Selasa, 17 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


5 Tantangan Bagi CEO Baru Yahoo, Marissa Mayer

Posted:


CHIP.co.id - Marissa Mayer telah resmi menjadi CEO  Yahoo!. Sebelum "dibajak" dari Google, Mayer merupakan VP yang bertanggung jawab atas Google Maps dan beberapa proyek lainnya. Mantan karyawan ke-20 Google ini akan segera membawa Yahoo menghadapi segudang permasalahan yang dimiliki saat ini.

Dilansir dari ZDNet, Mayer dipercaya akan menghadapi 5 masalah pokok yang menjerat Yahoo saat ini, yaitu relevansi, inovasi, definisi, konten, dan moral.

Relevansi

Saat ini, Yahoo bukan lagi sumber pertama saat orang-orang mencari referensi di internet. Hal inilah yang harus diurus oleh Mayer. Mayer harus dapat membuat Yahoo menjadi sebuah situs yang relevan lagi, sehingga para netizen kembali menggunakan Yahoo kembali.

Inovasi

Perusahaan berbasis di California ini harus memiliki inovasi terbaru untuk dapat bertarung dengan Google. Yahoo mungkin dapat bergantung pada Mayer. Mengingat Mayer merupakan karyawan ke-20 Google, sehingga diharapkan Mayer dapat membawa "sihir" Google ke perusahaan barunya.

Definisi

Yahoo perlu mengubah citra mereka. Awalnya, Yahoo dikenal sebagai search engine yang mandiri. Kemitraan dengan Microsoft, dalam hal ini Bing, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pangsa pasar Google di bidang search engine. Mayer diharapkan dapat mengolah kemitraan dengan Microsoft agar dapat menguntungkan Yahoo.

Konten

Yahoo telah berkembang dengan menambah konten media digital. Namun, Yahoo harus dapat memperluasnya dengan bermitra dengan penyedia jasa hiburan. Hal ini dipercaya dapat menambah konten dari Yahoo yang terlalu monoton.

Moral

Yahoo telah memiliki tiga orang CEO dalam beberapa tahun terakhir (Jerry Yang, Carol Bartz, dan Scott Thompson). Dan CEO sebelum Mayer meninggalkan Yahoo dengan tidak terhormat (skandal Resume-nya). Hal ini mengakibatkan moral karyawan Yahoo dipercaya menjadi lebih buruk lagi. Inilah tantangan bagi Mayer, membangkitkan moral mereka.

"Yahoo akan terus meningkatkan kemitraan dengan pengiklan, penyedia teknologi, dan perusahaan media. Selain itu, kami juga akan terus memberikan inspirasi bagi pengguna kami. Ada banyak hal yang harus saya lakukan di Yahoo. Saya sudah tidak sabar untuk segera memulainya," ujar Marissa Mayer.

Google Belum Berencana Cari Pengganti Marissa Mayer

Posted:


CHIP.co.id - Google belum memiliki rencana menggantikan Marissa Mayer, yang baru saja resign untuk menduduki posisi baru sebagai CEO Yahoo!, Senin (16/&7). Tugas Mayer sebagai Vice President Google untuk layanan local, maps, dan lokalisasi akan digantikan oleh anggota timnya, seperti dilaporkan All Things D.

Mantan bawahan Mayer mulai sekarang akan melapor langsung kepada Jeff Huber, Senior Vice President Google bidang perdagangan dan lokal, kata sumber All Things D.

Marissa Mayer adalah insinyur perempuan pertama di Google dan merupakan karyawan nomor 20 ketika bergabung dengan perusahaan itu tahun 1999. Mayer tercatat sebagai alumnus master ilmu komputer dari Universitas Stanford.

Selama karirnya di Google, Mayer turut mengawasi bisnis yang bertumbuh cepat yang terbukti menjadi kunci bagi pertumbuhan Google selama satu dekade terakhir. Perempuan berusia 37 tahun itu menjabat sebagai pimpinan eksekutif bidang produk pencarian pengalaman pengguna, jumlah pencarian harian di Google meledak dari ratusan ribu hingga lebih dari satu miliar.

Dia juga berperan dalam desain dan pengembangan antarmuka mesin pencarian Google yang ikonik, juga Google News, Gmail, dan jejaring sosial Orkut. Tak ayal kepergian Mayer membuat CEO Google Larry Page merasa kehilangan.

"Sejak tiba di Google lebih dari 13 tahun yang lalu sebagai pegawai nomor 20, Marissa telah menjadi juara yang tak kenal lelah bagi pengguna kami. Dia berkontribusi mengembangkan (mesin) pencarian kami, Geo, dan produk lokal, serta banyak bidang produk lainnya. Kami akan kehilangan bakatnya di Google."

Steve Wozniak Beberkan Kunci Sukses Apple sebagai Perusahaan Besar

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Salah satu co-founder (pendiri) Apple yang fenomenal akhirnya tiba di Jakarta. Steve Wozniak yang lebih akrab dipanggil Woz ini, datang ekslusif ke Indonesia untuk memberikan motivasi membangun mimpi menjadi kenyataan di event, Innovation & Creativity.

Sebelum memulai seminar di Nusa Indah Theater, Balai Kartini pada tanggal 17 Juli 2012, tim CHIP.co.id berkesempatan untuk mewawancarai Steve Wozniak di Ritz Carlton (16/7), yang saat itu tampil casual dengan baju hitam-hitam dan sepatu sneakers andalannya.

Wozniak yang berhasil menciptakan Apple II, komputer pribadi terakhir yang benar-benar didesain oleh satu orang saja, sangat antusias ketika ditanya tentang perkembangan Apple yang begitu pesat saat ini.

"Setelah aku meninggalkan Apple, perusahaan ini semakin berkembang pesat setiap harinya dan berubah menjadi perusahaan besar di dunia. Saya bangga pernah berada di dalamnya," ungkap Wozniak.

Saat ditanya, apa yang menjadi kunci sukses menjadi perusahaan besar di dunia saat ini, Wozniak pun mengungkapkan beberapa faktor yang membuat Apple tidak dipandang perusahaan sebelah mata.

"Apple is a huge company. Kenapa besar, karena mereka memiliki pasar yang banyak, mulai dari industri aplikasi, music store on iTunes, iPod, iPhone, iPad, dan Macbook yang tidak berdiri sendiri, mereka semua berkolaborasi bekerja dalam satu kesatuan. Maka dari itu, Apple dapat menciptakan pangsa pasar tersendiri yang royal dan terkoneksi satu dengan lainnya," jelas Wozniak.

Wozniak pun menjelaskan meskipun Apple hanya memiliki 5% pasar teknologi dunia, tetapi mereka selalu mengembangkan produk-produk yang sangat baik. Dengan produk yang dibuat maksimal, maka otomatis konsumer pun akan merasakan manfaat yang sangat banyak dari satu produk tersebut dan menjadi royal.

"Apple selalu mengembangkan produk yang baik. Mereka mengembangkan dan memasarkan produk yang benar-benar layak disuguhkan kepada pasar. Karena, dengan produk yang baik, otomatis Apple sebagai merek dagang juga dapat menempati hati penggunanya. Inilah yang menjadi kunci sukses Apple sebagai perusahaan besar."

Terungkap! Penampakan PS3 Super Slim

Posted:

Foto: Technoblog

CHIP.co.id - Setelah muncul rumor Sony akan segera merilis PS3 Super Slim pada bulan depan, kini muncul foto penampakkan dari wujud PS3 Super Slim tersebut. Munculnya foto ini semakin memperkuat rumor tersebut.

Dikutip dari CNet, Sony telah mendaftarkan desain dari PS3 Super Slim ini ke US Federal Communications Commission. Bentuk dari PS3 Super Slim ini juga terlihat sangat ramping dibanding dengan dua versi PS3 sebelumnya, yaitu CECH-L00 dan CECH-2000. Untuk PS3 Super Slim ini, memiliki kode seri CECH-4000.

Nantinya, PS3 Super Slim ini akan memiliki Bluetooth v 2.0 dan koneksi 802.11g Wi-Fi. PS3 Slim ini dikatakan akan memiliki kapasitas internal sebesar 16 GB. Entah ini merupakan salah ketik untuk 160 GB atau bukan. Yang jelas, apabila Sony memberi memori internal sebesar 16 GB, Sony akan mengikuti langkah Microsoft yang memberi memori internal sebesar 4 GB untuk beberapa seri XBOX 360.

Yahoo! Tunjuk Pimpinan Google, Marissa Mayer Sebagai CEO

Posted:

 

CHIP.co.id - Yahoo! menunjuk Marissa Mayer, salah satu pimpinan eksekutif Google, sebagai CEO barunya, menggantikan Scott Thompson yang keluar pada bulan Mei lalu. Yahoo! mengikuti langkah Facebook yang juga meminta Sheryl Sandberg, mantan eksekutif Google, sebagai chief operating officer. Sebelum penunjukan Mayer, Ross Levinsohn, yang sempat menjabat sebagai CEO interim Yahoo! dianggap sebagai kandidat teratas untuk posisi tesebut.

"Saya merasa terhormat dan senang untuk memimpin Yahoo, salah satu tujuan utama internet bagi lebih dari 700 juta pengguna," kata Mayer. "Saya berharap dapat bekerja dengan para karyawan perusahaan yang berdedikasi untuk memberikan produk inovatif, konten, dan pengalaman pribadi kepada pengguna dan pengiklan di seluruh dunia."

Penunjukan Mayer, yang bergabung dengan Google pada tahun 1999 sebagai karyawan nomor 20, merupakan kudeta besar bagi Yahoo, yang telah lama berjuang di tengah persaingan brutal dari Google dan Facebook. Berita perekrutan Mayer pertama kali dilaporkan harian The New York Times, Senin (16/7)

Mayer yang kini berusia 37 tahun adalah salah satu perempuan pemimpin eksekutif Google yang paling menonjol, kerap berbicara di konferensi besar mengenai teknologi mengenai produk Google. Dia dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap tampilan dan nuansa produk terpopuler Google -bukan hanya mesin pencari tapi juga Gmail, Google News, dan Google Images.

Baru-baru ini, dia ditugaskan memimpin layanan Google maps dan Google location. Semua mengatakan, lulusan ilmu komputer Universitas Stanford itu merupakan orang di belakang peluncuran lebih dari 100 produk dan fitur Google.

CEO Google Larry Page mengucapkan selamat kepada mayer dalam sebuah pernyataan. "Sejak tiba ti Google lebih dari 13 tahun yang lalu sebagai pegawai nomor 20, Marissa telah menjadi juara yang tak kenal lelah bagi pengguna kami. Dia berkontribusi mengembangkan (mesin) pencarian kami, Geo, dan produk lokal, serta banyak bidang produk lainnya. Kami akan kehilangan bakatnya di Google."


 

Steve Wozniak Siap Bagikan Kiat Suksesnya di Industri IT

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Steve Wozniak yang dikenal sebagai co-founder Apple bersama Steve Jobs, telah hadir di Indonesia dan besok siap membagikan kiat suksesnya di dunia IT di seminar, Innovation & Creativity.

Seminar yang akan diselenggarakan di Nusa Indah Theater, Balai Kartini pada tanggal 17 Juli 2012 ini membahas seputar inovasi di bidang digital serta monetasi dari bisnis digital.

"Besok, saya akan memberikan pandangan bagaimana menciptakan mimpi yang menjadi kenyataan. Tetapi untuk menciptakan mimpi itu menjadi kenyataan, sang pembuat mimpi harus tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menggapainya," ungkap Wozniak saat dijumpai di Hotel Ritz Carlton, Senin - 16 Juli 2012.

Selain memberikan sedikit bocoran tentang perihal materi yang akan dia bagikan kepada peserta seminar Innovation & Creativity besok hari, Wozniak juga memberikan pandangannya terhadap industri IT di Indonesia.

"Saya melihat perkembangan perekonomi di Indonesia yang sehat dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang kreatif di bidangnya. Jika dilihat, dari sektor industri teknologi yang memiliki market sendiri di hati masyarakat, saya yakin dengan teknologi pasar Indonesia semakin cerah lagi," tambahnya.

Acara yang didukung oleh Telkomsel dan Djarum LA Lights ini tidak hanya menghadirkan inovator Apple yang fenomenal saja, tetapi juga menyuguhkan berbagai pandangan sukses dari orang-orang yang andal di bidangnya, seperti; Daniel Tumiwa, Yoris Sebastian, Rene Suhardono, Ligwina Hananto, dan Peter F. Gontha.

Untuk menghadiri acara yang penuh dengan motivasi ini, 3 Ocean Act mematok harga mulai dari Rp2.000.000,- hingga Rp3.500.000,- dan tiket dapat dibeli di Plasa Tiket.

Duh! RIM Didenda Rp1,3 T

Posted:


CHIP.co.id – Tahun ini tampaknya benar-benar bukan tahun keberuntungan buat Research In Motion (RIM), perusahaan pemilik smartphone BlackBerry. Setelah menunda peluncuran BlackBerry 10 sampai Januari tahun depan, menjual pesawat jet untuk menghemat pengeluaran, mengurangi jumlah karyawan, RIM kembali tertimpa masalah karena diputuskan bersalah telah melanggar hak paten milik Mformation Technologies.

Juri pengadilan San Francisco, Jumat (13/7), memutuskan RIM harus membayar royalti sebesar USD8 untuk tiap ponsel BlackBerry yang terhubung dengan BlackBerry Enterprise Server. Total denda yang harus dibayarkan RIM mencapai USD147,2 juta. BlackBerry Enterprise Server merupakan perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan mengatur perangkat karyawannya secara jarak jauh.

Pihak RIM kecewa dengan putusan juri tersebut. “"RIM telah bekerja kerjas selama bertahun-tahun untuk mengembangkan teknologi terdepat BlackBerry secara independen dan industri terkemuka dalam hak kekayaan intelektual, dan RIM tak percaya bahwa paten yang dimaksud Mformation adalah sah,” kata juru bicara RIM.

Pada kuartal perama tahun ini, RIM melaporkan kerugian sebesar USD518 juta, pendapatan perusahaan USD2,8 miliar atau turun sebesar 33 persen dari tahun lalu sebesar USD4,2 miliar.

Centeng.me, Jejaring Sosial untuk Saling Membantu

Posted:


CHIP.co.id - Centeng.me merupakan sebuah jejaring sosial asli Indonesia. Layanan jejaring sosial ini, mirip dengan Yahoo! Answers yang bisa digunakan untuk meminta bantuan atau membantu pengguna lain. Perbedaannya, pengguna Centeng dapat mengumpulkan poin dengan membantu pengguna lain.

Saat daftar akun baru, Anda akan mendapatkan 50 poin sebagai modal awal berinteraksi dengan menggunakan Centeng. Poin ini dapat digunakan untuk meminta bantuan kepada pengguna lain dengan memberikan hadiah sejumlah minimal 20 poin. Pengguna biasa ini, dapat menambah poinnya dengan mengerjakan job dari pengguna lain.

Job yang diposting di Centeng, terdiri dari 2 jenis, yaitu brain dan muscle. Brain, artinya merupakan bagian yang mirip Yahoo! Answers. Penggunanya dapat memberikan pertanyaan yang akan dijawab oleh pengguna lain. Sedangkan muscle, lebih merupakan permintaan untuk membantu untuk delivery barang, bantu pindah rumah, dan lain-lain.

Saat ini, poin tersebut belum dapat digunakan selain sebagai modal untuk berinteraksi. Namun, Centeng mengatakan bahwa suatu hari nanti, poin tersebut dapat diuangkan.

Hacker Rusia Temukan Cara Mengunduh App Berbayar di Apple Store Secara Gratis

Posted:


CHIP.co.id - Seorang hacker Rusia telah menemukan cara mengunduh aplikasi berbayar di Apple app store secara gratis. Caranya pun sangat gampang, pengguna tinggal sign out dari akun Apple mereka dan mengunjungi portal hacker tersebut untuk mengunduh beberapa sertifikat keamanan.

Hacker yang dikenal dengan nama “ZonD80” itu, memposting sebuah video di Youtube mengenai cara kerja program yang dibuatnya, namun Apple telah menarik kembali video tersebut. Juru bicara Apple, Natalie Harrison kepada blog teknologi The Loop mengatakan, keamanan App Store sangat penting bagi Apple dan komunitasnya.

“Kami menanggapi laporan kejahatan itu dengan sangat serius dan kami masih menyelidikinya,” katanya, Senin (16/7).

9to5Mac menulis, instruksi yang disampaikan ZonD80 melalui Youtube berhasil saat diterapkan.

Kompetisi Game FIFA 2012 di NVIDIA Day 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Kompetisi FIFA 2012 ini merupakan bagian dari acara NVIDIA Day 2012. Gelaran hasil kerja sama CHIP dan NVIDIA, serta ASUS, Gigabyte, Digital Aliance, Zotac, Sparkle, Palit ,dan MSI ini berlangsung di Food Connection Lt. 1, Mall of Indonesia, sabtu lalu (14/7).

Mengusung tema "Setiap PC Butuh Visual yang Memukau", game FIFA 2012 ini dimainkan dengan mulus di tiap PC yang menggunakan NVIDIA GeForce GT 600 Series. Kompetisi ini memperebutkan hadiah utama sebesar Rp7.000.000 serta door prize puluhan NVIDIA GeForce GT 600 series 610/620/630.

Kompetisi ini diikuti oleh 125 peserta. Membuat kompetisi ini berlangsung sengit, karena menggunakan sistem gugur. Peserta terbagi dalam 4 kelompok, yaitu Kelompok A, B, C, dan D.

Berikut daftar juara di Kompetisi FIFA 2012 di NVIDIA Day:

  • Juara 1, Mohammad Mahathir
  • Juara 2, Michael Kubani
  • Juara 3, Tan Edwin Tanadi
  • Top Skor, Liga Aurora

Selamat kepada para pemenang. Sampai jumpa di gelaran CHIP selanjutnya!

Menggalau Bersama Simi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Apakah Anda pernah merasakan perasaan jenuh ketika menunggu seorang teman yang datang telat pada sebuah janji, dan memiliki keinginan untuk mengajak ngobrol seseorang, tetapi sayangnya teman-teman Anda lama menjawab pesan karena kesibukan mereka.

Untunglah, SimSimi Inc. dari Korea menciptakan satu aplikasi unik SimSimi yang akan mengajak Anda "Menggalau Bersama Simi".

Aplikasi chat dengan robot lucu berbentuk kuning bulat dan bernama Simi ini akan menjawab segala percakapan Anda mulai dari yang serius sampai yang mengejutkan.

Diciptakan sejak tahun 2002 lalu, Simi saat ini telah menyimpan 44 macam bahasa. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, meskipun diciptakan lama di Korea, tetapi jumlah kosa kata terbanyak yang dipelajari oleh Simi paling terbesar dari Indonesia. Sebanyak 112.908 kosa kata yang telah diajarkan oleh pengguna aplikasi Simi di Tanah Air yang menggunakan smartphone berbasis iOS dan Android.

Dengan cara mengajari Simi untuk menjawab pertanyaan Anda, maka setelah Simi menyimpan suku kata yang Anda ajarkan, ia pun dengan lancar akan mengobrol dengan Anda.

Jadi, untuk apa sedih dan melamun lesu menunggu kedatangan teman yang membuat Anda galau sendirian di dalam Cafe, kalau saat ini telah menemukan Simi yang bersedia kapan dan dimana saja mengobrol dengan Anda.

Wavegame Luncurkan Facebook Credit Wave Point

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT Wave Wahana Wisesa atau yang lebih akrab dengan nama Wavegame memperkenalkan fitur terbaru dari wave point, yaitu "Facebook Credit melalui Wave Point". Dengan fitur ini, pengguna Facebook tidak perlu repot lagi dalam mengisi credit game Facebook kesayangan.

"Voucer Wave Point dapat di top up ke semua game yang terhubung dengan Facebook credits, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan lebih murah dari voucher yang menawarkan fitur Facebook credit lainnya," ungkap Sanjaya, CEO Wavegame.

Untuk mendapatkan voucher Wave Point, pengguna dapat mengunjungi reseller Wave Point di lokasi terdekat, atau dapat mengunjungi link berikut ini: http://wave-point.net/pages/reseller.

Selain memperkenalkan Wave Point teranyarnya, Wavegame turut meramaikan pasar online game di Indonesia dengan memperkenalkan dua game terbarunya, yakni "Kungfu Legacy Online" dan "Miracle Online".

"Kungfu Legacy Online" dan "Miracle Online" merupakan dua game teranyar dari wavegame yang memiliki genre MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game). Rencananya, kedua game ini akan segera diluncurkan dalam waktu dekat di tahun 2012.

Kungfu Legacy Online Akan Hadir di Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Sambil memperkenalkan game Miracle Online teranyarnya, Wavegame yang baru saja memanjakan penggemar game tanah air dengan fitur Wave Point, juga mengumumkan akan menghadirkan game Kungfu Legacy Online di Indonesia.

Kungfu Legacy Onile adalah sebuah game silat berbasis MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang mengutamakan combo dan jurus-jurus unik dalam PVP dengan graphic dan efek silat dalam bentuk 3D.

Mengangkat cerita dimana kestabilan Yin dan Yang terganggu, sehingga menyebabkan pintu neraka terbuka dan berdampak buruk akan kedamaian dunia. Diceritakan ada seorang Putri Raja yang memegang kunci dari neraka, maka para pendekar silat ditugaskan untuk menyelamatkan Putri tersebut untuk menghalau kekacauan dunia.

Akan ada 4 pilihan class yang berbeda tergantung dari cara bermainnya, yaitu Warriors yang ahli dalam serangan frontal, Assassin yang lebih mementingkan serangan secara bertubi-tubi. Kemudian ada Monk yang memiliki jumlah HP tertinggi dari semua class lainnya serta Mystic yang ahli dalam serangan jarak jauh dan magic. Semua class ini memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Fitur lain yang tidak kalah seru adalah instance dungeon yang bervariasi, Guild Battle yang memungkinkan banyak player bertarung satu dengan yang lain, pet system dengan macam jenis pet yang cukup banyak dan tentunya skill-skill yang sangat banyak untuk melancarkan kombo yang mematikan.

Game Web Based MMORPG Multiplatfrom, Miracle Online

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Di sela-sela peluncuran fitur Wave Point teranyarnya, Wavegame turut memperkenalkan game Miracle Online.

Game yang berbasis web MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), Miracle Online dapat dimainkan di berbagai paltform, seperti; browser, iPhone, iPad, dan Android device.

Selain dapat dimainkan di berbagai platform, karena spesifikasi game yang tidak terlalu tinggi, game ini juga mudah dimainkan pada PC yang berteknologi 3 - 4 tahun lalu.

Cerita berawal di jaman dahulu kala terdapat kepulauan bernama Roald Island yang melintasi lautan yang sangat luas di mana kehidupan penduduknya sangat tenang dan damai, subur, tidak pernah ada peperangan, dan kehidupan mereka bagaikan hidup di surga.

Masyarakat pada pulau tersebut percaya bahwa terdapat sebuah legenda tentang dunia baru yang belum terjamah oleh siapa pun sehingga membangkitkan rasa penasaran yang tinggi oleh para 'HERO' untuk mempelajari dunia baru tersebut. Dengan sebuah harapan dan keberanian Yukiko, Mitsu, Nami, Akio, Kou, dan Eiji bersama-sama pergi berpetualang mencari dunia baru tersebut.

Setelah mereka sampai pada tempat asing itu masih banyak tanah tandus yang ditinggali dan mereka bertemu dengan berbagai ras primitif. Bagi mereka hal ini merupakan situasi yang buruk dan penuh dengan tantangan yang berbahaya.

Di sana pula, mereka membentuk sebuah peradaban dan teknologi. Memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah dari daerah baru tersebut dan terus bereksplorasi menyelediki keajaiban alam yang dimilikinya.

Tetapi sejak ditemukannya tempat baru ini, mereka mendengar kabar dari Roald Island bahwa banyak fenomena-fenomena aneh yang terjadi pada pulau itu, hal hal yang tidak biasa seperti kabut, suasana mencekam, dan suara suara misterius muncul di mana-mana.

Bencana apakah yang akan menyerang Roald Island yang tenang dan damai?? Apakah masih ada hubungannya dengan dunia baru tersebut?? Berpetualanglah bersama Yukiko, Mitsu, Nami, Akio, Kou, dan Eiji untuk menyelamatkan kembali pulau asal mula mereka.

Main Game Tanpa Batasan Umur di NVIDIA Day 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - NVIDIA Day 2012 merupakan event CHIP yang bekerjasama dengan NVIDIA, ASUS, Gigabyte, Digital Aliance, Zotac, Sparkle, Palit dan MSI yang menghadirkan keceriaan bermain game FIFA 2011/2012 untuk menemukan kehebatan PC premium dengan NVIDIA GeForce GT 600 series.

Sebanyak 125 peserta yang berlomba, terdapat satu orang yang berbeda dengan peserta lainnya. Adel yang baru berusia 13 tahun dan berasal dari Qatar, terlihat begitu mencolok dengan rambut ikalnya. Dari sekian banyak peserta, Adel adalah peserta paling muda NVIDIA Day 2012 yang berusaha berlomba mengalahkan peserta lainnya yang berusia di atas usianya.

Memang untuk bermain game tidak terbatas akan usia. Ketika di tanya alasan mengikuti NVIDIA Day 2012, Adel pun mengatakan: "Saya dari kecil sudah bermain game FIFA di konsol game, tetapi ketika tahu ada perlombaan game FIFA, saya pun tertarik untuk mengikuti lomba tersebut dan menguji ketangkasan bermain game dan melihat kemampuan graphic card teranyar dari NVIDIA."

NVIDIA Day 2012 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Juli 2012, di Food Connection Lt.1, Mall of Indonesia selain menghadirkan kecerian mengetes kehebatan PC yang menggunakan teknologi NVIDIA GeForce GT 600 series sambil bermain game FIFA 2011/2012, event ini turut membagi-bagikan puluhan NVIDIA GeForce GT 600 series 610/620/630 dan juga terdapat hadiah utama sebesar Rp7.000.000,- bagi pemenang lomba FIFA 2011/2012 tersebut.

10 Posisi di Bidang TI yang Harus Selalu Always-On

Posted:


CHIP.co.id - Dalam dunia berkecepatan tinggi dan koneksi tinggi seperti saat ini, teknologi diharapkan selalu siap bekerja kapan pun dibutuhkan. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang mendukung berjalannya teknologi? Apakah mereka juga harus selalu siap bekerja (Always-On)? Apakah beberapa dari mereka lebih dituntut untuk selalu siap dibanding yang lain? Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong Emerson Network Power untuk mensurvei profesional TI di seluruh dunia demi mendapatkan jawabannya.

Para responden survei mengkonfirmasi pertanyaan di atas, bahwa profesional TI harus selalu siap bekerja, seperti halnya data center. Ketika diminta untuk menjelaskan keadaan yang mengharuskan mereka selalu siap kerja, jawaban tipikal yang diberikan seperti, “Saya harus selalu siap, seperti halnya sistem yang harus bekerja 24 jam setiap hari,” atau, “Ada jadwal ketat untuk tetap menyelesaikan proyek meski sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah lain.”

“TI adalah pekerjaan yang penuh dengan tuntutan. Para pekerja TI harus pintar, fleksibel dan cepat, tidak jauh berbeda dengan teknologi yang mereka tangani. Ditambah lagi, mereka harus bisa menangani berbagai pekerjaan di saat bersamaan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sumber daya terbatas atau bahkan tidak memadai. Berdasarkan pengalaman saya, profesional TI adalah orang spesial," ungkap Blake Carlson, VP IT Business Segment, Avocent Products & Services, Emerson Network Power.

10 posisi di bidang TI yang harus selalu Always-On adalah:

  1. Executive Director/Administrator
  2. IT Procurement
  3. CIO
  4. IT Manager/Director
  5. IT Operations
  6. Data Center Manager
  7. Engineering
  8. IT Security
  9. Applications/Software Development
  10. Database Management

Profesional TI yang berada di peringkat pertama memiliki jabatan sebagai administrator, leader, kepala departemen atau direktur. Semua responden pada level ini menyatakan setuju mereka mengerjakan beberapa proyek di saat bersamaan, dan pekerjaan mereka menuntut kerja otak yang tinggi. Hanya 25 persen setuju atau sangat setuju bahwa kesuksesan bergantung pada hal-hal di luar kontrol mereka. Dengan kata lain, mereka bertanggung jawab atas kesuksesan dan ini artinya tuntutan pekerjaan semakin tinggi.

Survei online ini diadakan pada Februari 2012 dengan responden dari profesional TI yang dipilih secara acak dari daftar yang didapatkan dari vendor sampel, EMI Online Research Solutions. Sampel ini lalu ditimbang dan diberi bobot berdasarkan industri dan besarnya perusahaan untuk merepresentasikan populasi asli profesional TI di Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Serikat. Jawaban didapatkan dari 792 orang, 17 jenis atau tingkat pekerjaan, 18 industri dan perusahaan berbagai ukuran.

Secara umum, kesimpulan dari survei Emerson Network Power adalah:

  • Semua pekerjaan TI menuntut kesiapan kerja tinggi (Always-On), dengan nilai Always-On 71 dalam skala 100.
  • Rata-rata, setiap minggu (168 jam) profesional TI dituntut siap bekerja selama 119 jam (5 hari penuh).
  • Secara umum, semakin tinggi jabatan semakin tinggi pula tuntutan Always-On mereka

 

Apple Digosipkan Mulai Produksi iPhone 5

Posted:


CHIP.co.id - Macotacara, blog Apple berbahasa Jepang, Senin (16/7), mengklaim bahwa Apple sudah mulai memproduksi iPhone 5. Untuk menguatkan klaimnya, Macotacara juga mengutip daftar pembungkus iPhone 5 yang dimuat Alibaba.com.

Macotakara mengatakan, bagian belakang iPhone 5 terbuat dari kaca dan aluminium. “Pada bagian dimana aluminium tak digunakan, ada kaca,” tulis blog tersebut. Hal ini berbeda dengan laporan sebelumnya yang menyebutkan iPhone 5 akan dibalut sepenuhnya oleh aluminium seperi iPad.


Fitur iPhone 5 yang paling diharapkan –yang telah diberitakan secara luas-  adalah layar retina display selebar 4 inci dengan perbandingan 16:9. Hal ini sedikit lebih baik dibanding iPhone 4S yang layarnya hanya 3,5 inci dan perbandingan 3:2.

Amazing Alex Game Terlaris di Apple Store

Posted:


CHIP.co.id – Belum genap sepekan, Rovio kembali menuai sukses berkat peluncuran game terbaru, Amazing Alex. Amazing Alex berhasil mengikuti kesuksesan pendahulunya, Angry Birds dengan menduduki posisi teratas pada Apple Store sejak hari pertama diluncurkan, Kamis (12/7) lalu.

Amazing Alex menjadi game terlaris di iPhone app di 35 negara, dan iPad app di 50 negara seluruh dunia. Sementara di Google Play Store, game ini menduduki posisi kelima teratas. Game tersebut dijual seharga USD99 sen, dan USD2.99 untuk iPad.

Game yang disebut sebagai “permainan teka-teki fisika,” tersebut menampilkan karakter utama seorang anak muda berambut pirang bernama Alex. Tugas utama Anda adalah membantu Alex memecahkan teka-teki di kamar tidurnya.

Review awal mengenai game ini tidak terlalu positif, tapi Rovio pasti puas dengan sambutan perdana para gamers. Sebagai perbandingan, Angry Birds sampai saat ini telah menembus 1 miliar unduhan.

Forum Nvidia Dihack

Posted:


CHIP.co.id – Forum pengembang Nvidia dilaporkan diretas, Sabtu (14/7) kemarin. Sebanyak 400.000 akun pengguna, meliputi; username, alamat e-mail, password dan profil umum “About Me” telah dipublikasikan, sehingga memaksa Nvdia menutup forum tersebut untuk melindungi data pengguna.

Akun yang dimaksud berasal dari Forum Nvidia, Developer Zone, dan Research Site. Saat ini Nvidia telah menutup sementara ketiga forum itu, dan juga demi alasan keamanan, Nvdia Board Store, dimana pengguna bisa membeli produk Nvdia, dan Nvdia Gear Store, tempat penjualan merchandise perusahaan.

Akun-akun tersebut milik pengguna dari Forum Nvidia, Developer Zone, dan Situs Penelitian. Perusahaan telah menghentikan semua tiga, dan untuk berada di sisi yang aman, yang Nvidia Toko Dewan, di mana pengguna dapat membeli produk perusahaan, dan Nvidia Toko Aksesoris, di mana perusahaan menjual barang dagangan perusahaan.

Belum diketahui pihak yang bertanggungjawab atas serangan tersebut. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, Nvdia hanya salah satu dari korban lainnya, seperti LinkedIn, eHarmony, Last.fm, Yahoo, Android Forums, Billabong, dan Formspring yang merugikan sepuluhan juta pengguna.

Wikimedia Akan Rilis Situs Khusus Travel

Posted:


CHIP.co.id - Yayasan Wikimedia, induk perusahaan Wikipedia, dikabarkan berencana merilis situs baru khusus untuk pelawat semacam TripAdvisor dan Lonely Planet.  Para bos Wikimedia belum memberi nama jelas situs tersebut, namun seperti Wikipedia, situs baru itu juga dikabarkan bebas dari iklan komersil.

Skift.com, Minggu (15/7) menulis, Dewan Pembina Yayasan Wikimedia telah menyetujui pembuatan situs yang juga akan melibatkan 31 dari 38 administrator Wikitravel, milik Internat Brands. Wikitravel saat ini dianggap sebagai yang terdepan dalam persaingan situs perjalanan, tapi iklan dan upaya komersialisasinya mungkin akan membuat para pelawat dan calon kontributor behenti berkontribusi. Wikitravel juga dinilai gagal beradaptasi dengan kemajuan waktu dan kekurangan pendukung teknis dan pengembangan fitur.

Selain personel Wikitravel, proyek itu juga dibantu awak Wikivoyage, yang tak lain adalah pecahan Wikitravel pada tahun 2006, setahun setelah Wikitravel diakuisisi Internet Brands. Wikivoyage akan menyerahkan 12.000 artikelnya dalam bahsa Jerman dan 24.000 artikel berbahasa Italia, demikian juga namanya, URL, pimpinan, dan administrator.

Meskipun Wikivoyage akan menjadi nama situs tersebut untuk versi Italia dan Jerman, travel.wikimedia.org akan digunakan sementara untuk versi bahasa Inggris sampai Wikimedia memutuskan nama yang permanen. Jay Walsh, juru bicara Yayasan Wikimedia mengatakan, anggota Dewan Pembina Wikimedia telah mendiskusikan usulan pembuatan situs tersebut, namun sampai kini belum ada keputusan.

“Saya sebenarnya tak bisa mengatakan, saya tidak tahu,” kata Walsh. “Tapi saya bisa katakan bahwa ada antusiasme dan energi dalam mebicarakan usulan itu.”

Jika Wikimedia benar-benar mewujudkan proyek ini, diperkirakan TravelAdvisor akan mendapat tantangan serius. Tak seperti Wikipedia, tingkat kepercayaan pembaca terhadap artikel di TravelAdvisor tergolong rendah. Misalkan, apakah benar hotel di tempat tertentu memiliki fasilitas WiFi yang baik? Jangan-jangan yang menuliskan review adalah pekerja hotel tersebut, atau malah pesaingnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar