Rabu, 07 September 2011

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


BlackBerry Torch 9850 Telah Tersedia di Verizon

Posted:


Basking Ridge, NJ - Verizon Wireless mengumumkan bahwa mereka telah menyediakan smartphone BlackBerry Torch 9850 yang telah dilengkapi dengan sistem operasi BlackBerry 7 terbaru. Smartphone tersebut akan tersedia online di www.verizonwireless.com mulai tanggal 8 September dan 15 September 2011 mulai dipasarkan di Verizon Wireless Communications Stores.

Jikalau biasanya ponsel BlackBerry identik dengan QWERTY keyboardnya, kali ini di BlackBerry Torch 9850 hanya dilengkapi dengan TFT capacitive touchscreen 3.7 inches yang merupakan layar terlebar yang dimiliki Blackberry, sehingga dapat menyajikan web pages, foto, video dan games yang lebih menawan.

Selain itu, dengan kelengkapan sistem operasi BlackBerry 7 dan prosesor 1.2 GHz, maka smartphone ini dapat menjalankan browser BlackBerry generasi berikutnya dengan penambahan zoom optimal serta menonton video dan bermain game yang lebih produktif.

Menurut engadget, sebagai sumber yang tim CHIP.co.id kutip, Verizon Wireless akan membanderol BlackBerry Torch 9850 seharga US$199,99 dengan perjanjian kontrak selama dua tahun. Para pelanggan baru juga akan dikenakan biaya aktifasi bulanan sebesar US$39.99 dan apabila ingin penambahan akses data sebesar 2GB pelanggan akan dikenakan biaya lagi sebesar US$30.

Spesifikasi BlackBerry Torch 9850:

  • Dimensions: 120 x 62 x 11.5 mm, Weight: 135g
  • Display: TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 800 pixels, 3.7 inches (~252 ppi pixel density)
  • Memory: Internal 4 GB storage, 768 MB RAM, Card slot microSD, up to 32GB, buy memory
  • OS: BlackBerry 7
  • CPU: 1.2 GHz processor
  • Java: MIDP 2.1
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth: v2.1 with A2DP
  • Network: 2G CDMA 800 / 1900; GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 2100
  • Camera: 5 MP, 2592Ñ…1944 pixels, autofocus with geo-tagging, continuous auto-focus, image stabilization, face detection, Video: 720p
  • Battery: Standard battery Li-Ion 1230 mAh, Stand-by Up to 320h, Talk time Up to 6h 50min, Music play Up to 50h

Alcatel-Lucent Memperbarui Jaringan Komunikasi Angkatan Udara Perancis

Posted:

Paris, CHIP.co.id – Alcatel-Lucent, INEO dan GDF SUEZ grup, mengumumkan penandatanganan resmi Perjanjian Kemitraan “RDIP-Air” (air force base Internet Protocol service networks/jaringan layanan Internet Protocol pangkalan angkatan udara) dengan Direction Générale de l’Armement (DGA), badan pertahanan Perancis.

Terkait erat dengan proyek ini sebagai mitra industri, Alcatel-Lucent dan INEO Defense juga mendapat dukungan rekanan finansial: perusahaan investasi Caisse des Dépôts dan SEIEF (South Europe Infrastructure Equity Finance). Public-Private Partnership (PPP/Kemitraan Pemerintah – Swasta) ini didukung oleh kontrak selama 16 tahun senilai 350 juta Euro.

Kontrak kemitraan ini meliputi fase konstruksi (tiga tahun) dari 2011 hingga 2014 dan sebuah fase operasi jaringan, yang akan berakhir di 2027. Sebagai tambahan, perangkat yang telah ada akan diganti sepanjang periode proyek untuk memastikan tercapainya kondisi operasional yang optimal.

Sebagai bagian dari kontrak ini, Alcatel-Lucent – bertindak sebagai pimpinan konsorsium – akan mengkoordinasikan rancangan, penggelaran, pembiayaan, manajemen dan pemeliharaan jaringan-jaringan telekomunikasi berbasis IP (Internet Protocol) di pangkalan angkatan udara metropolitan Perancis. Jaringan-jaringan ini akan membawa data-data angkatan udara umum termasuk informasi yang berkaitan dengan control udara militer dan proteksi wilayah udara di atas metropolitan Perancis.

INEO, melalui anak perusahaannya INEO Defensi, akan mengatur rancangan arsitektur layanan dan keamanan, integrasi perangkat pada infrastruktur ini, penggelaran, pemeliharaan termasuk manajemen bersama proyek ini bersama dengan Alcatel-Lucent. Instalasi akan dikerjakan pada kurang lebih 106 situs metropolitan, yaitu lebih dari 36.000 titik akses dan sekitar 1.500 hingga 2.000 bangunan.

Solusi ini menggunakan perangkat sipil teknologi tinggi standard yang memenuhi persyaratan keamanan militer. Perubahan ke teknologi all-IP akan memberikan kompartementalisasi dan sekuriti pada berbagai komponen jaringan berikut fleksibilitas lebih untuk mengatasi perubahan dalam kecepatan dan topologi.

Sebagai tambahan, sebuah badan pengawasan untuk operasi, pemeliharaan dan keamanan telah dibentuk untuk memenuhi ketersediaan dan kelanjutan yang lebih tinggi dari permintaan layanan sebuah lingkungan militer.

Seraya memberikan kemampuan untuk mengadaptasi perubahan-perubahan di masa mendatang yang mungkin dibutuhkan oleh pemerintah Perancis. Staf teknis dari Kementrian, berdasarkan sukarela, akan mendapat tawaran peluang karier baru dari rekanan-rekanan industri.

“Kami sangat gembira dapat mendukung Kementerian Pertahanan dalam usaha modernisasi jangka panjangnya, berkat rekanan pemerintah – swasta yang inovatif ini,” kata Pascal Homsy, CEO Alcatel-Lucent Perancis.

Tiga Ultrabook Generasi Pertama dari Lenovo

Posted:

CHIP.co.id - Generasi awal Ultrabook mulai berdatangan. Lenovo tidak ingin kehilangan momentum dan mulai memperkenalkan, tidak hanya satu, melainkan tiga Ultrabook, yaitu IdeaPad U300, IdeaPad U300s, dan IdeaPad U400.

IdeaPad U300 dan U400 termasuk dalam kelas multimedia. IdeaPad U300 memiliki layar 13.3 inci dan IdeaPad U400 hadir dengan layar 14 inci. Keduanya dilengkapi dengan prosesor Intel generasi ke-2, Radeon HD 5470M, memori hingga 8 GB, 1 TB HDD atau 256 GB SSD. Rahasia dari bobot ringan Ultrabook adalah penggunaan SSD sebagai media penyimpanan data. IdeaPad U400 juga dilengkapi dengan sebuah DVD drive internal. Kedua produk Ultrabook ini telah dilengkapi dengan HDMI dan Intel Wireless Display (WiDi). IdeaPad U400 dijual dengan harga mulai dari US$ 849,99. Belum ada keterangan harga untuk IdeaPad U300 hingga saat ini.

IdeaPad U300s tampil dengan desain single-piece alumunium shell yang stylish. Bobotnya yang hanya 1,36 kg menjadikannya tidak hanya stylish, namun juga portabel. Ultrabook ini hadir dengan layar 13.3-inch, prosesor Intel Core generasi ke-2, up to 4 GB DDR3, 256 GB SSD, Wi-Fi, USB 2.0 dan USB 3.0. Kehadiran interface USB 3.0 adalah sesuatu yang melegakan hati, karena kecepatan transfer data saat ini telah menjadi kebutuhan umum. IdeaPad U300s akan dipasarkan dengan harga retail mulai dari US$ 1199,99.

Artikel lain: Lenovo

Cermin di Kamar Mandi, Bisa Baca Email, Berita, Lihat Facebook

Posted:

Sumber Foto: DigitalTrends.com

New York, CHIP.co.id - Menghabiskan waktu di kamar mandi di masa depan mungkin akan menjadi lebih lama gara-gara perpaduan teknologi satu ini. Sebuah Lab pengembangan dan penelitian di New York Times memadukan layar LCD, Microsoft Kinect, komputer dan sebuah cermin di kamar mandi untuk membaca berita, menghadirkan konten media lain termasuk melihat update terbaru di Facebook dan Twitter.

Sebuah tim telah mengerjakan sebuah cermin yang dapat memberikan konten media untuk pengguna sementara menghabiskan waktu di kamar mandi. Peranti yang digunakan adalah cermin televisi Phillips yang dihubungkan ke sensor Kinect Microsoft yang ada di atas cermin. Peranti ini menggunakan pengenalan suara dan sensor gerak dari Kinect. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri berita terbaru dalam New York Times serta memeriksa kalender, membaca email dan melihat update terbaru di Facebook atau Twitter.

Seperti ditulis oleh DigitalTrends.com, cermin ini juga memiliki kemampuan untuk memindai tag RFID dan membawa informasi tentang sebuah contoh produk. Misalnya, jika seseorang memiliki obat dan ingin memperoleh informasi resep tentang obat tersebut, ia dapat mengangkat obat tersebut ke cermin yang akan memasok informasi serta menawarkan kemampuan untuk menyusun ulang obat apakah itu diperoleh melalui resep. Ketika datang untuk belanja baju online, cermin digunakan oleh kamera Kinect untuk memindai gambar tipe tubuh pengguna dan memungkinkan pengguna untuk melapisi pakaian pada gambar tubuh seolah-oleh mencoba pakaian sebelum membelinya.

Untuk sementara waktu cermin ini masih prototipe dan menggunakan Facial Recognition melalui cermin yang bisa bekerja secara baik dengan Kinect. Teknologi seperti ini juga dapat digunakan di sekitar rumah dan di ruang publik untuk memberikan terminal bantuan kepada publik.

Sumber berita: New York Times Magic Mirror - DigitalTrends.com

Beli Komik Potong Pulsa di Ngomik.com

Posted:

CHIP.co.id - Buat yang gemar baca komik, telah ada sebuah fasilitas baru yang ditawarkan oleh ngomik.com, yaitu membeli komik potong pulsa. Layanan ini diharapkan dapat membantu penggemar komik untuk mendapatkan komik yang diinginkan dengan mudah.

Ngomik.com, sebuah website yang mempublikasikan komik digital, menyediakan layanan pembelian komik menggunakan pulsa telepon. Untuk membeli komik pakai pulsa, pengguna pertama kali harus melakukan verifikasi nomor ponsel mereka. Caranya dengan menambahkan nomor ponsel pada halaman profil. Setelah itu, pengguna mengirimkan SMS "NGOMIK VER" ke 9296 untuk mendapatkan kode aktivasi. Mekanisme potong pulsa ini untuk sementara hanya untuk pengguna Telkomsel. Menurut ngomik.com, untuk operator lain sedang disiapkan. Solusi yang ditawarkan kepada pengguna operator non Telkomsel, komik premium bisa dibeli dengan melakukan deposit yaitu transfer ke rekening ngomik.com

Harga yang ditawarkan untuk setiap judul komik di ngomik.com, bervariasi mulai dari 500 hingga 10.000 tergantung dari jenis dan kualitas komik. Selain komik yang berbayar, di ngomik.com juga tetap tersedia komik-komik yang gratis dari komikus lokal dan penerbit koloni dan koin.

Mekanisme publikasi komik di ngomik.com, mirip dengan mekanisme app store aplikasi mobile seperti iPhone dan Android. Komikus akan mendapatkan revenue share dari setiap penjualan komiknya. Komikus tidak perlu lagi merasa kesulitan mempublikasikan komiknya, segera setelah karya komik selesai dibuat, komikus bisa langsung mengupload karya tersebut di ngomik.com, setelah itu pembaca yang akan menilai apakah komik itu bagus atau tidak.

Anda seorang komikus atau gemar baca komik, bisa mengunjungi situsnya di Ngomik.com.

Sony Ericsson Xperia Arc S dengan Kelengkapan 3D Sweep Panorama

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Diperkenalkan saat acara IFA 2011 yang diselenggarakan di Berlin - Jerman, Sony Ericsson membawa tampilan penuh pesona pada ponsel seri Xperia Arc S terbarunya.

Dibalut dalam bodi tipis berdimensi 125 x 63 x 8.7 mm, Xperia Arc S memang sekilas dari nama dan penampilan sangat mirip dengan seri pendahulunya, Xperia Arc. Namun yang membuatnya beda adalah kapasitas prosesor 1,4GHz yang memberikan kinerja 25% lebih cepat, sistem operasi Android 2.3.4 dan kelengkapan 3D sweep panorama dari Sony.

"Xperia Arc S merupakan ponsel Xperia yang dapat menghibur dalam pengalaman dunia Android yang berkolaborasi dengan teknologi milik Sony secara bersamaan," jelas Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia.

Memiliki layar berkualitas Reality Display 4,2 inci dengan kelengkapan Mobile BRAVIA Engine, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera 8,1 MP dengan kemampuan HD video dengan sensor gambar ponsel Exmor R mobile yang dapat meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi pencahayaan rendah.

Ponsel yang akan tersedia di pasar-pasar tertentu mulai Q4 2011, juga dilengkapi dengan Facebook inside Xperia memberikan konsumen akses unik ke pengalaman hiburan sosial untuk berbagi dan bereksplorasi, ditambah dengan luasnya dunia Android dengan lebih dari 250.000 aplikasi.

Selain itu, juga terdapat teknologi Sony yang terbaik di kelasnya, gambar 3D sweep panorama photography yang dapat diambil langsung dari ponsel dan kemudian diperlihatkan dengan menyambungkan ponsel kepada TV 3D menggunalan output HDMI.

Spesifikasi Sony Ericsson Xperia Arc S:

  • OS: Android OS, v2.3.4 (Gingerbread)
  • Network: 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 900 / 2100 & HSDPA 850 / 1900 / 2100 / 800
  • Dimensi: 125 x 63 x 8.7 mm, berat: 117 g
  • Display: LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, size: 480 x 854 pixels, 4.2 inches (~233 ppi pixel density) Sony Mobile BRAVIA Engine
  • Memory: Internal 320 MB storage, 512 MB RAM, Card slot: microSD, up to 32GB, 8 GB included
  • 3G: HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth: Yes, v2.1 with A2DP
  • Kamera: Primary: 8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash, Video: 720p@30fps, continuous autofocus, video light with video calling, touch focus, geo-tagging, face and smile detection, 3D sweep panorama
  • CPU: 1.4 GHz Scorpion processor, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM8255T Snapdragon
  • Java: Java MIDP emulator
  • Colors: Pure White, Midnight Blue, Misty Silver, Gloss Black, Sakura Pink
  • Battery: Standard battery, Li-Po 1500 mAh, Stand-by Up to 460 h (2G) / Up to 460 h (3G), Talk time Up to 7 h 25 min (2G) / Up to 7 h 35 min (3G), Music play Up to 37 h

Awas Jebakan Clickjacking Menyasar ke Pengguna Facebook

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Trend Micro baru saja menemukan adanya clickjacking yang menyasar ke dalam pengguna facebook di beberapa negara termasuk Indonesia. Salah satu jebakan clickjacking yang ditemukan, berupa tiket gratis menjelang premier-nya film box office dunia Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2, yang dinantikan oleh jutaan fans di seluruh dunia.

Sebuah foto yang memajang sosok Robert Pattinson dan Kristen Stewart, dua pemeran utama film tersebut, dijadikan sebagai ‘alat pancingan’ berikut dengan linknya dan disebarkan lewat Facebook. Dengan mengusung judul “Get A Free Tickets to Twilight Breaking Dawn Part 2!”, pengguna Facebook disarankan agar tidak meng-klik dan percaya begitu saja dengan tawaran tiket gratis premier dunia Twilight Saga.

Jika pengguna mengklik tombol “Share Link” maka postingan tersebut otomatis akan di-share di wall pengguna agar menjaring lebih banyak korban. Nah, jika gambar atau teks diklik, maka pengguna akan diarahkan ke sebuah halaman survei untuk diminta mengisi alamat email. Setelah menginputkan alamat email, sebuah halaman konfirmasi akan muncul yang akan meminta pengguna memberikan informasi pribadi lebih banyak, seperti nomor telepon, alamat email, tanggal lahir.

Mereka yang mengklik dang mengisi laman ini akan diarahkan ke sebuah halaman survei palsu yang motifnya berupa pencurian identitas. Beberapa waktu lalu, Trend Micro, juga berhasil mendeteksi jebakan klik video “Badai topan Hurricane Irene” di Facebook, dengan modus yang kurang lebih sama dengan jebakan klik tiket gratis Twilight Saga.

Karena itu, Trend Micro, sebagai vendor keamanan yang telah mendeteksi ini menyarankan agar pengguna facebook mulai berhati-hati menggunakan laman di social media.

Toshiba Luncurkan Flash Air WiFi SDHC Card

Posted:


Tokyo, CHIP.co.id - Toshiba Corporation baru saja mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan, Flash Air kartu memori SDHC pertama di dunia yang dilengkapi dengan fungsi LAN nirkabel.

Memiliki kapasitas 8GB, kartu SDHC rencananya sampelnya akan tersedia mulai bulan November 2011 dan penjualannya dimulai pada bulan Februari 2012 di pasar Jepang.

FlashAir yang diperkenalkan pertama kali di IFA 2011, Berlin - Jerman ini memiliki kemampuan mengirimkan berbagai foto dan video ke jejaring sosial tanpa perlu menstransfer menggunakan kabel data yang sedikit ribet.

Namun ada syarat utama agar kemampuan komunikasi nirkabel SDHC ini menunjukan kelebihannya, yakni kamera digital Anda juga harus memiliki fungsi WiFi. Karena, apabila tidak memiliki kemampuan tersebut maka sangat nihil kinerja SDHC Card Anda mampu mentransfer foto maupun video dengan smartphone atau PC yang mendukung Wireless LAN.

Spesifikasi Flash Air WiFi SDHC Card: 

  • Dimensi : 32 x 24 x 2.1 mm, Berat : 2 g
  • Standar: Kartu Memori SD Standar
  • Wireless LAN: IEEE 802.11b/g/
  • Wireless LAN security: WEP, TKIP, AES (WPA, WPA2)
  • Kapasitas kartu: 8GB
  • Speed class: Speed Class 6
  • Applicable format: JPEG, RAW, MPEG, dll
  • Power Supply Voltage: 2.7-3.6V

HTC Titan dan HTC Radar Hadirkan Platform WP7

Posted:

CHIP.co.id - HTC kembali menghadirkan platform Windows Phone 7.5 Mango ke dalam 2 jajaran terbarunya pada jajaran ponsel pintar layar sentuh. HTC Titan dengan layar SLCD 4.7 inci bersama dengan HTC Radar dengan layar LCD 3.8 inci merupakan jajaran terkini yang akan dihadirkan HTC dalam menghadirkan jajaran ponsel Windows Phone.

HTC Titan

Dengan layar yang super lebar sebesar 4.7 inci akan memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Kamera sebesar 8 megapixel hadir pada sisi belakang dan kamera VGA pada sisi depan yang akan memberikan kemudahan integrasi aplikasi Skype pada seluruh kemampuannya. Menggunakan prosesor 1.5 GHz, RAM 512 MB dan media penyimpanan fixed sebesar 16GB.

HTC Radar

Dengan harga yang lebih terjangkau yang merupakan peningkatan dari HTC Trophy, ponsel pintar ini menggunakan prosesor 1GHz dan layar 3.8 inci untuk penggunanya. Kelebihan utama terletak pada kemampuan kamera sisi belakang sebesar 5 megapixel yang menggusung lensa f2.2, sehingga akan memberikan bukaan yang lebih lebar, khususnya kepada para pengguna yang menyukai fotografi, sedangkan pada sisi depan menggunakan kamera VGA. Untuk media penyimpanan, HTC Radar menyediakan sebesar 8 GB.

Sony Ericsson Mix Walkman, Ponsel dengan Tombol Zappin

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Kabar gembira bagi penggemar musik di Indonesia, pasalnya Sony Ericsson baru saja mengumumkan akan segera meluncurkan satu ponsel terbarunya, Sony Ericsson Mix Walkman ke Tanah Air.

Dikemas dalam bodi tipis dan dilengkapi dengan bazel dapat digonta-ganti sesuai selera, Sony Ericsson Mix Walkman menawarkan pengalaman menyetel musik handal di kelasnya. Sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan sistem operasi Android, untunglah Sony Ericsson berbaik hati jikalau ponsel yang memiliki berat 88 gram ini dapat mengakses berbagai aplikasi Java.

Lantas seperti apa kemampuan ponsel touch screen yang memiliki fitur Walkman ini? Mari kita simak sedikit rincian yang didapatkan oleh tim CHIP.co.id, saat berkunjung ke Sony Ericsson Center beberapa waktu lalu.

Kelengkapan Tombol Zappin

Selain fitur di atas, ponsel yang memiliki dimensi 95.8 x 52.8 x 14.3 mm ini dilengkapi dengan tombol Zappin yang berfungsi sebagai pencari lagu favorit Anda dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Cukup tekan tombol Zappin, Anda dapat mendengarkan bagian chorus dari sebuah lagu. Setelah Anda menengarkan potongan-potongan lagu yang berasal dari album musik Anda, lalu putuskan lagu favorit mana yang ingin didegarkan.

Suara yang dikeluarkan oleh ponsel berkualitas Walkman dari Sony ini pun sangatlah jernih dan dengan ketajaman yang lumayan. Apalagi di dalamnya terdapat fungsi karoke yang memungkinkan bagian vokal dari lagu apapun terdengar pelan secara instan dan Anda pun dapat bernyanyi mengikuti alunan nada favorit.

Ketahanan Baterai

Sony Ericsson Mix Walkman dilengkapi dengan baterai Li-Ion 1000 mAh yang dapat berfungsi menyimpan daya saat digunakan berbicara hingga 9 jam 40 menit dan dalam keadaan Stand-by baterai dapat bertahan selama 465 jam.

Karena di desain sebagai ponsel yang mengutamakan fitur musik,  setelah diuji lab oleh tim Sony Ericsson, baterai  ponsel ini pun dapat bertahan untuk mendengarkan full lagu (tanpa memainkan aplkasi lainnya) selama 13 jam nonstop.

Spesifikasi Sony Ericsson Mix Walkman:

  • Network : 2G with GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - WT13i, EDGE Up to 200 kbps
  • Dimensions: 95.8 x 52.8 x 14.3 mm, Weight 88 g
  • Display Type: TFT capacitive touchscreen, 256K colors, Size 240 x 400 pixels, 3.0 inches (~155 ppi pixel density)
  • Memory: Internal 256 MB (100 MB user available), Card slot microSD, up to 32GB, buy memory
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g
  • Bluetooth: Yes, v2.1 with A2DP
  • Camera: 3.15 MP, 2048x1536 pixels, Video     Yes, QVGA
  • Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML
  • Radio: Stereo FM radio with RDS
  • Java: Yes
  • Battery: Standard battery, Li-Ion 1000 mAh

Angry Bird Seasons Moon Festival

Posted:

CHIP.co.id - Memasuki bulan September, Angry Birds buatan Rovio menghadirkan update terbarunya pada game Angry Birds Seasons dengan menjelajah ke Cina untuk merayakan Festival Kue Bulan. Festival panen 3000 tahun yang merupakan salah satu hari libur Cina yang paling penting, sehingga para babi lucu pun turut bersembunyi di tengah-tengah perayaan acara ini.

Dengan bantuan sekumpulan para burung yang menggemaskan, Anda diharuskan untuk mengejar para babi melalui 30 tingkat baru yang dipenuhi oleh berbagai atribut menarik, seperti pagoda, kelinci, lentera merah, yang diterangi oleh bulan panen yang menyilaukan.

Terdapat delapan potongan tersembunyi dari kue bulan yang dapat Anda kumpulkan dan akan memberikan nilai bonus. Dengan latar belakang didominasi oleh warna ungu dan bernuansa merah dari negeri Cina, permainan Angry Birds Seasons mampu memberikan daya tarik tersendiri dalam setiap kehadirannya.

CHIP mencoba melakukan beberapa level yang ternyata cukup sulit untuk dapat berpindah level, dikarenakan jumlah burung yang sedikit, dan memerlukan trik dalam menangkap dan menjatuhkan para babi yang menggoda.

Untuk Anda yang pernah mengunduh dan menginstalnya, hanya melakukan update pada aplikasi Angry Birds Seasons dan seketika itu permainan ini akan ada di ponsel pintar Anda. tersedia untuk platform Apple di iPhone atau iPad, Android dan Symbian.

Untuk Anda yang mengalami kesulitan, Anda juga dapat menggunakan fitur baru yaitu Mighty Eagle yang akan memberikan arahkan melalui tayangan video untuk memecahkan level yang tidak dapat Anda lalui, tentunya ini dapat membantu Anda yang selalu tergerak untuk memecahkan setiap levelnya dengan perolehan angka yang tertinggi. Namun penggunaan Migthy Eagle  memiliki batasan dimana Anda hanya dapat melakukan 1 skip level dalam masa 1 jam sekali.

Samsung Umumkan bada 2.0 SDK

Posted:

CHIP.co.id - Samsung Electronic Co. Ltd, mengumumkan bada 2.0 SDK (Software Development Kit), sebuah alat berupa aplikasi bagi platform mobile Samsung. bada 2.0 diharapkan dapat menjadi katalis pengembangan distribusi secara global smartphone berbasis bada.

Platform bada telah dipasangkan pada tujuh peranti Samsung Wave. Smartphone Samsung Wave meraih kepopuleran di Eropa, Cina, dan Asia Tenggara, dimana konsumen tertarik pada harga terjangkau dan fungsionalitas.

"Samsung bada dan perangti Wave terus meraih sukses di seluruh dunia, dengan mengambil keuntungan teknologi mobile dan kepemimpinan Samsung serta kesadaran merek Samsung di pasar," kata JK Shin, President and Head of Samsung's Mobile Communication Business. "Kami telah membawa bersama kunci inovasi mobile di bada 2.0, mengatur pondasi sebagai platform mobile yang unggul," kata JK Shin melanjutkan penjelasannya.

bada 2.0 yang diperkenalkan di Mobile World Congress, Februari 2011, menyajikan jangkauan variasi luas kapabilitas baru termasuk multi-tasking, Wi-Fi Direct, NFC (Near Field Communication) dan pengenal suara. Hal ini memampukan pengguna smartphone untuk memperoleh pengalaman lebih seperti mobile payment, transport pass-card recharge, dan pertukaran file tanpa jaringan internet. Bada 2.0 juga mendukung HTML5 dan fungsi flash yang telah ditingkatkan.

bada 2.0 SDK dapat didownload dari situs pengembang bada (developer.bada.com). Samsung Apps telah terbukti populer sejak peluncuran Samsung Wave, smartphone pertama berbasis bada pada Juni 2010. Samsung Apps menerima 10 juta download aplikasi hanya dalam 3 bulan dan telah melewati 100 juta pada Maret 2011. Saat ini Samsung Apps memiliki sekitar 40.000 aplikasi.

Berita terkait: Samsung

Samsung Galaxy Note Perpaduan Smartphone dan Tablet PC

Posted:

CHIP.co.id - Samsung Galaxy Note, gadget terbaru dari Samsung secara resmi diumumkan dan meraih perhatian di IFA 2011 di Berlin. Hal ini  membuktikan gebrakan baru dari Samsung terhadap pesaing lainnya, termasuk iPhone 5 yang menurut kabar belum resmi akan muncul Oktober 2011 ini.

Samsung Galaxy Note memiliki layar sentuh 5.3 inci Super AMOLED dengan resolusi tinggi HD WXGA 1280×800. Produk baru ini bisa dikatakan adalah perpaduan Smartphone dan fitur-fitur pada Tablet PC karena menghadirkan fitur yang ada pada Tablet PC, Notepad, Planner dan Game.

Samsung Galaxy Note dipasang prosesor 1.4 Ghz dual-core dan memori 1GB RAM, serta sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Produk ini juga dilengkapi kamera 8 Megapixel dan LED flash, serta kamera 2 Megapixel di bagian depan untuk video chat. Untuk menyimpan foto, dan video, serta file lain, Galaxy Note menyediakan memori simpan sebesar 16 atau 32 Gb. Ketebalan Galaxy Note, 9.65mm (0.37 inci) dan beratnya 178 gram.

Hal lain yang menarik adalah Galaxy Note memiliki juga sebuah pena (atau bisa disebut stylus) yang menggunakan teknologi S-Pen. Pena ini bisa digunakan pada layar Galaxy Note untuk menggambar, menulis pesan, atau hal lain.

Menurut rencana,  Samsung Galaxy Note akan hadir dalam 2 jaringan LTE dan HSPA+.

Sumber foto: Samsung Galaxy Note

Berita terkait: Samsung

Superspring Android TV X220, Solusi Membangun Smart TV Terjangkau

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Dunia hiburan digital kembali bertambah semarak dengan kedatangan multimedia box yang dikenal dengan nama Android Internet TV. Salah satu sample produk yang CHIP dapatkan adalah Superspring Android Internet TV X220. Dengan kehadiran Internet TV ini, Anda dapat menyulap TV di rumah menjadi Smart TV.

Layaknya sebuah gadget Android, di dalamnya terintegrasi sistem operasi Android 2.2. Anda dapat juga meng-install beragam aplikasi favorit melalui Android Market yang tersedia dengan memanfaatkan koneksi WiFi maupun LAN. Untuk menghubungkan dengan TV, tersedia port HDMI.

Total terdapat tiga buah port USB pada Superspring X220 ini. Satu pada bagian belakang, dan dua pada sisi depan yang dilindungi oleh ceover (penutup). Port USB ini dapat Anda manfaatkan untuk sambungkan dengan keyboard dan mouse untuk memudahkan saat digunakan.

Jika Anda memiliki foto, musik, maupun video yang disimpan dalam SD card, Anda tak perlu khawatir karena Superspring X220 juga dilengkapi dengan SD card reader.

Untuk mengendalikan dan mengakses seluruh menu yang ada di dalamnya, tersedia sebuah remote control yang disertakan pada paket penjualan. Remote control ini membutuhkan dua buah batera AAA untuk dapat beroperasi. 

Selain remote control, Anda juga akan mendapatkan sebuah kabel HDMI untuk dapat dihubungkan dengan layar TV Anda. Superspring X220 dipasarkan dengan harga Rp 1.399.000.

Berikut adalah spesifikasi teknisnya:

  • 1 GHz Samsung Cortex A8 CPU
  • 512 MB RAM DDR2
  • Android 2.2
  • WiFi
  • LAN
  • HDMI
  • 3x USB
  • SD card reader (up to 32 GB)
  • Wireless remote control
  • Bluetooth

Opera TV Store, Etalase Koleksi Aplikasi Web di TV

Posted:

Sumber: Opera.com

CHIP.co.id - Opera Software, di Berlin, Jerman, memperkenalkan inovasi terbarunya, Opera TV Store. Opera TV Store seperti disampaikan oleh Opera menyediakan sarana dan perangkat yang dapat dipakai oleh developer dan penyedia konten untuk membuat "Next Big Thing" pada peranti TV.

Opera TV Store adalah etalase yang menunjukkan koleksi aplikasi web yang telah dioptimalkan untuk layar televisi, ditampilkan dalam tata letak secara optimal untuk layar lebar televisi dengan remote control standar. Pengguna dapat menelusuri, mencari dan menggunakan rekomendasi untuk menemukan dan menginstal aplikasi. Opera TV Store ini didasarkan pada Opera Devices SDK.

Pada Opera TV Store, Opera Software memberikan kepada developer sarana dan perangkat membangun berbagai macam aplikasi. Aplikasi yang bisa dikembangkan diantaranya, aplikasi Movie Trailler, Video on Demand, Games, dan aplikasi lain. Aplikasi Vodcast dan Podcast dengan kehadiran Opera TV Store dapat dikembangkan secara mudah dan disajikan pada pelanggan.

"Secara tradisional, TV adalah peranti yang statis. Kini sudah berakhir masa dimana Anda harus membeli alat tambahan untuk sebuah fungsi baru di televisi," kata Lars Boilesen, CEO, Opera Software. "Pendekatan baru pada peranti lunak TV, seperti Opera TV Store, membuat OEM lebih mudah mengimplementasi fungsi-fungsi pintar pada televisi yang terkoneksi internet dan membuat penyedia konten dapat menjangkau pemirsa lebih luas dengan aplikasi berbasis HTML5," kata Lars melengkapi penjelasannya.

Pengumuman Wacom Datascrip Design Competition

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ajang Adu Kreasi Seni Desain Grafis dalam Wacom Datascrip Design Competition (WDDC) pada periode 1 Mei hingga 29 Juli lalu akhirnya selesai sudah dilaksanakan. Tercatat sebanyak 83 peserta yang menghasilkan 101 karya, dan diputuskan oleh Dewan Juri dengan mengambil 3 pemenang lomba untuk kategori pelajar, 3 pemenang kategori profesional dan 1 pemenang hadiah grand prize. Pengumuman ini dilakukan di Cheese Cake Factory, Cikini Menteng, Jakarta (23/8).

Ajang adu kreasi seni desain grafis ini merupakan kontribusi Wacom dan PT Datascrip yang bertujuan untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Terbagi dalam 2 kategori lomba yaitu Kategori Profesional dan Pelajar. Tercatat sebanyak 56 karya dari 46 peserta di kategori profesional dan sebanyak 45 karya dari 37 peserta di kategori pelajar yang memenuhi syarat untuk dievaluasi oleh dewan juri. Aspek penilaian utama adalam keaslian karya.

Tema Paradox merupakan tema utama pada WDDC yang ternyata ditanggapi dan diinterpretasikan dengan berbagai macam bentuk oleh para peserta dalam setiap karyanya yang memberikan keanekaragaman. Dewan juri selain menilai aspek keaslian karya, juga menilai unsur teknis, aspek inovasi, dan sisi artistik penyajian visual.

Tercatat nama-nama juri yang sudah sangat dikenal dalam dunia desain grafis, seperti Chris Lie selaku Ilustrator terkenal di Indonesia dan juga sebagai pendiri Caravan Studio yang juga merupakan Wacom Authorized Training Partner; Djoko Hartanto selaku Creative Consultant dan pendiri sekaligus Pemimpin Umum Majalah Concept; Is Yuniarto selaku komikus Indonesia dan Pendiri Windrider Studio di Surabaya, yang bergerak dalam penerbitan komik, pengembangan game online, dan produksi animasi. Selain itu, dewan juri diperkuat juga oleh KC Leong selaku Regional Sales & Marketing Manager WACOM dan Mary Oetomo selaku Direktur PT Datascrip yang juga bertindak sebagai ketua dewan juri.

Mary Oetomo membuka acara Pengumuman WDDC dengan mengatakan,"Kami berharap dengan adanya kompetisi ini, insan muda Indonesia dapat lebih terpacu dan giat dengan menciptakan karya inovatif."

Pada akhirnya, karya-karya yang mampu memenuhi kriteria dan ekspektasi dewan juri dan berhak mendapatkan piagam dan hadiah, ialah:  

Grand Prize

  • “Loop Hole” oleh Isuardi Prabowo Therianto dari Jakarta mendapatkan 1 Unit Cintiq12.

Kategori Profesional

  • Juara I - “The Little Giant Slayer” oleh Henly Sukandra dari Surabaya
  • Juara II - “Knowing That I Don’t Know” oleh Ferlina Gunawan dari Kediri
  • Juara III  - “Pieces of the Past” oleh Melani S. Santoso dari Sragen

Kategori Pelajar

  • Juara I - “Child Soldier” oleh Henry Tanuwiharja (Mahasiswa) dari Jakarta
  • Juara II - “The Paradox of Jakarta” oleh Umar (Mahasiswa) dari Jakarta
  • Juara III - “Si Raja Sampah” oleh Yohann Alexander (Mahasiswa) dari Jakarta

Untuk memberikan penilaian yang optimal kepada semua peserta, proses penjurian dilakukan dalam 2 tahap. Pada tahap pertama Juri menentukan 10 finalis untuk setiap kategorinya, yang kemudian dinilai kembali dalam tahap kedua untuk menentukan para pemenang. Sekalipun proses demikian tentunya memakan waktu yang lebih lama, tetapi para finalis yang merupakan karya unggulan mendapat perhatian yang lebih mendalam dari para juri sehingga tentunya hasil penilaian lebih maksimal.

“Loop Hole karya Isuardi ini tampil beda dari karya-karya yang lainnya, baik dari sisi visual maupun interpretasi tema Paradox, dimana sebagian karya yang masuk agak rancu antara paradox dan ironi. Ketika peserta lain menginterpretasi paradox dalam bentuk contoh, Loop Hole mengeksplorasi bentuk visualisasi dari definisi paradox. Hal ini yang menurut saya sangat berani, karena tidaklah mudah melakukan hal tersebut,” demikian komentar dari Chris Lie.

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berkontribusi. Wacom dan pt. Datascrip berharap kompetisi ini mampu memasyarakatkan teknik desain digital di kalangan desainer grafis Indonesia agar melahirkan insan-insan berbakat yang menjadi pemain utama di industri desain grafis dan ilustrasi baik ditingkat nasional maupun mancanegara.

Berita Terkait : Wacom Datascrip Hadirkan Ajang Adu Kreasi Seni Desain Grafis

AXIS Berangkatkan Peserta Mudik Sahabat AXIS 2011

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - AXIS pada tahun 2011 ini memberangkatkan sebanyak 1500 peserta program Mudik Sahabat AXIS 2011 dari Plaza Aldiron, Pancoran, Jakarta. Para frontliner dan pemilik outlet yang menjadi peserta Mudik Sahabat AXIS 2011 ini diberangkatkan menuju berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera, melalui 6 jalur mudik. Program Mudik Sahabat AXIS ini telah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2009 lalu, dan telah memberangkatkan sebanyak 6500 peserta ke berbagai wilayah (28/8).

Syakieb A. Sungkar selaku Direktur Sales AXIS mengatakan,"Program Mudik Sahabat AXIS 2011 merupakan salah satu bentuk apresiasi AXIS pada para frontliner dan pemilik outlet yang telah membantu pemasaran produk dan layanan AXIS."

Untuk kenyamanan para peserta mudik, AXIS telah menyiapkan 40 bus dengan fasilitas AC, makan dan minum di perjalanan, uang saku, serta paket kebutuhan perjalanan bagi masing‐masing peserta. Bagi frontliner dan pemilik outlet yang belum berkesempatan mengikuti Mudik Sahabat AXIS tahun ini, kami juga telah menyediakan 1000 bingkisan Berkah Blak‐blakan AXIS.

Selain Mudik Sahabat AXIS, bekerja sama dengan Indomart, AXIS juga turut memberangkatkan peserta mudik ke berbagai kota di Pulau Jawa. Pelepasan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, perwakilan manajemen Indomaret, AXIS dan para sponsor lain dilakukan di Jalur Sepatu Roda Senayan pada 26 Agustus lalu. AXIS juga menyediakan layanan Posko Mudik AXIS yang bekerja sama dengan AstraWorld, Pertamina Enduro, dan Yamaha, serta peta jalur mudik bagi para pelanggan yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik Lebaran dan membutuhkan tempat untuk beristirahat dalam menempuh perjalanan jauh.

FOX International Channels Perkuat Layanan First Media HD

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Gaya hidup digital yang semakin tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari mendorong penyedia layanan dan perangkat teknologi informasi terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan masyarakat modern tersebut. Untuk memuaskan gaya hidup digital tersebut, masyarakat modern kini meningkatkan keinginannya dalam memenuhi kebutuhan hiburan menonton tayangan televisi berdefinisi tinggi (high definition - HD) langsung di rumah. Namun sayangnya, masyarakat masih menghadapi keterbatasan penyedia layanan konten perangkat digital yang berkualitas tersebut.

Maka atas dasar kebutuhan tersebut, First Media sebagai penyedia layanan televisi kabel HD pertama di Indonesia, baru-baru ini memperbaharui perjanjiannya dengan Fox International untuk menayangkan siaran televisi HD kepada pelanggan setianya.

"Penambahan kanal baru HD kami hadirkan sebagai bentuk dimana semakin tingginya permintaan terhadap siaran berbayar di Tanah Air, khususnya siaran HD. Melalui kolaborasi handal dengan Fox International Channels, pelanggan HomeCable kami akan mendapatkan pengalaman menonton TV yang lebih baik dengan lebih banyak pilihan dan saluran berkualitas," jelas Dicky Moechtar, Sales Director First Media.

Dicky juga menambahkan bahwa pengembangan layanan HD ini sejalan dengan target First Media untuk mencapai jumlah pelanggan sebanyak 1 juta home pass di tahun 2015 mendatang. "Kami optimis dapat mencapai target itu dengan meningkatkan pelayanan secara konsisten pada perluasan jaringan kabel untuk pelanggan."

Siaran FOX International HD di First Media

Setelah memperkenalkan line-up saluran HD sejak awal tahun ini, seperti HBO HD, HBO Hits HD, ESPN HD, Fashion TV HD, ASN HD, dan LiTV HD, kini memiliki beragam channel HD dari Fox International Channels, yaitu Star World HD, National Geographic Channel HD, National Geographic Wild HD, FOX HD. Rencananya akan menyusul kemudian dalam waktu dekat beberapa Fox International Channels lainnya; Star Movies HD serta FOX Crime HD.

"Ini merupakan saat yang sangat bersejarah bagi Fox International Channels di Indonesia. Pasalnya, dengan kantor baru kami di Indonesia, First Media mampu menghantarkan saluran HD kepada pelanggan setia kami. Untuk itu, kami akan terus bekerja erat dengan tim First Media dalam sebuah hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan," jelas Cam Walker, Territory Head Fox International Channels Indonesia.

Selain menambahkan tayangan HD dari Fox International Channels, First Media pun mulai Agustus ini juga menambahkan beberapa channel baru melengkapi keberadaan dan keragaman channel di Home Cable, diantaranya ada Fox Family Movies, Star Gold dan Xing Kong.

Dua Generasi Terbaru Xperia Seri Mini

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mendulang kesuksesan seri terdahulunya, Sony Ericsson akhirnya mengumumkan bahwa Xperia Mini dan Xperia Mini Pro sudah siap di pasar Indonesia di bulan Agustus ini. Dilengkapi dengan sistem operasi Android Gingerbread 2.3, kedua ponsel yang berdesain mungil tersebut hadir dengan fungsi yang maksimal. Seperti apa kelengkapan yang dihadirkan oleh Sony Ericsson di kedua series ini, mari kita simak sedikit ulasan tentang mereka.

Diperkuat oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 1 GHz, Xperia Mini dan Xperia Mini Pro mampu menjalankan teknologi layar ternanyar dari Sony, yakni Reality Display dengan Mobile BRAVIA Engine dan perekam video HD (720p). Selain itu, kedua rangkaian ini juga menawarkan pengalaman hiburan multimedia secara penuh dalam memberikan akses ke lebih dari 150.000 aplikasi di Android Market.

Pengalaman Media Sosial Unik

Tersedia dalam dua ragam type body yang berbeda, full touch screen untuk Xperia Mini dan tambahan QWERTY keyboard untuk Xperia Mini Pro, Sony Ericsson pun meningkatkan tambahan teknologi integrasi media sosial yang uni di kedua ponsel ini.

Pasalnya, di dalam desain tampilan muka (user interface) yang berbeda dikebanyakan ponsel Android di pasaran, Xperia Mini teranyar ini terdapat layanan Facebook inside Xperia yang mengintegrasikan koneksi sosial diseluruh aspek dalam ponsel, mulai dari galery foto yang secara online terhubung dari Facebook ke ponsel.

Di dalam aplikasi Facebook inside Xperia, kedua ponsel ini tidak hanya mampu secara otomatis melihat galery foto Facebook saja, tetapi memungkinkan pengguna untuk dapat 'like', berbagi dan berkomentar langsung dari galery foto di dalam ponsel. Selain itu, Sony Ericsson juga menyempurnakan kegunaan media Facebook dalam berbagi pemutar musik, buku telepon dan kalender pengguna kepada kerabat terdekat yang sama-sama menggunakan Facebook.

Tampilan Kamera Depan Xperia Mini Pro

Selain penambahan QWERTY keyboard di bodi Xperia Mini Pro, Sony Ericsson juga menambahkan satu keunggulan lainnya, yakni tambahan kamera depan berkualitas VGA yang dapat digunakan untuk menangkap dan merekam moment penting yang berharga bagi Anda.

Harga

Untuk ketersediaannya, Sony Ericsson mulai membanderol Xperia seri Mini terbaru mereka dengan harga mulai dari Rp.2.299.000,- dan Anda dapat menikmati layanan media sosial tidak terbatas langsung di dalam ponsel mungil ini.

Cisco Mensponsori IDC untuk Menciptakan Sebuah Kota Pintar yang Handal Teknologi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Terdapat konsensus yang berkembang bahwa teknologi informasi dan komunikasi (ICT) akan memainkan peranan penting dalam menciptakan kota masa depan yang berkisinambungan. Bagaimana pun juga, untuk memanfaatkan ICT secara efektif, diperlukan platform penghantaran layanan berbasis fleksibilitas dan berskalabilitas yang mampu mendukung para administrator kota untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Karena itulah, pentingnya sebuah platform penghantaran layanan untuk membangun Smart+Connected Community Cisco mensponsori IDC untuk menciptakan sebuah dalam whitepaper yang berjudul, "Delivering Next-Generation Citizen Services" (Juni 2011, GMS Doc AP14958U). Isi dari whitepaper itu sendiri adalah bagaimana smart city abad ke-21 harus benar-benar dapat berkelanjutan, dilihat dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah yang menyadari betapa pentingnya berinvestasi pada teknologi kolaboratif.

"Sebagaimana pemerintah lokal mulai beralih dari mempertanyakan 'kenapa' dan 'jika' menuju 'kapan' dan 'bagaimana' dalam hal program yang berkesinambungan untuk mendorong agenda seputar pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja dalam cara yang berkesinambungan secara lingkungan, mereka juga meliat bahwa teknologi memiliki peran proaktif untuk mendorong perubahan layanan masyarakat generasi berikutnya," ujar Philip Carter, Associate Vice President IDC Asia Pasific, saat dijumpai lewat layanan Telepresence yang dimiliki oleh Cisco (16/8).

Bagaimana Mewujudkan Smart City

Dalam membangun kota masa depan, ICT akan memiliki peraan yang penting dalam konteks urban isasi yang berkesinambungan dan juga dalam konteks yang lebih luas dan pertumbuhan ekonomi dan berkelangsungan lingkungan. Adopsi hardware, software, dan layanan dalam konteks ini membuka jalan atas terciptanya ekosistem ICT baru, yang dirujuk oleh IDC sebagai "Intelligent X".

IDC percaya bahwa dalam implementasi yang paling potensial, penyedia layanan telekomunikasi lokal dapat memainkan peranan penting dalam menyediakan bandidth dan operasional yang diperlukan untuk menjalankan layanan ekosistem Intelligent X yang mulus, handal dan aman.

Tetapi, yang menjadi tantangan utama bagi para operator telekomunikasi tersebut adalah bagaimana mengintegrasikan sistem pengelolaan jaringan dan OSS/BSS yang diperlukan oleh komunitas intellegent X kedepannya. Jawabanya pun hanya satu, yakni diperlukannya arsitektur connected city yang mampu mengatasi ledakan pertumbuhan perangkat mobile dan embedded device yang bermunculan di pasar dalam fase yang sangat cepat.

Maka dari itulah IDC mengungkapkan bahwa router, switch, storage dan otentifikasi, caching dan firewall server sangat dibutuhkan data center dalam jumlah besar untuk mengelola informasi dalam jumlah besar yang akan bersikulasi melalui ekosistem "Intelligent X" tersebut.

Data center tersebut harus mampu menghantarkan aplikasi video dan web 2.0 terkini, dengan memiliki kecepatan dan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan operasional para service provider tersebut dalam memanfaatkan kemajuan-kemajuan yang dihasilkan ICT pada data center sekarang ini. Hal tersebut termasuk komponen infrastruktur seperti platform server berstandar industri, penggunaan virtualisasi dan praktik terbaik dalam desain data center.

Dua Kota yang Telah Mewujudkan Teknologi Smart City

Dua kota yang telah menggabungkan elemen-elemen ini adalah Songdo di Incheon, Korea Selatan dan Toroto di Ontario, Kanada. Songdo secara khusus merupakan contoh yang sangat baik dimana pemerintah lokal dan perusahaan swasta berkolaborasi untuk mencapai visi akan kota yang bertanggung jawab secara lingkungan dan secara sosial untuk memenuhi kebutuhan warga dan bisnis.

Cisco dan tim yang terdiri dari perusahaan yang membantu di Songdo, mengumumkan adanya perusahaan managed service baru yang akan menghantarkan layanan Smart+Connected Community melalui platform penghantaran layanan yang terintegrasi.

Di Toronto, Waterfront Corporation, dibangun oleh tiga tingkat pemerintahan yang berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan swasta untuk meregenerasi area-area tertinggal di sekeliling pelabuhan. Waterfront Toroto mempertimbangkan untuk memnafaatkan ICT dan konektifitas yang tersedia untuk menciptakan klaster-klaster inovasi yang akan mengarah pada pengembangan komunitas yang diamis dan lingkungan masyarakat berkelanjutan dengan koneksi yang kuat.

"Sebagaimana kota-kota tumbuh dengan cepat, sekarang ini tantangannya adalah bagaimana membuatnya lebih cerdas dan lebih baik. Merencanakan, mengimplementasikan dan mengelola ICT di segala penjuru kota merupakan hal yang harus dilakukan untuk membangun smart city di dunia yang maju secara tekologi. platform penghantaran layanan akan memiliki peran strategis dalam mengimplementasikan layanan cerdas yang akan memimungkinkan warga kota masa depan untuk hidup di dalam komunitas yang lebih hijau, lebih cerdas, lebih aman dan berkesinambungan," jelas Anil Menon, President Globalization and Smart+Connected Communities, Cisco.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar