Kamis, 12 April 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Aplikasi Instagram Nomor Satu di App Store Apple

Posted:

CHIP.co.id - Setelah diakuisisi oleh Facebook, nampaknya keberuntungan lain menghampiri Instagram. Dampak besar yang dirasakan oleh aplikasi sharing foto tersebut adalah mereka mendapatkan popularitas. Untuk pertama kalinya, Instagram menjadi aplikasi nomer satu di App Store Apple.

Developer Instagram pun mengungkapkan bahwa saat ini mereka telah memiliki 30 juta pengguna pada ponsel iPhone. Mereka juga mengungkapkan taget pengguna Instagram dalam waktu dekat akan melampaui 50 juta pengguna, apabila dikolaborasikan dengan pengguna iPhone dan Android.

RIM Akan Hubungkan BBM dengan Facebook dan Twitter

Posted:

Waterloo, CHIP.co.id - Bersiaplah para pengguna BlackBerry, karena ada kabar gembira bagi Anda yang menggunakan BlackBerry Messenger (BBM). Pasalnya, beberapa aplikasi favorit Anda yang ada di BlackBerry App World akan terhubung dengan contact list BBM.

Research in Motion (RIM) baru saja mengumumkan bahwa handset BlackBerry-nya sudah dapat terkoneksi dengan beragam aplikasi social media. Langkah ini diambil RIM agar komunitas BBM tetap saling terhubung. Serangkaian aplikasi populer, seperti Facebook, Twitter, BlackBerry Travel,BlackBerry App World dan BBM Music sekarang akan dilengkapi dengan BBM connectivity yang dapat mempermudah pengguna untuk terus terhubung dengan kontak BBM mereka.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa RIM telah mengintegrasikan BBM connectivity ke sejumlah aplikasi populer kami," ungkap Alec Saunders, VP Developer Relations RIM.

Dijadwalkan konektivitas beragam aplikasi terkoneksi tersebut dapat diunduh dalam 10 hari ke depan melalui BlackBerry App World (www.blackberry.com/appworld). Terus amati saluran sosial BlackBerry untuk mengetahui kapan masing-masing aplikasi akan tersedia.

Integrasi Aplikasi Facebook dan Twitter dengan BBM

Facebook untuk smartphone BlackBerry (versi 3.0) dan Twitter untuk smartphone BlackBerry (versi 3.0) sekarang mempermudah pengguna untuk secara otomatis membagikan status Facebook atau Tweet terbaru ke teman-teman di BBM langsung melalui aplikasi tersebut.

BlackBerry Travel Menjadi Lebih Sosial


Sekarang akan lebih mudah dari sebelumnya untuk berbagi tentang rencana perjalanan Anda. Aplikasi BlackBerry Travel terbaru (versi 2.5) sekarang sudah BBM-connected dan mempermudah para pengguna untuk berbagi rencana perjalanan dan perubahan pesawat secara langsung ke kontak BBM tertentu atau ke seluruh komunitas BBM mereka.

Berbagi Aplikasi Dengan BlackBerry Tag


Dengan BBM (versi 6.2) dan BlackBerry App World (versi 3.1.2), para pengguna dapat dengan mudah memperbarui profil BBM mereka untuk berbagi tentang aplikasi terbaru yang baru saja mereka unduh di BlackBerry App World.

Dengan versi terbaru dari BlackBerry App World, para pengguna dapat juga secara instan berbagi informasi tentang aplikasi favorit atau daftar aplikasi yang telah mereka unduh dengan teman-teman mereka menggunakan BlackBerry Tag.

BBM dengan Fungsi Avatar Animasi Baru


Selain integrasi dengan BlackBerry App World, BBM (versi 6.2) telah dibuat lebih baik dengan meningkatkan pengalaman personal. Hal ini termasuk pilihan baru avatar animasi, cara yang lebih mudah untuk memperbarui pesan personal di profil mereka, dan mempermudah para pengguna untuk secara cepat mengirimkan voice notes.

NOKIA Gandeng Akademia Jogja Gelar Jogja Game Expo dan Mobile Games Developer War

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Nokia Developer kembali mengadakan Jogja Game Expo di tahun 2012 ini dan Mobile Games Developer War yang ke-3. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Jogja Information Technology Session 2012 (atau disingkat JOINTS 2012), yang tahun ini diadakan untuk kesebelas kalinya. 

seperti tahun sebelumnya, Nokia menggandeng elemen mahasiswa di Kota Pelajar untuk turut serta meramaikan JGE 2012 dan Mobile Games Developer War 3. Dalam hal ini, Nokia bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (Himakom UGM).

Dalam event Mobile Games Developer War, pengembang game ditantang unutk membuat game yang menarik perhatian pengguna handset Nokia S40. Menurut Narendra Wicaksono, Developer manager Nokia South East Asia, "Kompetisi Mobile Games Developer War ini merupakan komitmen Nokia untuk membantu mengembangkan potensi developer game mobile lokal." Karena itu, Nokia membuka kesempatan kepada semua kalangan dan membebaskan biaya pendaftaran. Peserta yang terdaftar nantinya berhak mengunggah game buatannya ke Nokia Store.

Sementara itu menurut Ketua Panitia JOINTS 2012, Muhammad Arief Ismaidi, JOINTS 2012 yang diselenggarakan bersama Nokia Developer Indonesia kali ini menambahkan kategori game konten lokal terbaik. Ini dilakukan untuk memberi apresiasi developer yang ingin mempromosikan budaya Indonesia."Dengan membuat game dan memasarkannya ke dunia internasional, bangsa luar bisa mengetahui betapa kayanya budaya dan pariwisata Indonesia," terang Arief.

Selain itu, JOINTS 2012 juga memiliki agenda JGE 2012 yang salah satu rangkaian kegiatannya adalah seminar dan workshop game. Sementara babak final Joga Game Expo 2012 akan diselenggarakan di Malioboro Mall pada 20 Mei 2012.

Untuk informasi lebih lanjut: http://jointsugm.com/jge

 

Aplikasi ICQ Messenger Hadir di Perangkat Apple dan Android

Posted:



CHIP.co.id - Masih ingatkah Anda dengan program chatting ICQ? Program chatting ICQ pada jamannya hadir dengan berbagai interaksi layaknya jejaring sosial saat ini. ICQ tidak hanya menghadirkan interaksi chatting, namun pada masa lalu dapat bertukar informasi dan file. Kini program tersebut hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat Anda akses melalui perangkat Apple dan Android.



ICQ menghadirkan akses dengan sederetan angka sebagai identitas diri. Berapa banyakkah dari kalian yang masih mengingat nomor id ICQ Anda? CHIP merasa bahwa Anda sudah melupakan nomor id ICQ Anda. Kali ini kehadiran aplikasi ICQ di perangkat bergerak dapat Anda buat kembali dengan melakukan proses registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan nomor ponsel Anda.



Aplikasi ICQ memberikan nuansa chatting terintegrasi, dimana kemudahan chat melalui Facebook, Google Talk ataupun AIM, dapat hadir dalam satu layar. Anda juga dapat melakukan aktivitas dengan cepat ke jejaring sosial Facebook, Twitter, YouTube ataupun Flickr.

Aplikasi ICQ Messenger dapat melakukan cross-platform baik dari PC, Mac OS, Apple, Android, Symbian, Blackberry, Java, Windows Phones, Bada, dan Mobile web. Untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan unduh melalui App Store ataupun Google Play.

Google Hadirkan YouTube di Jejaring Sosial Orkut

Posted:



CHIP.co.id - Masih ingatkan Anda dengan jejaring sosial besutan Google dengan nama Orkut? Orkut merupakan jejaring sosial yang hadir di era tahun 2000-an, dimana pada waktu itu memerlukan undangan dari sahabat Anda agar Anda dapat membuat akun Orkut. Kali ini Google mengintegrasikan YouTube ke jejaring sosial Orkut yang memudahkan Anda untuk dapat menonton video tanpa perlu membuka halaman situs baru.



Jejaring sosial Orkut dapat Anda akses melalui akun Gmail Anda, sehingga memudahkan untuk melakukan login tanpa perlu menuliskan informasi Anda kembali. Di tahun 2012 ini, Orkut menghadirkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam membuat akun jejaring sosial Anda menjadi semakin bersifat personal.

Orkut telah menghadirkan berbagai fitur tambahan seperti themes menarik, kemudahan berinteraksi antar komunitas, tampilan modern dan klasik, bahkan telah dapat Anda akses dengan mudah melalui perangkat Android ataupun Apple.

Apakah kehadiran Orkut dapat menyaingi Facebook di masa mendatang? Kita tunggu saja upaya Google dalam melakukan terobosan baru akan fitur yang ditambahkan dari waktu ke waktu pada Orkut, sedangkan disisi lain, Google telah menghadirkan Google+ dengan tampilan yang lebih sederhana dan lebih mudah.

Solusi Mudah Mencari Kado Unik melalui Situs Fokado

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Mencari kado/hadiah untuk rekan atau pasangan Anda memerlukan waktu yang tidak singkat, Anda harus memasuki toko satu per satu dan melihat item apa yang cocok sebagai hadiah. Padatnya aktivitas keseharian dan rutinitas membuat Anda kesulitan untuk meluangkan waktu, bahkan untuk meninggalkan bangku kantor Anda. Kini hadir situs lokal Fokado yang memberikan kemudahan kepada Anda yang memerlukan hadiah unik.

Fokado, situs lokal yang telah soft launch pada awal Februari lalu, menyediakan berbagai macam experience gift yang menarik. Hadiah merupakan sesuatu yang tak terlupakan, sebut saja hadiah untuk ulang tahun pernikahan, atau hadiah ulang tahun sahabat dekat Anda.



Situs Fokado dapat mengirimkan gift certificate yang dikemas dalam box cantik ke alamat yang dituju tanpa memaksa Anda meninggalkan meja kerja Anda. Penerima hadiah dapat ditujukan kepada orang tua, sang buah hati, pasangan Anda, sahabat, ataupun kolega perusahaan.

Fokado menghadirkan lebih dari 50 jenis item yang terbagi ke berbagai jenis umur. Untuk sang buah hati, tersedia petualang menarik melalui Rumah Robot, SPA coklat, pony riding, ataupun belajar sulap. Untuk pecinta tantangan, hadir dengan paradigling, river boarding, microlight flight, hingga diving dapat menjadi sebuah hadiah tak terlupakan.

Untuk Anda yang memerlukan kemudahan memberikan kado unik, silahkan kunjungi situs www.fokado.com.

Western Digital Hadirkan My Passport Studio 2 TB untuk Mac

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Pada Oktober 2011, Western Digital (WD) meluncurkan My Passport Studio For Mac dengan kapasitas 1 TB di Indonesia, dan kini WD kembali menghadirkan pilihan kapasitas 2 TB, setelah beberapa waktu lalu menghadirkan kapasitas yang sama untuk komputer PC (11/4).

Media penyimpanan My Passport Studio hadir dengan disain yang serupa dengan kapasitas sebelumnya, mempertahankan tampilan yang elegan dengan casing logam yang kokoh serta tahan goresan. Hard drive portable ini mampu menampung kira-kira 400.000 foto, 240 jam video atau 500.000 lagu, dan sesuai untuk melengkapi pengguna MacBook Pro atau MacBook Air.



My Passport Studio terbaru untuk Mac memiliki sebuah port USB 2.0, dua port FireWire 800 yang mampu memberikan kinerja tinggi bagi para profesional kreatif, fotografer, videographer, ataupun seniman artis. Dual port FireWire menyediakan kecepatan upload dan kecepatan transfer, serta memungkinkan pengguna Mac untuk menambahkan drive atau peripheral lain.



My Passport Studio juga dilengkapi dengan fitur enkripsi berbasis perangkat keras dan perangkat lunak perlindungan password. My Passport Studio 2 TB untuk Mac hadir dengan harga $249.

XL Resmikan BTS ke-30.000

Posted:

 

Wawan Tarsamana S - Kepala Dinas Sumber Daya Pertambangan Kab Purwakarta, Willem Lucas Timmermans - Chief Operating Officer XL, Asni Juita - VP XL Jabodetabek Region berpose di depan menara BTS XL

Purwakarta, CHIP.co.id - Hari ini (11/04) jumlah Base Transceiver Station (BTS) XL telah mencapai angka 30.000. Jembatan komunikasi antara perangkat seluler dan jaringan milik XL ini telah tersebar luas di seluruh Indonesia. Dan kini XL sudah melengkapinya dengan dukungan sinyal 3G/2G.

Untuk menandai pencapaian ini, XL mengadakan syukuran di lima kota secara bersamaan; Yogyakarta, Pekanbaru - Riau, Legian - Bali, Maros - Sulawesi, dan Cipularang - Purwakarta.

"Jumlah BTS sebanyak 30.000 merupakan wujud keseriusan XL dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi seluler berkualitas di seluruh provinsi di Indonesia," ungkap Asni Juita, VP XL Jabodetabek Region.

Di tahun 2012 XL telah menetapkan belanja modal sebesar Rp 7 - 8 triliun, dimana lebih dari 60%-nya dialokasikan khusus untuk pengembangan infrastruktur jaringan di Indonesia.

Asni menambahkan, untuk tercapainya jumlah BTS hingga 30.000 tersebut tidaklah mudah, karena perusahaan memerlukan investasi sangat besar. "Tetapi, semua jernih payah itu kami lakukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pelanggan dalam memberikan jaringan 3G XL hingga ke desa-desa." Terang Asni.

XL melaporkan sebaran BTS-nya di Jawa (62%), Sumatra (20%), dan Kawasan Timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua - 8.5%).

 

 

Kingston Solid State Drive HyperX 3K

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Kingston pada hari ini (11/4) mengumumkan peluncuran SSD HyperX 3K yang merupakan SSD berkinerja tinggi yang hadir dengan harga ekonomis. Kingston Solid State Drive HyperX 3K ditujukan kepada para pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi pada game ataupun pekerjaan multitasking dan multimedia.

Kingston Solid State Drive HyperX 3K didukung dengan prosesor SandForce SF-2281 generasi kedua dan memiliki interface SATA Rev. 3.0 menghadirkan kecepatan 6 Gb per detik.

SSD HyperX 3K memiliki kecepatan baca/tulis sequential hingga 555/510 MB per detik dan maksimal random baca/tulis IOPS adalah 85k/74k. SSD terbaru dari Kingston ini berteknologi SandForce DuraClass yang mampu memberikan daya tahan terbaik dikelasnya, serta mampu memaksimalkan umur pakai.

SSD HyperX 3K berdimensi 69,85 x 100 x 9.5 mm dengan ukuran 2,5 inci yang tersedia dengan beberapa pilihan kapasitas yaitu 90 GB, 120 GB, 240 GB, dan 480 GB. SSD ini hadir dengan disain warna hitam ramping dengan alumunium khusus, dan didukung oleh garansi tiga tahun dari Kingston.

Schneider Electric Bisnis IT Perkenalkan StruxureWare untuk Data Center

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Schneider Electric Bisnis IT memperkenalkan StruxtureWare untuk Data Center, sebuah manajemanan piranti lunak yang didesain untuk mengatasi semua aspek dari infrastruktur fisik data center yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kemampuan dan efisiensi (10/4).

StruxureWare untuk data center menggabungkan Data Center Infrastructure Management (DCIM) dan Data Center Facility Management (DCFM), sehingga menggabungan data, monitoring, automasi dan perencanaan serta fungsi implementasi yang mampu mengaktifkan sebuah proses integrasi dan berbagai macam pandangan dari semua sistem misi fisik kritikal dari sebuah data center. Hal ini juga mampu menghasilkan pengaturan data center menjadi lebih diandalkan, efisiensi, produktid, aman dan tidak berbahaya untuk lingkungan.

"Dengan StruxureWare, Schneider Electric menyediakan peralatan lengkap dimana manajer data center dapat mengakses dan mengatur domain di dalam ruang TI, membangun daya listrik dan kualitas daya, fasilitas dan cooling data center serta keamanan fisik. Management software suite ini menyajikan data komprehensif, akurat dan data aktual sehingga mampu melakukan tindakan berdasarkan gambaran yang lengkap dari data center", tutur Michael Kurniawan selaku Business Vice President, Schneider Electric IT Indonesia di Hotel Mulia, Jakarta.

StruxureWare untuk Data Center Management Software Suite menawarkan berbagai solusi, yaitu:

  • StruxureWare untuk Data Center Monitoring Suite: Rangkaian monitoring ini menghadirkan StruxureWare Central, StruxureWare Power dan StruxureWare Cooling. Ketiga landasan ini mampu menyediakan sebuah gabungan pandangan dan analisis dari infrastruktur fisik TI kompleks. Informasi alarm aktif, riwayat alarm, sensor, sumber daya listrik dan control system pendingin dapat dipantau melalui dashboard dengan cepat dan mudah.
  • StruxureWare untuk Data Center Operations Suite: Generasi kedua dari Data Center Infrastructure Managemeny yang memungkinkan pengguna untuk menambah kontrol terhadap penggunaan sehari-hari.

Penawaran awal dari  jaringan StuxureWare untuk Data Center adalah StruxureWare Central v6.3 dan StruxureWare Central Mobil Application untuk iPhone and Blackberry. Menghadirkan solusi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan semua data center dan fasilitas professional. Semua penawaran dan kabar terbaru mengenai StuxureWare untuk data center akan berlanjut sesuai dengan komponen yang telah ada dari portfolio InfraStruxure Management Software.

 

Acer C120 Proyektor Mungil dengan USB 3.0 Connectivity

Posted:


CHIP.co.id - Acer baru saja meluncurkan varian terbaru proyektornya sebagai pelengkap perangkat komputer, Acer C120. Proyektor ini sesuai bagi Anda yang selalu membutuhkan proyeksi gambar dimana pun untuk menyuguhkan bahan presentasi. 

Kualitas tampilan proyeksi C120 cukup memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Pasalnya, proyektor ini menyuguhkan tampilan WVGA resolution (864 x 480) atau WXGA (1.280 x 800) dengan tingkat kecerahan  75 ANSI Lumens.

Dibanderol harga USD 259, Acer C120 merupakan proyektor mungil berdimensi 120 x 82 x 25.7 mm dan berat 180g, sudah pasti dapat Anda bawa kemana saja. Selebihnya, cara penggunaan Acer C120 sangatlah mudah, karena ia telah dilengkapi dengan USB 3.0 Connectivity. Anda dapat dengan mudah terkoneksi dengan komputer atau notebook.

Trend Micro Berikan Solusi Keamanan Virtual di Lingkungan Komputasi Awan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Saat ini semakin banyak bisnis dan individu menggunakan teknologi komputasi awan untuk menyimpan berbagai data penting di dalamnya. Tetapi sayangnya, banyak diantara mereka yang merasa tidak aman saat mengadopsi komputasi awan. Ketidaknyamanan pengguna ini di antaranya seperti kehilangan data dan keuangan, penyerangan di situs jejaring sosial untuk mencuri identitas, dan penyalah gunaan data perusahaan.

Dari penggambaran risiko di atas dapat kita pelajari, bahwa peningkatan ancaman khususnya di komputasi awan untuk produk-produk konsumerisasi atau Bring Your Own Device (BYOD) cukup tinggi. Trend Micro memiliki visi di tahun 2012 untuk memberikan keamanan yang menyeluruh dan lebih pintar kepada para mitranya.

"95% perusahaan tidak menyadari akan ancaman yang ada pada sistem komputer awan mereka. Padahal semakin kompleksnya sistem komputasi awan, maka semakin mudah seseorang masuk ke sana dan mencuri semua data yang ada di dalamnya. Untuk itulah, penting adanya memilih sistem keamanan yang tepat guna bagi bisnis Anda," ujar Goh Chee Hoh, Managing Director South East Asia Region Trend Micro.

Terdapat prediksi sebuah badan studi global, Forrester Consulting menunjukan bahwa pengadopsian komputasi cloud terus mengalami percepatan di kawasan Asia Pasifik dan Jepang, di mana hampir 90% dari responden menganggap teknologi komputasi awan semakin relevan dengan lingkungan bisnis. Namun, masih terdapat 74% responden mengidikasikan bahwa privasi data merupakan halangan utama pada pengadopsian cloud di perusahaan.

Dari hasil studi di atas, telah terbukti bahwa ancaman-ancaman yang muncul dengan mengembangkan solusi-solusi tepat dalam proteksi ancaman komputasi awan yang mengancam keamanan data center dalam bisnis mitra. Untuk itulah Trend Micro hadir sebagai vendor dengan pertumbuhan konten keamanan yang kuat, memaksimalkan revenue komputasi awan pelanggannya dengan keamanan maksimal.

"Karena mewaspadai ancaman yang semakin ganas, maka Trend Micro mengembangkan kepercayaan pelanggan dengan menyuguhkan model keamanan yang mengintegrasikan kemampuan proteksi data pada sebuah kesatuan kerangka kerja yang lebih canggih, multifaceted, dengan memiliki target yang jelas dengan memanfaatkan keamanan cloud scalable dan mengubahnya untuk data, infrastruktur perangkat dan aplikasi pendukung cloud journey," jelas Goh saat dijumpai di Hotel Mulia (Selasa, 10 April 2012).

Virtus dan VMware Partner Luncurkan Solusi Virtualisasi dan Cloud untuk Pasar Indonesia

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Virtus Technology Indonesia yang termasuk unit usaha CTI Group (PT. Computrade Technology International), mengumumkan telah melakukan kesepakatan distribusi strategis dengan VMware. Melalui kemitraan ini, Virtus akan menawarkan portfolio VMware yang mencakup solusi infrastruktur dan manajeman cloud, platform aplikasi cloud dan end-user computing di seluruh Indonesia. Acara penandatanganan kesepatakan Virtus dan VMware mengambil tempat di Hongkong Cafe, Jakarta (5/4).

Andreas Kagawa selaku Country Manager VMware Indonesia mengatakan,"VMware menyambut baik kehadiran Virtus sebagai partner kami. Solusi virtualisasi dan infrastruktur cloud kami yang digabungkan dengan jaringan Virtus yang luas, akan menawarkan nilai tambah yang tinggi kepada para pelanggan. Dengan platform VWware, mampu untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi Ti untuk semua pelanggan baik UKM maupun enterprise."

Christian Atmadjaja selaku Direktur Virtus Technology Indonesia,"Kemitraan strategis kami dengan VMware memungkinkan kami menyediakan solusi virtualisasi dan komputasi awan yang aman dalam memenuhi permintaan pasar di Indonesia. Kami sudah berminat bermitra dengan VMware sejak lama, namun baru pada tahun ini akhirnya dapat terealisasi."

VMware memiliki berbagai solusi yang ditawarkan kepada para pelanggan. Solusi ini terbagi menjadi 3, yaitu Cloud Infrastruktur dan Management, Cloud Application Platform, dan End User Computing. Penggunaan virtualisasi ini diyakini mampu menghasilkan berbagai efisiensi pada perusahaan, seperti flexibility, rapid provisioning, high availability & fault tolerance, disaster recovery, automation, systems management integration, dan adaptive datacenter.

VMware juga mampu melakukan modernisasi desktop, dimana pengguna dapat mengakses data perusahaan dari perangkat bergerak dan mengelolanya dengan baik. Pengguna yang menginginkan kebebasan akses atau tim IT perusahaan yang memerlukan kontrol data dapat memadukan solusi VMware. Perpaduan ini mampu menghadirkan sistem terpusat tanpa terikat dengan perangkat bergerak yang digunakan pengguna.

Di sisi lain, Virtus akan menawarkan berbagai layanan canggih dan menghadirkan berbagai layanan termasuk pra-penjualan, pasca-penjualan dan pelatihan teknologi VMware. Melalui dukungan dari CTI Technology Center, yakni pusat uji coba terpadu untuk solusi infrastruktur TI, teknisi Virtus yang telah tersertifikasi bisa memberikan berbagai macam perangkat bagi mitra bisnis untuk mengembangkan kemampuan secara internal terkait konfigurasi dan dukungan integrasi secara cepat.

CFVD April 2012

Posted:

CHIP Foto Video Digital April 2012 kali ini menyajikan tema utama Packaging Your Life, beserta dengan beberapa topik menarik pada Tes Kamera yaitu Nikon 1 J1, Olympus E-PM1, Pentax Q, serta menghadirkan Hands-On yaitu Canon PowerShot G1X, Nikon Coolpix S6200, lensa Samyang 85 mm f/1.4 Aspherical IF, serta berbagai Praktik dan Workshop.

CHIP Foto Video April 2012

Jay Chou Jadi Brand Endorsement Kaspersky Lab Asia Pasifik

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Kaspersky Lab pada bulan April ini mengumumkan selebritis Jay Chou sebagai brand ambassador untuk wilayah Asia Pasifik. Jay Chou merupakan musisi asal Taiwan yang aktif sebagai penyanyi, pencipta lagu, aktor, sutradara dan produser film (10/4).

Jay Chou merupakan pendobrak dalam dunia hiburan yang menggabungkan musik Mandarin dan barat dengan berbagai jenis musik seperti R&B, pop, serta musik etnik. Kepriadian yang ramah dan menyenangkan menjadi Jay Chou mampu memiliki penggemar dari seluruh dunia.

Harry Cheung selaku Managing Director Kaspersky Lab APAC mengungkapkan,"Kaspersky mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, karena produk dan kampanya yang inovatif. Kami memilih Jay Chou sebagai brand ambassador kami, guna merepresentasikan nilai-nilai dan manfaat menggunakan produk kami."

"Saya percaya sepenuhnya bahwa Kaspersky Lab mampu melindungi secara cepat dan stabil, tidak ada downtime, tidak ada pembobolan keamanan, dan malware akan ditangani dengan cepat dan efisien. Saya yakin Kaspersky merupakan satu-satunya pilihan saya dalam perlindungan keamanan IT," tutur Jay Chou.

INAICTA 2012 Resmi Digulirkan

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id- Perkembangan Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak dapat dipungkiri lagi saat ini telah menjadi salah satu keunggulan kompetitif dalam bersaing bagi suatu negara. Sebagai produk yang dihasilkan dari kreativitas dan kemampuan ilmu pengetahuan, industri TIK menjadi sandaran masa depan yang tidak akan habis untuk digali dan dikembangkan.

Salah satu contoh sebagian kecil industri TIK adalah bagaimana pasar aplikasi mobile berkembang dengan pesat di seluruh dunia. Riset dari ABI Research misalnya, mencatat pada tahun 2011, ada 29 milyar aplikasi mobile yang diunduh pada ponsel cerdas di seluruh dunia. Meningkat tinggi dari tahun sebelumnya (2010) yang hanya berjumlah 9 milyar unduhan.

Dari data yang dikemukakan oleh ABI Research di atas, kita dapat membaca, bahwa industri kreatif yang bergerak di bidang TIK juga memiliki sisi komersial yang bisa didapatkan. Contoh lainnya dapat kita lihat, Bill Gates yang menjadi orang terkaya nomer satu di dunia, karena mengembangkan Microsoft.

Dengan latar belakang tersebut, INAICTA (Indonesia ICT Awards) kembali diadakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika dan menggandeng seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) di industri TIK. INAICTA yang sudah memasuki tahun ke-6 semakin mantap menjadi ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia.

"Program INAICTA yang ditunjukan bagi masyarakat Indonesia, hadir sebagai fasilitator penghargaan akan terobosan baru kreatifitas mereka yang bergelut di dunia ICT," ungkap Aswin Sasongko, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika - Kementrian Komunikasi dan Informatika, saat dijumpai di peresmian INAICTA 2012 (Selasa,10 April 2012).

Mengusung tema Creativity Breaktrough, INAICTA 2012 berharap karya TIK anak bangsa mampu mendobrak pasar dalam negeri dan luar negeri dengan kualitas dunia - kreativitas tanpa batas.

"Dengan mengusung tema 'Creativity Breaktrough' kami berharap karya-karya di INAICTA dapat menjadi terobosan baru bidang TIK yang berkualitas dan dapat berdaya saing tinggi di Indonesia ataupun di luar negeri," tambah Aswin.

 

Preview Game: Kingdoms of Amalur: Reckoning

Posted:


CHIP.co.id - Bagi penyuka game genre RPG, bersiaplah untuk memainkan game terbaru buatan Big Huge Games dan 38 Studios yang berjudul Kingdoms of Amalur: Reckoning. Amalur adalah dunia yang sangat kaya dan luas ditambah dengan keberadaan sejarahnya yang berusia 10.000 tahun. Cerita dari dunia Amalur ini ditulis oleh penulis ternama di harian New York Times, R.A. Salvatore.

Anda akan dibawa masuk masuk ke dalam permainan bersama cerita yang menarik, penuh keajaiban, dan berbagai bahaya yang mengancam. Awal ceritanya dimulai dari sebuah misteri “Siapa yang membunuh dan bagaimana Anda bisa kembali hidup?”

Di dunia Amalur, Anda dapat mengelilingi seluruh kota sambil menjalani beberapa misi dari karakter yang Anda mainkan. Sentuhan grafis dunia Amalur membuatnya tampak lebih hidup dengan adanya pergantian siang dan malam.

Gameplay-nya sendiri fokus pada aksi combat yang terbilang cukup mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan semua senjata yang dimiliki di semua tombol shortcut sehingga saat Anda sedang melakukan penyerangan, mengganti senjata dengan mudah dan cepat, atau mengombinasikannya untuk mendapatkan combo berlipat-lipat.

Dari sisi role playing, Anda akan diminta untuk memilih kelas terlebih dahulu di setiap awal permainan. Pengembang game ini justru membagi setiap karakternya ke beberapa Destiny. Destiny tiap karakter yang disediakan berdasarkan pada pilihan kemampuannya, seperti Finesse, Sorcery, dan Might. selain itu, pembagian Skill Point juga sangat penting untuk menciptakan Destiny yang sempurna dan sesuai pilihan.

Pembuatan game ini bertujuan untuk mengubah gaya game RPG yang telah ada. Seperti apakah perubahan tersebut? Anda bisa merasakannya melalui game ini yang telah dirilis pada bulan Februari 2012 lalu oleh publisher Electronic Arts.

 

Sumber: Majalah CHIP 03/2012

Facebook Resmi Akuisisi Instagram

Posted:

Sumber Foto: Google

CHIP.co.id - Facebook mengumumkan telah menyelesaikan tahap akuisisi Instagram. Akuisisi ini disetujui dengan 'mahar' sekitar 1 miliar dollar dalam bentuk tunai dan saham.

Meskipun telah diakuisisi, Zuckerberg berjanji akan membiarkan Instagram untuk tetap berjalan sendiri, dan hanya akan mengintegrasikan Facebook dengan Instagram. Hal ini dilakukan karena Zuckererg ingin agar Facebook dan Instagram saling menjaga dan membangun.

"Kami sangat senang untuk memberitahukan bahwa Facebook telah setuju untuk mengakuisisi Instagram, dan tim berbakat mereka akan bergabung dengan Facebook," ujar CEO Facebook, Mark Zuckerberg. "Tujuan kami mengakuisisi Instagram adalah untuk membantu mempromosikan aplikasi dan merek Instagram kepada lebih banyak orang melalui Facebook," tambahnya.

"Instagram akan tetap menjadi aplikasi yang Anda tahu dan cintai," ujar Kevin Systrom, CEO Instagram.

Google Art Project Memasyaratkan Karya Seni Bangsa Dalam Bentuk Digital

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - Google dan Museum Nasional Indonesia secara resmi mengumumkan sebuah kolaborasi penting di program Google Art Project, menampilkan 100 karya seni terpilih yang akan ditampilkan pada situs Google Art project. Program ini merupakan proyek yang dimulai dari Amerika, melibatkan 151 institusi yang berasal dari 40 negara, menghadirkan karya seni dalam bentuk digital dari seluruh dunia, sehingga dapat diakses, dinikmati dan dapat menambah wawasan oleh pengguna internet. Acara ini mengambil tempat di Museum Nasional Indonesia, Jakarta (4/4).

Rudy Ramawy sebagai Country Head Google Indonesia mengungkapkan,"Google berkomitmen untuk memasyaratkan segala bentuk budaya secara online dan dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Program Google Art Project merupakan upaya kami kepada masyarakat dunia dimana internet mampu memberikan peran penting dalam melestarikan kebudayaan dan menyebarluaskan pengetahuan."

Drs. Gatot Ghautama selaku Direktur Museum Nasional Indonesia mengatakan,"Bagi Museum Nasional Indonesia, Google Art Project sesuai dengan konsepnya yang bertujuan untuk melindungi dan memasyarakatkan kebudayaan bangsa Indonesia. Untuk itulah, kami turut serta dalam proyek ini dalam upaya menyelematkan dan melestarikan warisan budaya, benda bersejarah dan karya seni adiluhung Indonesia."

Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu museum dari 150 museum yang dipilih dalam Google Art Project. Di Indonesia terdapat 140 ribu koleksi karya seni dari berbagai wilayah, dan pada saat ini baru sebanyak 100 karya seni yang akan hadir pada Google Art Project. Karya seni tersebut meliputi koleksi batik tradisional dan benda peninggalan sejarah kerajaan tertua di Indonesia, seperti Kerajaan Kutai yang terdapat di kalimantan Timur. Selain itu, akan hadir pula sebanyak 300 museum di seluruh Indonesia yang akan turut ditampilkan dalam Google Art Project.

Begitu banyaknya museum di Indonesia, menjadikan sebuah kompetisi dan dapat menambah keinginan masyarakat untuk hadir dalam museum secara nyata, setelah mereka melihat berbagai karya seni dalam dunia virtual. Baik para pelajar dan mahasiswa akan memperkarya daya tarik seni dan budaya dengan hadirnya Google Art Project. Proyek ini juga akan memperkenalkan seni dan budaya Indonesia ke seluruh dunia, sehingga dapat menjadi alat strategis untuk pencitraan kebudayaan bangsa.

Sejak diluncurkan di bulan Februari 2011, Google Art Project telah berkembang pesat, dari proyek awal yang hanya memiliki 1000 gambar online, kini tercatat lebih dari 30.000 gambar. Program ini telah memiliki kerjasama dengan institusi kebudayaan di berbagai negara, baik dari skala kecil dan besar, mulai dari museum kesenian tradisional hingga lembaga seni tingkat modern.

Untuk Anda yang ingin melihat kebudayaan lokal dan internasional melalui dunia virtual, Anda dapat mengunjungi situs Google Art Project di www.googleartproject.com.

Persembahan XL Memajukan Negeri Hadirkan Layanan Edusolutions

Posted:



Jakarta, CHIP.co.id - PT Axiata (XL) berusaha mendorong dunia pendidikan Indonesia dan kemajuan prestasi remaja serta anak muda dengan memperkenalkan layanan XL Edusolutions. Layanan terbaru dari XL ini merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi berupa XL Sistem Informasi Sekolah Terpadu (Sifoster) dan free Wifi di berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang telah menjadi partner dan tergabung dalam program XL School & Campus Community (9/4).

XL Sifoster merupakan layanan digital terintegrasi melalui platform internet dan SMS. Layanan ini berfungsi untuk memberikan kemudahan pertukaran informasi dari sekolah/kampus kepada para orang tua siswa dan pelajar.Di tahun 2012 ini, XL telah mengapai sedikitknya 1000 sekolah/kampus yang telah mendapatkan XL Sifoster, dan tercatat lebih dari 185 sekolah/kampus mendapatkan akses free WiFi.

Inovasi lainnya yang diluncurkan XL dalam upaya memberikan dukungan kepada pelajar Indonesia dengan menghadirkan 3 in 1 Card, yaitu sebuah program kerjasama dengan perbankan untuk menghadirkan kartu multi-manfaat, berfungsi untuk Kartu Absensi, kartu ATM, dan Kartu Pelajar. XL menargetkan layanan Sifoster pada tahun ini terpasang di 2500 sekolah/kampus se-Indonesia atau penambahan sekitar 3,5 juta pelanggan muda.

Hadir pada acara di Euphoria Resto, Mega Kuningan, Jakarta (foto atas dari kiri-kanan) yaitu Deddy Fahmi Priautama selaku GM Youth Segment Community Enterprise & Carrier XL dan Titus Dondi selaku VP Enterprise and Community XL.

Titus mengatakan,"Program ini merupakan bagian dari 'Persembahan XL Memajukan Negeri' yang didesain sedemikian rupa sehingga selain dapat mengelola komunitas pelajar dan anak muda, XL juga dapat berpartisipasi dalam membina pengembangan dunia pendidikan Indonesia."

Program XL ini merupakan usaha dan komitmen XL dalam mengutamakan proses komunikasi antara guru, para siswa dan orang tua murid agar lebih mudah dan cepat dalam melakukan pertukaran informasi. Dukungan XL dalam mengubah versi paper ke versi digital melalui SMS menjadi lebih cepat melalui program ini, sehingga program ini merupakan komitmen XL dalam mendukung gerakan Go Green.

Selain XL Sifoster, layanan XL free WiFi hadir berupa free Internet Hot Spot dengan kecepatan up to 1 Mbps untuk akses internet di laptop ataupun ponsel pintar lingkup sekolah/kampus. Instalasi secara cuma-cuma akan akses melalui WiFi, dipasang di beberapa lokasi seperti perpustakaan, laboratorium komputer, ataupun lokasi yang diinginkan sesuai kebutuhan area sekolah/kampus. Tercatat hingga saat ini, layanan free WiFi telah terpasang di 185 sekolah/kampus, diharapkan hingga akhir tahun 2012 akan terpasang di 500 lokasi lainnya.

Program XL Youth & Campus Community telah diluncurkan sejak 1 Mei 2010. Program ini meliputi sebagai berikut:

  • Educations Development: Program pengembangan pendidikan mencakup Try Out, Workshop, Kuliah Umum, XL Visit
  • Creativity Development: Program pengembangan kreativitas pelajar seperti Kompetisi Mading Online, Kompetisi Olah Raga, Pensi, Bintang Belajar
  • Information Technology Development: Solusi XL untuk dunia pendidikan Indonesia yang mencakup instalasi secara cuma-cuma Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah/kampus se-Indonesia.

Untuk sekolah ataupun kampus yang ingin bergabung dalam Program XL School & Campus Community, silahkan kirimkan informasi melalui email di youth@xl.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar