Selasa, 15 November 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Smartphone Kelas Atas, BlackBerry Porsche Design P'9981

Posted:


CHIP.co.id - BlackBerry yang memiliki desain monoton dengan QWERTY keyboard khasnya, akhirnya mau sedikit berubah. Beberapa waktu lalu di Dubai, BlackBerry menggandeng salah satu produsen mobil kelas atas dunia, Porsche untuk menciptakan BlackBerry Porsche Design P'9981.

Memiliki bodi berangka baja yang ditempa dengan stainless berwarna metalik dan dibungkus dengan kulit sampul di bagian belakang, BlackBerry Porsche Design P'9981, memang dikhususkan bagi kalangan sosialita papan atas yang menyukai desain futuristik, tetapi juga memiliki kemampuan bersosialisasi canggih.

Meskipun memiliki bodi nan ramping, layaknya BlackBerry Bold 9900, BlackBerry Porsche Design P'9981 dilengkapi dengan memori internal sebesar 8GB, prosesor 1.2 GHz, chipset Qualcomm MSM 8655 dan BlackBerry OS 7.0 yang mumpuni untuk BBM, berkoneksi ke dunia maya, NFC, menangkap gambar dari kamera 5 MP, merekam video HD, mengakses BlackBerry Maps, hingga bermain game.

Bicara tentang BlackBerry Maps, ada satu yang spesial dari smartphone yang memiliki dimensi 115 x 67 x 11.3 mm dan berat 155 g tersebut, yakni aplikasi Wikitude Browser bernavigasi dengan kompas dan GPS yang hanya bisa diakses pada smartphone BlackBerry ber-OS 7.0.

Spesifikasi BlackBerry Porsche Design P'9981:

  • Dimensions: 115 x 67 x 11.3 mm, Weight 155 g
  • OS: BlackBerry OS 7.0
  • Display : Type TFT capacitive touchscreen, 16M colors; Size 640 x 480 pixels, 2.8 inches (~286 ppi pixel density)
  • CPU: 1.2 GHz processor, Qualcomm MSM8655 chipset
  • Memory: Internal 8 GB storage, 768 MB RAM; Card slot microSD, up to 32GB
  • Network : 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; 3G Network HSDPA 850 / 1900 / 2100
  • 3G: HSDPA 14.4Mbps, HSUPA 5.76Mbps
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, dual-band
  • Bluetooth: Yes, v2.1 with A2DP, EDR
  • Camera: Primary 5 MP, 2592Ñ…1944 pixels, autofocus, LED flash with Features Geo-tagging, face detection, image stabilization
  • Video: Yes, 720p
  • Battery: Standard battery, Li-Ion 1000 mAh, Stand-by Up to 348 h, Talk time Up to 5 h 30 min

Kamera Berukuran Kompak, Berkemampuan DSLR dari Pentax Q

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Kamera DSLR pada umumnya terasa membebankan jika dibawa lengkap bersama dengan lensa-lensa lainnya, seperti lensa tele, lensa wide, dan lensa makro. Namun kehadiran kamera Pentax Q memberikan pengertian yang berbeda, bentuknya yang kompak dan ringan, namun kemampuannya sebagai kamera dengan jenis interchangeable lens yang memiliki kemampuan serupa dengan kamera DSLR, menghadirkan kemudahan dan keringkasan kepada penggunanya. Peluncuran kamera Pentax Q mengambil tempat di Senayan City, Jakarta (2/11).

Felicia Lorens selaku Business Manager dari PT Aneka Warna Indah, hadir dengan memaparkan kemampuan kamera Pentax Q yang hadir dengan bentuk yang tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa.

Kamera Pentax Q hadir dengan ukuran terkecil dan teringan pada jajaran kamera jenis interchangeable lens, memiliki dimensi lebar 31 mm, tinggi 57,5  mm dan panjang hanya 98 mm, berbobot hanya 200 gram. Pentax Q hadir dengan sensor yang lebih kecil, namun mampu menghasilkan gambar sebesar 12.4 megapixel dengan menggunakan sensor 1/2,3 inci CMOS. Kamera ini juga mampu melakukan pengambilan gambar dalam bentuk format RAW dan melakukan editing hasil foto langsung dari kamera melalui program SILKYPIX. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan Sensor Shift Share Reduction, sehingga pengguna akan tetap dapat menghasilkan gambar tajam walaupun dalam kondisi bergerak.

Kamera Pentax Q juga dilengkapi dengan berbagai lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti lensa standard prime, lensa standard zoom, dan juga terdapat 3 lensa pilihan yaitu lensa fish-eye, lensa toy wide, serta lensa toy telephoto.

Pengoperasian yang serupa dengan stuktur menu pada kamera DSLR, tentunya hadir pula pada kamera Pentax Q, seperti Program (P), Aperture Priority (Av), Shutter Piority (Tv) dan Manual (M). Untuk ketahanan, body pada Pentax Q dibungkus dengan bahas magnesium alloy pada sisi depan, belakang dan sisi atas yang memberikan ketahanan di tangan para fotografer.

Pentax Q hadir dengan kemudahan penggunaan pada layar sebesar 3 inci TFT color resolusi 460.000 titik HVGA. Dilengkapi juga dengan flash terintegrasi yang dapat dijauhkan (pop up) dari lensa pada sisi samping kamera, yang tentunya akan mempercantik hasil foto.

Fitur lain yang dimiliki adalah TTL Contrast Detection AF, ISO 125-6400, terdapat eksternal hotshoe P-TTL, terdapat port USB 2.0 hi-speed, port AV out, port HDMI out type D micro, dan kemampuan merekam video HD 1080p. Kemampuan lain yang tak kalah menarik adalah kecepatan merekam momen hingga 5 frame per detik, dan menyediakan media penyimpanan dengan SD, SDHC dan SDXC.

Kamera Pentax Q hadir di Indonesia dengan harga mulai dari 6,8 juta rupiah yang tersedia dengan beberapa pilihan lensa, melalui distributor resmi PT Aneka Warna Indah.

Komitmen Qualcomm untuk Industri Telekomunikasi Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Qualcomm pada kesempatan kali ini menghadirkan informasi mengenai dukungannya dalam mendorong pemerintah dalam memajukan jalur komunikasi perluasan 3G hingga 4G di Tanah Air. Acara ini mengambil tempat di Hotel Four Seasons, Jakarta (2/11)

John Stefanac selaku President South-East Asia and Pacific, Qualcomm hadir membuka acara dengan mengetengahkan mengenai kehadiran Qualcomm yang berusaha mendorong pemerintah dalam menghadirkan teknologi terkini di Indonesia. John mengatakan,"Setiap peningkatan sebesar 10 persen penetrasi pada perangkat bergerak di Indonesia, maka akan menghasilkan benefit pada negara juga, dan setiap peningkatan 10 persen kenaikan internet, maka akan menaikan sebanyak 1,38 persen naik pada pendapatan perkapital."

Qualcomm juga telah bekerjasama dengan Bakrie Telecom pada saat ini dengan menghadirkan Usahaku, dimana ini merupakan dukungan Qualcomm bersama dengan operator dalam memberikan dukungan kepada masyarakat dalam mengembangkan bisnis usaha di berbagai wilayah Indonesia. Qualcomm tidak hanya berfokus pada membuat dukungan kepada sebuah perangkat keras, tapi juga memajukan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat luas. Hadirnya Usahaku memberikan banyak wirausaha yang tercatat sebanyak 85 persen dilakukan oleh wanita di berbagai daerah. Proyek ini telah berjalan baik dengan dukungan kerjasama antara Bakrie Telecom, Grameen Foundation, Qualcomm melalui Wireless Reach initiative, dan Ruma.

Hadir pula Ben Siagian selaku Senior Director & Country Manager Qualcomm untuk Indonesia yang mengungkapkan dukungan Qualcomm pada sektor telekomunikasi. Ben mengatakan bahwa dalam waktu 2 tahun ke depan, Qualcomm berusaha menjadikan ponsel pintar menjadi semakin terjangkau di masyarakat, seperti hadirnya ponsel pintar android dengan harga di bawah satu juta rupiah, yang tentunya akan didukung juga oleh beberapa operator 3G di Indonesia.

Hal lain yang dilakukan Qualcomm adalah melakukan kerjasama dengan berbagai brand lokal, seperti Nexian, Cross dan Axioo. Qualcomm juga melakukan kerjasama pada industri kreatif seperti developer lokal yang telah dilakukan beberapa lalu di IDBYTE 2011.

Ben juga mengungkapkan kehadiran spektrum di Indonesia terbatas, dimana memerlukan minimal 10MB untuk penggunaan jalur 4G pada operator, hal ini tentunya memerlukan kolaborasi antar operator agar tujuan hadirnya 4G dapat dipenuhi, serta Qualcomm juga memberikan beberapa informasi dukungan kepada pemerintah untuk menggunaan frekuensi yang sesuai untuk menghadirkan 4G. Sehingga pada akhirnya, pihak pemerintah dapat menetapkan penggunaan frekuensi yang tepat untuk menghadirkan 4G di Tanah Air. Qualcomm juga menyadari perbedaan penggunaan frekuensi yang hadir disini dengan di luar Indonesia, sehingga pada akhirnya, pemerintah Indonesia harus menetapkan sebuah frekuensi yang sesuai, agar memudahkan pengguna saat melakukan perjalanan ke luar Indonesia, dan tetap dapat menggunakan perangkat bergeraknya dengan mudah dan dapat tetap terhubung.

Prosesor Snapdragon S4

Pada saat yang sama, Qualcomm juga menginformasikan akan kehadiran pada tahun 2012 mendatang. Prosesor pertama yang hadir dalam teknologi proses 28nm, memberikan keunggulan yang tak terpisahkan akan skala frekuensi, konsumsi daya dan pengurangan ukuran. Prosesor Snapdragon S4 terintegrasi dengan 3G/4G sebagai modem multimode/mode global LTE, menggunakan rangkaian instruksi ARM, perangkat lunak dan ekosistem.

Prosesor Snapdragon S4 merupakan solusi lengkap yang memberikan keseimbangan terbaik untuk kinerja dan efisiensi daya, dimana menggunakan CPU multiinti dengan kisaran frekuensi 1,5 Ghz hingga 2,5 Ghz per inti, kinerja modem terbaik, kinerja grafis dengan GPU Andreno yang dapat diprogram untuk menghasilkan video berkualitas tertinggi, dan efisiensi daya terbaik. Tentunya prosesor Snapdragon S4 merupakan prosesor generasi masa depan, dimana konsumen akan merasakan banyak manfaat dari Internet kecepatan tinggi yang terintegrasi penuh dalam perangkat seluler mereka.

Konten Edukasi Paling Disukai Pengguna Android

Posted:



CHIP.co.id - Konten edukasi ternyata paling disukai oleh pengguna Android. Hal tersebut ditampilkan oleh Opera Software melalui laporan State of the Mobile Web pada September lalu. Melalui data anonim, Opera memperoleh gambaran konten apa saja yang diakses melalui Opera Mini yang ada di smartphone berbasis Android, Windows, iOS, Feature Phone dan RIM.

Pengguna Android dibandingkan pengguna sistem operasi mobile lain ternyata lebih suka mengakses situs dengan konten pendidikan. Pengguna sistem operasi Windows lebih suka situs yang berkaitan dengan email dan komunikasi, sedangkan pengguna BlackBerry, menurut data tersebut, lebih menyukai konten sport dan komputer.  Diantara semua platform dua kategori konten yang paling banyak diakses adalah situs berita dan informasi, serta social network dan komunitas.

Selain data tersebut, pertumbuhan pengguna Opera Mini tumbuh 114,1 persen sejak September 2010.  Indonesia masuk dalam 10 besar negara pengguna Opera Mini dengan pertumbuhan pengguna unik sebesar 21 persen sejak September 2010. Di September 2011 page view setiap pengguna sejumlah 528, dan data yang ditransfer setiap pengguna sebesar 5 Mb.

Hal lain yang menarik adalah merek hape paling favorit di Indonesia nampaknya masih Nokia karena dari 10 besar daftar hape yang menggunakan Opera Mini semuanya bermerek Nokia, dengan  Nokia 5130 XpressMusic ada di peringkat teratas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar