Selasa, 20 September 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Menghindari Hantu Malware yang Bergentayangan di Game Online

Posted:


image source: www.netfreestuff.co.uk

Gaming, atau permainan game, salah satu dari tiga besar aktivitas yang menggunakan komputer baik terkoneksi dengan internet maupun tidak. Game Online belakangan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan dukungan pengembangan teknologi jaringan internet dan kreativitas pembuat game semakin menjadikan game menjadi lebih menarik dan menantang bagi siapa saja yang menggemarinya. Sebagaimana dalam dunia maya, permainan game onlinepun tak lepas dari bayang-bayang malware.

Malware inilah yang kini ditakuti para online gamer. Mari kita lihat apa saja jenis-jenis serangan yang sering menghinggapi dan malware yang menghantui dunia game.

Threat apa saja yang mengancam para cyber-gamers ?

•    Phishing : situs permainan game palsu, modus kejahatan internet yang marak bermunculan di internet. Sebagian diantaranya tampil dengan wajah yang memiliki kemiripan dengan URL atau web game aslinya. Seorang gamer yang tidak waspada tidak hanya berpeluang terinfeksi tetapi juga bisa terancam kehilangan data pribadi,     yang lagi-lagi dapat berdampak pada kerugian finansial.

•    Social networks : Sebagaimana di dunia nyata, kita tentu akan lebih percaya pada teman dekat. Di dunia maya, facebook sebagai situs jejaring sosial dan pertemanan     menjadi tempat penyebaran kejahatan internet. Banyak account facebook palsu yang beredar dan dibuat untuk melakukan kejahatan.

•    Game-game yang telah terinfeksi dan software bajakan : User atau gamer berpeluang terinfeksi virus karena menggunakan software game komputer palsu, atau hasil crack. Para pecinta game dihimbau untuk ekstra hati-hati terutama terhadap kiriman attachment e-mail, dan tentu saja juga removable media seperti USB flash drives.

•    Malware : Belakangan ini malware yang menyerang komputer para gamer online dan paling luas penyebarannya adalah Win32/PSW, malware bertipe ini umumnya muncul dengan keylogging dan (terkadang juga)  rootkit untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan online games dan data milik pemain. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi pemain-pemain di MMORPGs (Massively Multi-player Online Role Playing Games) seperti Lineage dan World of Warcraft, untuk tetap waspada terhadap threat yang potensial menyerang mereka.

“Kerugian yang dialami para gamers online karena infiltrasi malware Win32/PSW.OnLineGames biasanya bisa dalam bentuk kehilangan poin perolehan game yang dimainkan secara online tersebut dan karena poin itu adalah capaian penting dari para gamer dunia. Oleh sebab itu tindakan pencegahan sangat perlu sebelum point atau nilai tersebut hilang," demikian disampaikan oleh Yudhi Kukuh, Technical Consultant dari PT. Prosperita-ESET Indonesia.

Tips Tetap Terlindung Bermain Game Online

Berikut ini 5 tips ESET yang perlu diperhatikan oleh para gamer :

1.    Gunakan selalu Antivirus yang ter-update secara berkala dan solusi keamanan komputer yang memiliki fitur Antispyware dan Firewall : ESET Smart Security 5 dan ESET NOD32 Antivirus menyediakan fitur Gamer Mode yang mampu melakukan  switching secara otomatis ke silent mode untuk to conserve system resources, sehinga     para user bisa lebih menikmati permainan atau berkonsentrasi pada pekerjaan-pekerjaan penting dengan komputer tanpa terganggu distractions.

2.    Gunakan passwords untuk accounts yang berbeda dan buatlah password yang sulit ditebak, dan jangan membuat yang terlalu sederhana.

3.    Ketiklah URL atau website game online yang diinginkan langsung di browser atau manfaatkan bookmark yang ada di browser anda – dengan begitu anda akan     terhindar dari unsur ketidaksengajaan meng-klik link online game dari search engine yang telah terinfeksi.

4.    Lindungi data dengan membuat password pelindung baik di komputer maupun di cloud.

5.    Jangan pernah gunakan software hasil crack, karena bisa jadi itu adalah software jahat atau malicious software.

“Performa tinggi dan tidak mempengaruhi kualitas game yang dimainkan. Dua hal tersebut menjadi indikator penting dalam memilih software antivirus. Sebagaimana seorang e-sports professional, menurut saya setiap gangguan dapat berakibat pada kerugian kita sendiri dan itulah mengapa saya percaya ESET mampu memberikan proteksi maksimum,” ungkap Marcel 'k1llsen' Paul, seorang e-sports gamer yang saat ini menduduki peringkat atas pada top gaming league ESC di Jerman.

Marcell bukanlah satu-satunya gamer yang mempercayakan keamanan dan kenyamanan gamingnya pada ESET. Berdasaran hasil survey yang pernah dipublikasikan oleh Steam Hardware & Software Survey, ESET menjadi pilihan pertama para gamer untuk kategori antivirus berbayar.

Trend Micro Ungkap Pemalsuan Sertifikat SSL di Iran

Posted:

Baru-baru ini, team sekuriti dari Trend Micro, berhasil menemukan bahwa pengguna internet dalam lebih dari 40 network berbeda, dari Internet Provider dan Universitas Iran, ternyata mengandung sertifikat SSL tiruan yang diterbitkan oleh Diginotar, situs penyedia dan penjual sertifikat SSL dari Certificate Authority Belanda. Trend Micro pun juga menemukan bahwa penggunaan SSL tiruan tersebut untuk memata-matai pengguna Internet di Iran dalam skala besar.

Negara Iran sendiri tidak memiliki Otoritas Sertifikat (Certificate Authority) sendiri. Jika mereka melakukannya, mereka hanya bisa mengeluarkan sertifikat nakal yang diakali. Namun, karena mereka tidak mempunyainya tentu membutuhkan sertifikat tersebut dari CA resmi yang bisa dipercaya seperti dari Diginotar. Trend Micro melihat kejanggalan ini yang membuat situs penyedia sertifikat SSL, Diginotar dipermainkan oleh para hacker di Iran.

Pada Juli-Agustus 2011 lalu, Trend Micro, mencatat hacker tersebut berhasil membuat sertifikat SSL nakal untuk ratusan nama domain, termasuk google.com dan bahkan seluruh .com tingkat atas. Hal ini sangat berbahaya, karena sertifikat SSL nakal tersebut diperoleh melalui teknik serangan man-in-the-middle.

Hampir  ratusan ribu alamat IP yang unik dari Iran meminta akses ke google.com menggunakan sertifikat palsu yang dikeluarkan oleh DigiNotar. Trend Micro mendeteksi ribuan IP yang unik meminta ke alamat google.com telah diidentifikasi. Pada 4 Agustus jumlah permintaan meningkat dengan cepat sampai sertifikat dicabut pada tanggal 29 Agustus.

Serangan terhadap DigiNotar mirip  pada serangan bulan Maret pada perusahaan keamanan Amerika Serikat yaitu Comodo Inc, yang juga dikaitkan dengan Iran. Beberapa waktu lalu, situs layanan search engine terbesar di China Baidu.com dilumpuhkan cracker (hacker jahat) yang menyebut dirinya dari Iran. Layanan Baidu.com dilaporkan sempat berhenti gara-gara serangan tersebut.

Secara teori, sertifikat palsu bisa digunakan untuk mengelabui pengguna agar mengunjungi versi palsu dari sebuah situs Web, atau digunakan untuk memantau komunikasi dengan situs nyata tanpa memperhatikan pengguna.

Tetapi dalam rangka untuk mengelabuinya dari sebuah sertifikat palsu, seorang hacker harus mampu mengarahkan lalu lintas internet sasarannya melalui sebuah server yang dia kontrol. Itu adalah sesuatu yang hanya penyedia layanan Internet, atau pemerintah dengan perintah satu, dan dapat dengan mudah melakukannya.

Panasonic Wujudkan Siaran Langsung 3D di Olympiade London 2012

Posted:

Di Olympiade London 2012, Panasonic akan mendukung produksi siaran langsung secara 3D pertama di dunia. (Dari kiri) Mr. Manolo Romero, CEO of OBS, Takumi Kajisha, Managing Executive Office of Panasonic Corporation, dan Mr. Vincent Chupin, Executive VP of IOC memegang kamera AG-3DP1.

CHIP.co.id, Osaka, Jepang - Panasonic, mitra resmi Oympiade di kategori perlengkapan audio dan visual, International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Broadcasting Services (OBS) mengumumkan kesepakatan kerjasama mewujudkan siaran langsung 3D pada Olympiade di London 2012 yang akan datang.

Kemitraan ini akan menghasilkan penyiaran langsung HD 3D pertama di sejarah Olympiade. Penonton di seluruh dunia juga akan menjadi saksi perhelatan olahraga dunia tersebut dalam format 3D.

Program acara yang akan disiarkan langsung secara 3D adalah upacara pembukaan dan penutupan Olympiade, cabang Atletik, gymnastics, selam dan renang. Siaran ini akan diproduksi dan didistribusikan pada stasiun televsi pemegang hak siar Olympiade  di seluruh dunia. OBS akan bertugas memproduksi lebih dari 200 jam liputan dalam format 3D selama penyelenggaraan Olympiade di London, dengan menggunakan perlengkapan produksi 3D dari  Panasonic yaitu kamera profesional AG-3DP1, dengan 3D twin-lens P2 HD shoulder-mount camcorder, 10-bit, 4:2:2 independent-frame, resolusi penuh 1920 x 1080,  AVC-Intra recording.

Olympiade selalu jadi pioner dalam pengembangan teknologi penyiaran televisi, dan selalu menjadi inovasi sejak penyiaran langsung diperkenalkan di London 1948. Panasonic bangga mendukung OBS sejak penyiaran perdana secara digital di Barcelona 1992, hingga penyiaran secara HD di Beijing 2008. Tidak ada keraguan bahwa Olympiade selalu menyediakan konten terbaik bagi pasar 3D di masa depan dan 3D TV akan secara drastis mengubah cara kita mengalami acara olahraga ini di rumah kita," kata Takumi Kajisha, Managing Executive Officer of Panasonic.

Sejalan dengan rencana tersebut di atas, Panasonic juga menyediakan beragam produk elektronik audio visual digital untuk kebutuhan sistem penyiaran profesional hingga produk untuk konsumen seperti televisi Full HD 3D, 3D Blu-ray Disc players, dan home entertainment systems.

Sumber foto: Panasonic

Huawei IDEOS S7 Slim dengan Jaringan HSDPA

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Baru-baru ini Huawei yang merupakan penyedia alat-alat telekomunikasi terkemuka di China mengeluarkan sebuah tablet terbaru, yaitu Huawei Ideos S7 Slim yang kini masuk ke dalam CHIP. Tablet PC berukuran 7 inci yang disertakan dengan teknologi layar sentuh capacitive dengan resolusi layar 480 x 800 pixels.


Tablet PC berukuran 7 inci ini disertakan dengan sistem operasi Android 2.2 (Froyo). Saat memasuki tampilan muka pada Huawei Ideos S7 Slim, Anda akan disapa dengan serangkaian aplikasi dari Android.


Bagian unik yang terdapat pada tablet PC ini adalah pada bagian belakang tablet yang terdapat sumber daya berkapasitas 3250 mAH yang dapat dicabut-pasang, berbeda dengan tablet PC lainnya yang sumber dayanya (baterai) tidak dapat dikeluarkan.

Huawei Ideos S7 Slim ini juga terdapat slot SIM card yang memungkinkan tablet PC ini mampu melakukan panggilan telepon dan mengirim sms. Dapat dikatakan produk ini selain mendukung koneksi internet via WiFi 802.11 b/g/m, Huawei Ideos S7 Slim juga mendukung GPRS, EDGE, HSDPA 7,2 Mbps serta HSUPA 2Mbps. Ada juga Bluetooth dan microUSB 2.0 untuk dihubungkan ke perangkat lain.


Huawei Ideos S7 Slim ini dilengkapi dengan kepala charger dengan interface USB 2.0 dan terdapat kabel UBS 2.0 yang bercabang, yang digunakan untuk menghubungkan tablet PC ke perangkat lain dengan interface microUSB 2.0 dan HDMI.


Pada bagian sisi bawah tablet terdapat slot memory Micro SD dan port untuk interface docking dengan perangkat tambahan untuk Ideos S7 Slim.


Tablet PC berukuran 7 inci ini didesain dengan warna putih yang elegan, tampak pada bagian belakang Tablet PC ini  terdapat kamera 2 Megapixel.

Spesifikasi Produk :

  • OS Android 2.2 Froyo
  • Dimensi: 200 x 109.5 x 12.5 mm
  • Bobot 400gram
  • Layar sentuh kapasitif 7 inci dengan resolusi 800×480 (WVGA)
  • Prosesor 1 GHz Qualcomm Snapdragon QSD 8250
  • Kamera 2 MP
  • Konektivitas HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
  • Video: H.264, MPEG4 (720p HD), playback video HD
  • Audio: MP3, AMR, AAC
  • Memori internal sebesar 8 GB
  • Slot kartu micro SD hingga 32 GB
  • Battery Li-ION 3250 mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar