Rabu, 30 Mei 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Aryandi Putra, Pemenang Rejeki Smartfren Rumah 1 Milyar

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bagaimana rasanya saat Anda kehilangan rumah dan tiba-tiba bagai mendapatkan durian runtuh mendapatkan rumah mewah seharga 1 Milyar Rupiah? Kaget bukan kepayang pastinya. Hal inilah yang dirasakan oleh Aryandi Putra, pemenang Rejeki Smartfren edisi pertama yang menghadiahkan sebuah rumah seharga 1 Milyar Rupiah.

"Awalnya saya tidak percaya, kalau saya yang sempat kehilangan rumah ini mendapatkan hadiah Rejeki Smartfren dengan total hadiah sebuah rumah seharga 1 Milyar Rupiah. Tetapi setelah saya diberitahu secara resmi oleh pihak Smartfren, barulah saya merespon dan tidak disangka-sangka rumah seharga 1 Milyar beserta isinya kini telah menjadi milik saya," ungkap Aryandi Putra yang bekerja sebagai karyawan IT ini antusias.

Selain meberikan hadiah utama sebuah rumah mewah sebesar 1 Milyar Rupiah, Rejeki Smartfren edisi pertama ini juga menghadiahkan mobil Daihatsu Xenia, motor Honda Scoopy, iPad, BlackBerry Smartfren, uang tunai, HP Smartfren dan hadiah e-load voucer Smartfren.

Tahun ini, Smartfren juga kembali membagi-bagikan hadiah lewat Rejeki Smartfren 2. Dengan total hadiah sebesar 5.5 Milyar, pelanggan Smartfren dapat mengikuti program ini hanya dengan melakukan isi ulang atau membayar tagihan minimum pemakaian sebesar Rp 5000, sekaligus berkesempatan memenangkan hadiah bulanan berupa @3000 pulsa sebesar 50.000 dan @2000 pulsa 100.000, @250 ponsel Smartfren, @10 BlackBerry Smartfren, @5 TV Led Samsung, @4 iPad 16G WiFi, dan @2 motor Yamaha Mio.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang program ini, pelanggan dapat mengakses situs rejeki.smartfren.com, atau menghubungi layanan pelanggan Smartfren di 888 dari ponsel, serta melalui SMS dengan perintah INFO dan kirim ke 189 dengan tarif Rp 1.

Nokia Life Sukseskan Program Pencerah Nusantara

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - KUKPRI MDGs menggandeng Nokia Indonesia untuk menghadirkan Nokia Life MDG's. Program ini dibuat untuk mendukung pelaksanaan program Pencerah Nusantara. Kemitraan strategis ini merupakan terobosan kreatif yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan primer untuk masyarakat Indonesia, termasuk di daerah pelosok.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama oleh Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K) dengan Martin Chirotarrab selaku President Director mewakili Nokia Indonesia.

Kerjasama strategis ini dilatarbelakangi oleh kesamaan visi, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, terutama dalam hal akses informasi kesehatan. Hal ini sejalan dengan misi MDG’s dalam mencapai tujuan pembangunan millennium Indonesia, yang tinggal tersisa tiga tahun lagi hingga tahun 2015.

“Tim Pencerah Nusantara terdiri dari sekelompok tim medis yaitu dokter umum, dokter gigi, bidan dan perawat serta akan merekrut relawan kesehatan dari masyarakat setempat yang akan mengabdi selama satu tahun untuk memperbaiki layanan kesehatan primer masyarakat di tanah air. Mereka adalah putra-putri terbaik bangsa yang diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia,” demikian disampaikan Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K).

Kesehatan merupakan kebutuhan primer seseorang untuk melangsungkan kehidupannya dengan baik, dan menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Dalam kerja sama ini, Nokia Indonesia akan memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan akses informasi seputar kesehatan yang mudah digunakan, lengkap dan akurat untuk dapat memberdayakan masyarakat di lokasi penugasan tim Pencerah Nusantara.

Martin Chirotarrab, Presiden Direktur Nokia Indonesia menuturkan “Sesuai dengan komitmen Nokia Indonesia untuk menghadirkan produk dan layanan yang terbaik bagi penggunanya, kami merasa bangga dapat memberikan dukungan nyata melalui solusi Nokia Life bagi program Pencerah Nusantara”.

Dalam era globalisasi dengan kemajuan teknologi komunikasi, teknologi yang disediakan Nokia melalui layanan Nokia Life dan perangkat ponsel Nokia memberikan akses informasi yang mudah, lengkap, dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal masyarakat Indonesia. Konten informasi kesehatan Nokia Life MDG’s dikirimkan secara real time kepada para penggunanya.

Untuk mendukung tim “Pencerah Nusantara” Nokia Indonesia bekerjasama dengan MDG’s menghadirkan layanan “Nokia Life MDG’s” yang dirancang khusus untuk mensukseskan kegiatan tim “Pencerah Nusantara”. Konten informasi Nokia Life MDG’s sangat akurat dan terpercaya karena informasi kesehatan yang diberikan berasal dari para pakar kesehatan mitra KUKPRI MDGs antara lain IDAI, POGI dan IDI.

“Layanan Nokia Life dan perangkat ponsel Nokia dipergunakan untuk menyalurkan informasi kesehatan kepada masyarakat di daerah-daerah penempatan tim Pencerah Nusantara yang diperkirakan dapat menyentuh setidaknya 18,900 rumah tangga. Kami sangat menyambut hangat komitmen Nokia untuk ikut melakukan perubahan melalui teknologi dan layanan Nokia Life yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” tambah Moeloek.

10 Pemenang USAID-Microsoft IMULAI 4.0

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - United States Agency for International Development (USAID) dan Microsoft Indonesia mengumumkan 10 pemenang IMULAI 4.0. Kompetisi nasional yang diadakan sejak tahun 2007 ini dihadirkan guna memacu inovasi bisnis berbasis TIK dan memberikan pengusaha di seluruh dunia sebuah sarana alat agar berhasil dalam bisnis.

"Tahun ini kembali kami mengadakan kompetisi IMULAI. Karena kami tahu, Indonesia memiliki banyak orang-orang kreatif di dalamnya. Sehingga kami sangat mendukung perkembangan masyarakat kreatif ini melalui kompetisi IMULAI yang telah memasuki tahun ke-4. Besar harapan kami, dengan diadakannya kompetisi ini maka Indonesia dapat menghasilkan startup yang berkembang hingga kancah global," ungkap Scot Marciel selaku Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Lebih dari 283 start-up di Indonesia yang berpartisipasi dalam IMULAI 4.0. Para peserta yang mengikuti IMULAI 4.0 ini berasal dari 55 kota di Indonesia dan diantaranya terdapat 41 proposal yang berasal dari luar pulau jawa. Selain itu, terdapat pula lebih dari 580 pengembang perangkat lunak dan wirausahawan berpartisipasi dalam roadshow seminar di empat kota; Makasar, Samarinda, Palembang, dan Surabaya.

Setelah memakan waktu seleksi mulai dari 12 Maret hingga 7 Mei 2012, akhirnya terpilihlah sepuluh pemenang USAID-Microsoft IMULAI 4.0. Sepuluh pemenang yang terpilih masing-masing menerima paket start-up perangkat lunak profesional senilai US$ 300.000 sebagai bagaian dari program BizSpark Microsoft untuk start up IT. Hardware yang bernilai tidak sedikit ini USAID dan Microsoft hadirkan kepada pemenang untuk mendukung bisnis dan inovasi mereka. Sepuluh pemenang tersebut di antaranya:

  • Aplikasi GT perijinan - PT Gamatechno Indonesia
  • Digital book distribution platform - PT Techbator
  • Fokado - PT. Aksi Visitama
  • Ngajar.com - CV. Javan IT Services
  • Savemillions - PT Konsep Dot Net
  • Tripterus.com - PT Jalan Terus Indonesia
  • Tryoutmandiri - Fatkul Amri
  • Tutor.co.id - PT DheZign Online Solution
  • U-antri - M. Ali Fauzi
  • Yipiyu Real reward network platform - Aris Suryadi

Rejeki Smartfren 2 dengan Total Hadiah 5.5 Milyar

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Smartfren kembali mengumumkan komitmennya untuk terus memberikan apresiasi bagi semua pelanggannya melalui program Rejeki Smartfren 2. Pelanggan Smartfren pra dan pascabayar dapat mengikuti program apresiasi berhadiah miliaran rupiah ini hanya dengan minimal melakukan isi ulang dan membayar tagihan minimum sebesar Rp5000,00. Periode berlangsungnya Rejeki Smartfren 2 dimulai 3 Mei hingga 31 Desember 2012.

"Pelanggan merupakan aset terpenting bagi kami. Program Rejeki Smartfren ini merupakan wujud apresiasi terhadap kesetiaan pelanggan yang telah menggunakan produk Smartfren. Karenanya melalui program yang diadakan kembali untuk tahun ini, kami berharap bukan saja memberikan kesempatan kepada semua pelanggan untuk memenangkan hadiahnya, tetapi lebih dari itu menghantarkan manfaat dan nilai tambah yang bisa dirasakan dan dioptimalkan oleh semua pelanggan," ujar Syachrizal Wargakusuma, Head of Interactive Appreciation Smartfren.

Seluruh pelanggan Smartfren kini dapat mengikuti program ini hanya dengan melakukan isi ulang atau membayar tagihan minimum sebesar Rp 5000, sekaligus berkesempatan memenangkan hadiah bulanan berupa @3000 pulsa sebesar 50.000 dan @2000 pulsa 100.000, @250 ponsel Smartfren, @10 BlackBerry Smartfren, @5 TV Led Samsung, @4 iPad 16G WiFi, dan @2 motor Yamaha Mio.

Selain itu, pelanggan pun berkesempatan memenangkan hadiah grand prize yang akan diundi sebanyak 2 kali pada bulan ke-4 dan ke-8, untuk mendapatkan 4 unit Daihatsu Xenia. Dan, sebagai hadiah super grandprize dari Rejeki Smartfren tahun ini, pada akhir periode, pelanggan berkesempatan memenangkan 4 logam mulia seberat masing-masing 1/2 Kg (500 Gr).

Syachrizal menambahkan, "Terima kasih pada semua pelanggan setia Smartfren untuk dukungan dan kesetiaannya menggunakan produk-produk Smartfren. Di Smartfren, kami berkomitmen untuk terus memberikan apresiasi dan penghargaan dengan menyediakan lebih banyak lagi penawaran-penawaran terbaik dan inovasi dalam layanan-layanan yang memberikan nilai tambah."

Untuk keterangan lebih lanjut tentang program ini, pelanggan dapat mengakses situs rejeki.smartfren.com, atau menghubungi layanan pelanggan Smartfren di 888 dari ponsel, serta melalui SMS dengan perintah INFO dan kirim ke 189 dengan tarif Rp 1.

Cisco Bantu UKM Maksimalkan Teknologi Cloud

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Cisco mengadakan ajang Advantage Now! Road Show di Indonesia pada bulan April dan Mei 2012. Ajang yang dilangsungkan dua kali setiap tahunnya ini fokus pada peningkatan kemampuan partner Cisco untuk membantu pelanggan usaha kecil dan menengah memaksimalkan teknologi mobilitas dan cloud.

Pada event kali ini, Cisco mengetengahkan penawaran Wireless Access Points, Routers, Switches, dan Unified Communications. Solusi baru ini akan membantu pelanggan untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan dengan memberikan kemampuan bagi usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan smartphone, komputer tablet serta aplikasi dan layanan cloud sepenuhnya.

Cisco Advantage Now! Road Show telah dijalankan di kawasan Asia Pasifik, Jepang serta China dan sekitarnya selama empat tahun terakhir. Ajang ini diperuntukkan bagi partner yang memiliki sertifikasi Cisco atau tidak, baik yang berlokasi di kota utama maupun kota lapis kedua. Setiap road show berisikan sesi presentasi dan platihan mengenai inisiatif terkini, produk, program, tinjauan dan promosi dari Cisco, agar para partner dapat kemudian melayani pelanggan usaha kecil dan menengah mereka dengan lebih baik.

Portofolio produk usaha kecil dan menengah, Cisco mengembangkan produk khusus yang dirancang untuk memenuhi permintaan akan lingkungan kerja on-the-go yang memanfaatkan perangkat mobile dan layanan cloud. Dengan menyediakan konektifitas yang cepat dan aman bagi perangkat mobile di lingkungan kerja yang semakin luas, produk dan solusi Cisco menghadirkan jaringan yang untuk mempercepat akses ke informasi dan orang-orang. Sebagai manfaatnya, usaha kecil dan menengah dapat lebih cepat melakukan respon kepada pelanggannya serta membuat kecepatan secara lebih menyakinkan.

“Usaha kecil dan menengah merupakan bagian penting dari bisnis kami dan komunitas partner kami adalah cara untuk menjangkau segmen pelanggan ini. Advantage Now road show yang diselenggarakan dua kali dalam setahun merupakan ajang yang penting untuk membuat partner kami tetap up to date dengan teknologi kami. Selain itu, kami juga membantu partner kami untuk meningkatkan bisnis serta profitabilitas,” kata Stuart Hendry, Managing Director Cisco Indonesia.

Produsen Printer Digital Berukuran Besar Mimaki Hadir di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Mimaki Engineering Co.,LTD meresmikan kantor perwakilannya dengan nama PT. Mimaki Indonesia di kawasan Sunter, Jakarta (28/5). Mimaki menghadirkan jajaran produk Large Format Printer terkini untuk berbagai pasar seperti Sign Graphic, Industrial Product, Textile, dan Apparel.



Hadir pada acara ini adalah Yasuhiro Yamada (Kiri) selaku Director of Asia Pasific Business Unit MIMAKI Engineering Co.,LTD dan Junichi Yoroisaka (Kanan) selaku Presiden Director PT Mimaki Indonesia.

PT. Mimaki Indonesia hadir di Indonesia diatas lahan dengan luas lebih dari 1500 meter persegi yang terdiri dari sales office, showroom dan technical support. "Kehadiran Mimaki di Indonesia bertujuan untuk lebih meningkatkan penjualan dan layanan purna jual kepada para konsumen di tanah air. Selain itu kami juga optimis karena menghadirkan 3 unggulan utama pada produk printer berukuran besar yang kami miliki seperti high quality, high speed serta high stability", ujar Junichi.

Mimaki merupakan produk printer berukuran besar yang telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2001 dan telah menguasai pasar sebesar 40 persen pangsa printer resolusi tinggi yang digunakan untuk mencetak spanduk hingga papan billboard di berbagai kawasan di Indonesia.

Kehadiran Mimaki di Indonesia didukung oleh kantor Research and Development di Jerman, selain tentunya kantor cabang yang terdapat di Eropa dan Asia. Produk printer berukuran besar asal Jepang ini memberikan dukungan penuh akan kehadiran di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia yang mengambil lokasi di Jalan Sunter Barat, Jakarta Utara.

Junichi berharap kehadiran Mimaki di Indonesia mampu memberikan kontribusi paling tidak 10 persen dari total pendapatan induk usahanya di Jepang. Saat ini total pendapatan Mimaki 70 persen berasal dari luar Jepang. Mimaki telah menjual hampir 500 unit sejak tahun 2001 di Indonesia, dan diharapkan penjualan dapat mencapai 400-500 unit pertahun pada saat ini. Junichi juga menambahkan,"Kami tidak menutup kemungkinan akan membuka pabrik dan Point of Service di Indonesia jika penjualan printer Mimaki di respon sangat baik oleh pasar Indonesia, karena selama ini produk yang dijual diimpor dari pabrik Mimaki di Jepang dan China."



Mimaki menghadirkan beragam pilihan printer digital berukuran besar yang terbagi dalam beberapa macam, seperti:

  • Sign Graphic Market: SWJ 320 S2/S4series, JV 400 New Series, JV 33Series, CJV 30Series dan Cutting Plotter CG Series.
  • Tekstil Apparel Market: TS 34-1800A, TS3-1600, TS5-1600AMF, TPC-1000 dan APC-130.
  • Industrial Product Market: UJF-3042FX, UJF-3042HG, dan CF2 Series.

Di akhir acara, dilakukan demo megenai berbagai produk printer Mimaki yang mampu mencetak pada berbagai macam ukuran dan media indoor ataupun outdoor, baik untuk banner berbahan vinyl hingga kain, stiker untuk penggunaan pada body mobil atau motor, cutting plotter, serta berbagai merchandise. CHIP Online juga melihat secara langsung demo pada beberapa media tersebut, hingga tersedianya ukuran tinta berkapasitas besar yang tentunya akan memudahkan saat melakukan pencetakan pada media berukuran besar.



Untuk lebih mendekatkan diri dengan para konsumen, PT. Mimaki Indonesia juga mengadakan roadshow ke beberapa kota besar seperti Medan, Palembang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Samarinda, Makassar, dan Manado. Roadshow yang akan berjalan selama 3 hari, akan menghadirkan seluruh jajaran mesin-mesin terbaru Mimaki.



Saat ini, Mimaki Indonesia sudah bekerjasama dengan beberapa dealer besar di Indonesia seperti PT. Digital Prima Imagaging (Printmate) dan PT. Digital Visual Technology. Konsumen yang sudah menggunakan produk Mimaki terdiri dari industri tekstil, digital printing, copy centre, sign graphic maker dan foto studio. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs http://mimaki.co.id

Rayakan Ulang Tahun ke-17, Telkomsel Berikan Hadiah untuk Pelanggan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Merayakan ulang tahun yang ke-17, Telkomsel memberikan penghargaan spesial kepada 17 pelanggan yang beruntun, atas kontribusi dan kesetiaannya menggunakan produk serta layanan Telkomsel.

Telkomsel juga memberikan beragam bonus dan hadiah untuk pelanggan. Mulai dari bonus data sebesar 15 Mb kepada 1,7 juta pelanggan selama periode 26 sampai dengan 29 Mei 2012 hingga berbagai hadiah spektakuler. 5 Mini Cooper, 17 Piaggio Zip, 17 Vespa LX150ie, 170 Samsung Galaxy Note, 170 BlackBerry Curve 9220 serta 170 Nokia Lumia 610 merupakan hadiah spesial kepada pengguna setia Telkomsel. Cara mendapatkannya mudah. Pelanggan akan mendapatkan poin bonus untuk ditukarkan dengan program undian 17th Anniversary 2012. 

Batas waktu penukaran poin bonus tersebut adalah 30 November 2012. Pengundian akan dilakukan dalam tiga periode: Agustus, September dan Desember 2012. Selama program Telkomsel 17th Anniversary, pelanggan bisa memperoleh dua jenis poin, yaitu poin reguler dan poin bonus. Poin bonus hanya dapat digunakan selama program ulang tahun berlangsung dengan masa aktif hingga tanggal 30 November 2012.

Selain itu, Telkomsel juga menggelar paket data 17 ribu yang memberikan beragam manfaat lebih bagi pelanggan. Hanya dengan 17 ribu Rupiah, pelanggan dapat menggunakan akses data dengan kuota 170 MB dan memiliki masa aktif 7 hari. Untuk mendapatkan layanan ini, pelanggan cukup melakukan registrasi melalui UMB Direct dengan menekan *363*17# dan mengirimkan SMS dengan format FLASH ON 17000 atau FLASH 17 kirim ke 3636. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas tentang penawaran ini, kunjungi www.telkomsel.com/17years.

“Di ulang tahunnya yang ke-17, Telkomsel mengusung tema Muda, Beda, Paling Indonesia. 17 tahun adalah usia remaja, penuh semangat, dinamis dan siap meraih kesuksesan. Visi kami adalah merancang layanan dan produk yang mudah diaplikasikan, berkarakter muda, fun dan kreatif. Menyambut ulang tahun Telkomsel ke-17, kami memberikan hadiah menarik yang sesuai dengan gaya hidup ceria pelanggan,” ungkap Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division Telkomsel.

Telkomsel Rayakan Ulang Tahun ke-17

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mengangkat tema "Muda, Beda, dan Paling Indonesia," Telkomsel menyambut hari jadinya yang ke-17 di tahun 2012 ini. Sejak hadir di tahun 1995, Telkomsel berinovasi dan mengabdi tanpa batas, menyatukan beragam kebutuhan telekomunikasi untuk masyarakat Indonesia.

“Telkomsel bangga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama 17 tahun. Ucapan terima kasih yang tertinggi kami sampaikan kepada 110 juta pelanggan yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk menjadikan kami bagian dari kehidupan dan produktivitas mereka," ungkap Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkomsel.

Memasuki usia yang ke-17, Telkomsel juga sudah mengambil ancang-ancang untuk menjadi platform provider yang mampu menjawab tren mobile broadband yang terus tumbuh di era konvergensi telekomunikasi yang berbasis data. Hal ini dibuktikan dengan upaya transformasi yang dilakukan Telkomsel untuk terus merancang layanan dan produk yang mudah diaplikasikan, berkarakter MUDA, BEDA, PALING INDONESIA serta memberikan keleluasaan bagi pengguna layanan telekomunikasi sesuai dengan gaya hidup mereka.

“Di ulang tahunnya yang ke-17, Telkomsel mengusung tema Muda, Beda, Paling Indonesia. 17 tahun adalah usia remaja, penuh semangat, dinamis dan siap meraih kesuksesan. Visi kami adalah merancang layanan dan produk yang mudah diaplikasikan, berkarakter muda, fun dan kreatif, untuk memberikan keleluasaan bagi para pengguna layanan telekomunikasi sesuai dengan gaya hidup mereka,” tambah Alex.

IBM Pertajam Fokus Bisnis ke Bandung

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – IBM mengumumkan untuk mempertajam fokus bisnisnya ke Bandung dan Jawa Barat. Hal ini sejalan dengan strategi perluasan geografisnya yang berkesinambungan di kawasan ini. IBM memperluas bisnis mereka di Bandung untuk menjangkau pelanggan segmen bisnis kelas menengah yang berlokasi di luar kota metropolitan.

“Jawa Barat, dimana kota Bandung berada, adalah target pasar yang penting bagi IBM. Kami melihat perusahaan-perusahaan di kawasan ini menghadapi berbagai tantangan bisnis yang semakin berat. Solusi dan pengalaman IBM dapat membantu membangun kota Bandung yang lebih pintar, mewujudkan solusi-solusi pintar, penghematan, agenda inovasi canggih, dan pertumbuhan,” jelas Suryo Suwignjo, Presiden Direktur IBM Indonesia di IBM Smart Solutions Exhibition yang diselanggarakan IBM untuk para pelanggan UKM di Bandung.

Bandung adalah bagian dari Propinsi Jawa Barat yang telah berkembang menjadi salah satu hub manufaktur penting di Indonesia. Kawasan ini menyumbangkan kurang lebih 25% ke output non-migas Indonesia. Hampir 60% dari industri pemanufakturan Indonesia berlokasi di Propinsi Jawa Barat. Industri tekstil dan garmen, elektronik, pemrosesan bahan makanan, farmasi dan aeronotika adalah sub-sektor utama dalam industri pemanufakturan.

Untuk itu, selama satu tahun terakhir, IBM telah meningkatkan jangkauannya ke industri-industri utama di Bandung, menyediakan solusi-solusi TI yang inovatif, terintegrasi, pintar namun terjangkau untuk mentransformasikan perusahaan-perusahaan di Bandung dan Jawa Barat dengan meningkatkan daya saing mereka. Jaringan teknisi dan konsultan teknis, reseller dan ISV IBM yang luas serta investasinya yang berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas jaringan mitra-mitra bisnis lokalnya memungkinkan IBM untuk berbagi pengalamannya yang lebih terintegrasi dengan para pelanggan di kawasan ini.

“Perusahaan-perusahaan di luar ibu kota menyadari manfaat teknologi informasi (TI) sebagai cara untuk meningkatkan daya saing dan sebagai pemberdaya yang Lebih Pintar. Strategi kami berfokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan-pelanggan kami yang berada di luar kota-kota besar. Pengalaman IBM beroperasi di Indonesia selama 75 tahun merupakan keunggulan kami dalam berinovasi di Bandung maupun di seluruh Nusantara,” Suryo menambahkan.

Anak Umur 15 Tahun Temukan Alat Pendeteksi Kanker Pankreas

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Jack Andraka, 15 tahun, dari Crownsville, Amerika Serikat dianugerahi tempat pertama atas prestasinya di ajang Intel International Science and Engineering Fair tahun ini. jack menemukan metode baru yang dapat mendeteksi kanker pankreas. Acara Intel International Science and Engineering Fair tersebut merupakan bagian dari program Society for Science & the Public. 

Dengan menggunakan medium berbasis kertas tes diabetes, Jack berhasil menciptakan sensor celup sederhana untuk menguji darah atau urin untuk menentukan apakah pasien mengidap kanker pankreas stadium awal. Hasil kajian itu memiliki akurasi lebih dari 90% dan menunjukkan bahwa sensor ciptaannya yang akan segera dipatenkan ini 28 kali lebih cepat, 28 kali lebih murah dan lebih dari 100 kali lebih sensitif dibandingkan perangkat tes yang telah ada saat ini. 

Melalui pencapaiannya itu, Jack berhak menerima penghargaan Gordon E. Moore, sebuah penghargaaan senilai US$ 75.000 yang diberikan untuk menghormati salah satu pendiri dan mantan CEO serta komisaris Intel.

Sedangkan, Muhammad Luthfi Nurfakhri dari SMA Negeri 1 Bogor memenangkan peringkat ketiga dalam ketegori teknik (elektris dan mekanik) dan mendapatkan hadiah sebesar US$1.000,00 untuk proyeknya yang berjudul ‘Digital Leaf Color Chart’. Ari meneliti teleportasi kuantum. Ia menemukan bahwa setelah atom dihubungkan melalui proses yang disebut "penggabungan,” informasi dari satu atom akan muncul pada atom lain saat kondisi kuantum dari atom pertama dihancurkan. 

Dengan menggunakan metode ini, organisasi yang memerlukan tingkat keamanan data yang tinggi, seperti Dewan Keamanan Nasional, dapat mengirim pesan terenkripsi tanpa  risiko mengalami ‘kebocoran’ karena informasi tidak akan melakukan perjalanan ke lokasi baru, melainkan hanya akan langsung muncul di sana.

Dua orang mahasiswa lainnya yang ikut kontes ini, Nicholas Schiefer, 17 tahun, dari Pickering, Ontario, Kanada dan Ari Dyckovsky, 18, dari Leesburg, Virginia, Amerika Serikat, masing-masing menerima penghargaan Young Scientist sebesar US$ 50.000 dari Intel Foundation. Nicholas mempelajari apa yang disebutnya "microsearch" atau kemampuan pencarian pada media informasi yang paling pesat berkembang: informasi kecil/pendek, seperti tweets dan update status Facebook. Melalui penelitiannya, Nicholas berharap dapat meningkatkan kemampuan mesin pencarian, yang pada gilirannya akan meningkatkan akses terhadap informasi.

"Kami mengucapkan selamat kepada Jack, Nicholas, dan Ari atas keberhasilan mereka dalam kegiatan Intel International Science and Engineering Fair kali ini," kata Elizabeth Marincola, Presiden Society for Science & the Public.

Pada tahun 2012, lebih dari 1.500 ilmuwan muda turut bersaing dalam ajang Intel International Science and Engineering Fair. Mereka ini dipilih dari 446 kompetisi serupa di sekitar 70 negara, wilayah dan teritori. Selain para pemenang yang telah disebutkan di atas tadi, ada lebih dari 400 finalis lain yang telah menerima penghargaan dan hadiah untuk terobosan penelitian mereka. Termasuk pemenang 17 penghargaan "Best of Category” yang masing-masing menerima hadiah senilai US$ 5.000. Pihak Intel Foundation juga memberikan hadiah senilai US$ 1.000 kepada sekolah dari masing-masing pemenang serta pada kompetisi serupa yang mereka wakili.

Society for Science & the Public, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk publikasi penelitian ilmiah dan pendidikan, merupakan pemilik dan pengelola International Science and Engineering Fair sejak pendiriannya pada 1950, dengan nama National Science Fair.

"Mereka dan para finalis lain yang hadir di sini telah menunjukkan bagaimana latar belakang pendidikan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika, mampu menciptakan dasar yang baik bagi perkembangan kreativitas dan kepintaran yang pada gilirannya akan membantu memecahkan masalah-masalah penting di masa depan," tambah Marincola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar