.

Logo NFC ini ada pada peranti elektronik yang dilengkapi teknologi NFC. Sumber: Wikipedia.com

Ada beberapa manfaat NFC. Selain sebagai sarana untuk kemudahan pembayaran, NFC bisa dimanfaatkan untuk,

  1. Kendali akses
  2. Produk elektronik konsumen
  3. Dunia kesehatan
  4. Sarana koleksi dan pertukaran informasi
  5. Kupon dan loyalitas
  6. Transportasi

Selain itu, beberapa hal yang merupakan keuntungan dari teknologi NFC bagi konsumen dan peluang bagi dunia bisnis yaitu:

  1. Intuitif. Interaksi NFC hanya membutuhkan sentuhan yang sederhana
  2. Serba guna. NFC secara luas menjangkau beragam industri dan memiliki pemakaian serba guna.
  3. Dasar yang standar dan terbuka. Teknologi NFC mengikuti aturan yang universal diterapkan seperti standar ISO, ECMA, dan ETSI.
  4. Teknologi yang memungkikan NFC terkoneksi secara cepat dan mudah sama seperti pada teknologi nirkabel yang telah ada misalnya Bluetooth dan Wi-Fi.
  5. Aman. Transmisi NFC adalah dalam jarak dekat  hanya beberapa sentimeter saja. Selain itu NFC memiliki kemampuan built-in untuk mendukung aplikasi keamanan. 
  6. Beroperasi dan bisa bekerja dengan peranti yang telah menggunakan teknologi kartu contactless yang ada.

Melihat manfaat dan peluang yang ada, teknologi NFC akan mampu menciptakan peluang baru untuk dunia periklanan dan pemasaran, otomotif, jasa keuangan dan bank, dunia kesehatan, ritel, transportasi, travel, hiburan dan masih banyak lagi.

Sudahkah smartphone Anda dilengkapi teknologi NFC? Bagi Anda yang memiliki pendapat dan komentar tentang teknologi NFC silahkan tulis di area bawah artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar