Rabu, 04 April 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Duqu Trojan Gunakan Bahasa Pemrograman Tak Dikenal

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Beberapa waktu belakangan, Duqu Trojan semakin populer sebagai malware yang berbahaya pengincar data intelijen. Duqu ditemukan pertama kali pada September 2011. Namun menurut Kaspersky Lab, jejak Duqu sudah terlacak sejak Agustus 2007. Kaspersky Lab menemukan bahwa Duqu Trojan ditulis dalam bahasa pemrogaman yang tidak dikenal. Duqu merupakan Trojan canggih yang diciptakan oleh orang yang sama yang membuat Stuxnet. Malware ini memiliki tujuan sebagai backdoor sebuah sistem dan memfasilitasi pencurian data rahasia.

Kaspersky mencatat korban terbesar berada di Iran. Duqu umumnya mencari informasi mengenai sistem manajemen produksi di berbagai sektor industri, juga informasi mengenai hubungan dagang antara beberapa perusahaan di Iran.

Misteri terbesar Duqu Trojan yang belum terpecahkan adalah bagaimana program ini berkomunikasi dengan server Command and Control (C&C) saat berhasil menginfeksi korban. Modul Duqu yang berperan untuk berinteraksi dengan C&C adalah bagian dari Payload DLL Duqu. Setelah analisis komprehensif atas Payload DLL, peneliti Kaspersky Lab menemukan ada bagian khusus di dalam Payload DLL, yang khusus berkomunikasi dengan C&C, ditulis dalam bahasa pemrograman yang tak dikenal. Peneliti Kaspersky Lab menamakan bagian yang tak dikenal ini sebagai “Duqu Framework”.

Tidak seperti Duqu lainnya, Duqu Framework tidak ditulis dengan C++ dan tidak terkompilasi dengan Visual C++ 2008 milik Microsoft. Kemungkinan pembuatnya menggunakan framework in-house untuk menghasilkan intermediary C code, atau menggunakan bahasa pemrograman yang sama sekali berbeda. Namun, peneliti Kaspersky Lab telah menyatakan bahwa bahasa tersebut adalah object-oriented dan melakukan sejumlah kegiatan yang sesuai dengan aplikasi network.

Bahasa Framework Duqu sangat spesial dan memungkinkan Payload DLL untuk beroperasi secara independen dengan modul Duqu lainnya dan menghubungkannya dengan C&C melalui beberapa jalur seperti Windows HTTP, network sockets dan proxy server. Ia juga memungkinkan Payload DLL memproses permintaan server HTTP langsung dari C&C, secara diam-diam memindahkan duplikat informasi yang dicuri dari perangkat yang terinfeksi ke C&C, bahkan bisa mendistribusikan payload berbahaya lain ke dalam perangkat lain dalam  jaringan, dan menciptakan bentuk terkontrol dan laten yang menyebarkan infeksi ke komputer lain.

“Melihat besarnya Duqu project, mungkin yang membuat framework Duqu adalah tim tersendiri yang berbeda dari grup yang menciptakan driver dan yang menulis sistem infeksi yang dieksploitasi,” ujar Alexander Gostev, Chief Security Expert Kaspersky Lab. “Melihat tingginya tingkat kustomisasi dan ekslusivitas pada bahasa pemrograman yang diciptakan, sangat mungkin program ini diciptakan tidak hanya untuk mencegah pihak luar mengetahui operasi mata-mata cyber ini dan interaksinya dengan C&C, namun juga untuk membedakannya dari kelompok internal Duqu lainnya yang bertanggungjawab menulis bagian lain dari program ini.”

Menurut Alexander Gostev, pembuatan bahasa pemrograman tersendiri menunjukkan betapa tingginya kemampuan para pengembang program dalam mengerjakan proyek ini, dan menunjukkan kemampuan sumber daya keuangan dan SDM yang dimobilisasi untuk memastikan proyek ini berjalan.

Kaspersky Lab mengajak komunitas programer atau siapapun yang mengenali framework, toolkit atau bahasa pemrograman tak dikenal Duqu Trojan untuk menghubungi stopduqu@kaspersky.com.

HP Photosmart ML2000D Minilab Hadir di Jonas Photo

Posted:


Bandung, CHIP.co.id - HP memperkenalkan terobosan inovatif terbaru dalam bisnis penerbitan retail untuk kalangan peritel foto, HP Photosmart ML2000D Minilab. Mesin pintar berwarna biru langit ini menawarkan serangkaian kegiatan seru mengedit dan memeriahkan foto kenangan Anda, lalu dicetak menjadi sebuah album atau kolase foto yang sempurna.

Saat dijumpai di Jonas Photo, banyak sekali muda-mudi Bandung yang asik mengedit dan mencetak foto kenangan mereka dengan cara yang berbeda. Setelah itu mereka bisa mencetaknya menjadi PhotoBook, kolase, kartu ucapan, atau kalendar tahunan. Pengunjung juga dapat dengan mudah mengubah foto-nya sendiri lewat layar sentuh yang interaktif dari HP.

"Trend printing foto saat ini sudah banyak berubah, jika dibandingkan trend saat 5 tahun lalu. Kalau dulu masyarakat masih gemar mencetak foto kenangan dalam format 4R yang konvensional. Tetapi saat ini, karena perkembangan digital telah melebar luas, masyarakat menginginkan sesuatu yang berbeda untuk mencetak foto mereka. Maka dari alasan tersebutlah, HP memperkenalkan teknologi HP Photosmart ML2000D Minilab yang hadir memeriahkan foto kenangan masyarakat menjadi lebih sempurna," ungkap Mulia Dewi Karnadi, Managing Director, Imaging & Printing Group, HP Indonesia.

Solusi Lengkap HP Photosmart ML2000D Minilab Printer


HP Photosmart ML2000D Minilab Printer merupakan sistem Minilab kering tercepat yang tersedia untuk ritel, sehingga mampu menyelesaikan produksi hanya dalam waktu satu jam. Selain itu, produk ini juga merupakan yang pertama di industri dengan kemampuan cetak photobook duplex dengan hasil cetak yang tahan air dan ketahanan terhadap pemudaran warna selama lebih dari 200 tahun.

Solusi cetak HP ML2000D yang serba bisa ini juga menawarkan aneka pilihan cetak dengan 20 ukuran satu sisi dari 3,5 x 5 hingga 12 x 8 dengan pilihan permukaan mengkilap maupun matt dengan kecepatan produksi hingga 1.500 4 x 6 foto per jam, dan mampu menghasilkan 4 foto dua-sisi tanpa-tepi mulai ukuran 6 x 6 hingga 12 x 12.

"Kami optimis bahwa solusi terdepan HP ini mampu membantu para paritel foto Indonesia meraih dan memaksimalkan peluang yang terus berkembang dalam bisnis penerbitan retail," ujar Rohit de Souza, Vice President, Retail Publishing Solutions, HP Printing and Personal System Group.

Mesin cetak revoulusioner HP Photosmart ML2000D Minilab terdapat di peritel foto dan PSP terkemuka di Indonesia, di antaranya; Jonas Photo (Bandung), Diamond Digital (Bali) Cathay Photo (Surabaya), MDC (Malang), Klize (Jogjakarta), dan Cendana (Semarang). HP Photosmart ML2000D Minilab menjadi mesin pertama yang mampu menghadirkan produk baru photo-book dua sisi tanpa tepi (borderless) berkualitas tinggi, dan menyelesaikannya hanya dalam waktu satu jam. Untuk wilayah Jakarta, Mulia mengungkapkan akan segera menghadirkan HP Photosmart ML2000D Minilab dalam waktu dekat.

Mouse Gaming Corsair Vengeance M90

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Corsair mulai gencar mengeluarkan produk peripheral game perusahaan dengan brand Vengeance. Dan kini, Corsair merilis Vengeance M90 yang merupakan penyempurnaan dari gaming mouse pendahulunya, Vengeance M60.

Sensor Corsair Vengeance M90 menggunakan teknologi Avago Technologies Laser Stream. Dengan DPI yang dapat diatur hingga 5700 dpi, waktu responnya juga dapat diatur dari 125 Hz hingga 1000 Hz.

Bagian kiri Vengeance M90 dengan 9 tombol macro ergonomis. Tombol ini dapat diatur penggunaannya, desainnya juga inovatif.

Pada bagian bawah Vengeance M90 terdapat pelat aluminium dengan empat buah bantalan luncur PTFE.

Interface yang dipakai Gaming Mouse ini adalah USB dengan kabel yang dikepang. Terdapat juga dasi Velcro untuk manajemen kabel.

Pilihan Tepat Untuk yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Posted:

Jakarta, chip.co.id. ASUS kembali meramaikan pasar netbook dengan meluncurkan varian terbarunya yaitu ASUS Eee PC 1225C. Hadir dengan desain khas Eee PC, ASUS Eee PC 1225C hadir dalam empat pilihan warna yaitu Rosy black, Angel white, Rouge Red dan Modern Silver. 

Hari ini yang datang ke meja CHIP Test Center memiliki warna Modern Silver, Dapat Anda lihat desainnya sangat elegan dan dinamis. 

Pada sisi kiri terdapat dua buah USB 2.0 slot dan satu slot LAN RJ45. Dilengkapi dengan HDMI slot, ASUS Eee PC 1225C sudah mampu memainkan video dengan resolusi 1080p dengan lancar. Hal ini didukung dengan kemampuan Intel GMA 3650 yang lebih baik dari seri Intel GMA sebelumnya. 

 

Pada sisi sebelah kanan terdapat audio port dan satu buah USB 2.0 slot dan Analog display untuk tampilan pada tambahan monitor maupun LCD proyektor. Selain itu, tambahan Card Reader berguna untuk memindahkan data dari memory card Anda.

ASUS Eee PC berukuran 12" dengan layar 11,6" sehingga cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Walaupun tergolong kedalam kelas netbook, ASUS Eee PC 1225C memiliki kemampuan yang setara dengan notebook. Dilengkapi dengan prosesor Intel Dual-Core Atom N2800 (1,87 GHz, 1MB L2 Cache), ASUS Eee PC 1225C cocok untuk kegiatan komputasi keseharian Anda.Konektifitas seperti Bluetooth 3.0 dan Wi-fi 802.11 b/g/n sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

 

Pada Bagian touchpad-nya juga memiliki warna silver sama sama seperti pada bagian yang lain. Dengan permukaan touchpad yang halus namun tetap sensitif memberikan kenyamanan pada jari saat menggunakannya.

Dengan 6-cell Li-ion 5200mAh battery, ASUS Eee PC 1225C memiliki stand by time hingga lebih dari seminggu.  

Tidak banyak yang dapat ditemukan pada paket penjualannya, hanya charger dan manual book. sedangkan recovery CD tidak ditemukan karena sudah terdapat back-up partisi pada hard disk.

 

 

 

 

Rangkaian Terbaru Flexi Smartphone dan Modem

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Selain memperkenalkan layanan Flexi Mobile Broadband terbaru, Flexi juga mem-bundling empat smartphone Android dan tiga modem EVDO Rev. A.

Empat smartphone Android yang telah di-bundling dengan Flexi yaitu; ZTE Blade N880, Huawei C8650, IVIO DE88, dan Samsung Galaxy Y. Kemudian tiga modem EVDO Rev. A Flexi terbaru, yaitu; Huawei EC 156, Alcatel OT-X080C, dan Advan DE-A.

Untuk menikmati layanan Flexi Mobile Broadband, pelanggan harus menggunakan Kartu Perdana Flexi bertanda "Mobile Broadband". Layanan Flexi Mobile Broadband dapat dinikmati dengan Kartu Perdana Flexi bertanda “Mobile Broadband” atau bagi pelanggan lama dapat mengganti kartu lamanya dengan kartu Flexi Mobile Broadband di Plasa Telkom.

Setelah mengganti kartu Flexi lamanya menjadi kartu Flexi Mobile Broadband, maka pengguna dapat memaksimalkan fitur komunikasi dunia maya tak terbatas, seperti; streaming video, Facebook, Twitter.

Untuk info lebih lanjut hubungi 147 atau www.telkomflexi.com. Twitter : @FlexiIrit dan Facebook : Flexi Mania

Flexi Luncurkan Layanan Mobile Broadband

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Flexi luncurkan layanan terbarunya, Flexi Mobile Broadband. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisa mengakses internet dengan nyaman di seluruh jaringan EVDO Flexi di Indonesia.

Dengan menggunakan layanan  Flexi Mobile Broadband, pengguna dapat merasakan pengalaman broadband yang lebih kaya (richer broadband experience) dengan handset Android atau dongle (modem).

Flexi Mobile Broadband juga menawarkan berbagai fasilitas dan program yang BISA BANGET! memberikan pelanggannya keuntungan lebih, antara lain:

•    SMS & Telepon irit? BISA BANGET!
•    Gratis Aplikasi di Flexi Market Apps? BISA BANGET!
•    Gratis internetan sepuasnya selama 1-6 bulan? BISA BANGET!
•    Gratis download jutaan musik Melon selama 1 minggu? BISA BANGET!
•    Dan juga mendapatkan berbagai hadiah seru? BISA BANGET!

Layanan Flexi Mobile Broadband dapat dinikmati dengan Kartu Perdana Flexi bertanda “Mobile Broadband” atau bagi pelanggan lama dapat mengganti kartu lamanya dengan kartu Flexi Mobile Broadband di Plasa Telkom.

Untuk info lebih lanjut hubungi 147 atau www.telkomflexi.com. Twitter : @FlexiIrit dan Facebook : Flexi Mania

SAP Gandeng HOPE Salurkan Bantuan Pendidikan TI

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Peningkatan mutu pendidikan tak sepenuhnya dibebankan kepada pemerintah. Peran serta aktif komponen masyarakat juga dibutuhkan, tak terkecuali perusahaan TI (Teknologi Informasi). SAP sebagai salah satu perusahaan TI turut berperan aktif dalam membantu dunia pendidikan, khususnya bidang TI. Melalui Yayasan HOPE Indonesia, SAP menyalurkan bantuannya di 10 lokasi Pelatihan Komputer Gratis di Indonesia.

”Kami melihat bahwa pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam membentuk tenaga kerja berkualitas di dunia kerja. Generasi muda merupakan salah satu elemen penerus bangsa yang harus diberdayakan dengan kemampuan TI yang maksimal, ” ujar Singgih Wandojo, Managing Director SAP Indonesia. ”Untuk itu kami ingin berpartisipasi dalam mendukung pemberdayaan generasi muda melalui Teknologi Informasi, agar mereka dapat bersaing di era globalisasi kelak,” lanjutnya. 

Donasi senilai US$200.000 yang diberikan SAP kemudian akan disalurkan ke sepuluh CTC (Computer Training Center) HOPE yang tersebar di kota Jakarta, Medan, Batam, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Pontianak, Manado, Ambon, dan Jayapura. Bantuan ini akan digunakan oleh HOPE untuk biaya operasional di 10 CTC  seperti biaya listrik, gaji guru, dan lain sebagainya.

Menurut Program Manager CTC HOPE worldwide Indonesia, Slamet Simamora, saat ini banyak remaja kurang mampu yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, utamanya karena terbentur masalah keuangan. Menjembatani masalah ini, pada tahun 2000 HOPE worldwide Indonesia memulai program pelatihan komputer gratis. Hingga saat ini 85% dari lulusan program CTC telah memperoleh pekerjaan yang lebih baik, sehingga mereka dapat membantu perekonomian keluarganya. "Dengan dukungan SAP ini, kami dapat menduplikasikan kabar baik ini ke 9 kota lainnya. Terima kasih SAP,” ujar Slamet.

 

 

 

Need for Speed: The Run, Balapan Liar Sejauh 3.000 Mil

Posted:


Spesifikasi Minimum: Windows XP SP3 (32-bit), Vista/7 (32 or 64-bit) | Processor: 2 GHz Dual Core (Core 2 Duo 2.4 GHz or Athlon X2 2.7 GHz) | Memory: 2 GB  HDD: 20 GB | VGA: DirectX 10.1 Compatible with 512 MB RAM, (Nvidia 8800 GT/ATI 3870 or higher performance)

CHIP.co.id - Bukan rahasia lagi, setiap seri game Need for Speed (NFS) selalu menyajikan beragam judul terbaru dengan gaya dan permainan yang berbeda-beda. Pada seri ke-18 yang diberi judul "The Run", EA kali ini berinovasi dengan memasukkan beberapa aksi yang terbilang menarik dan menegangkan.

Pada seri ini, Anda akan disuguhkan dengan segudang cutscene layaknya film-film Hollywood. Tidak hanya itu, setiap cutscene yang ditampilkan sekaligus sebagai aksi yang dihadirkan dengan Quick Time event, Untuk menampilkannya, Anda harus menekan tombol tertentu yang tertera di layar monitor.

Dari San Francisco hingga New York, sebuah pelarian yang panjang.

Dalam game ini, Anda akan berperan  sebagai seorang pembalap bernama Jack Rourke yang mempunyai masalah besar sehingga membahayakan nyawanya. Masalah yang dihadapi Jack adalah hutang yang terbilang besar dengan kelompok mafia. Pada awal permainan, Anda akan disuguhkan cutscene yang menegangkan. Di sini, Anda terjebak pada sebuah mesin penghancur mobil dan Anda berupaya untuk meloloskan diri. Setelah insiden tersebut, Anda bertemu dengan Sam Harper yang menawarkan balapan liar dengan sebutan “The Run”. dan berhadiah uang sebesar US$ 25 Juta. Tawaran ini tentunya akan membebaskan Jack dari jeratan hutang. Untuk meme­nang­kan ajang ini, Jack harus berpacu sejauh 3.000 Miles dari San Francisco hingga New York dan harus mampu menghadapi 200 pembalap. Yang menarik, sepanjang jalan Anda akan berhadapan dengan mafia yang ingin membunuh Anda serta polisi yang ingin membubarkan ajang balap ini.

Target dalam balapan liar ini adalah Anda harus menjadi nomor satu ketika mencapai New York. Ada beberapa bagian checkpoint yang disuguhkan dengan mode yang berbeda-beda, seperti Race Pass: mencapai nomor satu dari 10 pembalap; Checkpoint Race yang hampir sama dengan­ Time Attack:  yang mengharuskan Anda mencapai sejumlah checkpoint de­ngan­ waktu tercepat; Battle Race; meminta Anda untuk menyingkirkan semua lawan sebelum masuk checkpoint tertentu; dan Battle 1vs1: melawan rival yang menghadiahkan Anda sebuah pink slip.

Ketika diluar mobil pun anda harus berlari memacu adrenalin.

Diselingi beberapa mode tersebut, ketegangan terus berlanjut ketika Anda harus juga berhadapan dengan polisi di jalan raya maupun helikopter yang terus-menerus menembak ke arah mobil yang Anda kendarai. Para mafia pun tidak henti-hentinya akan menghujani Anda dengan timah panas ketika berusaha mengejar Anda. Aksi yang diperlihatkan oleh game ini semakin brutal ketika Anda berupaya untuk meledakkan sejumlah tong di jalan raya yang juga mampu menghancurkan bangunan di sekitarnya. Aksi kejar-kejaran pun tidak hanya ketika Anda sedang me­ngen­darai mobil. Dalam situasi terpojok dan hampir tertangkap, Anda pun bisa keluar dari mobil dan berlari melalui jalanan sempit atau loncat dari atas gedung. Tentunya, aksi ini semakin menarik dengan selingan sound effect yang terbilang hebat.

Anda dapat mengganti mobil pada saat balapan berlangsung di stasiun pengisian bahan bakar terdekat.

Keunggulan lainnya adalah game NFS: The Run juga menghadirkan beragam mobil terbaru. Sayangnya, pada mode Campaign pemilihan mobil terbilang sedikit. Tidak hanya itu, pada mode Multiplayer atau Challenge, Anda pun harus meng-unlock mobil yang tersedia. Pemilihan mobil pada mode Campaign juga terbilang unik dan berbeda dari game racing pada umumnya yang harus memilih mobil sebelum balapan. Namun, dalam game ini, Anda bisa mengganti mobil ketika sedang balapan. NFS: The Run juga menyediakan beberapa stasiun pengisian bahan bakar dan di sinilah Anda bisa mengganti mobil dan memilih warna yang Anda ingin­kan. Sayangnya, jangan harap Anda bisa memodifikasi mobil yang digunakan. NFS: The Run tidak menghadirkan feature tune up maupun modifikasi.  Mobil yang Anda gunakan pun sudah dilengkapi dengan Nitros sehingga Anda tinggal pakai dan fokus untuk menjadi nomor satu setibanya di New York.

Feature lainnya yang tidak kalah menarik adalah sistem leveling menggunakan Exp. Exp bisa didapat dari cara Anda menyelesaikan sebuah balapan, seperti menyusul lawan tanpa bersentuhan (clean pass) atau mengakhiri balapan tanpa menggunakan reset (perfect race). Setiap naik level, Anda akan diberikan driver ability yang cukup menguntungkan mulai dari mendapatkan Exp dengan jumping dan drifting atau menambah daya Nitros. Game ini jiga menerapkan sistem replay atau reset yang memungkinkan Anda mengulang dari checkpoint tertentu tanpa mengulang dari awal balapan. Setiap race, Anda akan diberikan batasan reset bergantung pada tingkat kesulitan yang dipilih.

Frostbite Engine 2 tidak hanya menghasilkan grafis yang indah pada environtment, tetapi juga pada karakter.

NFS: The Run telah didukung dengan Frostbite Engine 2. Dengan begitu, game ini dapat menghadirkan grafis yang indah. Ya! peta dan lingkungan sekitar yang dihadirkan terlihat sempurna. Arena balapan yang dibuat terlihat nyata, sangat bervariasi, dan tentunya tidak membosankan para pemainnya. Anda akan melewati kota kota besar, seperti Denver, Detroit, Las Vegas. Sepanjang perjalanan dari San Francisco hingga New York pun Anda akan melewati area pedesaan, pegunungan, hingga sudut-sudut kota yang tergambar dengan­ detil. Tidak hanya itu, setting yang beragam mulai dari siang, malam, dan hujan dapat memberi kesan sebuah perjalanan panjang. Sayangnya, area balapan tidak sebebas seri NFS sebelumnya. Di sini, Anda harus tetap berada pada jalur yang sudah ditetapkan. Sedikit saja Anda keluar dari jalur, Anda akan terkena replay.

Selain single player, terdapat pula mode Challenge yang kurang lebih hampir sama dengan mode yang terdapat pada Campaign, hanya saja dengan beragam tantangan yang lebih sulit.

 

Sumber:  Majalah CHIP 03/2012

Aplikasi Instagram Hadir di Platform Android

Posted:



CHIP.co.id - Setelah penungguan waktu yang cukup lama, aplikasi Instagram yang pernah meraih "iPhone App Of The Year" pada tahun 2011 akhirnya hadir di platform Android.

Aplikasi Instagram kini dapat diunduh melalui Google Play secara cuma-cuma, dimana aplikasi ini menghadirkan kemudahan untuk berbagi hasil karya foto antar sesama pengguna perangkat bergerak.

Aplikasi Instagram yang sebelumnya telah hadir hanya untuk perangkat Apple, kini dapat dinikmati juga oleh para pengguna perangkat berplatform Android. Anda dapat membekukan momen terlebih dahulu melalui ponsel pintar Android, dan melakukan olah tone dengan aplikasi lain, yang pada akhirnya dapat diunggah melalui aplikasi Instagram untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya, Anda dapat meng-follow rekan Anda dan memberikan likes ataupun komentar dengan penggunaan mention dan hashtag layaknya twitter.

Kehadiran aplikasi Instagram yang sangat digemari oleh para pecinta foto, tidak dapat dipandang sebelah mata, bahkan komunitas iPhonesia pernah melakukan pameran fotografi yang menampilkan seluruh hasil karya foto melalui aplikasi ini untuk sebuah acara kegiatan amal pada bulan September 2011.

Kehadiran aplikasi instagram di platform Apple sudah membesarkan  berbagai komunitas baik lokal maupun internasional. Akankah kehadirannya di platform Android semakin memperluas pengguna yang menyukai dunia fotografi? 



Silahkan unduh aplikasi Instagram ini melalui Google Play dengan ukuran file 12,6 MB, dan Anda akan dapat berkomunikasi melalui media foto secara cross platform dengan pengguna perangkat Apple.

Yahoo! She Hadirkan Kampanye Real Women, Real Answers

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Yahoo! Indonesia menghadirkan kampanye 'Real Woman, Real Answer' untuk Yahoo! She dengan meluncurkan hari 'I am real'. Acara yang diadakan di Y&Y Resto, Grand Indonesia, Jakarta (31/3) dari Yahoo! Indonesia bertujuan untuk menjawab kebutuhan dan memberikan solusi nyata bagi perempuan modern Indonesia.

Yahoo! Indonesia telah menghadirkan portal Yahoo! She sejak awal bulan Maret 2012 di situs http://id.she.yahoo.com dengan menyediakan berbagai konten dan percakapan seputar topik yang menarik perhatian perempuan Indonesia. Kampanye Yahoo! 'Real Women, Real Answers' menampilkan 4 video dan polling selama empat minggu, memberikan kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk menyuarakan opini mereka.

Empat topik yang dihadirkan oleh Yahoo! She seperti "Apakah perempuan wajib menikah?", "Selingkuh, bilang atau jangan?","Hubungan beda agama", dan "Karir vs Keluarga" mampu menarik minat pria dan wanita untuk turut serta memberikan komentar. Tercatat sebanyak 26 ribu orang yang turut serta dalam 4 topik menarik tersebut, serta Yahoo! She menerima lebih dari 13.000 komentar.

Hadir pada acara ini (foto dari kiri ke kanan) Dodi Ibnu Rusydi selaku Country Editor Yahoo! Indonesia, Desy Khoirunnisa Rahman selaku Country Media Manager PT Unilever Indonesia Tbk, Roy Simangunsong selaku Sales Director dan Country Ambassador Yahoo! Indonesia, serta Dian Farida selaku Marketing Manager Yahoo! Indonesia.

Roy mengatakan,"Kehadiran Yahoo! She mampu melayani berbagai segmen dan menyediakan konten menarik, dimana portal ini tidak hanya dibaca oleh kaum perempuan, namun para pria juga turut serta untuk memberikan masukan dan saran menarik. Yahoo! She menghadirkan berbagai fitur menarik, terutama fitur dengan konten wanita dan rias wajah yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia."

Yahoo! She menghadirkan beragam fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita, seperti fitur Mode, Cantik, Sehat, Belanja, Asmara, Karir, dan Kuliner. Desy mengatakan,"Kehadiran situs Yahoo! She mampu menarik konsumen dengan produk inovatif dan konten yang relevan dengan kebutuhan perempuan Indonesia. Sebagai perusahaan FMCG di Indonesia, Unilever juga turut serta bersama Yahoo! She dalam menyajikan informasi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pembacanya, terutama gender perempuan."

Pada kesempatan yang sama, Yahoo! She menyajikan acara 'I Am Real Day' yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada para perempuan Indonesia. Mengusung konsep tema Women World Map, Yahoo! She menyajikan 5 area ruangan yang mewakili berbagai isu dan permasalahan seputar kehidupan sehari-hari untuk para perempuan. Pada acara ini terdapat 5 kategori yang mencakup office, konsultasi mengenai pemberdayaan perempuan oleh Poetri Suhendro; bathroom, layanan make-up dan perawatan wajah oleh Ponds dan La Salle; konsultasi cinta dan pernikahan oleh Kasandra Putranto and Associates di bagian bedroom; konsultasi hubungan di bagian living room dan bagi pecinta fashion, sebuah fashion show oleh Majju dan La Salle.

Pada acara di sore hingga malam hari, menampilkan sederetan artis seperti Sara Wijayanto, Imela Kei dan Raisa. Turut hadir sebuah talkshow bersama sejumlah selebritis Indonesia seperti Lola Amaria, Ayu Dewi, Hilbram Dunar dan Melissa Karim dengan pembahasan seputar topik "Haruskah perempuan menikah."

Bermain SD Gundam Capsule Fighter Online Versi Closed Beta

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Megaxus baru saja meluncurkan game teranyarnya, SD Gundam Capsule Fighter Online. Sayangnya, permainan yang menegangkan ini, baru diluncurkan dalam versi Closed Beta pada 30 April 2012.

Selama masa closed beta, banyak penambahan dan perubahan yang dilakukan untuk SD Gundam Capsule Fighter Online, terutama mengenai konten game ini.  Mulai dari fitur dan mode baru  yang lebih segar dan lebih seru, seperti; Single Mission, Mission dan Quest baru, Boss Match dan lainnya.  Dari segi grafik, perubahan dilakukan dimana UI (User Interface) dibuat lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Bagian terbaik dari game ini adalah memiliki tingkat kustomisasi yang sangat banyak dan bervariatif.  Salah satunya adalah “paint” dan “sticker”, dimana masing masing Mobile Suit dapat diubah warnanya sesuai dengan selera pemain. Pemain juga bisa menambahkan sticker pada bagian tertentu.

Kustomisasi lainnya yang paling menarik adalah “Custom” dan “Over Custom”, dimana setiap Mobile Suit memiliki status seperti : Attack, Defense, HP, Speed, Agility, Special, yang berbeda. Dengan menggunakan Custome dan Over Custom point, pemain dapat menambahkan status-status tersebut sesuai dengan keinginan atau gaya permainan masing masing. Begitu banyak manuver yang dapat dilakukan dengan unit, dengan, gaya pertarungan penuh aksi heboh dan efek yang memukau, pemain akan terbius oleh serangan dan kombo beruntun yang sangat mengagumkan.

Dalam masa Closed Beta Test (CBT), Megaxus mempersiapkan sejumlah special CBT key untuk disebarkan keseluruh Indonesia melalui berbagai metode. Hanya dengan menggunakan special CBT key ini, para pemain baru dapat memainkan SG Gundam Capsule Fighter Online. Tetapi, jika Anda melihat ke website resmi game ini, CBT key telah ludes dibagikan kepada gamers di tanah air.

"5000 Special CBT Key SD Gundam Capsule Fighter Online yang sudah disiapkan telah habis!! Bagi mereka yang belum mendapatkan Special CBT Key diharapkan untuk tidak berkecil hati karena masih akan ada kesempatan lainnya. Ikuti terus informasi tentang SD Gundam Capsule Fighter Online!!" dikutip dari Megaxus - SD Gundam Capsule Fighter Online, Selasa - 3 April 2012.

Call Center Kartu HALO Berubah

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mulai 1 April 2012, kode akses Customer Care by Online (Caroline) atau Call Center 111 dan 128 untuk pelanggan paskabayar Telkomsel/kartuHALO berubah menjadi 133. Perubahan ini dilakukan sebagai wujud kepatuhan Telkomsel terhadap peraturan Pemerintah tentang penataan kode akses layanan di Indonesia.

Perubahan kode akses Call Center bagi pelanggan pasca bayar (postpaid) ini merupakan kepatuhan Telkomsel terhadap Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM. 4 Tahun 2001 tentang Penetapan Rencana Dasar Teknis Nasional 2000 (Fundamental Technical Plan National 2000) Pembangunan Telekomunikasi Nasional sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 9/PER/M.KOMINFO/06/2010. Dalam Peraturan tersebut Pemerintah telah menetapkan bahwa kode akses dengan format penomoran 11X hanya diperuntukkan bagi layanan darurat (emergency call) bagi masyarakat.

Dengan demikian mulai 1 April 2012, akses Call Center Telkomsel paska bayar/kartuHALO akan berubah dari 111 menjadi 133. Sebelumnya, sejak 1 Februari 2012, Telkomsel juga telah merubah kode akses Call Center yang diperuntukkan bagi pelanggan produk prabayar (prepaid) Telkomsel, yaitu simPATI dan kartu As dari yang sebelumnya menggunakan kode akses 116, menjadi 155.

Call Center 133 merupakan pusat layanan informasi untuk seluruh pelanggan kartuHALO  yang membutuhkan berbagai macam informasi produk dan layanan Telkomsel. Call Center 133 ini merupakan layanan pelanggan yang tidak berbayar atau gratis seperti layanan 111  sebelumnya.

Melalui Call Center 133 ini, pelanggan kartuHALO berhubungan langsung dengan petugas Call Center apabila menghendaki layanan yang lebih spesifik. Call Center 133 ini adalah salah satu alternatif solusi layanan pelanggan yang mudah dan tepat bagi seluruh pelanggan kartuHALO.

Megaxus Menantang Anda Menjadi Pilot Mobile SD Gundam

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Megaxus mempersembahkan karakter Online Game bergenre Massive Multiplayer Online Third Person Shooter (MMOTPS), Super Deformed (SD) Gundam Capsule Fighter Online. Game yang diproduksi Bandai Korea dan dikembangkan oleh Softmax ini secara resmi akan diluncurkan dan memasuki masa closed beta pada tanggal 30 April 2012.

SD Gundam Capsule Fighter Online adalah produk online game pertama dari perusahaan Bandai dan setelah game ini menikmati sukses di Negara Korea Selatan, China, Taiwan, Hongkong, Amerika Utara, Thailand, Singapura dan Jepang, kali ini hadir dan bisa dimainkan di Indonesia.

"Setelah meneliti dan mempertimbangkan game terbaik apa yang cocok bagi para gamers Indonesia, akhirnya kami merilis SD Gundam Capsul Fighter Online. Karena game ini sesuai dengan UI (User Interface) yang diinginkan banyak gamer dari Negara lain, kami telah memaksimalkan konten di dalam SD Gundam Capsule Fighter Online agar dapat lebih memuaskan selera dan harapan para gamers di tanah air," jelas Eva Muliawati, Managing Director PT Megaxus Infotech.

Game online besutan Megaxus dan Bandai ini memberikan pemainnya sebuah pengalaman tak terlupakan, saat mengendalikan sebuah Mobile Suit (MS) dengan ciri khas adegan serangan-serangan yang menampilkan efek skill luar biasa. Pemain benar-benar merasakan kesenangan dan ketegangan saat bermain bersama menyelesaikan sebuah misi atau bertempur dengan pemain lainnya.

Bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai special CBT Tester atau mencari informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi website http://sdgo.megaxus.com.

Tes Perbandingan Motherboard: Siapa Pasangan Terbaik Bagi Intel X79?

Posted:


CHIP.co.id - Kemunculan platform Intel X79 pada akhir tahun 2011 menjadi banyak perbincangan di kalangan komunitas overclocker dan para enthusiast. Pasalnya, platform Intel X79 telah memecahkan berbagai rekor dunia yang sebelumnya menggunakan platform X58. Hal ini karena platform Intel X79 memang didesain untuk menggantikan platform X58 yang telah menjadi king of performance selama tiga tahun.

Setidaknya hingga satu tahun kedepan belum ada indikasi dari Intel untuk meluncurkan sebuah platform yang mempunyai performance di atas X79. Ivy Bridge yang digadang-gadang akan menggunakan fabrikasi 22nm hanya akan berada satu level di bawah X79 dan masih akan menggunakan soket Z68 dan yang terbaru nantinya soket Z77. Dengan demikian, dapat dikatakan tahun 2012 akan menjadi tahun milik Intel X79.

Lalu, motherboard apa saja yang telah hadir di pasaran Indonesia yang dapat disandingkan dengan sang raja. Kali ini, CHIP akan memberikan gambaran melalui sebuah tes perbandingan motherboard dengan chipset Intel X79 yang telah banyak beredar di pasaran.

Tidak tanggung-tanggung, pada tes perbandingan kali ini CHIP berhasil mengumpulkan 12 motherboard dari empat produsen besar yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Masing- masing mengirim tiga buah motherboard andalanannya untuk diuji pada tes perbandingan kali ini. ASRock hadir dengan X79 series yaitu Extreme3, Extreme4 dan Extreme9. ASUS tidak mau ketinggalan dengan mengirimkan tiga buah motherboardnya yang masing-masing memiliki segmen yang berbeda, yaitu P9X79-DELUXE, Rampage IV Extreme, dan SABERTOOTH. GIGABYTE mendatangkan tiga kesatrianya, yaitu X79-UD3, X79-UD5, dan X79-G1 ASSASSIN2. Tidak kalah menarik, MSI mendatangkan tiga motherboard andalannya, yaitu X79A-GD45, X79A-GD65 8D, dan yang paling terbaru adalah BIG BANG XPOWERII. Sangat disayangkan tidak munculnya beberapa produsen motherboard lain yang biasanya turut serta dalam tes perbandingan sebelumnya seperti ECS, VVIKOO, JETWAY, dan BIOSTAR dikarenakan alasan tertentu.

ASRock X79 Extreme3

Produk pertama yang diuji dalam tes perbandingan kali ini adalah ASRock. Pabrikan motherboard asal Taiwan ini mengirimkan tiga motherboard andalannya dalam tes perbandingan kali ini , yaitu X79 Extreme3,  X79 Extreme3, dan X79 Extreme9.  Ketiganya berada dalam satu line-up yang sama namun memiliki tingkatan performance yang berbeda.

ASRock X79 Extreme3 hadir dengan balutan warna hitam yang dominan yang memberikan kesan garang dan extreme. Desain heatsink pada bagian PWM maupun chipset mendukung kesan futuristik yang dalam. Ditambah dengan penggunaan gold caps semakin menambah eksotis tampilan board ini.

Dengan tiga buah slot PCI-E generasi ketiga, ASRock X79 Extreme3 mendukung penggunaan multi-GPU hingga 3-Way SLI/CrossFireX.  Selain itu, empat buah memory slot-nya mendukung hingga 32 GB dengan kecepatan hingga PC3-19200 atau setara dengan 2400 Mhz melalui overclocking.

Dengan harganya yang paling terjangkau dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang ingin mencicipi performa sang raja. Mengingat performa dan harga prosesornya yang tinggi, ASRock Extreme3 menawarkan sesuatu yang terjangkau dan memiliki performa yang baik.

ASRock X79 Extreme4

ASRock X79 Extreme4 hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, ASRock X79 Extreme3. Warna yang sama, desain heatsink yang sama, dan ukuran yang sama sepertinya menjadi sangat sulit menentukan perbedaan keduanya. Setelah diteliti dengan seksama ternyata ASRock Extreme4 telah dilengkapi dengan debug LED dan tombol power. Selebihnya perbedaan hanya dapat dilihat dari  performanya.

Pada bagian chipsetnya selain menggunakan pasif heatsink, ASRock X79 Extreme4 juga menambahkan mini fan yang disebut dengan X-fan untuk membuang panas. Uniknya, X-fan ini dilengkapi dengan thermal sensor dan hanya akan berputar saat mencapai panas yang berlebihan pada bagian chipset. Jika panas normal maka X-fan tidak akan berputar sehingga tidak menimbulkan suara yang mengganggu.

Dengan tiga buah PCI-E 3.0, ASRock X79 Extreme4 sama seperti motherboard dari MSI, GIGABYTE X79UD-5, dan ASUS P9X79-DELUXE yang mendukung penggunaan multi-GPU hingga 3-Way SLI/CrossFireX. Pada paket penjualannya, ASRock X79 Extreme4 menyertakan pula 3-Way SLI Bridge dan CrossFireX cable selain paket penjualan lainnya yang umum kita temukan pada paket penjualan sebuah motherboard.

ASRock X79 Extreme9

Satu lagi varian dari ASRock yang mirip dan serupa karena merupkan masih satu keluarga dengan seri sebelumnya. Kali ini yang masuk dalam pengujian adalah motherbord yang berada dalam line-up tertinggi dari ASRock, yaitu X79 Extreme9.

Produk ini hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda de­ngan kedua motherboard sebelumnya dengan warna hitam yang dominan, ditambah dengan heatsink yang lebih besar dan lebih garang pada bagian PWM dan chipsetnya. Tidak ketinggalan, thermal X-fan  pada bagian chipsetnya melengkapi tampilan ASRock X79 Extreme9.

Motherboard ini mendukung penggunaan memori hingga 64 GB dengan delapan memori slotnya sama seperti seri motherboard extreme dari ketiga produsen yang lain. Selain itu ASRock X79 Extreme9 juga dilengkapi dengan berbagai feature khusus yang selalu menjadi ciri khas high-end motherboard. Salah satu yang menjadi andalannya adalah ASRock Game Blaster, yaitu sebuah sound card dari Creative yang memberikan kualitas suara 3D dengan 7.1 channel yang akan memaksimalkan pengalaman gaming Anda.

ASUS P9X79-DELUXE

Motherboard  pertama dari ASUS yang hadir dalam tes perbandingan kali ini adalah ASUS P9X79-DELUXE.  Motherboard ini hadir seperti biasanya dengan warna coklat pada board dan biru metalik pada bagian heatsink yang menutupi bagian PWM dan chipset-nya.

Dengan delapan slot memori, ASUS P9X79-DELUXE dapat menampung memori maksimal hingga 64 GB dan mendukung hingga PC3-19200 (DDR3-2400) dengan feature overclocking. Selain itu, ASUS P9X79-DELUXE juga menambahkan chipset Marvell 9128 controller sebagai tambahan dua buah slot SATA3 6GB/s untuk storage Anda. Berbeda dengan motherboard dari GIGABYTE yang menggunakan controller dari Fresco Logic, ASUS P9X79-DELUXE menggunakan tiga buah Asmedia USB 3.0 controller yang memberikan hingga enam buah slot USB 3.0, yaitu masing-masing empat slot pada bagian backpanel dan dua slot tambahan melalui USB 3.0 header.

Menariknya, ASUS P9X79-DELUXE memiliki dua buah LAN slot yang masing-masing menggunakan Intel 82579V Gigabit LAN dan Realtek 8111E Gigabit LAN controller. Selain itu, pada paket penjualannya ASUS P9X79-DELUXE menyertakan tambahan ASUS Bluetooth 3.0 device dan Wi-Fi Ring Antenna yang dapat digunakan untuk mempermudah konektivitas perangkat mobile Anda. Hal serupa hanya ditemukan pada GIGABYTE X79-UD5.

ASUS RAMPAGE IV EXTREME

Motherboard kedua dari ASUS yang mengikuti tes perbandingan kali ini datang dari line up motherbord tertinggi yang dimiliki oleh ASUS hingga saaat ini, yaitu ASUS RAMPAGE IV EXTREME. Motherboard yang termasuk ke dalam keluarga Republic of Gamers ini pastinya tidak asing lagi bagi Anda. Hadir dengan warna khasnya dengan dominasi warna merah dan hitam pada boardnya memberi kesan yang extreme yang mendalam. CHIP memperkirakan ASUS RAMPAGE IV EXTREME akan bersaing ketat dengan motherboard dalam jajaran kasta tertinggi dari MSI, yaitu MSI BIG BANG XPOWER II.

ASUS RAMPAGE IV EXTREME memang didesain khusus untuk para enthusiast dan penggila overclocking dengan berbagai feature overcloking yang mendukung di dalamnya. Dengan feature LN2 mode dan sub-zero sense, ASUS RAMPAGE IV EXTREME sangat cocok untuk digunakan pada kondisi extreme sekalipun dengan berbagai solusi pendingin termasuk Liquid Nitrogen (LN2).

Selain feature yang telah disebutkan tadi, ada sesuatu yang menarik yang tidak ditemukan pada motherboard lain pada tes perbandingan kali ini, yaitu VGA Hot Wire dan OCKey. Kedua feature ini digunakan untuk melakukan overclocking graphics card sekaligus memonitor kondisi graphics card secara realtime me­lalui software yang disediakan oleh ASUS.

ASUS X79 SABERTOOTH

Motherboard ketiga dari ASUS yang diuji dalam tes perbandingan kali adalah ASUS X79 SABERTOOTH. Hadirnya ASUS X79 SABERTOOTH dalam tes perbandingan ini semakin menambah ramai varian motherboard yang akan CHIP uji.

Produk ini hadir dengan desain khas SABERTOOTH dengan kualitas komponen yang telah teruji sesuai dengan sertifikasi yang telah diberikan. Dominasi warna cream dan penggunaan Cream!X heatsink menjadi ciri khas utama yang melekat pada semua motherboard ASUS SABERTOOTH series.

Kali ini, ASUS X79 SABERTOOTH hadir dengan tambahan teknologi Thermal Armor yang berbeda dari seri sebelumnya yang dilengkapi dengan dua buah fan pada bagian chipset dan PWM., sehingga memberikan air flow yang baik pada permukaan board dan membuang panas dengan lebih baik.

Extreme Test: Setangguh Apa Mobile Storage Anda?

Posted:


CHIP.co.id - Umumnya, pengujian media penyimpanan data hanya dilakukan untuk mengetahui performa dan feature dari media penyimpanan tersebut. Namun, pengujian yang lebih mendalam untuk mengetahui durabilitas produk masih jarang dilakukan. Kali ini, CHIP mengadakan pengujian yang tidak biasa. Pengujian kali ini lebih difokuskan pada daya tahan fisik produk tersebut. Untuk keperluan pembuatan artikel ini, CHIP menguji empat buah produk yang diklaim memiliki feature water-proof dan shock-proof. Keempat produk tersebut, adalah ADATA Superior S007, Buffalo HD-PZU3 (shock-proof), Patriot XPorter XT Boost, dan Sillicon Power ­Armor A80.

Pengujian dilakukan untuk mengondisikan kejadian yang mungkin terjadi sehari-hari. Untuk flash disk, CHIP mengujinya dengan menjatuhkannya dari lantai 2, dan memasukannya ke mesin cuci; sedangkan untuk hard disk eksternal, CHIP mengujinya dengan menjatuhkannya secara langsung dari ketinggian 150 cm dan lantai dua melalui anak tangga. Selain itu, terdapat tambahan tes ekstrem, seperti flash disk yang dijatuhkan dari lantai sembilan, dan hard disk yang dilindas oleh mobil.

ADATA Superior S007


Desain unik serta didukung dengan bodi karet yang memberikan feature water-proof dan shock-proof.

Produk ADATA yang datang kali ini memiliki feature shock-proof dan water-proof serta harga yang relatif terjangkau. Produknya kali ini memiliki nama Superior S007. Pe­ngujian pertama merupakan tes ketahanan air, yaitu dengan menggunakan mesin cuci pakaian. Mulanya, CHIP merasa tidak yakin de­ngan desain tutupnya karena tutup karetnya tidak terlalu rapat. Hal tersebut terbukti ketika flash disk dikeluarkan dari mesin cuci. CHIP menemukan beberapa tetes air keluar dari bagian port USB Superior S007 ketika membuka tutupnya. Namun, setelah proses pengeringan selama kurang lebih satu hari, flash disk tersebut dapat bekerja dengan normal. CHIP tidak mengalami masalah sama sekali dalam mengakses data-data yang disimpan di dalam flash disk tersebut.

Pengujian kedua yang CHIP lakukan adalah menjatuhkan flash disk ini dari lantai dua. Penggunaan bodi karet terbukti memang efektif untuk meredam getaran yang diterima oleh flash disk ketika terjatuh. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang masih dapat dilalui dengan baik oleh Superior S007.

Pengujian ketiga merupakan pengujian ekstrem yang CHIP janjikan. Pengujian kali ini, CHIP menjatuhkan Superior S007 dari lantai sembilan. Kejadian ini dapat dipastikan jarang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, namun ini merupakan kasus khusus yang dilakukan untuk mengetahui batas kemampuan flash disk dalam artikel ini. Bagaimanakah hasil dari S007? Sama seperti dua tes pertama yang telah berhasil dilewati oleh produk ini. Tes terakhir dan tergolong ­ek­strem ini dapat dilalui dengan baik oleh ADATA Superior S007 tanpa masalah yang berarti.

Patriot XPorter XT Boost

Minimalis dengan balutan karet di seluruh bodi membuatnya menarik untuk diuji lebih lanjut.

Dalam pengujian kali ini, CHIP turut me­ngundang Patriot untuk membuktikan klaim produknya. Produk yang dikirim kali ini adalah XPorter XT Boost. Menurut pendapat CHIP, bentuk fisik XPorter XT Boost tergolong kuno karena berbentuk persegi panjang. Namun, bentuk yang sedikit kuno tersebut dihadirkan untuk memberikan jaminan keamanan data dari XPorter. Lapisan karet pada bodinya tergolong tebal dan terlihat sedikit modern dengan adanya tulisan "Patriot XT" yang berwarna merah dan tertulis di sisi kiri serta kanan bodinya.

Pada pengujian pertama, CHIP memasukkan flash disk ini ke dalam mesin cuci. Pengujian dilakukan de­ngan cara menyimpan flash disk ke dalam jaket yang ikut dicuci.

Setelah proses pencucian selesai, CHIP turut memasukkan flash disk ke dalam mesin cuci kembali. Kali ini, mode pengeringan menjadi pilihan untuk kelanjutan pengujian. Hasilnya, flash disk ini mengalami kejadian yang sama dengan ADATA, yaitu flash disk ini mengeluarkan air ketika tutupnya dibuka. Namun, setelah proses pengeringan selama satu hari, flash disk tetap dapat berfungsi normal.

Pengujian kedua sepertinya menjadi hal biasa untuk flash disk ini karena lapisan karet yang digunakan cukup tebal. Tanpa keraguan, CHIP melanjutkan pengujian ketiga, yaitu menjatuhkannya dari lantai sembilan. Hasil pengujian ini tidak terlalu baik, pasalnya Port USB mengalami perubahan bentuk akibat menghantam permukaan paving block yang keras. Hal ini cukup wajar mengingat XPorter XT memiliki bobot 15 gram. ­Namun, flash disk ini mampu beroperasi dengan normal setelah CHIP meratakan permukaan port USB-nya.

Lihat halaman selanjutnya untuk pengujian hard disk eksternal

Preview Ponsel Pintar HTC One X

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - CHIP kali ini menghadirkan preview ponsel pintar HTC One X yang telah diumumkan keberadaannya pada Mobile World Congress di bulan Februari 2012. HTC One X hadir dengan dukungan suara Beats Audio.

Prosesor dan Sistem Operasi

HTC One X menggunakan prosesor 1.5 GHz quad-core NVIDIA Tegra 3 Mobile, terdapat sebuah core tambahan (companion core) yang akan berfungsi saat ponsel dalam posisi standby. Sedangkan saat beroperasi dengan aktivitas multitasking, prosesor quad-core akan mengambil alih dan membagi pekerjaannya. Teknologi ini memungkinkan penghematan daya kepada ponsel, sehingga pengguna dapat selalu terhubung dengan dunia maya dengan daya minim.

Ponsel HTC One X juga telah menghadirkan sistem operasi Android 4 Ice Cream Sandwich dengan fitur HTC Sense 4.

Disain dan Layar

Dari sisi luar, CHIP melihat kehadiran HTC One X memberikan kesan bernuansa ponsel pintar terdahulunya, menyerupai HTC Sensation XL. HTC pada akhir tahun lalu mulai menghadirkan jajaran ponsel dengan layar lebar, termasuk layar HTC One X yang menampilkan kenyamanan pada sisi visual dengan ukuran 4,7 inci LCD 2.

Dominasi putih dengan bahan dove terasa nyaman digenggaman tangan, pun dengan bobot 130 gram dengan baterai, namun terasa kokoh dan padat. Pada sektor depan, HTC One X menghadirkan kecerahan warna yang nyaman di mata, bahkan saat CHIP memiringkan posisi ponsel hingga nyaris horizontal, layar masih dapat terlihat dengan kecerahan warna yang masih terjaga.



HTC One X menghadirkan sesuatu yang berbeda, dimulai dengan bentuk disain yang elegan, juga memberikan kemudahan pengguna dengan berbagai teknologi terkininya. Pengguna tidak perlu repot membuka baterai saat memasukkan simcard, karena tidak disediakan akses, hanya terdapat sebuah slot kecil pada sisi atas, sehingga memberikan kemudahan akses cepat.

Pada sisi atas terdapat serentetan lubang speaker yang dibuat dengan mesin khusus, dimana lubang tersebut tidak dapat masuk air karena ukurannya yang sangat kecil.

Kamera

Pada sisi kamera, CHIP menguji kemampuan HTC One X, dimana perekaman momen dapat dilakukan dengan cepat. Pembekuan objek bergerak dapat ditangkap dengan cepat, pun karena ponsel pintar ini telah memberikan kecepatan saat menyimpan data dengan tertanamnya memori internal sebesar 32 GB. Pengguna tidak memerlukan slot eksternal tambahan, pun karena tidak adanya slot tersebut, juga dikarenakan memori internal sudah tersedia dan tertanam di dalam ponsel.



Pembekuan momen juga dapat dilakukan dalam mode burst, dimana saat Anda menekan dan tidak melepaskannya tombol shutter pada layar, pemotretan akan terus dilakukan hingga 99 kali tanpa henti. Perekaman video pun dapat dilakukan dan telah tersedia fitur editing video, serta terdapat fitur untuk memotong video untuk menghasilkan gambar diam.

Media Link HD

Aksesoris tambahan Media Link HD yang dapat dihubungkan dengan HTC One X secara nirkabel, memberikan pengalaman tersendiri kepada penggunanya. Pertama, Anda harus menghubungkan Media Link HD kepada layar TV melalui port HDMI, dan sebuah power melalui port usb. Selanjutnya, Anda dapat melakukan sinkronisasi cepat dalam hitungan detik, dan dengan melakukan sliding 3 jari ke arah atas pada layar HTC One X, secara otomatis apa yang tampak pada layar ponsel, akan hadir pula pada layar TV.

CHIP menyempatkan diri dalam melakukan uji cepat akan HTC One X dengan aksesoris Media Link HD. Pemutaran video HD dalam dilakukan secara streaming ke layar TV, bahkan saat memutar video tersebut, Anda tetap dapat melakukan panggilan telepon, ataupun membaca email tanpa mengganggu video yang sedang berjalan di layar TV.

Kisaran Harga

Ponsel pintar HTC One X telah hadir di Singapura pada 30 Maret lalu dan akan hadir pada bulan ini di Indonesia. CHIP mendapatkan bocoran informasi bahwa ponsel akan berkisar pada range harga 6 hingga 7 juta.

Untuk Anda yang menantikan ponsel ini, nantikan berita peluncurannya di CHIP Online!

XL Jalin Kemitraan Pengembangan Solusi M2M

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - XL baru saja mengikat kemitraan proyek pengembangan dan pemasaran solusi machine to machine (M2M) dengan dua mitra bisnis terpercaya. Kedua mitra tersebut adalah PT Alita Praya Mitra (Alita) dan PT Mitra Mulia (Joya). Kesepakatan ini merupakan salah satu milestone XL dalam menjalankan transformasi bisnis dari telekomunikasi konvensional, menuju ke arah bisnis data dan informasi yang lebih maju.

Penandatanganan kerjasama berlangsung di Jakarta, Selasa (3/4), oleh Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini, bersama Ita Yuliati - Direktur Utama Alita, dan Joe Rizal - Direktur Utama Joya.

Dian Siswarini mengungkapkan, “Melalui penandatangan MoU ini, XL siap untuk meluncurkan layanan solusi machine to machine bagi masyarakat Indonesia. Layanan ini tidak terbatas kepada para pelanggan XL saja, melainkan juga terbuka bagi para pelaku bisnis dan konsumen yang belum menggunakan layanan XL. Selain itu, kerjasama ini cukup special karena ke-2 mitra adalah perusahaan teknologi informasi asal Indonesia yang selama ini memiliki reputasi tinggi."

Bersamaan dengan penandatanganan kemitraan ini, XL juga mengenalkan portal khusus M2M http://m2m.xl.co.id. XL pun menjadi operator pertama di Indonesia yang memiliki portal khusus M2M. Walaupun XL telah terlibat dengan teknologi M2M ini sejak 2011, peluncuran portal menandai terbukanya layanan M2M bagi masyarakat luas. Portal ini akan dikembangkan sebagai sarana bagi komunitas para mitra XL untuk saling berbagi dan saling bersinergi untuk bersama-sama mengembangkan solusi-solusi M2M di masa depan.

Berdiri sejak tahun 1995, Alita saat ini menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang dapat menembus pasar di Asia dan Eropa. Bersama Alita, XL akan menyediakan solusi M2M bagi mesin kasir/mesin pembayaran (cash register). Manfaat dari solusi M2M cash register adalah para pemilik toko/outlet/francise atau bahkan petugas pemerintah seperti pajak dapat melakukan pemonitoran transaksi secara real time. Sementara itu, Joya adalah perusahaan riset dan teknologi asal Indonesia juga yang selama ini menciptakan banyak produk-produk inovatif. Keunggulan dari product Joya adalah dari sisi harga dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. Bersama Joya, XL akan menyediakan solusi M2M untuk layanan video surveilance.

Tourism Movie Competition 2012

Posted:


CHIP.co.id - Dalam rangka memperingati 50 tahun Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, mahasiswa Jurusan Kepariwisataan mengadakan event "Tourism Movie Competition (TMC)." Kompetisi film ini merupakan bagian dari kegiatan PSD (Profesional Skill Development) mahasiswa Jurusan Kepariwisataan STP Bandung.

TMC dibuat atas dasar pertimbangan masih sedikitnya film dokumenter tentang Indonesia, utamanya yang dibuat oleh generasi muda dan seniman. Dua unsur ini diharap menjadi motor dalam mengakat kekayaan warisan budaya dan alam Indonesia. Ajang TMC juga bisa dijadikan sebagai peluang dalam mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media audio visual yang lebih atraktif dan informatif. Dengan media film, penonton diharapkan lebih mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Event kompetisi film ini sudah pernah diselenggarakan pada tahun 2011, dengan tema “Komunitas Adat Tradisional.” Sedangkan di tahun ini, TMC 2012 mengangkat tema “Warisan Alam dan Budaya Indonesia,” dengan tagline “Wariskan Dalam Layar”.

“Warisan Alam dan Budaya Indonesia” (Heritage Tourism) merupakan tema yang mengangkat keunikan dan estetika tinggi warisan alam (Natural Heritage) dan warisan budaya (Cultural Heritage) di Indonesia. Kekayaan alam dan budaya yang tersebar di seluruh Indonesia ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah daya tarik pariwisata dalam bentuk film dokumenter.

Berdasarkan latar belakang tersebut, TMC 2012 merupakan suatu media bagi para seniman perfilman untuk menyalurkan kemampuan, minat dan bakat mereka. Selain itu, mereka juga turut serta mempromosikan pariwisata Indonesia agar memiliki nilai lebih di mata dunia, sekaligus berkompetisi membuat film dokumenter.

Keterangan Event

Semenjak dilaksanakan dari tanggal 18 Februari 2012, hingga saat ini tim juri sudah berhasil menyeleksi 10 karya film unggulan. Dari sekian film yang masuk akan melalui tahap penyeleksian oleh tim juri yang terdiri dari juri bidang perfilman, pariwisata, dan heritage. Mereka di antaranya adalah I.G.P Wiranegara, Gatot Prakosa, dan Francess B. Affandy. Ketiga juri besar tersebut akan memilih enam karya terbaik untuk memperebutkan 4 kategori pemenang; Best Movie, Best Interpretation, Best Performance, dan Best Favorite.

nantinya ke-enam karya peserta tersebut akan diputar di Hospitality Building, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung* - Jalan Dr. Setiabudi No.186 Bandung, pada tanggal 14 Juli 2012, pukul 15.00 WIB - selesai. Selain memutarkan enam karya peserta Tourism Movie Competition 2012, pemutaran film ini juga di selingi dengan pemutaran film dokumenter karya Nia Dinata yang berjudul "Batik Our Live Story", serta pemberian penghargaan kepada masing-masing kategori pemenang.

Google Umumkan Buka Kantor di Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Google mengumumkan kehadirannya untuk membuka kantor resmi di Indonesia. Pada saat yang bersamaan, dalam acara yang bertempat di Cafe Jack Rabbit, Kuningan, Jakarta (30/3) ini Google juga mengumumkan penunjukkan Rudy Ramawy sebagai Country Head Google Indonesia.

Sebelum bergabung dengan Google, Rudy memulai karir di beberapa perusahaan seperti RCTI, Procter & Gambler, Sony Music Entertainment Indonesia, Warner Music Malaysia, dan Axis Telecom Indonesia. Rudy menuturkan,"Saya menyambut dengan suka cita kepada masyarakat dan partner di Indonesia. Kepercayaan kepada Google, membuat kami percaya bahwa keberadaan Google mampu memberikan pergerakan positif kepada masyarakat luas. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan yang lebih baik lagi, terutama dengan hadirnya tim kami di Jakarta."

Kiprah Google di Indonesia

Kehadiran Google sejak beberapa tahun lalu telah memberikan respon positif, terlebih dengan berbagai produk yang dihadirkan Google untuk masyarakat luas di Indonesia. Bermula dari kehadiran peluncuran Google Chrome 5 di Indonesia pada Juni 2010, lalu Google Chrome Indonesia yang bermitra dengan 7 perusahaan dan 8 seniman lokal untuk menciptakan extension dan themes yang membuat tampilan Chrome bernuansa karakteristik Indonesia pada Juli 2010. 

Google juga menghadirkan peta tanah air melalui Google Maps yang memberikan kemudahan menjelajah wilayah Indonesia pada Oktober 2010. Pada saat yang bersamaan, kehadiran Google Maps Indonesia juga dapat dinikmati langsung melalui perangkat bergerak. Google juga menggelar acara Google Developer Festival 2010 di Binus University yang merupakan acara tahunan tingkat internasional Google untuk memperkenalkan berbagai teknologi terbarunya di waktu yang sama. Acara Google DevFest 2010 ini mempu menjaring sebanyak 700 developer yang turut berpartisipasi.

Maret 2011, Google kembali menghadirkan Google Voice Search dalam Bahasa Indonesia, merupakan bahasa pertama di wilayah Asia Tenggara yang mengenali produk ini. Pada saat yang bersamaan, Google juga memperkenalkan fitur pencarian dengan gambar melalui Google Googles. Pada Juni 2011, Google menghadirkan kemudahan pengguna untuk memantau kepadatan lalu lintas Jakarta melalui Google Maps Traffic, bahkan pengguna dapat memantau langsung melalui ponsel pintar yang tentunya semakin memudahkan masyarakat lokal saat berpindah lokasi. Bulan September 2011, Google menggelar kampanye pertamanya bertema "Jadikan Internet Seluas Kreasimu" yang bertujuan untuk memanfaatkan dunia maya sebagai media berbagi informasi dan platform kolaboratif bersama dengan Blood For Life dan Indonesia Berkebun.

Pada awal tahun 2012 lalu, Google bersama mitra kerjanya meluncurkan Bisnis Lokal Go Online, dimana program ini dilaksanakan melalui kemitraan dengan Kementrian UKM, Kementrian Perindustrian, KADIN, PANDI, Bakrie Connectivity, APTIKOM, Melsa dan Multiply.com. Pada bulan Februari lalu, Google juga meluncurkan toko Chrome Web Store Indonesia yang bermitra dengan 11 perusahaan lokal untuk membuat 11 aplikasi dan game. Mitra Google di Indonesia termasuk Kompas, Kapanlagi, Gramedia, blibli.com dan Touchten.

Di akhir acara, Rudy belum menginformasikan dimana letak lokasi akan keberadaan kantor Google di Indonesia. Namun yang pasti, lokasi tersebut masih dalam tahap renovasi dan akan segera hadir dalam waktu dekat di tahun ini

Gmail Tap, Cara Menulis Email Cepat ala Google?

Posted:



CHIP.co.id - Pengetikkan dengan sistem QWERTY telah diciptakan sejak tahun 1874, dan kini Google menghadirkan cara baru dalam mengetik email dengan cepat melalui Gmail Tap. Sistem pada pengetikan Gmail Tap mengambil pola sederhana dari kombinasi titik dan garis yang akan mewakili huruf alfabet seperti kode morse, sehingga pengguna akan mempercepat proses pembuatan email (1/4).

Pengguna dipermudah dengan fitur Gmail Tap yang akan muncul saat melakukan pembuatan email. Pengguna hanya perlu menekan tombol titik atau garis yang terlihat pada layar ponsel, dan mengkombinasikannya sesuai dengan tabel berikut:



Gmail Tap juga menghadirkan pembuatan multi-email sekaligus dengan layar yang terbagi 2, sehingga pengguna dapat melakukan secara cepat. Gmail Tap ponsel hadir untuk ponsel pintar Android dan Apple.



Tapi nanti dulu, saat CHIP melakukan pengecekan untuk mengunduh file terkait, CHIP sempat terkecoh, rupanya ini adalah April Mop ala Google, jadi seyogyanya tidak menganggapnya serius, pun dengan video yang ditampilkan pada halaman Gmail Tap. Tapi siapa tahu ini merupakan inovasi tersembunyi dari Google yang akan menghadirkan cara baru dalam menulis cepat, atau hanya kelakar saja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar