Jumat, 30 September 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


IBM dan PKP2A II LAN Makassar Wujudkan Solusi Pemerintahan Pintar

Posted:

Makassar, CHIP.co.id – Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II (PKP2A II) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar dan IBM hari ini mengumumkan sebuah kolaborasi untuk menawarkan solusi yang ditujukan bagi pemerintah daerah, yaitu pemerintahan yang lebih pintar.

Solusi ini berdasarkan teknologi IBM Analytics and Optimization terbaru, yang dapat memungkinkan organisasi pemerintah daerah untuk lebih memahami tantangan, mengelola dana yang ada serta mengurangi biaya operasional guna meningkatkan proses pengambilan keputusan di dalam lembaga pemerintahan.

Kerja sama strategis ini akan memberikan dukungan dan pendidikan yang berkelanjutan bagi lembaga pemerintahan- terutama di daerah-daerah luar kota-kota besar seperti Makassar. Bertujuan untuk memacu inovasi serta membawa manfaat dan dampak positif bagi ekonomi dan sosial di daerah tersebut, perjanjian kerjasama ini akan mencakup pengadaan pelatihan dan lokakarya TI untuk lembaga-lembaga pemerintah yang berjumlah lebih dari 100 lembaga pemerintahan di Makassar dan Sulawesi Selatan.

“Kerja sama ini akan menyajikan teknologi dan keahlian yang berkelas dunia kepada pemerintah daerah di Makassar dan sekitarnya. Bersama IBM, kami akan menyediakan sistem-sistem pintar sehingga menawarkan peluang untuk mentransformasikan proses pengambilan keputusan dan meningkatkan efisiensi di lembaga-lembaga pemerintah,” tutur Dr. Muhammad Idris, M.Si., Kepala PKP2A II LAN Makassar.

Tanggung jawab utama dari Lembaga Administrasi Negara adalah memperbaiki Sistem Administrasi Negara secara menyeluruh, baik di Pusat maupun di Daerah. Untuk itu, adalah tanggung jawab moral bagi LAN untuk mengembangkan sistem tersebut secara optimal yang salah satunya dengan menyediakan berbagai informasi kepada para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, aparat negara dan masyarakat luas.

"Solusi IBM Analytics and Optimization dapat membantu mengefisiensikan waktu lembaga-lembaga pemerintah sehingga dapat memungkinkan untuk menginvestasikan waktu dan sumber dayanya dalam memperbaiki penyelenggaraan dan akuntabilitas pelayanan pemerintah," jelas Roy Simangunsong, Country Geo Expansion Leader, IBM Indonesia.

Mewujudkan informasi dan transparansi di seluruh lembaga pemerintah untuk mendidik dan memperbaiki cara kerja lembaga-lembaga tersebut, serta memberikan layanan yang memungkinkan pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang terbaik adalah salah satu misi utama dari LAN.

 “IBM memiliki keahlian industri, teknologi dan solusi untuk membantu LAN mewujudkan misi mereka dalam memberdayakan pemerintah daerah melalui pendidikan, inovasi dan penelitian yang berkesinambungan. IBM berkomitmen untuk merealisasikan pemerintahan yang lebih pintar (smarter government) di Makassar,” tambah Roy, menutup pembicaraan.

Kindle Fire Siap Beradu di Pasar Tablet PC

Posted:

Sumber foto: Amazon.com

CHIP.co.id - Kindle Fire, tablet PC perdana dari Amazon berukuran 7 inci ini, akan hadir di November 2011 yang akan datang. Hadirnya Kindle Fire ini kemungkinan tidak dapat mengoyahkan pasar tablet iPad 2, namun Amazon Kindle Fire bisa menjadi pilihan di pasar tablet PC non iPad, seperti ditulis oleh Digitimes.com. 

Harga Kindle Fire menurut Digitimes.com akan dipasarkan 250 Dollar Amerika. Harga ini setengah dari harga iPad 2 yang telah beredar di pasar. Pengamat memperkirakan peranti baru Amazon ini dapat terjual sekitar 3 juta unit.

Kindle Fire mengadopsi sistem operasi Android 2.2 dengan prosesor dual core CPU Texas Instrument, dan hanya memiliki fitur Wi-Fi. Beratnya 413 gram, dilengkapi USB 2.0 port dan memiliki memori simpan internal 8 Gb. Penampilan Kindle Fire akan mirip PlayBook. Konten aplikasi dan multimedia bisa diperoleh melalui Android App Store di Amazon. Kindle Fire menyediakan layanan gratis Amazon cloud storage.

Sumber dari pemain notebook mengatakan bahwa HP berhenti masuk ke pasar tablet. Selain itu, RIM, Motorola, Acer dan Samsung semuanya mengalami indikasi penjualan yang lemah. Tablet PC non-Apple sulit menciptakan inovasi untuk bertarung melawan Apple, dan akan mengalami kekalahan jika hanya adu harga murah.

Acer dan Intel Luncurkan Ultrabook Aspire S3 di Indonesia

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Acer Group Indonesia memperkenalkan Ultrabook Aspire S3 yang merupakan notebook tertipis pertama di Indonesia. Aspire S3 menggabungkan kemampuan instan dari sebuah tablet dengan kemampuan produktivitas notebook, menciptakan paduan fitur dari dua kategori dalam sebuah perangkat berpola mobile computing. Peluncuran Ultrabook Aspire S3 mengambil tempat di Hotel Shangri-La, Jakarta (28/9).

Hadir pada acara ini adalah Jasom Lim selaku Country Manager, Acer Group Indonesia; David Lee selaku Assitant President of Mobile Computing Business Unit, Acer Inc; serta Mr. Ajay Mathur selaku SEA MNC Director, Inter Corp.

Jason Lim mengatakan,"Ultrabook Aspire S3 mewakili lompatan kemajuan di bidang pengalaman mobile computing dalam tiga tahun ke depan yang memiliki desain yang lebih tipis, lebih ringan, lebih responsive, dan tentunya lebih tahan lama pada komsumsi daya."

Ultrabook Aspire S3 hadir dengan ukuran layar 13.3 inci dengan menggunakan prosesor generasi kedua terbaru dari Intel. Dilengkapi dengan berbagai fitur premium seperti Acer Green Instant-On yang dapat melakukan resume dengan sangat cepat sehingga meningkatkan daya tahan baterai, dan Acer Instant Connect untuk akses internet yang lebih cepat memungkinkan pengguna terhubung ke dunia maya.

Ultrabook Aspire S3 memiliki disain elegan yang dibungkus dengan kerangka alumunium magnesium yang kokoh, dengan ketipisan 13 mm dan berbobot kurang dari 1,4 Kg. Desainnya yang ultra-aerodinamis memberikan kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam melakukan aktivitas keseharian secara mobile. Dukungan hdd hingga 500GB memungkinkan pengguna untuk menyimpan data tanpa terbebani dengan media penyimpanan lainnya.

Teknologi Acer Green Instant On memungkinkan pengguna dapat melakukan resume dari Mode Sleep dengan waktu hanya 1,5 detik, sedangkan dari Mode Deep Sleep, proses resume hanya memerlukan waktu 6 detik saja. Teknologi ini pula memungkinkan pengguna hanya memerlukan menutup atau membuka layar notebook dengan satu langkah.

Teknologi Acer Instant Connect memungkinkan pengguna terhubung ke internet hanya dalam waktu 2,5 detik atau terhitung 4 kali lebih cepat dari koneksi secara konvensional dan menghindari waktu tunggu. Dengan memanfaatkan teknologi ini, baterai Ultrabook Aspire S3 dapat bertahan hingga 50 hari.

Dukungan keyboard Chiclet Acer FineTip berukuran penuh mampu mendukung produktivitas pengguna. Inovasi teknologi airflow vent-free botton akan mengalirkan udara panas langsung ke bagian belakang Ultrabook, tanpa menggunakan aliran udara konvensional pada bagian bawah notebook sehingga pengguna tidak merasakan panas pada bagian touchpad dan palmrest.

Dukungan Dolby Home Theater v4 yang telah dikonfigurasi secara professional mampu memberikan performa audio yang lebih baik. Teknologi ini memberikan tata suara home theater surround, yang membuat kegiatan menonton film, bermain game, dan mendengar musik menjadikan pengalaman tersendiri kepada penggunanya. Speaker yang berada di sisi kiri dan kanan mampu menghadirkan suara yang baik, pun saat diletakkan pada meja atau pada pangkuan pengguna.

Ultrabook Aspire S3 hadir dengan harga mulai dari Rp 7.000.000,- di pasar Indonesia pada bulan Oktober.

Ketajaman Visualisasi dengan Teknologi DNP Optical Screen

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Sepasang mata sebagai indera visual pada manusia memiliki peran penting dalam melihat dan menangkap gambar dalam bentuk foto dan video. Cahaya yang diproyeksikan ke dalam indera visual menjadikan obyek yang terlihat dapat ditangkap dengan jelas dan tajam. Namun apa jadinya dengan cahaya sekitar yang terlalu terang? Obyek yang ditangkap menjadi terlihat kurang tajam, berpadu dengan banyaknya cahaya yang dipantulkan atau dibiaskan melalui media.

PT Indovisual Sistem Integrasi hadir di Indonesia dengan meluncurkan satu-satunya layar optik yang diproduksi oleh perusahaan asal Denmark yang merupakan bagian dari Di Nippon Printing co Ltd (DNP). DNP Optical Screen mampu menangkap cahaya dan menampilkan obyek dengan tetap mempertahankan ketajaman visual dengan 7 lapisan serat optik. Peluncuran DNP Optical Screen sekaligus peresmian DNP showroom mengambil lokasi di kawasan Rajawali Selatan Raya, Jakarta (27/9).

DNP menghadirkan layar optik yang dapat ditembakkan dari depan dan dari belakang layar, dengan menampilkan tingkat kontras tinggi, pun dengan banyaknya cahaya sekitar, ataupun ruangan berdinding kaca. Teknologi dari DNP sudah digunakan sejak lama pada berbagai perangkat laptop, ponsel, layar sentuh, hingga perangkat visual khusus pada NASA, sistem pengamanan dan militer, termasuk berbagai perangkat komponen Apple.

PT Indovisual Sistem Integrasi merupakan satu-satunya yang dipercayai DNP sebagai distributor tunggal untuk seluruh wilayah Indonesia. Hadir pada acara ini adalah Joko Budianto Dumairi selaku Direktur Utama PT Indovisual Sistem Integrasi bersama dengan Mr. Anjum Parwaiz selaku Sales Manage DNP dari Denmark, dan Mr. Richard Goh selaku perwakilan DNP Singapura.

DNP Optical Screen mampu menghadirkan ketajaman visual baik dilihat dari sisi depan dan menjangkau sisi samping hingga angle 180 derajat. DNP Optical Screen mampu menampilkan pada layar 2 kali lebih terang dan 7  kali lebih kontras dibandingkan layar projektor biasa, bahkan tetap mampu menampilkan ketajaman pada kondisi pencahayaan ekstrim.

DNP Optical Screen sangat ideal digunakan sebagai sarana visual pada kontrol sistem di perusahaan pertambangan dan perusahaan perkebunan, dimana pada umumnya memerlukan sarana konferensi video yang berlokasi di wilayah terpencil seperti di luar pulau. Penggunaan teknologi serat optik yang sangat ideal untuk mendukung kegiatan militer, NASA, kedokteran, klimatologi, geofisika dan berbagai bidang penelitian yang berhubungan dengan kimia.

DNP Optical Screen dapat menampilkan akurasi visual hingga ukuran layar lebar, seperti ukuran 103 inci dengan bobot hanya mencapai 36 Kg, dimana bobot tersebut sangat ringan dibandingkan dengan flat panel seperti plasma, LCD, maupun LED yang dapat membebani tiang penyangga hingga 201 Kg.

DNP Optical Screen memiliki keunggulan dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tanpa memiliki sambungan, hanya mencapai kurang dari 0,03 mm, berbeda dengan sambungan pada LCD sebesar 7,3 mm. DNP Optical Screen memiliki hemat daya, terhitung untuk ukuran 92 inci hanya memerlukan daya kurang dari 350 Watt, dibandingkan dengan LCD Seamless 2 x 2 meter yaitu 330 Watt x 4 yaitu 1320 Watt.

Anjum menampilkan demonstrasi berbagai perbandingan ketajaman dan kontras yang tetap dapat ditampilkan oleh DNP Optical Screen, berbeda dengan ketajaman layar projektor biasa, LCD dan LED yang hilang dengan cahaya sekitar. Richard mempertunjukkan sepotong bahan  dari DNP Optical Screen yang tetap dapat menampilkan ketajaman gambar, sekalipun bahan dari DNP Optical Screen terkena api, tumpahan kopi, atau terinjak dengan sepatu.

Teknologi DNP Optical Screen dapat digunakan pada berbagai ruangan dan kebutuhan, seperti pada auditorium, ruang konferensi, ruang meeting, ruang kelas, ruang simulasi, advertising, stasiun transportasi, entertainment, ruang kontrol dan monitoring.

Kehadiran Google di Social Media Festival 2011

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Pada acara Social Media Festival 2011 yang diadakan di fX LifeStyle X'nter, Jakarta pada 22-24 September lalu, hadir pula Google yang membahas mengenai aplikasi peta dan browser Chrome.

Andrew McGlinchey selaku Product Manager, Google Southeast Asia mengungkapkan akan kehadiran Google Chrome yang beberapa waktu lalu baru saja melakukan Kampanye "Jadikan Internet Seluas Kreasimu". Hadir pula Henky Prihatna selaku Indonesia Country Consultant untuk Google yang bersama Andrew memaparkan dukungan Google kepada berbagai situs lokal di Indonesia.

Andrew mengatakan,"Google is Free, tidak ingin mengambil keuntungan akan kehadiran Google di Indonesia, karena perhatian utama lebih ditujukan sebagai browser yang cepat dan ingin membuat pengguna merasa nyaman dalam melakukan aktivitas surfing di dunia maya."

Andrew juga mengungkapkan akan perkembangan pengguna Google Chrome di Indonesia yang berkembang dengan cepat, terutama pada perangkat bergerak dan akses melalui laptop dan PC yang sangat tinggi. Pertama kali hadir pada perangkat ponsel Nokia dan seiring dengan perkembangannya, berbagai brand pada ponsel hingga tablet dapat dengan mudah mengakses situs google.

Perkembangan startup lokal yang berkembang pesat, menjadikan kehadiran Google sangat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, dengan terhubung melalui berbagai situs lokal, menjadikan pertumbuhannya semakin melonjak untuk konsumen dan kalangan bisnis lokal.

Google juga belum ingin membuat sebuah situs lokal, karena Google lebih berperan dalam mengandeng partnership dan mengutamakan kebutuhan usernya terlebih dahulu. Google Chrome yang memiliki 3 konsep utama yaitu Fast, Simplicity dan Security, berusaha memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Di Indonesia, tercatat penggunaan secara mobile seperti fungsi search dan menonton video melalui youtube mendapatkan posisi tertinggi. Bahkan penggunaan pada perangkat android pada pasar Indonesia, menjadikan pergerakkan Google semakin memberikan dukungan kepada pengguna Tanah Air.

Kehadiran Google+ yang pada minggu kemarin telah dibuka untuk umum, walaupun belum melakukan launching secara khusus, juga memberikan kemudahan kepada pengguna Google dalam melakukan interaksi sesama penggunanya.

Akses Kemampuan Desain melalui Autodesk Cloud

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Autodesk, Inc. pemimpim piranti lunak untuk desain 3D, memperkenalkan kehadiran Autodesk Cloud yang mencakup berbagai koleksi berkemampuan web, produk dan layanan untuk para pelanggannya. Hadirnya Autodesk Cloud memberikan dukungan kepada pengguna untuk memperluas desktop mereka dengan mobilitas tinggi dalam merancang, memvisualisasikan dan mensimulasikan ide-ide mereka (28/9).

Para pelanggan Autodesk yang tergabung dalam Autodesk Subscription kini memiliki akses ekslusif ke cloud-based, rendering berperforma tinggi dan optimisasi desain dan peningkatan kemampuan kolaborasi. Autodesk Subcription menyediakan penyimpanan online sebesar 3 GB untuk setiap lisensi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih besar untuk dokumen desain di mana saja dan kapan saja.

Autodesk menjadi pelopor dalam aplikasi berbasis cloud untuk industri desain yang dimulai sejak lebih dari satu dasawarsa lalu dengan Autodesk Buzzsaw, serta lebih dari selusin penawaran berbasis cloud yang kini tersedia untuk pelanggan dan menjadi bagian dari Autodesk Cloud. Autodesk Cloud menyediakan landasan kuat yang memungkinkan seluruh pelanggan mulai menggunakan cloud untuk mengakses dan menyimpan pekerjaan mereka dari browser web atau perangkat bergerak; dan untuk berbagi pekerjaan mereka dengan pengguna lainnya, bahkan dengan pengguna yang tidak menggunakan peranti lunak Autodesk. Aplikasi cloud seperti Autodesk Cloud documents, AutoCAD WS dan aplikasi mobile Autodesk Design Review mobile memberikan kebebasan kepada pengguna. AutoCAD WS dan aplikasi mobile Autodesk Design Review telah tersedia sejak 27 September 2011 di iOS App Store.

Layanan Eksklusif

 

  • Autodesk Cloud rendering - Pelanggan Autodesk Subscription untuk edisi Premium atau Ultimate Autodesk Design Suite atau Autodesk Building Design Suite memiliki akses pada kemampuan rendering yang kuat untuk membantu mereka memvisualisasikan desain dengan lebih baik dan meningkatkan jumlah rendering mereka serta mengurangi investasi pada perangkat keras.
  • Autodesk Inventor optimization - Pelanggan Autodesk Subscription untuk edisi Premium atau Ultimate Autodesk Product Design Suites memperoleh alat simulasi intuitif berbasis cloud, yang memungkinkan mereka menguji berbagai pilihan desain pada cloud dan untuk menciptakan desain dengan produk berkualitas lebih tinggi.
  • Autodesk Revit Conceptual Energy Analysis - Pelanggan Subscription untuk peranti lunak Autodesk Revit Architecture atau Autodesk Revit MEP software, atau memilih suites yang berisi produk ini, dapat memperluas desain di luar komputer desktop mereka dengan kemampuan analisis energi berbasis cloud yang kuat, membantu untuk mendapatkan pemahaman secara cepat mengenai konsumsi energi dan biaya energi bangunan pada konsep desain awal dari dalam aplikasi desain.
  • Autodesk Green Building Studio, peranti lunak analisis energi berbasis web - Pelanggan Subscription untuk Autodesk Building Design Suite dan produk pilihan lainnya memiliki akses ke layanan berbasis cloud ini yang dapat membentu desainer, arsitek, insinyur, dan analis energi bangunan untuk bekerja lebih cepat, analisis energi yang lebih akurat dari beberapa desain bangunan, mengoptimalkan efisiensi energi, dan mengetahui netralitas karbon dalam proses desain awal.
  • Peranti Lunak Autodesk Buzzsaw sebagai layanan - Pelanggan Subscription untuk peranti lunak Autodesk Vault Collaboration AEC kini memiliki akses ke dokumen berbasis cloud, manajemen solusi data dan desain untuk perusahaan dan owner-operators arsitektur, rekayasa dan konstruksi, membantu mereka memusatkan dan melakukan pertukaran informasi proyek secara aman dan meningkatkan kolaborasi tim.

Sebagai tambahan dari layanan Autodesk Cloud yang baru, Autodesk Subscription terus menyediakan perangkat lunak yang paling up-to-date, layanan teknis online dan hak lisensi fleksibel untuk pelanggan yang ingin memaksimalkan keunggulan kompetitif mereka. Pelanggan Subscription dapat mengakses layanan berbasis cloud baru dari dalam aplikasi desktop Autodesk atau melalui pusat berlangganan.

CHIP Spesial 2011

Posted:

CHIP.co.id - CHIP Spesial  kali membahas tentang How to get rich with mobile apps. Ini merupakan terbitan terbaru CHIP Spesial bekerjasama dengan Nokia. CHIP Spesial kali ini menyajikan kiat-kiat, cara meraih sukses di Nokia Ovi Store.

Pada CHIP Spesial kali ini Anda bisa mendapatkan ragam konten menarik diantaranya:

  • Ekosistem Nokia hadirkan peluang wirausaha pengembangan aplikasi
  • Pengembangan aplikasi di Nokia
  • Kiat bagi para developer
  • Qt development
  • Windows phone development
  • Web apps development
  • Java development
  • Flash lite development
  • Nokia themes development
  • Publish apps di Ovi Store
  • Kisah sukses memulai startup dengan beasiswa Nokia Developer

Selain konten tersebut di atas masih banyak lagi konten menarik lainnya yang bisa Anda baca di CHIP Spesial kali ini.

Selengkapnya bisa Anda peroleh CHIP Spesial dengan harga Rp.48.000 di toko buku Gramedia dan toko buku terdekat di kota Anda.

Bonus DVD

  • SDK Software
  • Qt Basic Curricullum
  • Gallery
  • Videos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar