Jumat, 16 September 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Kampanye Google: Jadikan Internet Seluas Kreasimu

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Google kali ini hadir dengan meluncurkan kampanye pertamanya di Indonesia. Kampanye yang bertemakan Jadikan Internet Seluas Kreasimu merupakan kampanye integratif online dan offline terbesar selama sejarah berdirinya Google. Kampanye ini bertujuan untuk memanfaatkan dunia maya yang tidak hanya sebagai media berbagi informasi, namun menjadikan sebuah platfirm kolaboratif. Kampanye Google ini mengambil tempat di Bengkel Night Park, Jakarta (13/9).

Henky Prihatna selaku Indonesia Country Consultant untuk Google membuka acara kampanye dengan mengatakan,"Dahulu internet hanya digunakan untuk mencari dan melihat informasi, namun sekarang masyarakat menjadikan internet sebagai sebuah medium kreatif dimana kita dapat melakukan hal-hal baik untuk diri sendiri dan orang lain."

Kampanye Google ini bertepatan dengan ulang tahun perayaan Google Chrome ke-3 pada bulan ini. Google telah menciptakan serangkaian video yang menampilkan para penggiat sosial yang banyak melakukan kegiatannya di dunia maya. Bekerja sama dengan dua gerakan sosial yang memulai gerakannya melalui intenet, Blood For Life dan Indonesia Berkebun, Google mendorong masyarakat Indonesia untuk berkreasi dan melakukan lebih banyak hal baik melalui internet.

Valencia Mieke Randa selaku pemrakarsa Blood for Life hadir dengan memberikan penjelasan akan pastisipasi dari Bloof For Life pada kampanye Google. Blood For Life antusias dan bangga telah dipilih sebagai Google Chrome dimana dapat memberikan inspirasi orang lain untuk memanfaatkan kekuatan internet secara maksimal.

Blood For Life (BFL) merupakan gerakan sosial yang dimulai melalui Google Groups pada tahun 2009, dan sejak itu, BFL terus memanfaatkan internet sebagai penghubung bagi orang-orang yang membutuhkan darah dengan para pendonor darah. Keinginan Valencia Mieke Randa atau yang lebih dikenal dengan nama Silly, berusaha untuk selalu membantu mereka yang kesulitan mendapatkan donor darah menjadi latar belakang didirikannhya BFL. Bersama dengan beberapa kerabat dekatnya, Silly berhasil mendirikan BFL yang pada awalnya menggunakan media email Google Group untuk menyebarkan permintaan donor darah dan informasi terkait lainnya.

Pada saat ini, BFL telah memiliki lebih dari 4000 anggota yang siap menjadi pendonor kapanpun dibutuhkan. Visi BFL adalah membantu mereka yang membutuhkan donor darah, karena setetes darah seseorang dapat membantu menyelamatkan banyak orang. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs http://bloodforlife.wordpress.com atau bergabung di milis Google Groups blood-for-life@googlegroups.com.

Hal senada juga disampaikan oleh Ridwan Kamil selaku pemrakarsa  Indonesia Berkebun. Ridwan mengatakan,"Kami memulai dan melakukan banyak hal melalui internet, dari mencari informasi mengenai lahan kosong hingga mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan. Banyak manfaat dari browser seperti Chrome yang mengerti kebutuhan pengguna internet saat ini. Chrome diciptakan agar kita dapat berkreasi seluas apapun melalui internet." Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesia Berkebun, dapat mengunjungi situs www.indonesiaberkebun.org

Google Chrome versi beta diluncurkan pada bulan September 2008 dan keluar dari versi beta pada bulan Desember 2008. Pada tahun 2010, Chrome telah memiliki lebih dari 70 pengguna aktif, dan pada tahun ini, jumlah pengguna Google Chrome telah berlipat ganda menjadi 160 juta pengguna aktif.

XL dan BII Jalin Kemitraan Pengembangan Layanan e-Money

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT Bank International Indonesia Tbk (BII) jalin kemitraan bersama untuk penyediaan layanan cash-in XL Tunai via layanan e-banking BII (e-Money).

Perjanjian kemitraan yang berlangsung pada hari Kamis, 15 September 2011 ini dimulai dengan penandatanganan kerja sama antara kedua belah pihak. Dari XL di wakili oleh President Direktur XL, Hasnul Suhaimi dan Rahardja Alimhamzah selaku Acting President Director BII.

Tujuan dari perjanjian ini adalah penggunaan XL Tunai yang dapat dimanfaatkan untuk transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, aman, cepat dan murah.

Mudah karena semua jenis transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel. Aman karena  tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana dan dibekali dengan PIN untuk otorisasi; Cepat, karena tidak perlu antri lagi untuk melakukan pembayaran tagihan dan maupun menunggu uang kembalian; Murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan, termasuk pembayaran jarak jauh.

”Jaringan BII yang luas dan jaringan perbankan elektronik BII yang modern, dapat mendukung layanan XL Tunai untuk memudahkan pelanggan XL melakukan transaksi secara cepat dan aman," tutur Rahadja.

Penggunaan XL e-Money

XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Melalui layanan ini pelanggan akan bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran untuk belanja ataupun tagihan mereka dari biller/merchant yang telah bergabung dalam XL Tunai.

Pelanggan juga dapat melakukan transaksi pembayaran langsung di toko, maupun pembayaran secara remote (jarak jauh), seperti telemarketing atau web, melakukan pembayaran tagihan, bahkan juga pembelian tiket ataupun voucher/token.

Perlu diperhatikan untuk pelanggan yang akan melakukan transaksi. Pertama Anda harus lebih dulu melakukan pendaftaran melalui menu XL Tunai dengan mengetik *123*120# lalu tekan YES pada handphone pelanggan. Setelah melakukan registrasi, pelanggan dapat melakukan cash-in (maksimum Rp 5 juta) ke XL Tunai melalui jaringan ATM.atau e-channels lainnya.

Untuk melakukan top-up, pelanggan cukup melakukan transfer dana antar rekening BII melalui BII ATM dengan nomor rekening tujuan adalah nomor handphone XL Tunai milik pelanggan. Sistem XL Tunai akan menampilkan nama pelanggan XL Tunai dan mengkonfirmasikannya kepada pelanggan. 

 “Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan pembayaran yang mudah dan aman, kami yakin layanan seperti XL Tunai akan terus berkembang. Kerjasama XL dan BII ini merupakan langkah strategis kedua pihak dalam menghadirkan solusi transaksi masa depan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pelanggan XL," ungkap Hasnul menutup pembicaraan tentang XL e-Money.

ABBY FlexiCapture 10 Permudah Enterprise Lakukan Document Capture

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ABBYY, penyedia teknologi terkemuka di bidang document recognition, document capture, and linguistic technologies, memperkenalkan ABBYY FlexiCapture 10, yang merupakan generasi terbaru dari aplikasi dokumen capture, yaitu suatu teknologi yang mampu melakukan klasifikasi dokumen, pemisahan dokumen, dan pengambilan data pada dokumen secara otomatis dengan bantuan piranti scanner atau kamera.

Teknologi FlexiCapture 10 dengan auto-learning membantu organisasi, secara signifikan mengurangi waktu untuk mendapatkan data-data dari dokumen, namun  memberikan akurasi yang tinggi dalam mengenali informasi/data fields dalam dokumen dengan berbagai tingkat kerumitan. 

“Produk FlexiCapture 10 dikembangkan untuk menghemat waktu perusahaan dalam memproses data, komunikasi, serta mengurangi biaya input data, sehingga pada akhirnya meningkatkan pelayanan pengalaman pelanggan,” jelas Anna Budanova, Sales & Marketing Manager ABBYY 3A Russia.

Sistem yang dibanderol harga mulai dari 2000 USD ini mampu menangani pengumpulan data dalam skala besar (hingga jutaan lembar per hari) dengan cepat dan akurat. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan intelligent tool untuk pengoperasian jarak jauh dan kemudahan berintegrasi dengan sistem bisnis proses dan aplikasi bisnis.

Dilengkapi dengan fungsi auto-learning, FlexiCapture 10 dapat menyederhanakan proses pembuatan pola baca dokumen, dibandingkan teknologi pendahulunya yang masih dilakukan secara “semi-programming.” Aplikasi ini dapat digunakan 3 sampai dengan 5 contoh dokumen dari tiap jenis dokumen, sistem ini mampu mengklasifikasikan dokumen secara otomatis. Hasilnya adalah penghematan waktu dari pekerjaan untuk pengklasifikasian, yang biasanya menjadi kendala pada penyimpanan dokumen.

“Pada perusahaan yang telah memiliki sistem yang telah bekerja dengan baik, namun memiliki sumberdaya yang terbatas untuk melakukan input data, FlexiCapture menawarkan solusi data input secara cepat sekaligus memungkinkan untuk terintegrasi dengan berbagai fungsi integrasi yang dimilikinya," tambah Feri Santosa, Direktur PT Prisma Teknologi saat dijumpai di Hotel Sari Pan Pacific (15/09).

Kemampuan ABBYY FlexiCapture 10

Kemampuan utama software ini adalah menjawab kebutuhan organisasi yang ingin melakukan input data dalam jumlah besar secara otomatis, misalnya membaca kumpulan kuesioner kepuasan pelanggan, data pelanggan, survei produk,  lembar ujian dan lain sebagainya, yang umum disebut sebagai Fixed Form atau formulir yang bentuknya seragam yang sengaja dibuat dalam rangka pengumpulan data.

ABBYY FlexiCapture 10 mampu mengambil informasi yang diperlukan dari dokumen yang berbeda-beda bentuknya ini secara otomatis dengan bantuan teknologi auto-learning yaitu teknologi pintar yang mampu mengingat posisi dan letak suatu data atau informasi pada setiap jenis dokumen.

ABBYY FlexiCapture 10 juga menawarkan solusi terintegrasi dari klasifikasi dokumen, pemisahan dokumen sesuai kelompoknya, serta pengambilan data yang relevan dari sekelompok dokumen yang terdiri dari komponen teknologi Optical Character Recognition(OCR) yaitu teknologi yang mampu mengenali huruf cetak mesin (printer/mesin ketik).

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan Intelligent Character Recognition (ICR) yaitu teknologi yang mampu mengenali huruf cetak tulisan tangan, Barcode Recognition yaitu teknologi yang mampu mengenali huruf barcode dan Optical Mark Recognition (OMR) yaitu teknologi yang mampu memproses input pilihan ganda.

ABBYY FlexiCapture 10 dimanfaatkan untuk memproses dokumen yang bersifat semi-structured yaitu suatu dokumen yang bentuknya berbeda-beda namun memiliki struktur informasi yang sama misalnya : dokumen faktur pajak, invoice, curicullum vitae. Untuk faktur pajak, meskipun bentuk dan ukurannya berbeda akan selalu mengandung nomor faktur, tanggal faktur, pihak yang menerbitkan, NPWP dan jumlahnya.

“Input data merupakan hal yang esensial pada setiap organisasi di Indonesia apapun jenis industrinya. Kecepatan melakukan input data dengan akurat dengan sendirinya akan meningkatkan performa organisasi terutama bagi pelaku bisnis. Sehingga kami yakin bahwa kehadiran software ABBYY FlexiCapture 10 sangat membantu pelaku industri Indonesia dalam menjalankan usahanya,” ujar Feri Santosa, Direktur PT Prisma Teknologi Informatika (Prismatek).

 

Creative Ziio 7 dengan Kualitas Audio yang Prima

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Creative Ziio 7 merupakan salah satu dari beberapa nama tablet yang menggunakan sistem operasi  Android. Creative Ziio 7 berdimensi 207 mm x 133 mm x 13 mm. Dengan bobot 415 g, tablet ini terlihat  sangat sederhana karena dikonstruksi dengan material berbahan plastik. Tablet ini menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo, yang dilengkapi dengan Enhance Sound Pure Android Audio yang menjadi andalan pada tablet ini.

Tidak seperti tablet lainnya, layar touchscreen pada Creative Ziio 7 yang berukuran 7 inci ini menggunakan teknologi layar sentuh resistive, jenis layar sentuh yang menggunakan dua lapisan layar. Layar ini cenderung kurang responsif dibandingkan model capacitive dalam penggunaan normal. Maka dari itu, Creative Ziio 7 menyediakan stylus untuk memudahkan pemakaian layar sentuh pada tablet ini.


Pada bagian sisi kiri tablet terdapat slot memori microSD yang sangat berpotensial terkena debu. Maka dari itu, pada bagian slot microSD ini sangat disarankan untuk disumbat dengan menggunakan kartu memori microSD, untuk menghindari debu masuk ke dalam slot memori microSD tersebut.  Pada bagian sisi lain tablet (sisi kanan) juga terdapat pengontrol volume tablet.


Pada Creative Ziio 7 ini terdapat sebuah slot mini-HDMI, 3.5 mm headphone jack, miniUSB slot, mic, dan tombol power yang terdapat pada bagian atas. Sementara pada bagian bawah terdapat port untuk mengisi daya listrik yang berukuran kecil.


Penambahan mencolok lainnya yang terdapat pada bagian depan Ziio 7 adalah lensa kamera, dengan posisi di atas layar. Kamera yang digunakan pada Creative Ziio 7 memiliki resolusi VGA (640x480 pixel), yang dirancang untuk chatting video melalui aplikasi seperti Skype.


Desain pada bagian depan terdiri dari layar sentuh yang dipadukan dengan empat buah tombol touchscreen. Keempat tombol tersebut berada di bawah layar tablet, yaitu tombol Google search, menu, tombol layar utama (home), serta tombol kembali (back).

Tablet Creative Ziio 7 ini juga dilengkapi dengan X-Fi Crystalizer, yang berguna untuk meningkatkan suara audio pada tablet ini terdengar sejernih kristal. Dan penggunakan Codec Apt-x dengan latency rendah dapat dipastikan suara stereo nirkabel Bluetooth pada tablet ini dapat menjadi lebih unggul dari tablet lainnya.

Spesifikasi produk:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar