Selasa, 01 November 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Simpan Kenangan Anda hingga 100 tahun dengan SanDisk Memory Vault

Posted:



CHIP.co.id - Sandisk menghadirkan media penyimpanan yang mampu menyimpan kenangan dan momen berharga Anda hingga 100 tahun lamanya dengan Sandisk Memory Vault. Media penyimpanan yang dirancang khusus dengan bentuk yang menawan berdesain metalik, memberikan kepastian bagi Anda untuk menyimpan semua kenangan indah dengan kehandalan jangka panjang.

Sandisk Memory Vault merupakan sebuah album foto untuk era digital yang memungkinkan Anda untuk menaruh foto maupun video dalam sebuah media yang dapt diandalkan. Sandisk Memory Vault menggunakan port USB 2.0 yang memiliki fitur drag-and-drop dengan bentuk yang ramping dam desain berwarna metalik.

Sandisk Memory Vault menggunakan teknologi ChronolockTM yang menggabungkan berbagai elemen yang lebih dari media penyimpanan solid-state sebagai solusi memori manajemen. Perangkat ini telah melewati tes terhadap suhu yang memberikan ketahanan jangka panjang, yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data, foto dan video berharga hingga 100 tahun lamanya.

Sandisk Memory Vault tersedia dalam 2 kapasitas, yaitu 8GB dengan harga $49,99 dan 16GB seharga $79,99.

Kingston HyperX, SSD para Gamer Enthusiast

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Saat ini, Solid State Disk (SSD) semakin menggeser keberadaan hard disk. Banyak pengguna komputer yang beralih ke SSD dikarenakan performanya yang lebih baik. Kini Kingston semakin gencar untuk meningkatkan kualitas produk SSD, yang sampai sekarang telah lahirnya sebuah SSD yang diyakini performanya jauh lebih baik daripada SSD yang lainnya, sebut saja Kingston HyperX yang kini masuk kedalam CHIP dengan kapasitas 120GB.

Kingston HyperX ini menggabungkan teknologi Controller SandForce terbaru dengan premium NAND Flash, yang berfungsi untuk mengurangi beban sambil meningkatkan kinerja dan daya tahan. Kingston HyperX ini menyediakan transfer data berkecepatan tinggi SATA Rev 3.0 (6 Gb/s).

Desain pada Kingston HyperX terkesan menarik, terlihat di sekitar samping SSD ini dibalut dengan bahan ABS padat berwarna biru dengan di bagian atasnya yang diberi sebuah plat berbahan metalik yang berbentuk menyerupai huruf X, dan terdapat tulisan timbul HyperX pada sisi bagian kiri atas dan juga terdapat tulisan Kingston pada bagian kanan bawah.

SSD Kingston HyperX ini dilengkapi dengan sebuah casing yang dapat digunakan untuk SSD ini, sehingga SSD ini dapat dijadikan Hard Disk External (HDE) untuk dapat dibawa kemanapun dengan mudah, disamping itu SSD ini memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu 110 gram.

Kingston HyperX ini juga disediakan sebuah plat besi adaptor beserta sekrupnya yang berguna untuk docking pada PC, sehingga SSD ini dapat ditempatkan didalam PC sesuai dengan tempat hard disknya.

Kingston HyperX menggunakan penghubung interface SATA Rev 3.0 dengan kecepatan membaca hingga 6Gb/s dan disertakan dengan kabel USB 2.0 untuk dapat dibawa kemanapun dengan casing USB eksternalnya.

Untuk membantu dalam instalasi, Kingston menyertakan obeng yang berbentuk pena dengan tiga bit yang disimpan di bawah tutup di bagian atas obeng. Obeng ini juga menampilkan logo Kingston HyperX dan warna yang sama.

Telkomsel dan On Waves, Hadirkan Roaming Hemat di Seluruh Dunia

Posted:


Istanbul, CHIP.co.id - Telkomsel  bekerja sama dengan Operator On Waves menyediakan tariff yang menarik bagi ribuan masyarakat Indonesia yang bekerja di kapal dan off shore yang berada di tengah samudra.

Di atas kapal pesiar Louis Cristal Cruise yang berlayar dari Istanbul-Lavrion-Mykonos, Greece, Telkomsel meresmikan tariff hemat nelpon ke tanah air lebih dari 75% tariff normal bagi pelanggan Telkomsel yang sedang roaming dengan menggunakan jaringan On Waves di luar negeri.

Kerjasama Telkomsel dengan On Waves, operator GSM yang memiliki coverage di kapal-kapal pesiar, kapal komersial dan rig pengeboran minyak lepas pantai (off shore). On-Wavess sendiri adalah operator terbesar nomor satu yang beroperasi di pelayaran dan laut (maritim) yang melayani coverage telekomunikasi di lebih dari 500 kapal yang berlayar ke seluruh dunia.

“Menurut data kami, sekitar 30 ribu Warga Negara Indonesia bekerja di kapal-kapal pesiar, komersial maupun rig di tengah laut yang beroperasi di seluruh dunia. Selama ini mereka belum terlalu memanfaatkan akses komunikasi dengan maksimal karena tarifnya sangat mahal. Telkomsel menjalin kerja sama dengan On Waves untuk menawarkan tarif hemat bagi pengguna Telkomsel, baik kartuHALO, Kartu AS maupun simPATI," jelas Sarwoto Atmosutarno, Direktur Utama Telkomsel.

Dengan menggunakan produk Telkomsel pada jaringan On Waves, pelanggan bisa menelpon  ke mana saja baik ke Indonesia maupun negara lain dengan 1 tarif yaitu Rp.9.000/menitnya dan untuk SMS, pelanggan dikenakan biaya 2.000 rupiah per sms. Sedangkan untuk menerima panggilan, pelanggan hanya dikenakan biaya 11.000 rupiah per menit. Apabila memakai layanan data, pelanggan cukup mengeluarkan 165 rupiah/10 kb. Tarif ini berlaku untuk kartuHALO, simPATI maupun Kartu AS dan sudah termasuk pajak.

“Dengan dibukanya kerjasama ini, para pelanggan Telkomsel yang ada di tengah samudra tidak perlu khawatir lagi berkomunikasi di atas kapal karena tariff yang sangat mahal. Mereka tidak perlu menunggu kapal merapat untuk menghubungi sanak keluarganya di Indonesia. Kami berharap bisa memberikan solusi untuk segala kebutuhan pelanggan,” tambah Sarwoto.

Komitmen Telkomsel ini selaras dengan terobosan yang telah dilakukan Telkomsel untuk menembus bahari menyatukan negeri dengan menggelar jaringan di 15 kapal PELNI.

Pelanggan Telkomsel juga dapat menikmati layanan-layanan roaming pada Negara-negara atau Operator-operator dimana Telkomsel telah menjalin kerjasama roaming. Sampai akhir September 2011, Telkomsel  telah menjalin kerjasama  dengan 444 Operator di 196 Negara. Telkomsel Paling Dipercaya, Telkomsel Paling Indonesia.

Si Geboy Film Animasi 3D Asli Indonesia di IT Fest 2011

Posted:

CHIP.co.id – Sebuah film animasi 3D, karya asli Indonesia turut memeriahkan puncak pelaksanaan IT Fest 2011, Sabtu, 29/10/11. Kompas TV yang terlibat pada acara IT Fest 2011 kali ini menceritakan proses pembuatan film animasi 3 dimensi (3D) garapan Kompas Gramedia Production yang berjudul Si Geboy. Film animasi 3D ini merupakan materi Seminar Behind The Scene 3D Movie “Si Geboy”.

Film ini mengisahkan petualangan seorang anak laki-laki bernama Geboy bersama teman-temannya dengan latar belakang keluarga menengah bawah yang tinggal di sebuah rumah susun. Satu diantara animator film ini, Bony Sudaryanto, menjelaskan mengapa memilih latar belakang cerita dari kehidupan keluarga menengah ke bawah, “Karena kehidupan keluarga menengah ke bawah itu jarang diangkat temanya. Kehidupan anak-anak menengah ke bawah juga biasa untuk bermain, seperti bermain sepak bola, lompat karet, sehingga lebih menarik untuk diangkat,” kata Bony saat bercerita tentang Geboy.

Menariknya, ada beberapa karakter yang dibuat sebelum akhirnya memilih Geboy untuk diangkat menjadi film animasi, yaitu Meong, Rajawali, dan Momo. “Meong tidak dipilih karena terlalu segmented, terlalu anak-anak. Untuk Rajawali tidak dipilih karena terlalu laki-laki. Kami ingin membuat film untuk kalangan luas. Sedangkan Momo, tidak dipilih karena tidak Indonesia. Akhirnya dibuatlah karakter Geboy ini,” ujar Bony.

Hal lain tentang film ini adalah keterlibatan Greg Fitzgerald, award winning sound designer Australia yg menangani film Happy Feet. Greg dilibatkan sebagai Sound Designer film animasi 3D "Si Geboy" Hal ini menurut penuturan Indra Yudhistira, sutradara film ini, melalui akun Twitternya. Indra Yudhistira, sebelumnya pernah menyutradarai film Andai Ia Tahu dan Biarkan Bintang Menari.

Menurut rencana, Si Geboy akan ditayangkan di bioskop mulai tahun 2012. Kita nantikan bersama film yang 100 persen hasil karya anak bangsa ini.

Penulis: Bambang Kartika

CHIP Meet Up The World of 3D, Meriahkan IT Fest 2011

Posted:

CHIP.co.id –CHIP Meet Up bertema "The World of 3D" ikut memeriahkan program acara IT Fest 2011 yang diselenggarakan di Binus. Kali ini, CHIP Meet Up yang diselenggarakan pada Sabtu, 29/10/11, didukung oleh LG membagikan pengetahuan dan sejumlah informasi tentang teknologi 3D dan Monitor LG Cinema 3D.

Dua orang pembicara membagikan pengetahuan mereka pada CHIP Meet Up kali ini, yaitu pak Susanto, Marketing Division LG dan Romi Hidayat, selaku Head of Lab, CHIP Indonesia. 

Di sesi pertama, pak Susanto membahas teknologi terbaru LG, yaitu Cinema 3D Monitor. Ia menjelaskan tentang dua teknologi kacamata 3D, Shutter Glass dan Film Patterned Retarder (FPR) yang dipelopori oleh LG. Keunggulan FPR antara lain bentuknya yang ergonomis, lebih luas secara kompatibilitas, biaya yang lebih terjangkau, serta bebas kedipan. Untuk setiap pembelian LG 3D Monitor, LG memberikan tambahan dua buah kacamata 3D FPR ini.  “Untuk user  yang berkacamata, LG sudah melengkapi clip-on yang memudahkan pemakaian kacamata 3D ini,sehingga tidak perlu memakai dua kacamata sekaligus,” kata pak Susanto menjelaskan saat presentasinya. 

Romi Hidayat, saat presentasi kedua, membahas tentang teknologi 3D. Ia menjelaskan bahwa ada 4 jenis teknologi 3D yang digunakan. Anaglyph, Stereoscopic, Polarized, dan Autostereoscopic. “Bagi yang senang men-download video klip musik, trailer film, dan sebagainya, resolusi minimal agar video tersebut bisa dilihat melalui layar 3D adalah 720p,” ucap Romi. Romi juga mengatakan bahwa CHIP sudah mengulas Monitor 3D LG, dan akan segera dimuat di Majalah CHIP. Bagi yang ingin tahu lebih banyak bisa membaca Majalah CHIP edisi yang akan datang. 

Akhir acara ditutup dengan pengumuman pemenang 3D Game Competition yang sudah dilakukan sejak Kamis 27/10/11. Juara 1 lomba ini adalah Tim Winner yang meraih hadiah sebear Rp 2.500.000, juara 2 adalah Tim Bangan yang meraih hadiah sebesar Rp 1.500.000, dan Juara 3 diraih oleh Tim Bill yang mendapat hadiah sebesar Rp 1.000.000. Selain itu juga diumumkan pemenang doorprize yang mendapat LG 3D Monitor 16 inch.

Setiap kali CHIP Meet Up, peserta selalu dapat banyak souvenir menarik, kali ini berupa tumblr dan sebuah tas ransel yang menarik. Buat yang belum sempat hadir, sampai jumpa di CHIP Meet Up selanjutnya!

Penulis: Bambang Kartika

Cisco Hadirkan Cisco Nexus Fabric Extenders untuk HP BladeSystem

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - HP dan Cisco mengumumkan pilihan baru untuk menjembatani server data center dan arsitektur jaringan mereka, guna memastikan tersedianya pilihan dan interoperabilitas bagi pelanggan bersama mereka.

Cisco Fabric Extender untuk HP BladeSystem, atau juga disebut Nexus B22 Fabric Extender (FEX) untuk HP, memberikan keuntungan bagi para pelanggan karena dapat memperluas Cisco Unified Fabric sampai ke HP c-Class BladeSystem.

Solusi ini menawarkan integrasi yang lebih baik untuk pelanggan yang berinvestasi pada lingkungan HP BladeSystem dan Cisco Nexus switch dengan menjaga investasi tersebut beserta teknologi data center lainnya yang sudah ada.

“Solusi baru ini memungkinkan pilihan kolaborasi standar industri untuk perusahaan yang memilih infrastruktur HP BladeSystem c-Class sekaligus dapat menyederhanakan koneksi dan mengurangi biaya jaringan,” ujar Jim Ganthier, Vice President, Marketing, Industry Standard Servers and Software HP.

Dirancang bersama oleh HP dan Cisco, solusi ini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah menghubungkan dan mengkonfigurasi infrastruktur HP BladeSystem c-Class dengan Cisco Unified Fabric mereka.

Keuntungan dari Cisco FEX untuk HP BladeSystem antara lain:

  • Meningkatkan bandwidth dan kehandalan jaringan, diperlukan untuk menghantarkan aplikasi penting yang berjalan di sejumlah server;
  • Memperluas fleksibilitas untuk memenuhi tuntutan bisnis yang berubah dengan jalur migrasi yang terkonsolidasi dari jaringan 1GbE sampai 10GbE;
  • Mengurangi provisioning dan pemeliharaan jaringan yang diperlukan oleh administrator TI dari Cisco Nexus parent switch sampai dengan untuk 24 fabric extender.

HP BladeSystem c-Class menyediakan integrasi sumber daya data center termasuk kabel, tenaga listrik, meningkatkan kapasitas jaringan dan redundansi untuk efisiensi yang lebih tinggi dan mengurangi biaya dengan mengatasi kesemerawutan TI di tingkat server sampai jaringan.

“Dengan menawarkan Cisco Nexus B22 Fabric Extender (FEX) untuk HP, pelanggan kami dapat memperluas keuntungan Cisco Unified Fabric di seluruh infrastruktur data center mereka yang sudah ada," tambah Soni Jiandani, senior vice president, Server, Access and Virtualization Technology Group, Cisco.

Harga dan Ketersediaan

Cisco Fabric Extender untuk HP BladeSystem saat ini tersedia langsung dari HP dan partner. Estimasi harga eceran di Amerika Serikat sekitar US$9,799.

Tiga Mouse Microsoft Touch Series Hadir di Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Hari ini Microsoft mulai memasarkan tiga mouse "Touch Series" terbarunya ke pasar Indonesia; Touch Mouse, Explorer Touch Mouse dan Arc Touch Mouse. Dikemas di dalam bodi elegan, Microsoft mencoba memperkenalkan kepada masyarakat inovasi terbaru Mouse dengan teknologi multi touch yang mampu merespon gerakan jari hanya dengan satu, dua, dan tiga sentuhan.

"Microsoft tidak pernah berhenti menciptakan inovasi dan teknologi baru bagi para konsumen. Kini kami memperkenalkan teknologi mulititouch yang dapat membantu konsumen melakukan hal-hal inovatif yang tidak biasa mereka lakukan dengan mouse konvensional," ungkap Harry Kartono, Retail, Sales & Marketing Lead PT Microsoft Indonesia.

Desain Minimalis dengan Fungsi Maksimal

Touch Series hadir dengan tampilan perangkat yang nyaman, memiliki desain yang minimalis, tetapi dilengkapi inovasi istimewa dari Microsoft. Touch Series begitu stylish dengan lengkung yang ergonomik dan rancangan Ambidextrous yang menambah kenyamanan genggam dan durabilitas bagi kedua telapak tangan pengguna, meski digunakan dalam waktu yang lama.

Setiap desain mouse di maksimalkan dengan fitur dan kemampuan yang dibutuhkan pengguna. Salah satu produk Touch Series yang diperkenalkan hari ini, yaitu Touch Mouse. Secara istimewa, mouse yang di pasarkan dengan harga sekitar Rp.749.000,-, memiliki kemampun multitouch serta diciptakan khusus untuk menyesuaikan dengan teknologi dan fitur Windows 7. Touch Mouse tidak hanya memenuhi kondisi penggunaan mouse sehari-hari seperti 'menunjuk' dan meakukan klik', namun juga ditambah dengan pemanfaatan gesture satu, dua atau tiga jari untuk memperluas pengalaman interaksi dengan sistem operasi Windows 7, seperti misalnya membuat shortcuts sederhana melalui mouse kepada program, dokumen atau hal yang dibutuhkan oleh sang pengguna.

Selanjutnya terdapat Microsoft Arc Touch Mouse yang dibanderol harga sekitar Rp.649.000,- memiliki rancangan berbentuk rata dan lurus, sangat cocok digunakan bagi para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Selain itu, desain lurus dan dapat dibengkokan ini juga memiliki fungsi tersendiri, yakni Power On dan Off,  bengkokan untuk mengaktifkan dan ratakan kembali untuk menonaktifkan mouse, sebagai bentuk kemudahan dari Microsoft kepada pengguna untuk mengurangi daya kerja batere.

Terdapat pula Microsoft Explorer Touch Mouse yang dibanderol harga sekitar Rp.449.000,- ini memiliki fitur yang tidak kalah menariknya dari dua "Touch Series" lainnya. Diperkuat dengan teknologi BlueTrack mouse ini dapat meningkatkan mampu beradaptasi pada gaya hidup pengguna aktif. Maksudnya adalah, mouse ini memungkinkan penggunaan di hampir semua jenis permukaan, sehingga tidak merepotkan pengguna saat mereka bekerja di atas tempat tidak rata, seperti; kayu, batu granit bahkan batu marmer.

"Hadirnya rangkaian terbaru Microsoft Touch Series, akan memberikan alternatif bagi konsumen yang mengharapkan sebuah mouse berteknologi inovatif, desain stylish dan nyaman digunakan. Dengan adanya model terbaru dari Microsoft ini, kami semakin yakin terhadap peningkatan angka penjualan pada produk-produk peripheral yang kami miliki hingga dua kali lipat dalam setahun ke depan," ujar Suriafi, General Manager PT. Sistech Kharisma.

Hiburan Penuh Gaya dari Lenovo IdeaPad S205 dan Z475

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Lenovo umumkan dua produk terbaru berbasis AMD untuk konsumer, yaitu IdeaPad S205 dan IdeaPad Z475 yang menghadirkan mobilitas dan hiburan untuk basis konsumer yang lebih luas di Indonesia. Kedua produk terbaru dari Lenovo hadir dengan harga yang terjangkau, melengkapi portfolio produk konsumer Lenovo yang memiliki pilihan beragam, serta menegarkan komitmen Lenovo untuk memperluas jangkauan di seluruh tanah air (28/10).

IdeaPad S205

Mini Laptop IdeaPad S205 Lenovo hadir dengan kemampuan mobilitas tinggi dengan layar LED WXGA 11,6 inci yang memiliki desain ultra-ramping sehingga sangat mudah untuk penggunaan mobilitas. Penggunaan keyboard chiclet AccuType hadir pada laptop ini, dirancang untuk memberikan kenyamanan dalam mengetik pada notebook yang berukuran lebih kecil. Kekuatan komputasi juga terjamin karena dilengkapi dengan AMD Athlon™ Dual Core E350 dengan grafis AMD Radeon™ HD6310M dan memori 2GB DDR3 SDRAM.

Untuk ketahan daya, digunakan baterai Li-ion 6 cell yang mampu memberikan ketahanan penggunaan hingga 6 jam dan piranti lunak Lenovo Energy Management yang membuat IdeaPad S205 menjadi teman terbaik untuk menjelajah Internet di rumah maupun di perjalanan. Laptop ini juga dilengkapi dengan DirectShare, yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi file dengan komputer lain tanpa harus terhubung ke Internet. Pada IdeaPad S205 hadir pula dukungan port seperti HDMI out, 3 port USB dan card reader 6-in1.

IdeaPad S205 dilengkapi dengan operasional sistem Windows® 7 Starter dan dilindungi dengan Regional Carry-in Warranty selama 1 tahun yang hadir dengan harga pasaran mulai dari US$359.

IdeaPad Z475

Laptop ini hadir dengan cita rasa fesyen yang dibalut dalam desain ID berkesan futuristik dengan cover transparan dalam pilihan warna cerah, laptop cantik ini didukung oleh AMD Quadcore  A6-3400M APU dengan AMD Radeon™ HD 6520G Discrete-Class graphics. IdeaPad Z475 juga dilengkapi dengan layar LED WXGA dan Dolby Advanced Audio untuk pengalaman suara yang mengagumkan.

Pada sektor multimedia di IdeaPad Z475, dilengkapi dengan SRS Premium Sound dan OneKey Theatre yang merupakan optimalisasi audio-visual hanya dengan satu sentuhan. Fitur-fitur lainnya meliputi VeriFace untuk memastikan bahwa hanya pengguna berhak yang bisa mengakses laptop; OneKey Rescue yang dapat dengan mudah memulihkan komputer dari masalah teknis; 3 konektor USB 2.0, port combo eSATA/USB, konektor-konektor HDMI dan VGA dan satu card reader 5-in-1 untuk koneksi mudah ke feriferal.

IdeaPad Z475 dilengkapi dengan Windows® 7 Basic 64-bit dan dilindungi dengan Regional Carry-in Warranty selama satu tahun, hadir dengan harga mulai dari US$549.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar