Sabtu, 07 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Saingi Apple dan Google, Amazon Akan Rilis Smartphone

Posted:


CHIP.co.id – Setelah mengakuisisi UpNext, pengembang peta digital 3D, Amazon.com tengah mengembangkan smartphone yang akan bersaing dengan iPhone dan Google. Untuk mewujudkannya, Amazon berkolaborasi dengan Focxonn, vendor asal China.

Rencana tersebut, seperti dinukil dari Bloomberg, Jumat (6/7), disampaikan seseorang yang mengetahui rencana itu, namun meminta agar identitasnya dirahasiakan. Mark Mahaney, analis di Citigroup memperkirakan Amazon akan merilis smartphone pada bulan November mendatang. 

Selain itu, guna melengkapi strategi smartphone, Amazon tengah berupaya mengakuisisi paten termasuk yang mencakup teknologi nirkabel. Dengan demikian, Amazon akan terhindar dari tuduhan pelanggaran paten yang kerap menimpa vendor lain, seperti HTC dan Samsung. Paten itu dibeli dari InterDigital, perusahaan yang berkantor di Pennsylvania seharga USD375 juta.

Peluncruan Smartphone akan memperluas pasar Amazon dalam penjualan perangkat berharga rendah yang mendukung strateginya meraup untung dari buku digital, lagu dan film. Selama ini, perusahaan pimpinan Jeff Bezos tersebut terbilang sukses dengan tablet Kindle Fire yang kabarnya juga akan diluncurkan versi terbarunya Oktober depan.

S Nexian SUPERTAP M-5890 Pelengkap Hiburan yang Fungsional

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Kesuksesan S Nexian meluncurkan seri touch screen membuat S Nexian terus berinovasi. Apalagi, saat ini pecinta gadget tanah air, melihat sebuah ponsel touch screen dari segi yang mengedepankan fitur-fitur penunjang entertainment seperti Game, Analog TV, Audio Video. Atas dasar inilah, S Nexian meluncurkan ponsel touch screen seri terbarunya, SUPERTAP M-5890.

S Nexian SUPERTAP M-5890 mengedepankan teknologi layar sentuh dengan fitur komplit untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tampil dengan bentuk yang stylish, membuat ponsel yang tersedia dalam 2 pilihan warna ini yaitu : Black dan White terlihat elegan. Dengan desain produk yang elegan ini cocok untuk mereka yang dinamis, dimana kesibukan dan keterbatasan waktu luang membuat fitur-fitur pelengkap hiburan ini menjadi sangat fungsional.

Keunggulan layar sentuh dengan ukuran 4.0 inci Touch Screen LCD menjadi nilai prioritas yang diunggulkan untuk produk ini. Besarnya layar sentuh ini membuat pengguna semakin leluasa berinteraksi dengan S Nexian SUPERTAP.

Fasilitas Analog TV juga menjadi nilai tambah, sehingga pengguna dapat menikmati program televisi unggulan dimanapun dan kapanpun. Kebiasaan mendengarkan radio saat beraktifitas juga dapat dilakukan melalui fitur FM Radio. S Nexian SUPERTAP ini juga sudah dilengkapi dengan Camera, Bluetooth, Video Audio Player.

Mengabadikan special moment melalui rekaman video juga dapat dilakukan melalui fitur Audio Video Recording, sehingga special moment dapat di simpan sebagai kenangan dengan menambahkan external memory yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai mobile internet device yang dibanderol harga Rp549.000,-, S Nexian SUPERTAP sudah dilengkapi dengan aplikasi penujang Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Chatting (Yahoo!Messenger dan MSN). Fasilitas berselancar didunia maya sudah didukung dengan QQ Browser. S Nexian SUPERTAP ini juga sudah support Nexian Messenger dan S Apps Planet.

Samsung Luncurkan ES9000, Smart TV dengan Super Screen 75 inci

Posted:


CHIP.co.id - Samsung Korea baru saja meluncurkan seri terbaru Smart TV, ES9000. Sebagai unggulan produk TV pintarnya di pasar premium, Samsung menyematkan layar super lebar selebar 75 inci.

Dengan layar yang super lebar 75 inci tersebut, pengguna akan merasakan pengalaman menikmati tayangan berkualitas dengan teknologi Diamond Black Panel yang memuaskan dalam kecerahan, kontras, dan ketajaman di TV layar lebar.

Berdesain mewah berwarna mawar keemasan, ES9000 juga mengadopsi desain super ultra slim dari bazel setebal hanya 7.9 mm.

Untuk memiliki Smart TV terbaru dari Samsung ini, sepertinya Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Karena Samsung Smart TV ES9000 dibanderol harga 19.8 juta won, atau sekitar USD17.3 juta.

ESET Temukan Malware Terbaru di Android

Posted:


CHIP.co.id - Baru-baru ini, ESET mendeteksi sebuah malware terbaru yang menyerang ponsel Android. Malware yang memiliki nama, Android/Spy.Zitmo.A ini merupakan malware trojan yang menyerang sistem dan biasanya mencuri informasi penting. Selain itu, malware trojan ini juga memiliki muatan backdoor, membuatnya bisa dikendalikan dari jarak jauh. Tentu saja sasarannya adalah perangkat tablet dan ponsel Android.

Saat instalasi, umumnya infiltrasi malware diawali dengan instalasi file yang bermuatan trojan. Pada Zitmo.A dilakukan melalui download yang dilakukan secara tidak sengaja atau karena ketidaktahuan user, hal ini umum terjadi karena trojan ini tampil dengan baju aplikasi keamanan Android.

Penampilan trojan Android/SpyZitmo.A yang menyamar sebagai aplikasi keamanan Android Security Suite Premium

File atau data yang menjadi sasaran pencurian umumnya adalah:

  • Pesan-pesan SMS
  • Data perangkat yang digunakan user seperti: nama, tipe dan versi alat yang digunakan
  • Nomor IMEI
  • Nomor IMSI

Selanjutnya trojan melakukan aksinya untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi ke komputer pengendali, serta melakukan eksekusi perintah-perintah untuk mencuri informasi penting, mengumpulkan data dan informasi penting, lalu mengirimnya, mampu melarikan diri dengan cara uninstall sendiri, mematikan, dan menonaktifkan program malware.

ESET ThreatSense Lab sendiri mengamati malware Zitmo sejak tahun 2011 dengan versi yang lebih purba mulai muncul beberapa bulan sebelumnya, yaitu tidak lama setelah merger dua kekuatan cybercrime yaitu SpyEye dan Zeus.

"Saat ESET mulai mengamati perilaku Zitmo yaitu pada 2011, belum ditemukan adanya aktivitas signifikan, tetapi sudah bisa diperkirakan bahwa perangkat komunikasi mobile akan menjadi sasaran cybercrime karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi,” ujar Yudhi Kukuh, ESET Indonesia.

Zitmo sendiri ditengarai sebagai panggabungan dua kekuatan tersebut tetapi diperuntukan bagi perangkat-pernagkat mobile dan diduga nama Zitmo sendiri adalah singkatan dari Zeus In The Mobile.

"Bagi pengguna perangkat dengan OS Android, perlu menyadari bahwa perangkat Anda juga seperti komputer yang akan menjadi sasaran pelaku cybercrime. Oleh sebab itu kelengkapan aplikasi keamanan didalamnya mutlak diperlukan,"  tambahnya.

Kaspersky Sebut 'Find and Call' Malware Pertama di Apple Store

Posted:

CHIP.co.id – Kontrol Apple terhadap aplikasi yang tersedia di Apple Store dipertanyakan menyusul klaim penemuan malware pertama oleh Kaspersky. Aplikasi yang tersedia untuk Apple dan smartphone Android tersebut mencuri daftar kontak pengguna dengan tujuan mengirimkan pesan spam.

Aplikasi bernama “Find and Call,” itu berbentuk phone book, tetapi daftar kontak pengguna yang megunduh aplikasi ini akan automatis diunggah ke server pengembang malware tersebut. Denis Maslennikov dari Kaspersky mengatakan, sekali “Find and Call” mencuri daftar kontak penggunanya, aplikasi tersebut akan mengirim pesan ke seluruh nama terdaftar yang dilengkapi tautan untuk juga mengunduh aplikasi tersebut.

Maslennikov sempat melacak pembuat aplikasi tersebut hingga ke sebuah website perusahaan yang berbasis di Singapura, yang mencoba mencari tahu informasi pengunjungnya, termasuk informasi PayPal. “Tipe software berbahaya ini, disebut Trojan, sebelumnya juga telah muncul di Google Play. Tapi ini adalah kasus pertama yang kami temukan di Aplle App Store,” katanya.

Sampai dengan Kamis (5/7) kemarin, aplikasi tersebut masih tersedia di Apple Store dan Google Play. Di Google Play Store, aplikasi itu telah diunduh lebih dari 100 kali dan mendapat 3,5 bintang, dan 1,5 bintang di Apple Store.

Ikut Kompetisi Online The SmarTEST! Bisa Liburan ke Taiwan

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Setelah sukses dengan ‘IT Travelers Go!’ di tahun 2011, Biro Perdagangan Asing (BOFT) dari Kementerian Ekonomi Taiwan dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), meluncurkan kampanye ‘The SmarTEST!’ dan Taiwan ‘Joint Trade Mission’.

Di dalam kampanye ‘The SmarTEST!’ ini, partisipan akan disaring di tingkat regional melalui tes pengetahuan dan kepintarannya dalam menggunakan produk Taiwan Excellence. ‘The SmarTEST!’ bertujuan untuk mencari orang-orang yang paling cerdik, berwawasan, dan terpintar di negara ini. ‘The SmarTEST!’ menawarkan total hadiah sebesar USD100.000 dalam bentuk produk, uang tunai, dan jalan-jalan gratis ke Taiwan. Total hadiah ini adalah yang terbesar dalam sejarah penyelenggaraan kompetisi di Asia.

Masyarakat dapat mengikuti kuis mulai tanggal 7 Juli secara gratis melalui komputer, laptop, bahkan smartphone. Bagi masyarakat yang tidak memiliki akses Internet, panitia penyelenggara akan menyediakan layanan kuis 24 jam ini secara gratis di Ritter Internet Cafe, Jalan Tanjung Duren Utara 3F Blok C No. 92 Jakarta Barat. Partisipan kuis ini diharapkan untuk tetap cukup makan, minum, dan beristirahat, selama mengikuti kompetisi yang akan dilakukan tanggal 7 Juli, pukul 9 pagi hingga tanggal 8 Juli pukul 9 pagi, waktu setempat.

Wakil Ketua TAITRA, organisasi non-profit yang mengimplementasikan ‘The SmarTEST!’, Wu Wen-Yea turut hadir di dalam acara ini dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi di dalam ‘The SmarTEST!’.  “Tahap pertama dari ‘The SmarTEST!’ yaitu 24-hour online quiz, akan diadakan pada hari Sabtu, sehingga Anda punya banyak waktu untuk beristirahat di hari Minggu,” ujar Wen-Yea.

“Dengan mengikuti kuis ini, Anda akan berkesempatan untuk memenangkan total hadiah sebesar USD100.000. Ini merupakan hadiah terbesar di Asia.” Ia pun melanjutkan.

Untuk mendapatkan informasi tentang kompetisi ‘The SmarTEST!’, masyarakat  dapat mengunjungi website resmi ‘The SmarTEST!’. Website tersebut menyediakan informasi yang komprehensif  tentang kompetisi ini, termasuk peraturan dan contoh-contoh pertanyaan yang akan muncul di dalam 24-hour online quiz. Selain itu masyarakat juga dapat mengunjungi website resmi ‘The SmarTEST!’: http://www.2012smartest.com atau Facebook: http://www.facebook.com/TaiwanExcellence, dan Twitter@TaiwanICT.

ESET Deteksi 10 Malware Populer di Indonesia Juni 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Jagat maya Indonesia masih diramaikan oleh malware-malware lama, bahkan varian pertama seperti WIN32/Ramnit.A, LNK/Autostart.A, Win32/Somoto.A yang masih bertahan, menginfeksi korban-korbannya.

Malware lainnya adalah varian saja dari malware tersebut seperti Win32/Ramnit.F, Win32/Ramnit.H yang sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan malware-malware yang benar-benar baru, seperti Medre.A yang hanya mengambil file berekstensi “.dwg” yaitu file gambar, belum terdeteksi di Indonesia.

ESET ThreatSense Lab mencatat ACAD/Medre.A dengan keunikannya, perlu mendapat perhatian serius, karena potensial mengakibatkan kerugian tidak hanya kehilangan data, tetapi juga reputasi seseorang sebagai desainer, arsitek, drafter, selain itu juga ancaman terhadap hak atas kekayaan intelektual (HAKI) pada aspek kepemilikan hak cipta dari sebuah desain.

Oleh sebab itu, sebelum menjadi masalah besar, sangat disarankan bagi user AutoCAD di Indonesia untuk melengkapi sistem komputernya dengan aplikasi keamanan yang mampu mengenali signature atau keunikan dari Malware ACAD/Medre.A ini.

Berikut ini adalah 10 malware terpopuler yang selalu terdeteksi di jagatmaya Indonesia selama bulan Juni 2012:

  • WIN32/Ramnit.A. Virus ini terkenal bandel, dan cukup lama membuat pengguna internet terganggu. Tips dari Technical Support ESET Indonesia untuk menghilangkan malware ini adalah, lakukan update scan via safe mode, atau gunakan sysrescue.
  • LNK/Autostart.A, sebagai nama lain Win32/CplLnk.A, yaitu threat yang dibuat secara khusus atau malware shortcut yang dimanfaatkan oleh varian-varian dari Win32/Stuxnet. Malware berkategori worm ini sempat menghebohkan, setelah kembali aktif selema beberapa hari dan terdeteksi di Amerika Serikat dan Iran. Dampak serangan worm in meluas di beberapa negara besar yaitu 58% di Amerika serikat, 30% Iran, 4% lebih Rusia. 
  • Win32/Ramnit.F. Malware berjenis trojan ini mampu meng-copy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi. Virus ini biasanya bersembunyi di dalam aplikasi office, bahkan game. Dianjurkan untuk segera menghapus jika ditemukan adanya indikasi virus Win32/Ramnit.F ini, karena potensial menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan didalamnya.
  • HTML/frame.B.Gen, adalah sejenis trojan yang berbahaya, dan mampu membajak komputer berbasis Windows lalu menginstall backdoor di komputer tersebut. Html/Iframe.B.Gen mampu mematikan software  antivirus, sekaligus memonitor aktivitas browsing user, bahkan menghapus registry entries. Sangat dianjurkan untuk memeriksa semua sistem dan segera hapus malware tersebut jika ditemukan     indikasi kehadirannya di komputer.
  • Win32/Sality.NBA. Sebagai salah satu program jahat ilegal yang ada pada Windows. Program     tersebut mampu mangambil alih resources system dan memperlambat kinerja komputer. Beberapa program sejenis seringkali muncul dalam bentuk pesan-pesan maupun banner iklan sehingga mengganggu proses kerja.
  • Win32/Somoto.A. Sebuah program komputer dalam bentuk adware yang berbahaya. Modusnya tampil sebagai iklan, user yang tidak waspada akan meng-klik dan seketika itu juga malware Win32/Somoto.A akan menginstall malware didalam komputer korban. S Jika menjumpai indikasi kehadiran Win32/Somoto.A, segera saja delete.
  • Win32/Ramnit.H. Malware yang memanfaatkan security flaws agar hacker pengendalinya bisa masuk dan mengambil alih komputer yang menjadi target melalui koneksi jaringan. Ramnit.H juga mampu memonitor aktifitas online korban, kemudian mencuri data-data keuangan seperti data kartu kredit, password, user name.
  • Win32/Virut.NBP. Win32/Virut.NBP adalah polymorphic file infector, yang terhubung dengan jaringan IRC dan dapat dikntrol secara remote. Malware tersebut menyerang Executable file. Oleh sebab itu saat terinstall, Win32/Virut.NBP akan langsung mencari executables file yang memiliki ekstensi .exe dan .scr. Operasi yang dilakukan setelah terinstall adalah mengirimakan data dan perintah dari remote computer atau dari Internet.
  • INF/Autorun.gen. Deteksi terhadap INF/Autorun.Gen digunakan untuk menguraikan serangkaian malware yang menggunakan file autorun sebagai cara untuk mengkonfirmasi komputer-PC target yang berhasil diserang.  File tersebut berisikan informasi program yang dikembangkan untuk mampu melakukan run secara saat perangkat bergerak (misal USB flash Disk dan perangkat lain yang sejenis diakses oleh user yang menggunakan PC berbasis Windows.
  • LNK/Exploit.CVE-2010-2568. LNK/Exploit.CVE-2010-2568 adalah hasil deteksi generic untuk malware shortcut files yang dirancang khusus sehingga mampu masuk melalui celah pada Windows. Celah CVE-2010-    2568 adalah yang umum dimasuki oleh Trojan dan biasanya menjadi satu bagian dari malware lain yang ikut masuk melalui celah Windows.

 

Gartner Inc. Nyatakan VMware sebagai Pemimpin dalam Magic Quadrant

Posted:


CHIP.co.id - VMware, mengumumkan bahwa Gartner Inc., telah memposisikan VMware dalam Leaders Quadrant pada Magic Quadrant untuk Infrastruktur Virtualisasi Server x86 2012.1.

Menurut Gartner, “Penetrasi virtualisasi telah melampaui 50% dari seluruh beban kerja server, dan terus tumbuh.”

Selanjutnya dalam laporan itu menyebutkan: “Pasar infrastruktur virtualisasi x86 adalah fondasi untuk dua tren pasar terpenting yang saling berhubungan dan tumpang tindih dari modernisasi infrastruktur dan komputasi Cloud.

Virtualisasi adalah faktor fundamental bagi IaaS (Infrastructure-as-a-Service), dan akan digunakan untuk membuat layanan Cloud privat, publik dan hibrida yang saling beroperasi.”

VMware vSphere sendiri merupakan platform virtualisasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, baik oleh perusahaan berskala enterprise, bisnis skala kecil dan menengah, penyedia layanan Cloud publik dan sebagai fondasi untuk desktop virtual yang pasarnya sedang tumbuh.

“Kami yakin penempatan kami dalam Leaders Quadrant menunjukkan bahwa VMware memiliki visi, strategi dan penawaran untuk membantu pelanggan mentransformasikan TI untuk menghantarkan dari manfaat dari komputasi Cloud," ungkap Rick Jackson, VMware CMO.

Mozilla Bocorkan Tampilan Firefox OS

Posted:

CHIP.co.id – Petinggi Mozilla mulai membocorkan tampilan Firefox OS yang rencananya bakal dirilis di Brazil tahun depan. Chief technology officer Mozilla, Brendan Eich, Rabu (4/7) lalu, meretweet sebuah foto tampilan Firefox OS yang diposting petinggi Mozilla, Rob Hawkes.

Firefox OS tadinya dikenal dengan nama Boot 2 Gecko, atau B2G, tapi Mozilla kemudian mengumumkan nama barunya awal pekan ini. Foto yang diposting Hawkes hanya menunjukkan layar ponsel Samsung yang telah menggunakan Firefox OS dalam keadaan terkunci. Meskipun, sejauh ini vendor yang secara resmi bersedia menggunakan OS tersebut hanya ZTE dan TCL.

Mozilla akan memberikan Firefox OS secara cuma-cuma untuk menarik minat perusahaan yang ingin mendiversifikasi produk mereka dari Android, Ios, dan Windows Phone. Seluruh fitur Firefox OS dibangun berdasarkan HTML5, platform ini sendiri dioptimalkan untuk smartphone low-end.

Sebelum dirilis, Mozilla sudah menjalin kesepakatan dengan produsen smartphone seperti ZTE dan TCL sebagai mitra. Mozilla juga mendapat dukunga dari Deutsche Telekom, Etisalat, Smart, Sprint, Telecom Italia, Telefónica dan Telenor.

Apple Digugat Perushaan Asal Cina Terkait Siri

Posted:


CHIP.co.id - Setelah memenangkan gugatan atas Samsung, kali ini Apple kena batunya. Apple digugat telah melanggar paten dalam pembuatan aplikasi Siri. Adalah perusahaan Zhizhen Network Technology, yang berbasis di Cina, yang mengajukan gugatan tersebut.

Dalam gugatannya, dikatakan bahwa Apple telah melanggar paten mereka yang terkait mengenai "a type of instant messaging chat bot system" yang bernama Xiaoi Bot. Perusahaan ini mengklaim telah mendapatkan paten atas hal tersebut pada Februari 2006.

Sebelumnya, Zhizhen telah mengambil jalan kekeluargaan dengan Apple pada bulan Mei. Namun, karena pihak Apple tidak menggubris hal ini, Zhizhen akhirnya mengambil jalur hukum dengan mengajukan gugatan. Gugatan ini sendiri telah diajukan ke pengadilan kota Shanghai.

Sebenarnya, Apple sendiri bukanlah penemu Siri. Mereka hanya mengakuisisi perusahaan penyedia aplikasi ini pada tahun 2010. Siri sendiri saat ini berjalan di iPhone 4S. Kita nantikan bagaimana kelanjutannya.

Trik Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy SIII

Posted:


CHIP.co.id - Samsung Galaxy SIII, smartphone Android tebaru besutan Samsung hadir dengan fitur-fitur menarik, namun masing-masing dapat menyedot kapasitas baterai. Berikut beberapa trik Cnet agar daya tahan Galaxy SIII Anda lebih tahan lama.


1.Gunakan opsi Power Saving

Galaxy SIII sudah dilengkapi opsi “Power Saving”,  yang diatur dalam keadan disabled saat Anda pertama kali menggunakan smartphone tersebut. Ubahlah opsi ini menjadi enabled untuk membatasi kecepatan maksimum CPU, menurunkan keterangan layar, dan mengubah warna latar di seluruh sistem aplikasi untuk menghemat baterai sebisa mungkin. Untuk mengubah power saving ke model enable,  anda tinggal masuk ke menu Settings dan aktifkan “Power Saving”.

2.Ubah profil warna layar Anda

Pada beberapa jenis layar di Galaxy SIII, seperti AMOLED, beberapa profil warna menggunakan lebih sedikit daya ketimbang yang lainnya. Contohnya, warna hitam lebih membutuhkan sedikit daya daripada warna putih. Jadi, ketika anda memilih warna latar hitam akan menambah daya tahan ponsel Anda.

Fitur ini bisa dilihat di “Screen Mode” di menu Settings. Caranya buka Settings – Display – Screen Mode yang menungkinkan anda memilih profil yang berbeda-beda.

3.Atur tingkat kecerahan layar

Pengaturan tingkat kecerahan default sebenarnya sudah bagus, namun baterai akan cepat habis jika anda membuka aplikasi Facebook dan Twitter seharian. Jika tengah berada di dalam ruangan, Anda mungkin tak membutuhkan tingkat kecerahan yang tinggi. Anda bisa dengan mudah mengubahnya di menu Settings -  Display – Brightness dan atur ke tingkat yang anda inginkan.

Jika ingin menghembat baterai, Anda bisa memilih tingkat kecerahan serendah mungkin, atau memilih “Automatic brightness” sehingga Galaxy SIII Anda akan automatis lebih terang ketika Anda tengah berada di luar ruangan dengan sinar matahari yang cerah.

4.Mengatur waktu mematikan layar

Samsung telah membenamkan banyak fitur pintar dalam Galaxy SIII, seperti kemampuan untuk memberitahu apakah anda sedang melihat ponsel secara langsung atau tidak dan menyesuaikan layar seperlunya. Tapi, jika Anda mematikan fitur ini, anda akan perlu mengecek setting layar. Caranya pilih menu Settings – Display – Screen timeout. Pilihlah waktu yang menurut Anda cocok, misalkan 15 detik.

5.Nonaktifkan fitur yang tidak Anda gunakan, Misalnya Wi-Fi dan Bluetooth


Olympus Segera Rilis Kacamata HUD Pesaing Google Project Glass

Posted:


CHIP.co.id - Anda tentu sudah tahu dengan kehadiran kacamata masa depan, Google Project Glass, bukan? Baru-baru ini, Olympus mengungkap akan segera merilis kacamata sejenis yang bernama MEG 4.0.

MEG 4.0 merupakan kacamata heads-up display (HUD) yang terintegrasi melalui sambungan Bluetooth. Kacamata ini, mampu menghadirkan segala macam informasi yang tertera di dalam layar smartphone, tablet, atau gadget lainnya ke depan penglihatan Anda. Selain itu, MEG 4.0 juga telah memiliki accelerometer built-in, sehingga dapat menyesuaikan dengan posisi pandangan Anda. Anda juga dapat mengatur brightness sesuai dengan selera Anda.

Saat ini, Olympus MEG 4.0 masih dalam tahap prototype dan segera diumumkan kapan akan dijual secara massal oleh Olympus.

Spesifikasi

  • Resolution: QVGA (Pixel 320 × 240)
  • Brightness: 10cd / m 2 ~ 2000cd / m 2
  • Radio system: Bluetooth ® Ver. 2.1
  • Drive time: (In the case of continuous display / intermittent display for 15 seconds every three minutes is about two hours, however) about 8 hours
  • Base machine mass: Less than 30g (including battery)
  • External dimensions: Length 196mm

Google Bantah Temuan Botnet di Android

Posted:


CHIP.co.id – Google membantah temuan insinyur Microsoft, Terry Zink, Rabu (4/7) lalu bahwa perangkat Android telah disusupi botnet yang mengirimkan email spam ke seluruh pengguna.

"Tidak ada bukti yang mendukung klaim botnet Android,” kata Juru Bicara Google, Jumat (6/7) seperti dinukil dari Zdnet. “Analisis kami menunjukkan bahwa spammer menggunakan komputer yang terinfeksi dan tanda tangan mobile palsu untuk mencoba mengelabui mekanisme anti-spam dalam platform email yang mereka gunakan.”

Sebelumnya, dalam blognya, Zink menjelaskan bagaimana dia menggunakan sampel header spam yang berisi tanda tangan “Sent from Yahoo!Mail on Android” dan melacaknya kembali ke sebuah lokasi di Timur Tengah, Asia, dan Eropa Timur.

Menurut Zink, ada alasan jelas mengapa botnet tersebut menyebar di negara seperti Cile, Indonesia, Filipina, Rusia, Arab Saudi, Ukraina, dan Venezuela.

“Saya berani bertaruh bahwa pengguna ponsel Android mengunduh beberapa aplikasi Android berbahaya guna menghindari biaya untuk mendapatkan versi aslinya dan mereka mendapatkan lebih dari yang mereka duga,” tulis Zink, seperti dikutip dari Forbes, Kamis (5/7). “Bisa juga karena mereka mendapat aplikasi Yahoo Mail palsu.”

Zink menjelaskan, pengguna Android di negara maju pada umumnya lebih terlindungi dan sedikit terinfeksi malware ketimbang pengguna di negara berkembang. “Dimanakah daftar negara-negara di atas? Kebanyakan di negara berkembang,” katanya.

Zink berspekulasi bahwa bahwa penjahat siber telah mengembangkan malware baru yang bisa mengakses email Yahoo! dalam perangkat Android, mengirim pesan spam, lalu menggabungkannya untuk membuat spam botnet.

Facebook Investasi Pembangunan Serat Optik 10 Ribu Km di Asia

Posted:


CHIP.co.id – Facebook berencana investasi dalam konstruksi serat optik bawah laut sepanjang 10 ribu kilometer untuk membantu menghubungkan negara-negara Asia. Gateway Asia Pasifik direncakan akan dibangun dari Malaysia ke Korea Selatan dan Jepang, dengan 7 cabang berbeda yang menghubungkan negara Asia lainnya, termasuk China dan Vietnam.

Menurut Juru Bicara Facebook, perusahaan jejaring sosial tersebut turut menanamkan investasi guna membantu ekspansi bisnis mereka di kawasan Asia.

"Investasi kami dalam pembangunan kabel ini akan membantu pertumbuhan kami di Asia Selatan. Memungkinkan kami memberikan pengalaman lebih baik kepada lebih banyak lagi pengguna Facebook di negara seperti India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Hong Kong, dan Singapura, ” kata Juru Bicara Facebook kepada BBC, Kamis (5/7).

Dia menolak menyebut nilai investasio Facebook, dan hanya menyebut bahwa total investasi konsorsium perusahaan mencapai USD 450 juta.

Rilis Windows Server 2012, Microsoft Akhiri Windows Home Server

Posted:


CHIP.co.id – Microsoft merilis empat edisi baru Windows Server 2012 yang lebih simpel, Kamis (5/7) kemarin dan menghentikan produksi Windows Home Server pada saat bersamaan.

Disitat dari The Verge, Jumat (6/7), keempat versi tersebut, termasuk Standard, Datacenter, Essentials, dan Foundation, ditujukan untuk lingkungan perusahaan dan bisnis yang berbeda. Sama dengan Windows 8 client side, Microsoft menyederhanakan penawaran Windows Server 2012 kepada kalangan bisnis, dengan menurunkan nomor seri dari 12 menjadi hanya 4.

Perusahaan software raksasa tersebut juga merilis bahwa mereka tak akan lagi menjual edisi Windows Home Server. Justru, Microsoft berencana menggabungkan fitur dari Windows Home Server menjadi Windows Server 2012 Essentials. Microsoft ingin fokus membuat Windows Server 2012 Essentials menjadi sistem operasi server ideal untuk kepentingan bisnis kecil dan personal.

Microsoft pernah membuat kecewa penggemar Windows Home Server ketika mereka menghilangkan fungsi Drive Extender dari Windows Home Server 2011, fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan drives bersamaan. Salah seorang pengguna Windows Home Server, Terry Walsh, mengaku kecewa dengan langkah Microsoft. 

“Penjualannya lambat,” kata Terry, meskipun pengecer mulai menjual Windows Home Server di toko-toko. Microsoft akan tetap mendukung Windows Home Server hingga 2016 mendatang, sebelum akhirnya server itu benar-benar mati.

WikiLeaks Bocorkan 2 Juta Email Pejabat Syria

Posted:

CHIP.co.Id - WikiLeaks kembali membuat sensasi dengan membocorkan 2 juta lebih email pribadi pejabat tinggi Syria. Data tersebut diambil situs pimpinan Julian Assange tersebut dari 680 entitas atau domain milik Syria, termasuk dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Informasi, Kementerian Transportasi, dan Kementerian Kebudayaan.

The Verge, Jumat (6/7), melaporkan, sebagian email itu telah dipublikasikan secara resmi kemarin dan selebihnya akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan. Dalam publikasi ini, WikiLeaks kembali bekerja sama dengan sejumlah media, termasuk kantor berita Associated Press.

Julian Assange mengatakan, pemerintah Syria tidak akan menjadi satu-satunya sasaran kritik atas kebocoran yang diumumkan sekarang.

”Hal ini memalukan bagi Syria, tapi juga memalukan bagi lawan Syria. Email ini membantu kita untuk tak hanya mengkritik salah satu pihak atau pihak lain, tapi memahami kepentingan, tindakan dan pikiran mereka. Hanya dengan pemahaman seperti itu kita bisa menyelesaikan konflik ini,” kata Assange.

File Syria tersebut kian memperjelas tentang cara kerja pemerintah dan ekonomi Syria, tapi juga mengungkapkan bagaimana pandangan perusahaan dan negara-negara Barat. Aktivis pro-demokrasi terus-menerus mengkritik tindakan brutal aparat keamanan Syria terhadap demonstran di bawah pimpinan Bashar Hafez al-Assad. Syria bahkan terancam perang saudara.

Namun, meskipun korban jiwa diperkirakan telah mencapai 15 ribu jiwa, PBB dan negara-negara Barat belum mau mengintervensi secara militer karena mendapat tentangan dari Rusia dan China.

Seagate Luncurkan Seagate Backup Plus

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id -  Seagate telah memperkenalkan perangkat penyimpanan terbarunya yang bernama Seagate Backup Plus (5/7). Seagate Backup Plus memiliki dua versi, yaitu Backup Plus Portable Drive dan Backup Plus Desktop Drive.

Duo Seagate Backup Plus ini memiliki software Seagate Dashboard. Software ini menyediakan fitur satu klik saja untuk Save (mengunduh) dan Share (mengunggah) foto dan video pribadi dari & ke situs jejaring sosial Facebook dan Flickr.

Backup Plus Portable Drive


Hard drive ini memiliki berbagai warna, yaitu hitam, merah, silver, serta biru. Memiliki ukuran 14.5 x 81.1 x 123.4 yang ringkas, serta memiliki berat 224 gram. Backup Plus Portable Drive memiliki dua jenis kapasitas, yaitu 500 GB dan 1 TB yang akan dijual dengan harga $ 78 (500 GB) & $ 118 (1 TB).

Spesifikasi:

  • Length: 123.4 mm
  • Width: 81.1 mm
  • Depth: 14.5 mm
  • Weight: 0.224 gr
  • System Requirements: Windows 7, Vista, XP SP 3 (32-bit & 64-bit) operating system or Mac OS X 10.6 or higher, SuperSpeed USB 3.0 port
  • Inside the box: Seagate Backup Plus Drive, Seagate Dashboard pre-loaded on drive, NTFS driver for Mac pre-loaded on drive, 18-inch USB 3.0 cable

Backup Plus Desktop Drive


Walaupun hanya memiliki satu warna yaitu hitam, hard drive ini memiliki ukuran yang tak kalah ringkas. Dengan ukuran 44.0 x 124.0 x 158.0, Backup Drive Desktop Drive terlihat modern. Memiliki dua jenis kapasitas, yaitu 2 TB dan 3 TB. Harga jual yang disarankan Seagate yaitu $ 123 (2TB) & $ 174 (3TB).

Spesifikasi:

  • Length: 158 mm
  • Width: 124 mm
  • Depth: 44 mm
  • Weight: 1.08 gr
  • System Requirements: Windows 7, Vista, XP SP 3 (32-bit & 64-bit) operating system or Mac OS X 10.6 or higher, SuperSpeed USB 3.0 port
  • Inside the box: Seagate Backup Plus Drive, Seagate Dashboard pre-loaded on drive, NTFS driver for Mac pre-loaded on drive, 18-inch USB 3.0 cable

Seagate Backup Plus Portable Drive dan Desktop Drive akan segera tersedia melalui retailer-retailer serta reseller-reseller di Indonesia.

Sony Expo 2012 Hadirkan Ultrabook Terbaru Sony

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sony Expo 2012 yang saat ini sedang berlangsung di pelataran Atrium Mall Taman Anggrek, selain menghadirkan pengalaman menarik mengisi libur sekolah, event ini juga menjadi ajang peluncuran rangkaian VAIO terbaru.

Vaio yang merupakan salah satu Top Three Selling Produk Sony di Indonesia, tahun ini hadir dengan beberapa seri terbarunya yang mengedepankan keunggulan desain dan performa komputasi dengan efisiensi daya. Rangkaian produk VAIO yang diperkenalkan di Sony Expo 2012 ada; Sony VAIO Seri T, Sony VAIO Seri Z, Sony VAIO Seri E, dan Sony VAIO Seri S.

Diantara empat produk VAIO terbaru, terdapat salah satu yang menjadi unggulan, karena telah mendukung teknologi teranyar di bidang sistem operasi komputer, yakni Intel Ivy Bridge, adalah Sony VAIO Seri T.

Hadir sebagai seri Ultrabook terbaru dari VAIO, Sony menghadirkan pengalaman komputasi yang elegan dan juga canggih karena didukung dengan teknologi ideal bagi Ultrabook yaitu Intel Ivy Bridge, Sony Indonesia menyediakan dua macam Ultrabook yang dapat dimiliki dari budget dan kebutuhan teknologi untuk pelanggan.

Untuk yang memiliki budget sekitar Rp.9.000.000,- Sony Indonesia menyediakan Ultrabook Sony VAIO Seri T11 yang memiliki layar 11 inci dan dilengkapi dengan prosesor Intel Ivy Bridge Core i5.

Kemudian, terdapat pula Ultrabook Sony VAIO Seri T13 yang memiliki layar lebat seluas 13 inci dan dilengkapi dengan prosesor Intel Ivy Bridge Core i7. Dan untuk memiliki Ultrabook ini, Sony Indonesia memberikan harga sekitar Rp.11.000.000,-.

Aplikasi Ini Bisa Mengubah Foto Anda Jadi Duit

Posted:

CHIP.co.Id - Pernah punya keinginan memperoleh duit dari foto di iPhone Anda? Kini keinginan itu tampaknya bisa Anda wujudkan.


Aplikasi terbaru iPhone, Foap, memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menjual foto-foto milik mereka. Tiap foto yang Anda unggah akan melalui proses persetujuan dan kemudian dimasukkan dalam dua kategori, yakni komersil atau editorial.

Foto komersil bisa digunakan perusahaan untuk kepentingan penjualan atau pemasaran. Sementara foto editorial bisa digunakan oleh mereka yang tak ingin mengkomersilkan foto Anda, seperti blogger atau editor berita.

Anda juga bisa menandai foto Anda untuk mempermudah orang yang ingin membelinya. Ada juga bagian khusus dalam aplikasi tersebut dimana perusahaan bisa memposting jenis foto yang mereka cari, termasuk tanda yang dibutuhkan agar mereka bisa menemukan karya Anda. Saat ini hanya ada dua perusahaan yang mencari foto, keduanya berada di Swedia. Semua foto yang terdaftar di situs mereka dijual seharga USD10.

Dari jumlah tersebut, Foap memotong separuhnya, sehingga Anda hanya akan mendapat USD5 dari tiap foto yang terjual. Bukan jumlah yang besar memang, tapi lumayan kan untuk menambah pemasukan? Jika tertarik, Anda bisa langsung unduh Foap dari Apple Store secara gratis.

Sony Expo 2012 Warnai Liburan Sekolah Tahun Ini

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sony Indonesia kembali menggelar pameran produk lengkapnya di Sony Expo 2012. Pameran yang berlangsung di Atrium Mall Taman Anggrek, mulai tanggal 5 Juli ini mewarnai liburan sekolah dengan mengambil tema “Journey to an Extraordinary Life”. 

"Melalui kegiatan ini, Sony ingin menunjukkan komitmennya untuk terus memperkenalkan inovasi terkini di dunia digital, agar dapat mengantarkan hiburan digital dengan kualitas tidak tertandingi bagi konsumen setianya," ungkap Satoru Arai, Presiden Direktur Sony Indonesia.

Beberapa pengalaman tak terlupakan yang dapat dinikmati di Sony Expo 2012 yang dapat mengisi waktu Liburan Anda, seperti; Kids Fashion Show with Handycam, Playstation Tournament, Cosplay Competition, dan Photo Contest.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar