Sabtu, 19 November 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Tambah 30 BTS di Bali, Telkomsel Perkuat Jaringan Selama KTT ASEAN ke-19

Posted:

Denpasar, CHIP.co.id - Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas jaringan di kawasan Nusa Dua Bali dengan menggelar 30 base transceiver station (BTS) tambahan dan dua compact mobile base transceiver (combat), serta menyediakan layanan akses internet nirkabel (Wi-Fi) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-19 dan KTT yang berlangsung pada tanggal 17-19 November 2011.

GM Network Operations Telkomsel Regional Bali Nusra Ustriklanov Z. Titus menyatakan bahwa dalam event internasional seperti KTT ASEAN ini, misi Telkomsel tidak sebatas menghadirkan layanan terbaik, namun sekaligus menunjukkan kepada dunia internasioanl bahwa layanan telekomunikasi di Indonesia sejajar dengan negara-negara maju di berbagai belahan dunia.

“Optimalisasi jaringan yang kami lakukan ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran komunikasi suara dan data para peserta konferensi. Kami juga terus berupaya memastikan masyarakat dapat menikmati layanan komunikasi yang berkualitas selama berlangsungnya KTT ASEAN ke-19,” ungkap Titus.

Untuk mengawal lalu lintas komunikasi selama penyelenggaraan KTT, Telkomsel juga mengoperasikan dua combat di Hotel Grand Hyatt Bali dan Pura Uluwatu. Perangkat BTS bergerak ini akan mengoptimalkan kualitas dan jangkauan jaringan 2G dan 3G di wilayah Nusa Dua untuk mendukung kelancaran komunikasi suara dan data.

Telkomsel telah memperkuat jaringan dengan menggelar 20 BTS 2G dan 3G indoor tambahan di kawasan Nusa Dua serta 10 BTS makro tambahan di wilayah Kabupaten Badung. Penambahan BTS ini akan meningkatkan kualitas layanan di BNDCC serta 18 hotel di wilayah Nusa Dua yang menjadi tempat peristirahatan para delegasi negara peserta KTT.

Khusus BNDCC, Telkomsel telah meng-upgrade kapasitas dari repeater menjadi BTS 2G dan 3G. Kualitas layanan komunikasi dari Bandara Ngurah Rai hingga Istana Tampak Siring juga terjamin berkat dukungan 14 BTS di sepanjang jalur tersebut.

Layanan Wi-Fi Telkomsel hadir di titik-titik strategis pusat aktivitas peserta konferensi, salah satunya di lokasi media center di Singaraja Hall, BNDCC. Telkomsel menyediakan layanan Wi-Fi berkualitas yang didukung teknologi high speed downlink packet access (HSDPA) berkecepatan hingga 7,2 Mbps. Dukungan layanan Wi-Fi ini tentunya akan memudahkan pekerjaan wartawan dalam menyampaikan info ter-update seputar KTT.

Telkomsel juga menggelar posko siaga 24 jam yang siap mengamankan seluruh rangkaian kegiatan siaga jaringan ini benar-benar berjalan sesuai rencana, sehingga kenyamanan masyarakat dalam berkomunikasi selama berlangsungnya KTT ASEAN ke-19 tetap terjaga.

Selama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-19, Telkomsel juga membuka booth pelayanan yang berlokasi di BNDCC lantai 3. Para pengunjung bisa melakukan aktivasi layanan international roaming, membeli kartu perdana dan voucher isi ulang pulsa, serta memperoleh beragam informasi seputar produk dan layanan Telkomsel.

Acer Iconia A101, Tablet Stylish dengan Koneksi 3G

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Acer yang selama ini dikenal sebagai produsen notebook, kali ini tidak ingin kalah dengan pesaing-pesaingnya yang mengeluarkan tablet. Kini, Acer telah mengeluarkan tablet terbaru dari keluarga Iconia, yaitu A101 berukuran 7 inci yang sekarang sedang diuji oleh CHIP.

Dilihat secara keseluruhan, Acer Iconia A101 ini memiliki desain yang sangat stylish dibanding dengan tablet yang lainnya. Penampakan pada bagian belakang Acer Iconia A101 didesain dengan gambar gelombang wavy dengan tulisan acer yang tepat di bawah kamera.

Dengan dimensi 195 mm x 117 mm x 13.1 mm dan tampilan layar LCD kapasitif beresolusi 600 x 1024 pixels, Acer Iconia A101 memiliki bobot yang tergolong cukup berat untuk ukuran sebuah tablet, yaitu 415 gram. Hal itu dikarenakan bodi pada bagian atas dan bagian bawah menggunakan bahal metal.

Tablet Acer Iconia A101 terdapat slot simcard untuk memungkinkan tablet ini dapat melakukan fungsi SMS dan browsing tanpa harus mengandalkan hotspot Wi-Fi. Selain itu,  juga tersedia slot memory micro SD sebagai media penyimpanan yang terdapat pada sisi bagian kanan bawah tablet.

Acer Iconia A101 ini dilengkapi dengan kamera yang sanggup menangkap gambar beresolusi 5 Megapixel Auto Focus dengan LED Flash yang terdapat pada bagian belakang tablet, sedangkan kamera pada bagian depan beresolusi 2 Megapixel.

Berbeda dengan tablet lainnya, pada Acer Iconia A101 ini terdapat sebuah switch pada sisi bagian kanan atas bersamaan dengan pengatur volume yang berfungsi untuk mengunci auto rotate screen, sehingga Anda tidak perlu repot untuk melakukan setting auto rotate screen secara manual dalam konfigurasi setting.

Pada bagian bawah Acer Iconia A101 terdapat dua buah speaker, port untuk pengisian daya, port USB, port untuk docking dengan perangkat lainnya, port HDMI, dan lubang tombol reset untuk mereset ulang tablet.

Sedangkan pada bagian atas Acer Iconia A101 terdapat port 3,5 mm audio jack untuk menghubungkan tablet dengan headset, tombol power untuk menghidupkan/lock on/lock off tablet, dan lubang speaker.

Harga: Rp 3.899.000

Spesifikasi Produk :

  • Android OS, v3.0 (Honeycomb)
  • 195 mm x 117 mm x 13.1 mm
  • Bobot 415 gram
  • Layar sentuh LCD kapasitif 7 inci dengan resolusi 600 x 1024 pixels
  • Prosesor Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 processor, ULP GeForce GPU, Tegra 2 T20 chipset
  • Kamera utama 5 Megapixel Auto Focus, LED Flash
  • Second Camera 2 Megapixel
  • Konektivitas HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot.
  • Slot kartu microSD hingga 32 GB
  • Battery Li-Po 1530 mAh

Peningkatan sebesar 472 Persen Malware Android sejak bulan Juli

Posted:



CHIP.co.id - Keberadaan sistem operasi Android yang berkembang pesat di mata pengguna perangkat bergerak rupanya menjadi diminati oleh para penjahat dunia maya, tercatat terjadi peningkatan sebesar 472 persen malware sejak bulan Juli lalu.

Malware pada perangkat berbasis Android tumbuh dengan pesat, Tim Amrstrong selaku peneliti malware dari anti-virus Kaspersky Lab mengatakan,"Kehadiran malware pada tangan pengguna tidak akan telihat sebagai perubahan besar, namun malware Android terus berkembang dari waktu ke waktu."

"Sebagian besar para konsumen tidak peduli dengan keberadaan malware yang berkembang pesat, namun akan menjadi sebuah masalah besar dan mengejutkan keitka pengguna mendapatkan tagihan sebesar $1000," tutur Chester Wisniewski selaku penasihat keamanan senior Sophos.

Tim dan Chester mengomentari mengenai laporan terbaru dari Juniper Networks bahwa malware Android teleh melonjak sejak bulan Juli 2011. Android telah menangkap sebanyak 52,3 persen dari pangsa pasar global ponsel pintar, menurut riset Gartner, terdapat lebih dari 440.500.00 unit terjual pada bulan Juli hingga September.

Kenaikan ini merupakan para penjahat dunia maya yang menyamar menjadi developer, dan hanya membayar $25 dan sudah dapat memposting aplikasi yang memiliki malware. Dengan tidak adanya proses review terlebih dahulu, dan tidak diperiksa terlebih dahulu dari sisi pengguna saat mengunduhnya, dan semudah itu pula penyebaran malware berkembang. Tentu, aplikasi yang memiliki malware tersebut dapat dihapus setelah mendapatkan laporan dari berbagai pengguna yang telah mengunduhnya, namun berapa banyak pengguna yang tidak menaruh curiga saat mengunduh dan tidak mengidentifikasi pada awalnya? Inilah hal yang sedang terjadi dalam pertumbuhan aplikasi di perangkat bergerak saat ini.

Hal ini semakin bertumbuh pesat karena para penjahat dunia maya itu mengetahui bahwa betapa banyaknya pengguna yang melakukan root pada ponsel pintar. Dengan menyusupi malware ke dalam aplikasi, secara langsung dapat mengambil alih informasi yang dimiliki pengguna dengan menginstal paket tambahan pada ponsel pengguna.

Jenis utama serangan lainnya, terdapat sebanyak 44% adalah Trojan SMS, dengan mengirim pesan SMS ke nomor ponsel premi yang dimiliki oleh penjahat dunia maya di latar belakang dari aplikasi yang sah, tanpa diketahui oleh pengguna. Setelah pesan-pesan ini dikirimkan, pulsa tidak dapat dipulihkan, dan para pemilik nomor tingkat premi umumnya anonim. Trojan SMS ini hanya bernilai sekitar $1,99 atau $2.99 namun dengan pengiriman pesan berulang pada berbagai pengguna ponsel Android, dapat terbayangkan jumlahnya yang membengkak dengan cepat.

Hal yang berbeda pada perangkat ponsel Apple dimana setiap aplikasi yang diunggah oleh developer, akan dilakukan signature/tandatangan pada aplikasinya, dan ini tentunya menyulitkan para penjahat dunia maya untuk mendistribusikan malware dalam bentuk aplikasi. Mengunggah aplikasi Android, tidak membutuhkan signature seperti yang dilakukan oleh Apple, sehingga membuat para developer malware ini lebih memilih platform Android dalam melancarkan serangannya.

HP Pavilion dv6 White Linen Ramaikan Jakarta Fashion Week 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - HP, kembali menegaskan keseriusannya dalam mendukung leburnya teknologi, inovasi, seni dan fashion dalam sebuah gaya hidup masyarakat modern yang sophisticated. Keseriusan tersebut terealisasi dengan kehadirannya di gelaran fashion terkemuka tanah air, Jakarta Fashion Week 2012 (JFW 2012) yang berlangsung di Pacific Place Jakarta, 12 – 18 November 2011.

Melalui Jakarta Fashion Week 2012, HP kembali memperkenalkan produk-produk terbarunya yang selain mengandalkan performa tinggi, juga mengedepankan desain stylish dan elegan, seperti yang terlihat pada notebook HP Pavilion dv6 White Linen.

“Fashion dan desain saat ini telah menjadi salah satu pendorong utama bagi konsumen ketika memilih produk pendukung aktivitasnya. Keikutsertaan HP Pavilion dv6 White Linen di JFW 2012, HP bersemangat dalam menghadirkan perangkat komputasi yang mampu merefleksikan gaya hidup para pencinta fashion, untuk mendukung sophisticated mereka," ujar Theresia Ellytasari, Marketing Director HP PSG Indonesia.

HP Pavilion dv6-6167tx adalah notebook kelas atas terbaru dari HP yang dihadirkan dalam balutan warna putih bermotif nan elegan serta diperkuat dengan prosesor 2nd generation Intel Core i7-2670M, Windows 7 Home Premium asli, 4GB DDR3, 640 GB HDD, layar HP BrightView LED 15,6 inci, ATI Radeon HD 6490M 1GB dan teknologi tata suara berkualitas tinggi untuk kesempurnaan suara yang dihasilkan.

HP Pavilion dv6 berwarna putih bermotif ini dibanderol harga USD 1.600 dapat menjadi pilihan tepat bagi perempuan yang sangat mengindahkan estetika untuk mendukung penampilan mereka.

HP Gandeng Tex Saverio sebagai Figur Inspiratif Bidang Fashion

Bersamaan dengan Jakarta Fashion Week 2012, HP juga menyampaikan apresiasi kepada perancang muda Tex Saverio yang karena prestasinya mampu memberikan inspirasi bagi siapapun untuk turut berprestasi sepertinya.

“HP adalah inspirator di industri IT dan sangat menghargai inspirator-inspirator lain di bidang apapun. Selama ini kami di Indonesia telah memberikan apresiasi kepada sejumlah figur dari seni rupa, seni peran, dokter hingga pengusaha. Hari ini kami sangat bangga dapat memberikan apresiasi kepada salah satu anak bangsa terbaik dan membanggakan di bidang fashion, Tex Saverio, sebagai figur yang mampu memberikan inspirasi positif bagi anak bangsa lainnya," tambah Theresia.

 

BlackBerry Bold 9790, Seri Bold Tertipis

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Siapa yang tidak mengenal BlackBerry? Smartphone dari RIM yang unggul akan mobilitas komunikasi dengan menggunakan BlackBerry Messanger yang sebagian besar digunakan di Indonesia. Dalam kesempatan ini jajaran eksekutif RIM mengungkapkan betapa semakin pentingnya Indonesia di mata RIM, sehingga RIM mengeluarkan produk terbarunya, yaitu BlackBerry Bold 9790 atau bisa disebut dengan BlackBerry Onyx 3 atau juga Bellagio.

Dari sekilas memandang BlackBerry Bold 9790 kini memiliki desainnya yang lebih ramping dibanding pendahulunya (BlackBerry Bold 9700 dan BlackBerry Bold 9780) dengan dimensi 110 mm x 60 mm x 11.4 mm, sehingga BlackBerry Bold 9790 ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan dengan berat 122 g.

Dikarenakan pengecilan tersebut, BlackBerry Bold tersebut terpaksa hanya memiliki prosesor berkecepatan 1 GHz dengan diusungkan layar display LCD layar sentuh kapasitif beresolusi 360 x 480 pixel.

Dari penampakan keyboard, BlackBerry Bold 9790 sama seperti pada Blackberry seri lainnya. Akan tetapi pada pada Bold yang satu ini terdapat beberapa perbedaan, seperti pada tombol dial/dial end, menu, dan back.

BlackBerry Bold 9790 ini menggunakan Sistem Operasi BlackBerry OS 7 yang dapat memberikan tampilan antar muka yang lebih baik dan lebih menarik.

BlackBerry Bold 9790 menggunakan kamera beresolusi 5 MP (2592 x 1944 pixels) Auto Focus dengan lampu kilat LED Flash untuk mengambil gambar yang lebih baik.

Pada sisi bagian atas BlackBerry Bold 9790 berbeda dengan BlackBerry pada umumnya, produk ini hanya memiliki satu buah tombol yang berfungsi untuk lock/unlock phone.

Pada sisi bagian kiri hanya terdapat port 3.5 mm audio jack , sedangkan sisi bagian kanan terlihat tombol yang dapat digunakan untuk mangambil foto dan mengatur volume.

Spesifikasi Produk

  • Dimensi : 110 x 60 x 11,4 mm
  • Layar : 2,45 inci, resolusi 480 x 360, touchscreen
  • Network : Quad-band GSM 850 /900 /1800 /1900 MHz, Konektivitas: 3G, HSDPA, WiFi b/g/n, NFC support, Bluetooth
  • Prosesor : 1 GHz
  • Memori : RAM 768 MB, Memori internal 8GB, Memori eksternal dengan format microSD yang dapat di-upgrade hingga 32 GB
  • Kamera : 5MP autofokus, auto face detection, image stabilization, 2x digital zoom, 2.592 x 1944 piksel, camera zoom, video capture, VGA (640 x 480)
  • OS : BlackBerry OS versi 7
  • Fitur : A-GPS, BlackBerry Maps, Kompas digital yang baru, akselerometer (Magnetometer), Proximity Sensor
  • Baterai : 1230 mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar