Rabu, 23 November 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


CloudBand Hubungkan Jaringan Komunikasi ke Pasar Layanan Cloud

Posted:


Paris, CHIP.co.id - Alcatel-Lucent memperkenalkan sebuah solusi baru, yang diberi nama CloudBand, yang menyatukan kekuatan komputasi dan fleksibilitas cloud yang memiliki kinerja sangat baik, kehandalan dan keamanan dari jaringan-jaringan komunikasi.

CloudBand adalah fondasi bagi sebuah layanan “carrier cloud” kelas baru yang akan memungkinkan service provider komunikasi untuk memberikan manfaat cloud kepada jaringan mereka sendiri dan operasi-operasi bisnis, dan menempatkan semua hal tersebut dalam sebuah posisi ideal sehingga dapat menawarkan sebuah rangkaian layanan cloud berkinerja tinggi kepada perusahaan-perusahaan dan pelanggan.

Dengan menggunakan CloudBand, service provider dapat memvirtualisasi banyak unsur-unsur penting dari jaringan mereka dengan cara mengubah mereka menjadi software yang dijalankan di cloud dan dapat diakses sesuai keinginan untuk mengatasi perpindahan atau perubahan dari pola-pola pemakaian pelanggan.

Penelitian Alcatel-Lucent baru-baru ini, yang men-survey 3500 pengambil keputusan di perusahaan IT, telah menemukan bahwa perhatian utama mereka tentang cloud sejauh ini adalah mengenai kinerja, baru kemudian mengenai keamanan-nya. 

Adolfo Hernandez, President Alcatel-Lucent Software, Services & Solutions Group mengatakan, “Dari penelitian kami, kami mengetahui bahwa kinerja adalah faktor penting bagi para pembuat keputusan di bidang IT. Kami juga tahu bahwa service provider komunikasi berada di posisi yang tepat untuk menyampaikan kualitas dan keamanan yang mereka harapkan, menjadikan mereka penyedia layanan cloud terpilih bagi dunia perusahaan.

Layanan tingkat baru ini menawarkan latensi yang lebih rendah, kontrol yang lebih baik dari bandwidth dan kemampuan memberikan garansi akan layanan berkualitas, yang kesemuanya dibutuhkan untuk memenuhi permintaan ketat dari para pelanggan dan perusahaan akan kinerja.

CloudBand terdiri dari dua elemen berbeda: CloudBand Management System – yang memberikan orkestrasi dan optimalisasi layanan antara jaringan komunikasi dan cloud; dan CloudBand Node yang menyediakan hardware komputasi, penyimpanan dan jejaring dan software terkait untuk menampung beragam layanan cloud. CloudBand akan tersedia di semester pertama 2012.

Telkomsel Hadirkan Full Track Download Lagu Sepuasnya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel meluncurkan layanan LangitMusik HITS! yang merupakan layanan full track download lagu sepuasnya. Dengan mengaktifkan LangitMusik HITS!, para pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan Kartu As) bebas mendownload hingga ribuan lagu yang tersedia hanya dengan Rp 1.000 per minggu.

Layanan LangitMusik HITS! dapat dinikmati semua jenis ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi browser dan menunjang fitur GPRS/ EDGE/ 3G. Bekerjasama dengan lebih dari 70 mitra label rekaman dan content provider, Telkomsel menyediakan lebih dari 15.000 full track lagu dalam negeri dari berbagai genre musik, seperti: pop, rock, dangdut, dan sebagainya.

"Melalui layanan LangitMusik HITS!, Telkomsel berkomitmen untuk mendukung perkembangan dan kemajuan industri kreatif, di antaranya: artis, perusahaan label rekaman, content provider, dan lain-lain. Upaya ini merupakan partisipasi Telkomsel dalam melindungi industri musik dari pembajakan atas hak kekayaan intelektual," ungkap Krishnawan Pribadi, VP Digital Music & Content Management Telkomsel.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan web portal www.langitmusik.com dengan desain yang lebih atraktif dan dinamis bagi pelanggan yang ingin memperoleh informasi mengenai katalog musik, rekomendasi lagu pilihan, daftar tangga lagu terpopuler, fitur twitter feed, komunitas musik, berita terbaru seputar dunia musik (artis dan event musik), lagu top download dan new release, serta search engine untuk mencari lagu yang akan diunduh.

Cara Berlangganan

Untuk menikmati layanan LangitMusik HITS!, pelanggan cukup mengakses *616*1# langsung dari ponselnya. Setelah masuk ke menu utama, pelanggan dapat memilih lagu, lalu klik Yes/Ok. Pelanggan akan mendapatkan dua kali tahapan konfirmasi, yang apabila kedua tahapan tersebut disetujui maka pelanggan dikenakan biaya berlangganan Rp 1.000 per minggu.

Selanjutnya pelanggan akan menerima SMS berupa link untuk mengunduh lagu yang diminta. Masa aktif berlangganan berlaku 1 minggu, di mana selama periode tersebut pelanggan bebas mengunduh lagu di katalog LangitMusik HITS! sepuasnya tanpa dikenakan biaya GPRS.

Sebelum masa aktif langganan berakhir, pelanggan akan mendapat SMS konfirmasi tentang perpanjangan. Jika ingin melanjutkan masa aktif berlangganan, maka pelanggan harus merespon SMS konfirmasi tersebut.

Banjir Bangkok Ungsikan BlackBerry DevCon Asia ke Singapura

Posted:


CHIP.co.id - Banjir di kota Bangkok yang melumpuhkan ibukota Thailand beberapa waktu lalu, membuat RIM (Research in Motion) untuk mengungsikan BlackBerry DevCon 2011 ke Singapura.

RIM mengatakan bahwa acara BlackBerry DevCon Asia 2011, akan tetap berlangsung di tanggal yang sama, 7 - 8 Desember 2011, tepatnya di Suntec Singapura International Convention & Exhibition Center - Singapura.

Pihak RIM memohon maaf kepada para pendaftar, karena pemberitahuan relokasi penyelenggaraan terlambat diungkapkan menjelang hari "H" berlangsungnya acara.

Seandainya pendaftar yang tidak dapat menghadiri acara tersebut, RIM akan mengembalikan biaya pendaftaran konferensi secara penuh.

"Bagi pendaftar yang ingin membatalkan pendaftaran, dapat menghubungi layanan pendaftaran melalui telepon atau email," dikutip dari website resmi BlackBerry DevCon 2011.

Walaupun acara BlackBerry DevCon Asia 2011 tersebut gagal dilaksanakan di Bangkok, RIM berkomitmen untuk kembali ke kota yang terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya tersebut di masa yang akan datang.

SteelSeries 7H, Headset Gaming yang Easy Carry

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ketika memperbincangkan produk headset gaming, tidak lain yang sering muncul di benak Anda adalah SteelSeries yang sudah cukup dikenal di kalangan para gamers. Kini, SteelSeries muncul dengan headset gaming barunya yang sekarang telah hadir dalam CHIP adalah SteelSeries 7H.

Headset SteelSeries 7H ini juga dipaketkan dengan kepala ear cup yang bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan, bisa ganti dengan ear cup berbahan busa maupun dengan yang berbahan kulit sintesis.

Headset SteelSeries 7H ini dirancang untuk dapat dicopot-sambungkan antara kepala headphone dengan headbandnya, sehingga Anda dapat membawanya kemanapun dengan mudah.

Sedangkan pada kabel Headset SteelSeries 7H ini juga dapat dipisahkan dari headsetnya agar mudah untuk dibawa kemanapun. Interface yang digunakan untuk menghubungkan headset dengan kabelnya menggunakan port miniUSB.

Di antara kabel penghubung terdapat sebuah remote yang berfungsi untuk kontrol switch mic on/off dan pengatur volume yang terdapat bagian sampingnya.

Bagian microphone pada Headset SteelSeries 7H  ini dapat disimpan dengan menyisipkannya kedalam dan juga dapat diatur dengan leluasa, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan keinginan Anda.

Logo SteelSeries yang terdapat pada bagian headband yang terukir pada bidang berbahan baja semakin menegaskan kesan brand SteelSeries pada headset ini.

Facebook pilih HTC dengan nama ponsel Buffy

Posted:



CHIP.co.id - Facebook akhirnya memilih ponsel pintar HTC untuk mengadopsip jejaring sosial yang terintegrasi di dalamnya. Ponsel pintar ini akan dinamakan Buffy seperti film serial televisi bernuansa vampir. Ponsel ini akan hadir dengan modifikasi berplatform Android yang akan diintegrasikan baiklayanan dan dukungan dengan HTML5.

Facebook memilih HTC dimana pertimbangannya bersaing ketat dengan ponsel pintar Samsung asal Korea, ini berarti persaingan pasar akan terus berlangsung pada 12 hingga 18 bulan ke depan.HTC sendiri beberapa bulan lalu sudah mengintegrasikan penggunaan tombol Facebook pada ponsel pintar HTC Salsa dan HTC ChaCha yang telah hadir di pasar Indonesia.

Perangkat bergerak merupakan hal yang penting untuk masa depan jejaring sosial Facebook. Facebook mengungkapkan bahwa saat ini tercatat 350 juta pengguna ponsel yang akhif dan terhubung dengan 475 operator ponsel secara global. Meskipun Facebook merupakan salah satu dari aplikasi terpopuler ditangan pengguna dan disetiap ponsel, namun jejaring sosial ini hanya merupakan pemain pendukung.

Di sisi lain, Apple berjuang keras dengan pengontrolan akan aplikasi  perangkat bergeraknya, bahkan aplikasi Facebook dan Twitter merupakan mitra sosialnya. Google sebagai pesaingnya, menghadirkan aplikasi jejaring sosial Google+ sebagai produknya sendiri untuk bertarung dengan kedua aplikasi tersebut.

Apa dan bagaimana kehadiran ponsel pintar Facebook dengan nama Buffy dari HTC ini? Kita nantikan saja kehadirannya di tahun mendatang.

AMD Luncurkan Prosesor Keluarga AMD FX

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - AMD meluncurkan keluarga CPU AMD FX yang akan memberikan pengalaman personal secara penuh untuk para pengguna komputer desktop. Prosesor AMD FX merupakan prosesor dekstop delapan  inti yang pertama, yang memungkinkan multi-display game secara ekstrim, mega-tasking dan pembuatan konten HD. Hal ini juga menandai ketersediaan ritel pertama dari prosesor baru berbasis arsitektur multi-core AMD dengan nama Bulldozer, termasuk dalam CPU AMD untuk server mendatang dengan nama Interlagos dan generasi AMD APU berikutnya (15/11).

Semua CPU AMD FX menawarkan clock multiplier yang benar-benar terbuka untuk penggunaan overclocking menjadi lebih mudah, serta membuka jalan bagi para antusias PC untuk menikmati kecepatan CPU yang lebih tinggi dan peningkatan kinerja. Prosesor ini menggunakan AMD Turbo Core Technology untuk mengoptimalkan kinerja antar core CPU secara dinamis, yang memungkinkan performa maksimal untuk beban kerja tinggi.

Keluarga CPU AMD FX

  • FX-8150: Eight cores, 3.6 GHz CPU base (3.9 GHz Turbo Core, 4.2 GHz Max Turbo)
  • FX-8120: Eight cores, 3.1 GHz CPU base (3.4 GHz Turbo Core, 4.0 GHz Max Turbo)
  • FX-6100: Six cores, 3.3 GHz CPU base (3.6 GHz Turbo Core, 3.9 GHz Max Turbo)
  • FX-4100: Four cores, 3.6 GHz CPU base (3.7 GHz Turbo Core, 3.8 GHz Max Turbo)

Tanpa membutuhkan dana tambahan, pengguna dapat menggabungkan CPU AMD FX dengan chipset motherboard AMD 9 Series dan kartu grafis AMD Radeon™ HD 6000 untuk membuat  platform AMD Scorpius menghadirkan pengalaman gaming dan hiburan HD. Sebagai bagian dari platform Scorpius, CPU AMD FX juga mendukung teknologi AMD CrossFireX™, yang memungkinkan kombinasi beberapa kartu grafis di PC untuk pengalaman visual, dan dukungan teknologi AMD Eyefinity untuk  resolusi  super  pada  hingga enam monitor. Dengan  AMD Catalyst Control Center/AMD VISION Engine Control Center, pengguna bisa mendapatkan update reguler  untuk  membantu  meningkatkan  kinerja  dan  stabilitas  sistem,  dan  untuk memperbarui perangkat lunak.

Telkom dan Microsoft Luncurkan Portal Online PlasaMSN

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Microsoft dan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) jalin kemitraan untuk meluncurkan PlasaMSN. Portal online PlasaMSN akan memadukan hal-hal terbaik dari perusahaan pengembang piranti lunak, penyedia layanan serta solusi terkemuka dunia yang memiliki jangkuan luas spektrum telekomunikasi, informasi, media dan edutainment dengan lebih dari 132 juta pelanggan TelkomGroup (17/11).

Portal Online PlasaMSN yang dapat dikunjungi melalui situs www.plasamsn.com yang menghadirkan informasi tentang gaya hidup dan hiburan yang menyediakan baik konten global maupun lokal yang relevan dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Portal ini akan menjadi pelengkap yang sempurna bagi portal e-commerce, musik, edukasi dan direktori dan akan memberikan pengalaman baru kepada para pengunjung yang hadir pada PlasaMSN.

Portal ini akan mempresentasikan teknologi terkini dengan menghadirkan fitur video on demand, kaya dengan iklan media dan berita-berita seputar topik gaya hidup dan hiburan yang dapat diakses melalui multi-layar (online, mobile, TV). Untuk Anda yang membutuhkan informasi terkini, silahkan kunjungi www.plasamsn.com.

Juniper Networks dan Samsung Berikan Mobile Security

Posted:

CHIP.co.id - Juniper Networks berkolaborasi dengan Samsung menghadirkan Juniper Networks Junos Pulse dan Junos Pulse Mobile Security Suite di perangkat-perangkat Samsung seperti Galaxy Note, Galaxy S II dan Galaxy Tab 10.1. Juniper Networks menyampaikan hal ini pada acara Samsung Beyond New Opportunities yang diselenggarakan Selasa, 22/11/2011 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. 

Juniper Networks dan Samsung berkolaborasi dalam rangka menyediakan solusi mobile security, secure connectivity bagi kelas Enterprise. "Sebagai produk smartphone yang paling cepat berkembang, kami melihat mitra yang memiliki dedikasi untuk melakukan inovasi demi memberikan produk dan solusi terbaik," kata Gregory Lee, President and CEO Samsung Asia tentang kerjasama antara Samsung dan Juniper Networks.

Junos Pulse menyediakan full layer 3 SSL VPN sehingga mampu mengamankan akses pada setiap jaringan korporasi kapan dan dimana saja. Junos Pulse Mobile Security Suite memiliki kemampuan secara otomatis menghapus aplikasi malicious dari Samsung Galaxy Note, Galaxy S II dan Galaxy Tab 10.1

XL Salurkan Dana SMS Donasi Pelanggan

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - PT XL Axiata Tbk (XL) mulai menyalurkan dana donasi pelanggan yang terkumpul sebanyak Rp 162.668.700,- melalui Program SMS Donasi. Tercatat sebanyak 8 lembaga menjadi mitra XL dalam penyalurannya. Pada kesempatan yang sama, XL juga meluncurkan program SMS Donasi periode ke-2, bekerjasama dengan 10 lembaga di Indonesia (16/11).

Hasnul Suhaimi selaku Presiden Direktur XL (foto atas) menyerahkan hasil donasi pelanggan XL melalui SMS Donasi Periode I kepada para lembaga mitra XL untuk selanjutnya disalurkan sesuai dengan peruntukannya. Donasi ini akan disalurkan untuk mendukung program konservasi lingkungan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi, kesejahteraan anak, pemberdayaan masyarakat, juga pelestarian sastra budaya.



Hasnul Suhaimi beserta dengan Turina Farouk selaku VP Corporate Communication XL (foto atas) juga memberikan SMS Donasi kepada Yahya Hidayatullah selaku Direktur Yayasan Wakaf Center. Pada saat yang sama, Hasnul Suhaimi (foto bawah) juga memberikan kepada Iskandar Iwan Hukom selaku Sekjen Yayasan Cipta Anak Bangsa. 



Hasnul mengatakan, “SMS Donasi telah terbukti efektif menjadi sarana bagi pelanggan untuk membantu memperingan persoalan sosial masyarakat, dari mulai dampak bencana, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan anak, pemanfaatan ICT, pelestarian sastra budaya, hingga konservasi lingkungan. Program SMS Donasi ini membuktikan bahwa layanan telekomunikasi sangat berguna untuk mendukung tujuan-tujuan positif."

Ke-8 lembaga yang menjadi mitra penyaluran donasi pelanggan adalah WWF (pelestarian keragaman hayati),UNICEF ( kesejahteraan anak), ICT WACTH (pemanfaatan ICT), IDI (kesehatan), YCAB (kesejahteraan anak), PDS HB Jassin Koin Sastra (pelestarian karya sastra), PKPU (penanggulangan bencana dll), dan Yayasan Wakaf Center (penyaluran wakaf). Sementara itu untuk SMS Periode ke-2, XL juga bekerjasama dengan mengajak Dompet Dhuafa (Pengentaskan Pengangguran), Pundi Amal SCTV (Pendidikan & Kesehatan), WVI (kesejahteraan anak, Yayasan Peradah Indonesia (Pemberdayaan Masyarakat),

Bagi pelanggan yang akan memberikan donasi melalui program ini sangat mudah: ketik lalu kirim SMS ke 2000 untuk donasi Rp. 2000 atau kirim ke 5000 untuk donasi Rp. 5000. KATAKUNCI tersebut adalah:

  • WWF (untuk penyelamatan habitat gajah liar di Riau)
  • ICT (edukasi pemanfaatan teknologi informasi)
  • YCAB (koperasi usaha mikro bagi masyarakat kurang mampu di sekitar Jakarta)
  • IDI (layanan gratis kesehatan masyarakat)
  • WVI (kesejahteraan anak), Dhuafa (pengentasan pengangguran)
  • Peradah (pemberdayaan ekonomi masyarakat)
  • PAS (pendidikan dan kesehatan)
  • PKPU (Sanitasi untuk masyarakat kurang mampu)
  • Wakaf (pembangunan saranan pendidikan)

Program SMS Donasi periode pertama dimulai pada 1 Februari hingga 30 September lalu dan melalui program SMS Donasi, XL memfasilitasi pelanggan untuk menyalurkan donasinya secara mudah dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga kredibel serta terpercaya dalam bidang penanganan masalah sosial tertentu, XL sekaligus memastikan donasi pelanggan akan bisa sampai pada sasaran yang tepat.

Samsung Ajak Kolaborasi Pebisnis dan Developer

Posted:

CHIP.co.id - Samsung mengajak kolaborasi para pebisnis dan developer serta melihat peluang yang bisa dilakukan melalui integrasi teknologi yang ada pada smartphone, Tablet PC dan Smart TV Samsung. Hal ini dilakukan pada sebuah seminar Samsung Beyond, New Opportunities, Selasa 22/11/11, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh PT. Samsung Indonesia bekerjasama dengan Majalah CHIP.

Lebih dari 300 orang pebisnis dan pengembang hadir pada acara ini yang dibuka dengan seminar di pagi hari dan kelas untuk solusi korporasi dan kelas untuk para developer yang diadakan usai makan siang. Sejumlah pembicara hadir diantaranya Mr. Budi Janto, Director Samsung Mobile, Mr. Alven Descnecmen, Head of Product Marketing and Business Development Samsung Mobile, Ms. Han Sook Kwon, Samsung Mobile Regional Manager dan beberapa pembicara lain dari Samsung. Mereka mempresentasikan jajaran produk Samsung serta peluang baru kolaborasi yang bisa dilakukan oleh para pebisnis dan developer menggunakan teknologi Samsung. Pada sesi kedua siang hari, beberapa pembicara dari CISCO, VMWARE, SAP memberikan pengalaman mereka melalui studi kasus hasil kolaborasi mereka dengan Samsung.

Juniper Networks pada kesempatan ini juga mengumumkan kolaborasi mereka dalam hal memberikan solusi mobile security, secure connectivity untuk kelas Enterprise pada perangkat Samsung Galaxy Note, Galaxy S II dan Galaxy Tab 10.1

Selain seminar, para peserta memiliki kesempatan mencoba produk-produk Samsung seperti Samsung Smart TV, Galaxy Note, Galaxy SII dan Galaxy Tab 10.1.

HTC Siap Luncurkan Sensation XE di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - HTC kembali akan menghadirkan HTC Sensation XE  yang hadir dengan sistem operasi Android terkini dengan layar sebesar 4.3 inci dengan dukungan prosesor 1.5 GHz dual core. HTC Sensation XE merupakan ponsel pintar multimedia dengan kemampuan lengkap untuk pecinta musik.

HTC Sensation XE memiliki media penyimpanan kapasitas 4 GB dengan RAM sebesar 768 MB, tentunya dengan dukungan antarmuka HTC sense untuk kemudahan akses pada sisi pengguna. Prosesor dual-core akan memberikan kinerja cepat dan akses singkat saat Anda menjelajah dunia maya di tangan Anda.

HTC Sensation XE memiliki dimensi 126.1 mm x 65.4 mm x 11.3 mm dengan bobot 151 gram dengan baterai. Pada sisi kenyamanan hadir dengan layar 4,3 inci resolusi 540 x 960 qHD serta dukungan baterai kapasitas 1730 mAh yang mampu digunakan selama 550 menit talktime dan 310 jam saat standby.



Untuk mengabadikan berbagai momen penting, HTC Sensation XE dipersenjatai dengan kamera sebesar 8 megapixel autofokus dual LED Flash pada sisi belakang, serta kamera VGA pada sisi depan dan mendukung perekaman video 1080p HD. Untuk dukungan konektivitas tersedia Bluetooth 3.0, WiFI IEEE 802.11 b/g/n serta tethering.

Nantikan kehadiran HTC Sensation XE dalam waktu beberapa ke depan di CHIP Online Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar