Rabu, 18 April 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Preview iPad 3

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Produk terbaru Apple iPad 3 yang baru saja diluncurkan pada bulan Maret 2012 lalu kini sudah hadir di tangan redaksi CHIP Indonesia.

Jika Anda melihat penampakan sekilas iPad 3, sudah pasti langsung terbayang dua iPad series sebelumnya, iPad 2 atau pun iPad 1. Yakni, sama-sama memiliki lebar 7.31 inci, panjang 9.50 inci dan penempatan kamera pada bodi depan dan belakang persis sama dengan iPad 2.

Tetapi apabila Anda melihat lebih detail di dalamnya, iPad 3 terbaru sudah dilengkapi dengan Dual-core Apple A5X custom-designed, RAM 1 GB, koneksi jaringan 3G transitional LTE dan model 4G , kamera 5 megapiksel iSight camera (autofocus), dan kualitas rekam 1080p HD.

Jika Anda ingin mengetahui detail dari iPad 3 Hands On! yang dilakukan oleh tim Lab. CHIP Indonesia, nantikan ulasan lengkapnya. 

Perbandingan iPad 3 dan iPad 2

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Setelah memegang penampakan terbaru Apple iPad 3, tim CHIP Indonesia mencoba untuk membandingkan, seperti apa perbedaan jelas antara iPad 3 dan iPad 2. Berikut ini penjelasannya:

Sekilas penampakan antara iPad 3 dan iPad 2 tidak banyak berbeda. Karena pada edisi terbaru keluarga iPad ini sama-sama ditemukan desain simple, khas seorang Steve Jobs.

Selain penampakan yang hampir sama, ternyata di dalam komponen iPad 3 dan iPad 2 sangatlah berbeda:

  • Pertama, iPad 2 memiliki dimensi 241.2 x 185.7 x 8.8 mm, sedangkan iPad 3 berdimensi 241.2 x 185.7 x 9.4 mm. Dari penampakan dimensi ini, maka jelas terlihat bahwa iPad 3 memiliki ketebalan 0.6 mm, apabila dibandingkan dengan iPad sebelumnya.
  • Kedua, iPad 3 memiliki prosesor Dual-Core Apple A5X yang lebih canggih dengan iPad 3.
  • Ketiga, iPad 2 memiliki koneksi Bluetooth 2.1 + EDR, sedangkan iPad 3 telah dilengkapi dengan Bluetooth 4.0.
  • Keempat, iPad 3 telah dilengkapi dengan kamera sebesar 5 megapiksel dan memiliki autofokus, sedangkan kamera yang ada di iPad 2 hanya sebesar 0.7 MP.

Inovasi I/O dan Fitur Jaringan Intel Xeon E5-2600/1600

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sejalan pertumbuhan lalu-lintas data yang luar biasa, menjadi hal yang penting bahwa sistem tidak hanya meningkatkan kemampuan komputasional, tetapi juga memungkinkan data untuk mengalir lebih cepat untuk mendukung aplikasi yang selalu membutuhkan data dan meningkatkan bandwidth di data centre. Prosesor Intel Xeon E5-2600 mampu memenuhi kebutuhan ini berkat Intel Integrated I/O (Intel IIO) dan Intel Data Direct I/O (Intel DDIO).

Prosesor Intel Xeon E5-2600/1600 merupakan prosesor server pertama yang mengintegrasikan I/O controller yang mendukung PCI Express 3.0 langsung ke mikroprosesor. Pengintegrasian ini dapat mengurangi jeda hingga 30 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sekaligus berhasil menggandakan bandwidth I/O2.

Intel DDIO memungkinkan pengendali dan adapter Ethernet Intel untuk mengatur lalu lintas I/O langsung ke cache prosesor, mengurangi jarak perjalanan ke memori sistem. Kombinasi yang hebat ini hadirkan throughput server 3 kali lebih besar dari generasi sebelumnya, sambil terus mengurangi konsumsi daya dan jeda I/O (latency).

Kemampuan kinerja tinggi dipadu dengan I/O terintegrasi Intel dan fitur storage tingkat lanjut seperti PCIe non-transparent bridging dan asynchronous DRAM refresh, membuat prosesor Intel Xeon E5-2600 menjadi pilihan ideal untuk solusi storage dan komunikasi.

Meningkatnya kebutuhan bandwidth yang didorong oleh virtualisasi server dan data serta konsolidasi jaringan storage menyebabkan pertumbuhan yang kuat untuk penggunaan Ethernet 10 Gigabit. Hal ini terbukti dengan jumlah pengiriman port adapter yang melebihi satu juta unit di masing-masing kuartal pada 20117 lalu.

Solusi chip-tunggal 10GBASE-T ini didesain untuk LAN pada Motherboard (LOM) berbiaya rendah dengan penggunaan daya yang rendah pula. Solusi ini juga telah mencakup dukungan untuk Virtualisasi I/O dan Unified networking yang fleksibel tanpa memerlukan biaya tambahan.

Kinerja dalam Watt Minimalis

Mendukung hingga delapan core per prosesor dan sistem memori sampai dengan 768 GB, keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 mampu meningkatkan kinerja hingga 80% dibandingkan seri generasi sebelumnya, prosesor Intel Xeon 5600. Produk tersebut juga mendukung Intel Advanced Vector Extension (Intel AVX) yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan perhitungan intensif, seperti pada analisis keuangan, pembuatan konten media, dan komputasi kinerja tinggi, hingga dua kali lipat8.

Teknologi built-in tambahan, seperti Intel Turbo Boost Technology 2.0, Intel Hyper-Threading Technology, dan Intel Virtualization Technology memberikan TI fleksibilitas dalam meningkatkan kinerja infrastruktur secara dinamis. Peningkatan kinerja ini telah menghantarkan keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 untuk mencatatkan rekor dunia terbaru dalam performa dual socket x86.

Data centre modern harus dapat meningkatkan kemampuan kinerja mereka, tetapi hal ini perlu dilakukan secara efisien dengan cara mengurangi konsumsi daya dan juga biaya operasional. Keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 melanjutkan fokus Intel dalam menekan biaya total kepemilikan melalui peningkatan kinerja dan efisiensi energi dengan lebih dari 50 persen3, dihitung menggunakan SPECpower_ssj 2008 dan dibandingkan dengan prosesor Intel generasi sebelumnya Xeon 5600.

Jajaran prosesor baru ini menawarkan dukungan untuk pengawasan dan pengendalian penggunaan daya melalui Intel Node Manager dan Intel Data Center Manager. Kedua tool tersebut akan menyediakan informasi real-time dan akurat terkait penggunaan daya dan kondisi termal sehingga dapat dengan mudah dipantau melalui tampilan manajemen sistem. Sebagai tambahan, kinerja terdepan Intel memungkinkan para pengelola TI untuk memenuhi tantangan yang terus meningkat, sementara tetap dapat mengoptimalkan penggunaan lisensi perangkat lunak serta biaya yang dikeluarkan.

Kaspersky Security for Virtualization Hadir di Pasar Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Kaspersky Lab, pengembang solusi pengamanan dan pengelola ancaman, pada hari ini (17/4) meluncurkan Kaspersky Security for Virtualization (KSV) yang ditujukan untuk melindungi infrastruktur perusahaan TI dari ancaman malware dan penjahat dunia maya. KSV menghadirkan pengamanan infrastruktur dengan bekerjasama dengan VMware vShield Endpoint. Penambahan pengguna menjadi mudah dilakukan dengan kehadiran KSV, karena pengaturan dapat dilakukan dengan mudah, hanya melalui satu pintu yang dapat mengamankan berbagai platform, serta bersifat agent-less.

Hadir pada acara di Bebek Bengil Resto, Jakarta adalah (foto dari kiri-kanan) Jesmond Chang selaku Assistant Manager, Corporate Communications Southeast Asia bersama dengan Gun Suk Ling selaku Direcctor Corporate Sales Kaspersky Lab APAC.

Pertumbuhan malware yang berkembang pesat berbanding sejajar dengan resiko penyerangan dan penyebaran malware setiap harinya. Pertumbuhan malware yang unik setiap harinya, berubah dari setiap menit menjadi setiap detik, dan tercatat terdapat 70.000 per hari. Data statistik pun menunjukkan serangan yang semakin meningkat, tercatat pada tahun 2011 terdapat serangan sebanyak 1,25 milyar per harinya, mengalami peningkatan pada tahun ini menjadi 1,5 milyar per harinya. Namun dari sisi perkembangan perangkat komputer dan virtualisasi, Indonesia masih mengalami peningkatan dengan baik sebesar dua digit persentase, dibandingkan dengan negara lain yang hanya satu digit persentase.



Kaspersky menyadari akan perkembangan malware yang kian pesat, sehingga menawarkan solusi bagi perusahaan yang mengimplementasikan virtualisasi dengan menghadirkan KSV. Gun Suk Ling mengatakan,"Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan virtualisasi yang cukup baik. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki potensi pasar yang baik bagi KSV".

Gun Suk Ling juga mengungkapkan bahwa semakin banyak Anda mengakses internet dari berbagai platform ataupun perangkat untuk mendapatkan atau berbagi informasi, semakin besar pula tingkat kemungkinkan data Anda diakses oleh publik. Penggunaan akses dari lingkungan virtual, lingkungan fisik dan lingkungan bergerak memberikan berbagai kemungkingan besar untuk mendapatkan serangan dan ancaman di dunia maya. Hal ini tentunya merupakan pekerjaan berat dari pihak IT di perusahaan dalam mengamankan data penting, seperti melakukan update secara berkala pada beberapa lingkungan, dan beberapa server. Untuk itulah KSV merupakan solusi yang memudahkan pihak IT dalam melakukan pengaturan, baik saat melakukan update juga menambahkan akses untuk pengguna.

KSV merupakan keamanan anti-malwware agent-less untuk lingkungan virtual, termasuk data center virtual, server virtual, dan desktop yang dioperasikan dengan platform virtualisasi VMware. Efisiensi dari KSV mencakup mesin anti-malware tersentralisasi dan basis data pengenal virus (signature).

KSV dikelola menggunakan konsol manajemen universal Kaspersky yaitu Kaspersky Security Center. Dashboard ditampilkan hanya satu pintu yang memberikan gambaran status perlindungan secara cepat hingga  pengelolaan secara terpusat secara otomatis mendeteksi setiap mesin virtual pada jaringan.

Gun Suk Ling menutup acara dengan mengatakan,"KSV tetap menghadirkan performance yang baik, selain tentunya memiliki perlindungan maksimal pada lingkungan virtual, dan keduanya berjalan  seimbang baik dari kecepatan dan keamanan.

MSI Hadirkan Kartu Grafis GTX 680 Twin Frozr

Posted:



Taipei, Taiwan, CHIP.co.id - Pada beberapa hari lalu, NVIDIA baru saja mengumumkan kehadiran GeForce GTX 680, kali ini MSI secara resmi mengumumkan kehadiran kartu grafis GTX 680 Twin Frozr/OC. Kartu grafis terbaru dari MSI ini hadir dengan dukungan NVIDIA terbaru dengan memori 2 GB dan dukungan PCI Express Gen3 (12/4).

GTX 680 Twin Frozr/OC yang populer dengan desain thermal Twin Frozr III, hadir dengan dual 80mm Propeller Blade, heat sink dengan bahan lapisan tembaga berlapis nikel dan berteknologi SuperPipe. Kartu grafis MSI ini memiliki suhu 22 derajat lebih rendah dengan putaran kipas sebesar 10.2dB, memberikan keseimbangan antara keheningan dengan kemampuan pendingin maksimal.



Teknologi Propeller Blade dari Twin Frozr III yang telah dipatenkan di beberapa negara, menghadirkan saluran aliran udara khusus pada setiap tepi kipas untuk memasok aliran udara sebesar 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan kipas konvensional. MSI mampu memberikan putaran kipas yang hening, pun dengan pasokan udara yang lebih besar dibandingkan kipas pada kartu grafis lainnya.



MSI GTX 680 Twin Frozr/OC menghadirkan utilitas overclocking Afterburner, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tweak pada pengaturan daya dan setting clock untuk memaksimalkan kinerja kartu grafis Anda.

Kartu grafis GTX 680 Twin Frozr/OC juga menghadirkan NVIDIA 3D Vision Surround dan keluaran 4 monitor/layar hanya menggunakan sebuah kartu grafis, memberikan tampilkan saat Anda memainkan game ataupun melakukan pekerjaan secara multitasking.

Spesifikasi

  • Graphics Engine: GeForce GTX 680
  • Interface: PCI Express x16 3.0
  • Memory Type: GDDR5
  • Memory Size(MB): 2048
  • Memory Interface: 256 bits
  • Core Clock Speed(MHz): 1058 (Boost Clock: 1124)
  • Memory Clock Speed(MHz): 6008 (3004x2)
  • DVI Output: 2
  • HDMI-Output: 1
  • DisplayPort: 1
  • HDCP Support: Ya
  • HDMI Support: Ya
  • Dual-link DVI: Ya
  • Display Output (Max Resolution): 2560 x 1600
  • RAMDACs: 400
  • DirectX Version Support: 11
  • OpenGL Version Support: 4.2
  • SLI Support: Ya
  • 3-way SLI: Ya
  • Card Dimension (mm): 270 x 129 x 38.75

Maraknya Kejahatan di Dunia Maya, Jelang Olimpiade 2012

Posted:


CHIP.co.id - Trend Micro menegarai makin banyaknya penipuan mendekati pembukaan Olimpiade 2012. Ajang pesta olahraga dunia tahunan yang akan diselenggarakan pada bulan Juli, di London ini menarik perhatian berbagai kalangan, tak terkecuali para pelaku kejahatan cyber. Mereka pun meluncurkan skema penipuan agar para user terjebak dengan cara mengakses link yang tertera di papan reklame pada layar utama.

User pasti sangat ingin menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade 2012 yang diadakan di London secara langsung seperti yang dijanjikan oleh para sponsor Visa Golden Space demi menarik user untuk mengambil kesempatan hadiah paket perjalanan menuju acara tersebut. Padahal penawaran tersebut palsu.

Siapa yang tak ingin menyaksikan upacara penutupan Olimpiadi London 2012 secara langsung? Dan saat ada yang melihat penawaran tersebut, tentu saja sangat sulit untuk menolaknya. Visa Golden Space seolah menawarkan iming-iming hadiah paket perjalanan untuk menonton acara tersebut secara langsung. Padahal penawaran yang ada itu sesungguhnya tidak pernah ada.

Trend Micro juga menemukan adanya malware atas sebuah file Early Check-In 2012 London Olympics.doc. File ini terdeteksi TROJ_ARTIEF.XPL, yang memuat RTF Stack Buffer Overflow Vulnerability dan ditemukan dibeberapa versi pada komponen Microsoft Office. Jika berhasil, malware ini akan merusak beberapa sistem di komputer yang terdeteksi oleh Trend Micro sebagai  TROJ_DROPHIN.A dan  TROJ_PHINDOLP.A.

Ini bukan skema kali pertama yang digunakan dalam event ini untuk menarik perhatian para user untuk mengakses link yang tersedia. Di awal tahun 2008, Trend Micro menemukan adanya  spammed message yang mengaku undian yang ditarik oleh Komite Olimpiade 2012 di London.

Kami juga melaporkan adanya spam campaign yang mengatasnamakan Olimpiade London 2012. Ditambahkan  pula, social engineering e-guide kami menjelaskan rekayasa tersebut selalu dipenuhi pada saat musim-musim tertentu yang menjadikan user sebagai target sasarannya. Penawaran online tersebut sekilas tampak nyata, namun banyak email mencurigakan memancing para user.  Semua taktik ini dapat menyebabkan Anda secara tidak sengaja memberikan informasi pribadi untuk malware yang diunduh pada komputer Anda.

Informasi pribadi yang Anda berikan tidak sebanding dengan risiko kesempatan untuk memenangkan undian yang sesungguhnya tidak pernah ada. Sebelum Anda klik link sebuah email, ada baiknya selidiki terlebih dahulu lebih jauh.

Intel Hadirkan Xeon E5-2600 untuk Mengatasi Ledakan Data

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Untuk mengatasi pertumbuhan data yang menakjubkan di cloud, Intel Corporation mengumumkan hadirnya keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600/1600. Prosesor untuk segmen server ini menjanjikan kelebihan dibanding pendahulunya. Kelebihan tersebut diantaranya kinerja lebih baik, kemampuan per watt lebih baik, terobosan inovasi I/O, dan fitur keamanan perangkat keras yang andal. Sehingga dengan fitur tersebut memungkinkan hadirnya solusi TI dengan skalabilitas yang baik. Jajaran prosesor baru ini tidak hanya menjadi jantung dari server dan workstation, namun juga akan menjalankan generasi storage masa depan serta sistem komunikasi dari para vendor terkemuka di seluruh dunia.

Pada tahun 2015 nanti diperkirakan akan ada 15 milyar perangkat terhubung dengan total angka pengguna mencapai lebih dari 3 milyar. Intel memprediksi lalu-lintas IP dari data centre di seluruh dunia diperkirakan akan bertumbuh sebesar 33% tiap tahunnya hingga tahun 2015. Secara keseluruhan jumlahnya akan melebihi 4,8 zetabyte per tahun. Hal ini berarti 3 kali lebih besar dari jumlah data pada tahun 2019. 

Pada tahap ini, setiap pengguna terhubung akan menghasilkan lebih dari 4 GB data setiap harinya, setara dengan film HD berdurasi 4 jam. Keadaan ini akan meningkatkan jumlah data yang harus disimpan hingga 50% per-tahunnya. Untuk mengimbangi pertumbuhan data ini, jumlah server cloud di seluruh dunia diperkirakan harus berkembang tiga kali lipat lebih besar pada tahun 2015.

Kunci utama untuk memungkinkan skalabilitas dalam TI adalah kinerja, efisiensi energi, bandwidth I/O, dan keamanan. Dengan kombinasi terbaik kinerja, beragam teknologi built-in, dan efektivitas biaya, keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 terbaru hadir memenuhi kebutuhan kunci tersebut dan menjadi jantung dari data center generasi berikutnya dengan menjalankan sistem server, storage, serta komunikasi.

“Pertumbuhan cloud computing dan perangkat terhubung mengubah cara para bisnis memanfaatkan produk dan layanan TI. Agar bisnis dapat memanfaatkan inovasi ini, industri harus menjawab tuntutan akan infrastruktur data center yang efisien, aman, dan berkinerja tinggi. Keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 didesain untuk memenuhi tantangan ini dengan menawarkan kinerja yang seimbang dan tidak tertandingi di bidang komputasi, storage, maupun jaringan, sekaligus mengurangi biaya operasional," ungkap Arya Sanjaya, Business Development Manager at Intel Corporation Indonesia.

Prosesor Xeon E5-2600 akan ditawarkan dengan paket berbeda dengan rentang harga mulai dari USD198 hingga USD 2.050 per 1.000 unit. Sebagai tambahan, tiga soket tunggal prosesor Intel Xeon E5-1600 akan ditawarkan untuk penggunaan workstation dengan kisaran harga dari USD 284 hingga USD 1.080. Perincian harga lebih lengkap dapat dilihat di Intel Newsroom. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai prosesor Intel Xeon baru ini, silakan kunjungi www.intel.com/xeon. Untuk detail lebih mendalam mengenai rekor dunia dan klaim lainnya, silakan kunjungi www.intel.com/performance/server/.

Sony Xperia S, Tanpa Embel-embel Ericsson

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Ola Lilja Molén, Head of South East Asia Market Sony Mobile Communication baru saja memperkenalkan smartphone terbaru dari Sony, Xperia S. Smartphone terbaru dari Sony ini adalah keluarga Xperia pertama yang tidak memiliki embel-embel Ericsson.

"Menggabungkan yang terbaik dari teknologi Sony dan hiburan bernuansa premium, ponsel-ponsel pintar Xperia S yang baru saja diluncurkan ini menawarkan pengalaman koneksi yang utama untuk para konsumen," ungkap Ola.

Seperti penjelasan fitur Xperia S yang telah diungkapkan oleh tim CHIP Indonesia beberapa waktu lalu, smartphone ini dilengkapi dengan layar resolusi 1280 x 720 pixel yang akan memanjakan mata Anda saat menonton video ataupun bermain game.

Dikemas dalam dimensi 128 x 64 x 10,6 mm, smartphone yang dibanderol harga Rp 5,499 juta ini telah dilengkapi dengan fitur NFC. Selain itu masih ada fitur kamera 12 MP, prosesor dual-core 1,5 GHz dan chipset Qualcomm MSM8260 Snapdragon yang handal digunakan untuk menjelajah dunia Android yang menyenangkan.

Spesifikasi Sony Xperia S:

  • OS: Android OS, v2.3 (Gingerbread), planned upgrade to v4.0
  • Chipset: Qualcomm MSM8260 Snapdragon
  • CPU: Dual-core 1.5 GHz
  • GPU: Adreno 220
  • Dimensions: 128 x 64 x 10.6 mm, Weight: 144 g
  • Display: Type LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, Size 720 x 1280 pixels, 4.3 inches (~342 ppi pixel density), Multitouch up to 10 fingers, Protection Scratch-resistant glass, Sony Mobile BRAVIA Engine
  • Memory: Internal 16/32 GB, 1 GB RAM, Eksternal Not Support
  • Camera: Primary 12 MP, 4000x3000 pixels, autofocus, LED flash; Secondary 1.3 MP, 720p@30fps
  • Video: 1080p@30fps, continuous autofocus, video light, video stabilizer
  • Network: 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; 3G Network HSDPA 900 / 2100 - LT26i HSDPA 850 / 1900 / 2100 - LT26a
  • Battery: Standard battery, Li-Ion 1750 mAh, Stand-by Up to 450 h (2G) / Up to 420 h (3G), Talk time Up to 7 h 30 min (2G) / Up to 8 h 30 min (3G), Music play Up to 25 h
  • Colors: White, Black

 

Paket Hemat 24 Jam AXIS Sasar Konsumen di Sumbar dan Kepri

Posted:


CHIP.co.id - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam menghadirkan produk dan layanan yang relevan bagi pelanggan, AXIS meluncurkan penawaran terbaik “Rajanya Hemat 24 Jam” untuk pelanggan di wilayah Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Pelanggan AXIS di wilayah ini akan mendapat GRATIS 500 SMS hanya dengan mengirimkan satu SMS dengan tarif Rp150. Penawaran terbaik ini berlaku sepanjang hari, setiap hari mulai 12 April 2012.

Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan mengatakan, “Saat ini, kami memiliki promosi terbaik dengan penawaran terbaik untuk menelepon  bagi pelanggan di wilayah Sumatera Barat dan Kepulauan Riau,  GRATIS menelpon sepuasnya ke sesama AXIS setelah pemakaian telepon Rp1.000." Selain itu, AXIS juga menyempurnakan penawaran tersebut dengan penawaran terbaik untuk SMS. Pelanggan hanya perlu mengirim satu SMS dengan tarif Rp150 untuk menikmati GRATIS 500 SMS.

Dengan promo “Rajanya Hemat 24 Jam”, pelanggan baru AXIS di wilayah Sumatra Barat dan Kepulauan Riau dapat menikmati program ini hanya dengan mengaktifkan kartu perdana AXIS  mereka. Pelanggan lama AXIS juga dapat menikmati promo ini melalui akses UMB *123# dengan biaya Rp1.000. Program ini berlaku 24 jam dan setiap 7 hari. Lebih dari itu, semua pelanggan AXIS di wilayah tersebut dapat terus menikmati penawaran AXIS GRATIS menelepon sepuasnya ke semua pelanggan AXIS setelah menelepon Rp1.000 ke sesama pelanggan AXIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar