Jumat, 20 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Tawar-Menawar Online di Bhinneka.com

Posted:

 

Jakarta, CHIP.co.id - Toko belanja online Bhinneka.com membuat terobosan dengan memberikan fitur "Tawar Online". Fitur ini membawa customer merasakan sensasi berbelanja barang-barang elektronik layaknya di Mangga Dua dan Glodok yakni melakukan penawaran harga. Bila selama ini customer biasanya berbelanja online sesuai harga yang telah ditetapkan, maka mulai bulan Juni, Bhinneka memberikan kesempatan bagi para customer untuk menawar harga barang melalui fitur Tawar Online.

Untuk mengaktifkan fitur Tawar Online, customer harus menjadi member Bhinneka.com. Setelah menjadi member, customer toko online Bhinneka.com mengisi besaran penawaran harga terhadap barang yang ingin dibeli, pada tulisan "tawar"  yang ada di bawah gambar barang. Setelah itu, customer member akan dilayani oleh robot pintar yang akan melayani penawaran. Jika harga sudah disetujui robot, maka robot akan menyatakan "deal" dan customer bisa meneruskan belanja dengan memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Sekarang ada lima robot pintar yang akan melayani customer member dalam fitur Tawar Online tersebut.

"Sejak diluncurkan bulan lalu, sudah terdapat sekitar 20.000 member yang menggunakan fitur, dan ratusan transaksi terjadi. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang masih menyukai tawar-menawar sebelum memutuskan membeli. Setiap minggu, produk-produk pilihan yang dapat ditawar, terus di-update dan makin bertambah variasinya," kata Hendrik Tio dari Bhinneka.com

Rebutan Harga di Bhinneka.com

Selain fitur Tawar Online, Bhinneka.com juga memanjakan customernya dengan meluncurkan fitur Harga Rebutan yang memungkinkan customer bisa mendapatkan barang dengan harga diskon besar dengan cara berebut harga.

Caranya, customer harus memantau produk dan harga yang dipromosikan melalui penjualan online via shopping cart. Sebab, semakin besar diskon, maka semakin banyak customer yang memperebutkannya. Tentu saja karena diskon yang diberikan cukup besar, unit barang juga terbatas.

Fitur Harga Rebutan rutin tayang setiap hari Senin hingga Rabu atau hingga barang yang didiskon sudah habis terjual. Fitur Harga Rebutan memiliki 12 jenis barang yang didiskon.

Opera Laporkan Tren Terbaru di Dunia Mobile Advertising

Posted:


CHIP.co.id - Opera Software hari ini  (20/7) meluncurkan laporan pertama mengenai State of Mobile Advertising, yang memuat data dan tren dalam mobile advertising di dunia. Laporan ini akan mengungkap temuan dari perspektif platform ad terdepan di dunia, menggunakan data dari jaringan global 35 milyar+ impresi ad dan menghasilkan lebih dari $240 juta revenue pada mobile publisher di 2011.

Hasil laporan ini akan diulas oleh Mahi de Silva, EVP Consumer Mobile untuk Opera pada pembukaan Mobile + Web DevCon di San Francisco, dengan presentasi pada “The State of Mobile Advertising.”

Yang terdapat pada laporan ini:

  • iOS memimpin. Rata-rata eCPM (effective cost per thousand impressions) pada iPhone adalah $2.85, diikuti Android $2.10; dan Windows Phone $0.20 eCPM
  • Peran Rich Media. Iklan pada rich media, terutama mereka yang telah mencapai kemampuan yang menakjubkan pada perangkat ponsel, memicu CTR (click-trough rates) dan keterlibatan pelanggan  yang lebih baik
  • Bisnis & Keuangan adalah kategori yang memberikan banyak revenue. Kategori tersebut menghasilkan lebih banyak revenue per impresi daripada kategori lainnya.
  • Menggunakan hanya satu jaringan ad tidak cukup. Kinerja bervariasi secara signifikan pada periode yang sangat singkat, sehingga penerbit dan pemasang iklan yang tidak menggunakan strategi dengan menggunakan lebih dari satu jaringan tidak akan dapat memaksimalkan profit dan jangkauan mereka.

Sebagai tambahan dalam focus pola monetisasi dan tren, laporan ini juga mencakup wawasan pokok untuk para pemasang iklan, seperti:

  • Bagaimana perangkat mengadopsi di antara grup demografi yang berdampak pada strategi pembelian media
  • Mengapa halaman arahan pada ponsel akan menjadi usang tidak lama lagi
  • 5 ciri-ciri yang harus diperhatikan ketika memilih jaringan mobile ad

 

Pengiklan di Twitter Kini Bisa Mengirim Promosi Hanya ke Lokasi Tertentu

Posted:


CHIP.co.id - Twitter terus memberikan lebih banyak pilihan bagi perusahaan yang ingin beriklan di jejaring sosial. Jika bulan lalu perusahaan itu mengubah arti hashtag untuk pengiklan, sekarang Twitter memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengiklan mengirimkan twit yang ditampilkan hanya kepada pengguna di lokasi tertentu.

Contohnya, McDonalds bisa menulis twit promosi khusus tentang retail mereka di New York menggunakan akun Twitter utama perusahaan dan hanya mengirimkan twit itu kepada orang-orang di kota tersebut. Lokasi bisa dibatasi oleh kota, atau negara, dan pengiklan bahkan bisa mengirimkan twit yang hanya bisa dilihat di perangkat mobile.

Ini merupkan perubahan signifikan terhadap platform, artinya suatu saat mungkin perusahaan semacam Samsung tak perlu lagi membikin akun Twitter berbeda di seluruh dunia, cukup satu profil yang tidak mengirimi informasi yang tak relevan kepada pengguna Twitter.

@British_Airways, @CocaCola, The Washington Post (@wpsocialreader), dan @Wendys telah mencoba fitur yang kini tersedia kepada seluruh pengiklan Twitter tersebut.

Pertama Kali dalam 26 Tahun, Microsoft Rugi Rp4,6 Triliun

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft, Kamis (19/7), mengumumkan kerugian kuartal pertama mereka sejak go public 26 tahun lalu sebesar USD492 juta atau sekitar Rp4,6 triliun. Sumber utama kerugian ini terutama berasal dari akuisisi perusahaan atas layanan iklan online, aQuantive sebesar USD6,3 miliar pada tahun 2007, yang kemudian kalah bersaing dengan Google.

Meskipun ada penyesuaian nontunai USD6,2 miliar pada nilai aQuantive, Microsoft melampaui ekspektasi analis dengan peningkatan jumlah pendapatan hingga USD18,06 miliar untuk periode yang sama.

Pada hari yang sama saham Microsoft tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,4 persen ke level USD31,39. Kepercayaan investor kepada Microsoft dipicu oleh ekspektasi tinggi terhadap sistem operasi barunya untuk PC dan tablet, yakni Windows 8, dan tablet besutan Microsoft yang diberi nama Surface, juga edisi baru Microsoft Office yang segera dirilis September mendatang.

"Kami sedang mendekati musim peluncuran paling menarik sepanjang sejarah Microsoft," kata CEO Microsoft Steve Ballmer saat konferensi pers.

Sejauh ini, Windows 8 dianggap sebagai perombakan paling drastis dari sistem opersai Windows sejak tahun 1995, baik dari sisi fitur, inovasi, serta kompatibilitasnya dengan tablet dan smartphone.

Jelang Ramadhan, Multiply Gelar Cuci Gudang Gadget

Posted:


CHIP.co.id - Menyambut bulan suci Ramadhan, Multiply mengadakan perogram khusus bertajuk Cuci Gudang Gadget yang berlangsung mulai 18 Juli hingga 30 Juli 2012. Semua produk yang ditawarkan di Cuci Gudang Gadget ini disediakan oleh para penjual terpercaya di Multiply, yang artinya tiap transaksi yang terjadi melalui program ini juga akan disertai perlindungan pembeli dari Multiply.

Dalam program ini, Multiply menawarkan potongan harga mulai dari Ro 200.000 hingga Rp 2.250.000. Untuk produk gadget yang ditawarkan sendiri, Multiply menawarkan Samsung Galaxy Tab, Samsung Galaxy S III, HTC X S270, Nokia N 808, Samsung Galaxy Note, HTC S Z560, Nokia Lumia 900, Sony Xperia U LT251, BlackBerry Bellagio, BlackBerry Gemini, BlackBerry Davis, Motorola Fire XT530, Motorola Defy Mini XT 321, iPhone 3GS, dan HTC VC.

"Dengan dirilisnya program promosi ini, besar harapan kami, para penggemar belanja online mendapatkan akses ke ragam penawaran terbaik untuk gadget yang senantiasa hadir di Multiply," ungkap Andi Djiwandono, VP Merketing & Merchant Acquisitions PT Multiply Indonesia.

Untuk mendapatkan diskon atas produk yang termasuk dalam program Cuci Gudang Gadget oleh Multiply, calon pembeli harus sign up terlebih dahulu. Program Cuci Gudang Gadget, dapat dilihat di bit.ly/prgadget.

Grum, Penyebar 50 Persen Spam di Dunia Berhasil Dilumpuhkan

Posted:


CHIP.co.id - Ahli keamanan komputer, Rabu (18/7) lalu mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melumpuhkan Grum, botnet terbesar ketiga di dunia, yang menurut The New York Times bertanggung jawab atas sekitar 18 persen spam global. CNNMoney bahkan memperkirakan angkanya mencapai 50 persen.

Ahli keamanan mampu memblokir pusat pengendali botnet tersebut baik yang di Panama maupun di Belanda. Ketika layanan ini berhasil ditutup, tak lama sebelumnya pembuat Grum juga memasang 7 pusat kendali server di seluruh Rusia dan Ukraina. Namun, server itu juga berhasil diblok oleh tim ahli keamanan.

Para peneliti mampu mematikan botnet sekali lagi dengan melacak kembali ke servernya dan memperingatkan sejumlah penyedia jasa layanan internet. Sebagian besar botnet mampu kembali online dalam beberapa minggu, namun tim keamanan menganggap pemblokiran tersebut sebagai kemenangan besar.

"Ini bukan tentang pembuatan server baru. Mereka harus memulai upaya yang sepenuhnya baru untuk menginfeksi ratusan ribu mesin untuk mendapatkan sesuatu seperti Grum lagi," kata Atif Mushtaq, spesialis keamanan komputer dair FireEye. "Mereka harus membangun dari awal. Karena bagaimana menulis malware untuk Grum, ketika server pusatnya mati, mesin yang terinfeksi tak bisa lagi mengirim spam atau berkomunikasi dengan server baru."

CEO Yahoo! Marissa Mayer Digaji Rp950 miliar

Posted:


CHIP.co.id - CEO Yahoo! yang baru, Marissa Mayer dibayar sebesar USD100 juta atau sekitar Rp950 miliar selama lima tahun ke depan. Jumlah itu terdiri dari gaji, saham, bonus dan fasilitas lainnya.

Mayer diperkirakan menerima gaji sekitar USD5,4 juta dari Yahoo! tahun ini dan sekitar USD20 juta pada tahun berikutnya, meskipun jumlah itu terkait dengan target kinerja yang ditetapkan oleh dewan pimpinan perusahaan itu.

Paket gaji yang diterima Mayer sudah termasuk unit saham terbatas senilai USD14 juta sebagai kompensasi atas pengorbanan dirinya dari Google, dan juga penghargaan retensi senilai USD15 juta yang akan diberikan selama 5 tahun.

Nightly Builds Firefox OS Sudah Bisa Diunduh Sekarang

Posted:


CHIP.co.id - Mozilla akhirnya secara resmi merilis Firefox OS versi percobaan (nightly builds) untuk para pengembang sejak Kamis (19/7) pagi kemarin. Anda yang penasaran sudah bisa mengunduhnya, namun ingat, ini bukan tempat dimana Anda bisa mengunduh berbagai macam aplikasi.

Selain itu, meski dibuat untuk smartphone, Firefox OS baru bisa dicoba di komputer karena Mozilla baru menyediakan versi percobaannya untuk diuji dan disempurnakan. Anda dapat mengunduhnya paket yang sudah disiapkan untuk pengguna Windows, Linux atau OS X, atau mengunduh kodenya dan membangun versi Anda sendiri.

Prosesnya tidak semudah mengunduh aplikasi karena Anda harus mengkonfigurasi beberapa hal.Tentu saja Firefox OS ini masih dalam tahap sangat awal dan dianggap tidak mewakili hasil akhirnya nanti. Unduh nightly build-nya di sini, dan Gaia -user interface HTML 5 untuk pengembangan Firefox OS di sini.

Networking Penting bagi Pria Indonesia

Posted:

CHIP.co.id - Bagi pria Indonesia, kehidupan sosial adalah satu hal yang penting. Networking harus tetap terjaga. Maka kehadiran berbagai  peranti penunjang konektivitas dengan dunia luar menjadi begitu utama.

Fakta ini terungkap dalam seminar setengah hari Gramedia Majalah “Indonesia’s  Hottest Insight” d Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Rabu 18 Juli. Seminar yang memaparkan hasil temuan survei yang dilakukan Gramedia Majalah

“Sebegitu pentingnya, pria menganggap bahwa kepemilikan gadget macam handphone, PC serta laptop menjadi mutlak,” ujar Hendra Noor Saleh, Group Publisher dari Special Interest Media - Gramedia Majalah dalam kesempatan presentasi riset.

Riset Gramedia Majalah sendiri menyasar tiga segmen penting: pria, wanita dan anak-anak. Di setiap segmen ada lebih dari 3.000 responden. Total jumlahnya sekitar 9.000 responden yang tersebar di sembilan kota penting di Indonesia.

Khusus di segmen pria, fakta menunjukkan bahwa tingkat kepemilikan peranti untuk informasi dan menjaga konektivitas rata-rata sudah dimiliki oleh para pria. Sekitar 66% dari 3.000-an responden mengaku memiliki PC, laptop atau notebook. Sementara angka untuk handphone nyaris 100%.

Bagaimana dengan tablet? Sementara untuk saat ini kepemilikan tablet  belum mampu menyaingi keduanya. “Tetapi di riset kami terendus bahwa  sebenarnya para reponsden punya  keinginan untuk segera memilikinya. Faktor harga tampaknya masih menjadi kendala bagi tablet untuk melakukan penetrasi. Mungkin dengan makin banyaknya tablet murah, angka ini bisa berubah pada tahun depan,” tambah Hendra.

Demi informasi dan konektivitas sekitar 70% dari responden mengaku secara rutin mengakses internet.  Baik melalui laptop/netbook, maupun melalui handphone. Baik yang melalui laptop/netbook maupun handphone, angkanya sama, di kisaran 66%.

Pertanyaannya kemudian, ke mana mereka masuk pada saat berinternet? Ternyata situs jejaring sosial masihlah yang paling utama.  Facebook, Youtube ada di peringkat pertama dan kedua daftar situs yang diakses. Persentasenya adalah: 58% dan 16%.  Sisanya terbagi untuk portal berita, download lagu dan game.

Loyaliats terhadap SIM Card
Salah satu karakter yang jadi pembeda signifikan segmen pria dan lainnya adalah loyalitas yang cenderung tinggi terhadap SIM Card. “Bisa karena perasaan nyaman dan puas terhadap value yang didapat, tak jarang pula karena malas,” terang Hendra.

Tak seperti asumsi banyak pihak, riset Gramedia Majalah terhadap segmen pria menunjukkan  bahwa loyalitas terhadap provider tidak menurun menyusul perang harga yang gencar dilakukan.  Angka persentase mereka yang belum pernah mengganti SIM card, terbilang tinggi, melebihi 60 persen. Hendra Noor Saleh menekankan, bahwa kaitan antara SIM Card dan netwoking adalah: buat pria,  selain tidak praktis, mengganti SIM Card berarti ia harus me-reset daftar nama network yang sudah disimpan.

Akan halnya layanan, biarpun voice dan SMS masih dominan, terjadi peningkatan signifikan akan pemakaian layanan data. Angka pemakai layanan data tertinggi,terjadi di Yogyakarta dan Denpasar. Bisa jadi karena populasi di kota-kota itu sebagian besar terdiri dari pekerja sektor pariwisata dan pelajar yang membutuhkan akses internet di mana saja.

Satu hal menarik lainnya adalah tingginya pemakaian fitur transfer pulsa. Fitur ini bahkan berada di peringkat kedua setelah fitur nada sambung pribadi/ring back tone yang sempat mendominasi

Secara keseluruhan, di “Indonesia’s Hottest Insight”  ada lebih dari 3.000 temuan data penting.  Lebih dari 400 undangan dari kalangan bisnis hadir untuk mengetahui  berbaga temuan penting itu. “Yang menarik karena kita bukan hanya memperoleh sajian data, tetapi juga insight dari publisher yang sehari-hari mengetahui segmennya,” tutur marketer senior, Eleanor Modesto.

Elwin Siregar, Group Director Gramedia Majalah mengungkapkan, riset dilakukan untuk lebih memahami dan mengikuti perubahan yang terus terjadi pada segmen-segmen pembaca di lingkungan Gramedia Majalah. “Hasilnya, tidak hanya akan berguna bagi penerbit majalah dan tabloid, tetapi juga tentunya bagi pelaku bisnis dalam mengomunikasikan produknya kepada masyarakat. Sebab mengetahui keinginan dan profil pembaca adalah sesuatu yang mutlak.”

 

Sony Rilis 4 Walkman Android Baru

Posted:

CHIP.co.id - Sony baru saja mengumumkan empat Walkman terbaru yang akan dijual Agustus mendatang. Walkman F800 series dengan multitouch screen yang dijalankan dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich akan dijual mulai USD269,99 atau sekitar Rp2.500.000.

F800 series memiliki layar 3,5 inci tersedia dengan kapasitas penyimpangan 8GB, 16GB atau 32 GB ditambah kemampuan bluetooth dan koneksi WiFi. Baterai F800 series diklaim mampu bertahan 4,5 jam untuk memutar video dan 20 jam untuk memutar musik.
 
Sementara model kedua yang diberi nama E470 dengan ketebalan hanya 0,27 inci dibanderol mulai USD79.99 atau sekitar Rp 759.000 dengan enam pilihan warna berbeda dan tiga kapasitas penyimpanan berbeda, yakni 4GB, 8GB dan 16GB. Seri lainnya, yakni S770BT dan E570. Sayangnya konsumen di Indonesia harus bersabar karena saat ini Sony baru mengedarkannya di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar