Rabu, 04 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


HP Tawarkan Peluang untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - HP mengumumkan layanan terbaru yang memberikan dukungan TI pertama di industri yang dirancang untuk berbagai vendor, Rabu (4/7). Layanan terbaru ini diklaim dapat membantu mencegah masalah, meningkatkan first-time resolution rate, dan mengurangi downtime.

Layanan bernama HP Always On Support ini dapat membantu mitra layanan dalam mengembangkan peluang layanan dan penjualannya. Selain itu, dapat membuat mitra layanan untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya, serta meningkatkan keuntungan mereka. 

HP Always On Support mampu menggabungkan teknologi yang terdapat di dalam HP Converged Infrastucture dengan layanan inovatif untuk menawarkan pengalaman dukungan yang modern bagi lingkungan TI saat ini.

"Perusahaan harus dibangun berdasarkan teknologi yang membantu bidang TI agar dapat mengalihkan waktu dan sumber daya dari penyelesaian masalah ke inovasi," ujar Linius Tan, Country Manager, Technology Services, HP Indonesia. 

"Model dukungan TI tradisional yang bersifat reaktif sudah tidak lagi efektif. Industri harus mengubah cara mereka memberikan dukungan dengan menawarkan solusi yang bersifat proaktif dan dengan memberikan penawaran layanan yang sudah disesuaikan, dan HP nerada di posisi terdepan dalam perubahan itu," tambahnya.

Layanan HP Always On Support ini mencakup:

  • HP Foundation Care - mempercepat penyelesaian masalah demi meraih kinerja yang optimal dengan mempermudah layanan dukungan serta menyediakan point of contact di HP, untuk hardware maupun software dalam lingkungan pelanggan.
  • HP Proactive Care - meminimalisasi downtime dan mengoptimalkan kinerja dengan mencegah masalah sebelum terjadi.
  • HP Datacenter Care - menyediakan dukungan yang disesuaikan dengan lingkungan berbagai vendor dengan single point of contact pada HP

HP juga menawarkan Lifecycle Event Service yang meningkatkan portfolio HP Care di atas persamaan dengan keahlian HP dalam siklus hidup teknologi dari sebuah proyek TI. Hal ini mencakup strategi, rancangan, implementasi, serta layanan pendidikan yang memungkinkan pelanggan untuk memilih layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Layanan HP Always On Support telah tersedia melalui HP technology Services dan mitra resmi HP yang bersertifikat HP ServiceONE Partners.

CEO RIM Yakin BlackBerry Tak Sedang Menuju Kematian

Posted:

 

CHIP.co.id – CEO Research In Motion, Thorsten Heins bersikukuh perusahaan pembuat BlackBerry itu baik-baik saja dan tidak sedang berada dalam spiral kematian. Meskipun, kenyataan menunjukkan harga saham RIM terus mengalami penurunan.

"Tak ada yang salah dengan perusahaan saat ini. Saya tak berbicara tentang perusahaan yang saya ambil alih 6 bulan lalu. Saya membicarakan perusahaan dalam kondisi sekarang,” kata Heins dalam wawancara dengan radio Canadian Broadcasting Corp's Metro Morning, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/7)

Heins mengambil kendali RIM pada Januari lalu, menggantikan pendiri Mike Lazardis dan rekan lamanya, Jim Balsillie. Sejak kepemimpinan Heins, harga saham RIM anjlok separuh.

Puncak tertinggi harga saham RIM terjadi pada pertengahan 2008 yang mencapai USD147, turun hampir 2 persen menjadi USD7,35 pada Selasa kemarin. Akibatnya, perusahaan itu rugi hingga USD192 juta. Dalam penjualan smartphone, RIM kian terdesak oleh pesaing terberatnya, smartphone berbasis Android dan iOS.

Laporan terakhir yang dilansir ComScore menunjukkan, Android OS, menguasai pasar hingga 50,9 persen, disusul Apple 31,9 persen dan RIM sebesar 11,4 persen, dan Microsoft Windows Phone 4 persen.


 

Gugatan Apple Ditolak, HTC Bebas Beredar di AS

Posted:

CHIP.co.id – Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (ITC) menolak permintaan Apple untuk melarang penjualan seluruh smartphone HTC dan tablet yang dijalankan dengan sistem operasi Android di pasar Amerika Serikat. Apple mengajukan permohonan itu Juni lalu, dengan tuduhan sebanyak 29 smartphone HTC melanggar paten Apple, dan beralasan bahwa masuknya HTC ke AS akan menimbulkan kerugian besar.

Namun, ITC tidak sepakat dengan argumen Apple. Meski ITC masih menginvestigasi dugaan pelanggaran paten Apple, HTC tetap bisa menjual smartphone di AS.

“ITC menemukan bahwa Apple tidak menunjukkan tindakan darurat yang patut. ITC tidak akan mengarahkan Bea dan Cukai untuk menahan seluruh produk HTC karena kami tidak punya informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan apakah HTC telah melanggar perintah pengecualian terbatas atau tidak,” demikian keputusan ITC, seperti dikutip dari Yahoo!news, Rabu (4/7).

Kasus ini pertama kali mencuat pada Mei lalu. Adapun ke-29 smartphone HTC yang dituding melanggar paten, yakni HTC Sensation, HTC Sensation 4G, HTC Wildfire, HTC myTouch 4G, HTC myTouch 4G Slide, HTC Merge, HTC Rezound, HTC Rhyme, HTC One X, HTC One S, HTC One V, HTC Inspire 4G, HTC Vivid, HTC Status, HTC Wildfire S, HTC Hero, HTC Hero S, HTC EVO 4G LTE, HTC Evo 4G, HTC Evo V 4G, HTC Evo Design 4G, HTC Evo 3D, HTC Amaze 4G, HTC Droid Incredible 4G LTE, HTC ThunderBolt, HTC Flyer, Droid Incredible 2, HTC Jetstream dan HTC EVO View 4G.

Apple tak hanya berseteru dengan HTC terkait pelanggaran paten. Perusahaan itu juga berkali-kali menggugat Samsung dengan tuduhan yang sama. Tablet Galaxy Tab 10.1 misalnya, sampai saat ini dilarang diperjualbelikan di AS.


iPad Mini Dirilis Oktober, Harga Rp1,8 Juta

Posted:

CHIP.co.id – Teka-teki mengenai rencana Apple merilis iPad Mini untuk menandingi desakan pesaingnya tampaknya akan segera terjawab. Bloomberg, Selasa (3/7) melaporkan, Apple akan segera mengeluarkan iPad berukuran 7 inci Oktober 2012, menyusul tablet Google Nexus dan Surface milik Microsoft yang diperkenalkan ke publik baru-baru ini. 

Melalui iPad Mini, Apple juga berkompetisi langsung dengan Kindle Fire milik Amazon yang mendapat sambutan cukup positif dari pasar. Mengutip 2 sumber internal Apple secara anonim, Bloomberg melaporkan, iPad mini itu tak akan dilengkapi retina display seperti iPad 3 yang diperkenalkan Maret lalu.

Analis dari Sterne Agee & Leach Inc, Shaw Wu berpandangan, peluncuran iPad mini merupakan pukulan serius bagi Google, Microsoft, dan Amazon.

“iPad Mini akan menjadi mimpi buruk para kompetitor,” kata Shaw Wu. “Bola ada di tangan Apple.”

Beberapa analis memperkirakan iPad mini akan dibanderol di kisaran USD199 atau Rp1.890.500. Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan tablet keluaran Google dan Amazon.


Google Tutup 5 Produk Gagal

Posted:

 


CHIP.co.id – Google memutuskan menutup 5 layanan mereka pada musim panas ini. Dikutip dari Cnet, Rabu (4/7), kelima produk tersebut, yakni iGoogle, Google Video, Google Talk Chatback, Symbian Search App, dan Google Mini. 

iGoogle merupakan aplikasi web yang bisa diubah-sesuaikan yang diluncurkan tahun 2005 lalu. Google mengatakan produk yang merupakan gabungan RSS reader dan platform widget ini “tergerus seiring waktu” atau ketinggalan zaman, dan sebagai gantinya Google akan memberikan aplikasi baru pada browser dan perangkat mobile. Pengguna diberi waktu 16 bulan untuk migrasi ke aplikasi baru tersebut sebelum Google menutupnya.

Google Video adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengunggah video, namun hal tersebut tak bisa lagi dilakukan sejak Mei 2009. Pada 20 Agustus nanti, Google berencana mengekspor semua video yang tertinggal di Google Video ke Youtube, termasuk video yang berdurasi lebih dari 15 menit. Meskipun, diketahui Youtube membatasi durasi video maksimal 15 menit.

Google Talk Chatback adalah aplikasi chat untuk penerbit web. Google mengarahkan pengguna hijrah ke Meebo, yang telah mereka akuisisi bulan lalu.

Google juga menutup Symbian Search App dan Google Mini, perangkat pencarian hardware untuk perusahaan yang diluncurkan 2005 lalu. Sebelumnya Google juga menutup sejumlah produk gagal semacam Wave, Buzz, Friend Connect, Aardvark, dan Gears. 


 

Sony Akuisisi Perusahaan Game Berbasis Cloud Gaikai

Posted:


CHIP.co.id - Sony Computer Entertainment (SCE) mengumumkan telah mengakuisisi Gaikai (2/7). Gaikai merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang game berbasis cloud. Akuisisi ini sendiri disepakati dengan mahar $ 380 Juta.

"Dengan menggabungkan kekuatan teknologi Gaikai dengan pengalaman Sony di bidang platform game, Sony akan menghadirkan pengalaman hiburan berbasis cloud yang fantastis," ujar Andrew House, President and Group CEO of Sony Computer Entertainment.

Sony dan Gaikai akan menawarkan layanan game interaktif berbasis cloud yang terintegrasi dengan platform game Sony seperti PlayStation 3 dan PlayStation Vita, serta PlayStation Network.

"Kami merasa terhormat dapat membantu Sony untuk memanfaatkan keunggulan dunia cloud," ungkap David Perry, Co-Founder and CEO Gaikai.

Kita nantikan saja apa gebrakan yang akan dihadirkan dari akuisisi ini.

Amazon Masuki Persaingan Peta Digital 3D

Posted:


CHIP.co.id – Persaingan di ranah peta digital nampaknya akan kian ketat menyusul aksi korporasi Amazon.com yang mengakuisisi UpNext, startup khusus peta digital 3 dimensi untuk perangkat mobile yang berbasis di New York. Dengan masuknya Amazon, peta digital tak lagi dimonopoli Google dan Apple.


GigaOM, Senin (2/7), melaporkan, pendiri UpNext, Raj Advani, Robin Har dan Danny Moon akan hijrah dari New York ke kantor Amazon di Seatel untuk memimpin langsung pengembangan proyek tersebut. Sampai berita ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai nilai akuisisi Amazon.


Peta digital belakangan menjadi area persaingan sengit antara raksasa perusahaan teknologi. Apple secara resmi menceraikan Google Maps, dan mengembangkan peta mereka sendiri. Analis internet percaya aksi Amazon itu bertujuan untuk membantu mereka memasuki bisnis perangkat mobile, termasuk smartphone. Selama ini, Amazon sudah mencuri perhatian lewat Kindle Fire.

GigaOM mengatakan akuisisi UpNext berpotensi memperkuat kemampuan Kindle Fire dalam melakukan pemetaan asli. Tablet Kindle Fire saat ini tidak dilengkapi receiver global positioning system dan pengguna harus mengunduhnya dari pihak ketiga, aplikasi Android atau mengakses via Silk, peramban internet yang juga milik Amazon.

Multiply Perpanjang Promo Gratis Ongkos Kirim dan Bebas Biaya Transaksi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mulai 1 Juli 2012, Multiply Indonesia mengumuman bahwa dua program promo yang seharusnya berakhir pada 30 Juni 2012, yaitu Gratis Ongkos Kirim dan Bebas Biaya Transaksi, akan diperpanjang hingga 31 Desember 2012.

Program Gratis Ongkos Kirim yang didukung oleh JNE mencakup pembelian semua produk yang dikirim dari dan ke seluruh daerah di Indonesia dengan nilai transaksi minimal Rp100.000 dan nilai pengiriman yang disubsidi hingga maksimal Rp25.000. Dengan demikian, pembeli dapat terus mencari produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing tanpa harus meninggalkan rumah.

Sejak akhir Sepetmber 2011 lalu, Multiply memutuskan untuk meniadakan biaya transaksi sebesar 3,9%. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada penjual Multiply untuk mendorong kebiasaan belanja online yang aman, nyaman, dan cerdas di Indonesia.

Promo Bebas Biaya Transaksi ini seharusnya juga berakhir pada 30 Juni 2012 lalu. Namun, Multiply ingin penjualnya tetap merasakan kelapangan dalam membangun jaringan, memperkenalkan toko online mereka, serta mencari cara terbaik untuk meningkatkan nilai dan jumlah transaksi dengan menggunakan fasilitas Multiply Commerce.

Yuk Coba Update Status Facebook Hingga 60 Ribu Karakter

Posted:


CHIP.co.id – Facebook kembali meningkatkan ruang bagi status penggunananya. Jika sebelumnya status pengguna dibatasi hanya 5.000 karakter, kini Anda bisa menulis status hingga 60.000 karakter. Emil Protalinski dari Zdnet.com mengatakan, batas status yang diberikan Facebook tepatnya 63.206 karakter. 

“Jika Anda menambahinya lagi, akan muncul pesan eror berbunyi “Status Update Too Long”. Darimanakah angka 63.206 tersebut berasal?

“Saya menetapkan batasan yang tepat menjadi sesuatu yang aneh. Facebook…Face BooK…hex(FACE) – K …64206 – 1000 = 63206 :) ,” katanya teknisi Facebook, Bob Baldwin, seperti dirilis Zdnet, Selasa (3/7).

Kebijakan Facebook mendongkrak ruang untuk pengguna berbanding terbalik dengan Twitter yang tetap membatasi informasi hanya 140 karakter saja. Pertanyaannya, apakah teman-teman tak protes jika Anda menulis status sepanjang itu? coba saja!

RIM Luncurkan BlackBerry 10 Awal 2013

Posted:


Foto: Blackberryos.com

CHIP.co.id - RIM segera meluncurkan BlackBerry 10. Dikutip dari situs blackberryos.com (2/7), sistem operasi terbaru BlackBerry ini rencananya akan ditanamkan pada BlackBerry N-series yang memiliki keyboard fisik serta BlackBerry L-series yang full touchscreen. Berdasarkan roadmap BlackBerry yang bocor di situs tersebut, kedua platform terbaru ini akan diluncurkan pada awal 2013.

BlackBerry 10 pertama kali diperkenalkan oleh mantan CEO RIM, Mike Lazaridis, di BlackBerry DevCon 2011. Saat itu, BlackBerry 10 diperkenalkan sebagai BBX. Namun diubah menjadi BlackBerry 10 saat BlackBerry DevCon Asia 2011 di Singapura.

Masih menurut roadmap tersebut, rencananya BlackBerry akan meluncurkan tablet BlackBerry 10 yang memiliki nama sandi Blackforest pada kuartal ketiga 2013. Namun, belum ada info lebih lanjut mengenai tablet Blackforest ini.

Sistem operasi teranyar BlackBerry ini diharapkan mampu menyaingi Apple dengan iOS-nya, Android dari Google, serta Microsoft yang percaya diri dengan Windows Phone. Kita lihat saja apakah RIM mampu merebut kembali kejayaannya.

Rasakan Sensasi Ponsel Transparan, S Nexian GLAZE M-9090

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Perkembangan teknologi terus meningkat seiring dengan budaya dan gaya hidup konsumen. Masih ingatkah Anda akan teknologi ponsel yang bermula dari layar hitam-putih dan dibalut bodi sebesar batu bata? Jika dirunut, teknologi saat ini sudah berkembang sangat jauh apabila dibandingkan ponsel jaman dulu.

Salah satu perkembangan teknologi yang belum banyak dikenalkan oleh para vendor adalah teknologi layar ponsel transparan. Salah satu vendor yang memperkenalkan teknologi ini pertama kali di Indonesia, yakni S Nexian yang menghadirkan ponsel S Nexian GLAZE M-9090.

”Kami melihat perkembangan teknologi sekarang mulai berinovasi dengan memperhatikan permintaan pasar serta nilai jual melalui uniqness product yang tinggi. Keunikan tersebut seiring dengan berkembangnya budaya remaja Indonesia yang mengedepankan sosial lifestyle dalam keseharian. Kami sangat bangga S Nexian menjadi pelopor transparent Phone di Indonesia, GLAZE M-9090,” ujar Manesh Tripathi selaku Managing Director for Affinity and Selular Group.

Memiliki dimensi 122 x 48.5 x 13.5 mm, ponsel yang sudah mendukung Dual SIM Cards ini, memberikan sentuhan berbeda dari layar transparan sebesar 2,4 inci OLED, pada perangkat telekomunikasi pemiliknya.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang fun, seperti; VGA Camera, Bluetooth, Video Player, Audio Player yang dilengkapi dengan YAMAHA Audio Amplifier, FM Radio, QQ Browser, Nexian Messenger, S Apps Planet, dan koneksi ke sosial media; Facebook dan Twitter.

Tampil simpel dan easy to use dengan keunikan transparan screen membuat S Nexian GLAZE patut menjadi pilihan remaja masa kini ”Let’s Have FUN with Transparent Phone”. Nikmati keceriaan dengan S Nexian GLAZE M-9090 hanya diharga Rp.899.000.

First Media Hadirkan Layanan Media Digital Recorder di The Residence at Dharmawangsa

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Meskipun baru akan diluncurkan di sekitaran bulan Agustus 2012, First Media telah menghadirkan layanan Media Digital Recorder di apartemen mewah di sekitaran Blok M, The Darmawangsa Residence (28/6).

“Kami merasa bangga dalam meluncurkan layanan First Media Digital Recorder dan memberikan layanan tersebut sebagai yang pertama di Indonesia dan para Residence at Dharmawangsa merupakan penghuni pertama yang merasakan layanan kami," ungkap Hengkie Liwanto, CEO PT Link Net.

First Media Digital Recorder, merupakan layanan PVR ( Personal Video Recorder ) yang pertama hadir di pasar Indonesia. Hadirnya layanan ini memiliki daya guna sebagai perekam video pribadi yang akan membuat penggunanya dapat mengendalikan siaran televisi kabel sesuka hatinya, dengan melakukan pause, rewind dan fast-forward live TV atau merekam program yang Anda ingin tonton hanya dengan menekan sebuah tombol.

I.G.A Yenni Santawirya, Senior Property Manager The Residences at Dharmawangsa menyampaikan, “Gaya hidup modern di perkotaan dewasa ini membutuhkan fasilitas yang berkualitas dan tanpa batas untuk memperoleh hiburan berkualitas tinggi. Kelengkapan fasilitas Media Digital Recorder dari First Media, merupakan kebutuhan masa kini, bagaimana kita melakukan langkah inovatif dengan mendesain suatu hunian yang terintegrasi dan bernilai digital guna memenuhi segala kebutuhan para penghuni di The Residence at Dharmawangsa."

Merekam Tayangan TV Kable Favorit dengan First Media Digital Recorder

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT LinkNet (First Media) selaku penyedia teknologi internet broadband (FastNet) dan pay tv (HomeCable) terus mengembangkan inovasi untuk pelanggannya yang gemar menonton tayangan televisi kabel, tetapi tidak memiliki waktu untuk menontonnya, dengan menghadirkan First Media Digital Recorder.

First Media Digital Recorder, merupakan layanan PVR (Personal Video Recorder) yang pertama hadir di pasar Indonesia. Dimana dengan layanan ini pelanggan First Media dapat merekam acara-acara TV, film, pertandingan, dan apa pun yang mereka inginkan, tidak perlu khawatir akan kehilangan tontonan di dini hari dikarenakan waktu istirahat mereka, karena hanya dengan mengatur jadwal tayangan , mereka dapat merekamnya dan menontonnya di waktu senggang mereka.

"Sebagai provider yang mengerti kebutuhan konsumen terhadap era digital, baik dari sisi gaya hidup, hiburan, pendidikan, maupun konektivitas, kami terus berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas bagi pasar guna memenuhi kebutuhan dunia digital saat ini. Layanan First Media Digital Recorder merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan First Media,” demikian disampaikan Hengkie Liwanto, CEO PT Link Net.

Layanan terbaru dari First Media yang memberikan fasilitas merekam tayangan favorit pelanggan , yang dapat dilihat melalui menu PVR yang ada di HomeBox HD + dan sangat user friendly. Melalui First Media Digital Recorder, para pelanggan dapat melakukan pause, rewind, dan fast forward program TV secara live atau record pada program-program yang mereka ingin tonton, hanya dengan menekan salah satu tombol yang  terhubung dan diregistrasi dengan satu Set Top Box.

Sayangnya, untuk menikmati layanan ini, pelanggan setia First Media harus bersabar sampai menunggu layanan tersebut resmi di luncurkan di bulan Agustus mendatang.

Firefox OS, Pesaing Android dan iOS dari Mozilla

Posted:


CHIP.co.id – Mozilla berencana meluncurkan sistem operasi mobile yang diberi nama Firefox OS pada tahun depan. OS berbasis open source itu rencananya akan diperkenalkan kepada publik di Brazil 2013 mendatang. Mozilla mengembangkan OS tersebut berdasarkan standar HTML 5.

Sebelum dirilis, Mozilla sudah menjalin kesepakatan dengan produsen smartphone seperti ZTE dan TCL, sebagai mitra. Mozilla juga mendapat dukunga dari Deutsche Telekom, Etisalat, Smart, Sprint, Telecom Italia, Telefónica dan Telenor. Melalui blog resmi, Senin (2/7), pengembang Mozilla mengumumkan hal tersebut secara resmi.

"Pengenalan sistem operasi mobile yang terbuka melanjutkan misi Mozilla untuk mendorong keterbukaan, inovasi dan kesempatan kepada pengguna dan pengembang web. Miliaran pengguna diharapkan akan online untuk pertama kalinya pada tahun-tahun mendatang, sangat penting untuk memberikan kesan memakai smartphone yang sangat menarik yang bisa digunakan setiap orang,” kata CEO Mozilla, Gary Kovacs, dalam blog resmi perusahaannya.

Produsen smartphone, TCL Communication dan ZTE, Senin kemarin, juga telah memastikan bahwa mereka akan memproduksi perangkat pertama dengan platform Firefox OS menggunakan prosesor Snapdragon milik Qualcomm. Diharapkan perangkat pertama itu akan diluncurkan secara resmi pada awal 2013 melalui Vivo, merk milik Telefonica.

Dengan optimalisasi platform untuk smarphone tingkat pemula dan penghapusan middleware yang tidak perlu, operator bisa menawarkan perangkat yang menawarkan pengalaman yang lebih kaya dengan harga yang lebih murah. Mozilla yakin, keunggulan ini akan membuat mereka mudah diterima oleh pasar yang kini didominasi oleh Android dan iOS.

Gotham City Hadir di Nokia Lumia 900

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Siapa yang suka dengan tokoh pahlawan super bernama Batman, sudah pasti kenal dengan yang namanya Gotham City. Kota yang menjadi sarang kejahatan dan dimana Batman menjadi pahlawan di dalamnya, kini bersarang di ponsel Nokia Lumia 900.

Nokia yang menghadirkan kejantanan Batman ke dalam smartphone terbarunya, Nokia Lumia 900. Tampilan khusus menyambut penanyangan film terbaru Batman, Nokia Indonesia menghadirkan berbagai aplikasi menarik di dalamnya, seperti; personalisasi tampilan dan nada dering khusus, kuis merebut Gotham City lewat aplikasi Foursquare, hingga jadwal tayang film Batman terbaru; "The Dark Knight Rises".

Penasaran dengan film "The Dark Knight Rises"? Edisi khusus Nokia Lumia 900 ini juga menampilkan cuplikan film tersebut, langsung pada layar ClearBlack 4.3 inci yang menawan.

Microsoft Tawarkan Upgrade PC ke Windows 8

Posted:


CHIP.co.id - Setelah mengumumkan ketersediaan Windows 8 Release Preview pada bulan Juni lalu, kini Microsoft menawarkan upgrade PC yang berjalan di Windows XP, Vista, dan 7 menjadi Windows 8. Dengan membayar $ 39.99, Anda sudah dapat meng-upgrade PC Anda.

"Kami percaya bahwa pengalaman meng-upgrade PC Anda menjadi Windows 8 akan menjadi mudah dengan menawarkan pengalaman yang lebih cepat, jalur upgrade yang tunggal, dan kompatibilitas dari versi sebelumnya dari Windows," ungkap Brandon LeBlanc, Tim Pengembang Windows 8. "Kami terus mendengarkan saran dari pelanggan dan telah memperluas kemampuan untuk melakukan proses upgrade ke lebih dari 100 negara dan dalam 37 bahasa," tambahnya.

Proses ini dapat dilakukan dengan membuka windows.com. Anda akan dituntun menuju program Windows 8 Upgrade Assistant yang membantu langkah-langkah dalam proses upgrade. Windows 8 Upgrade Assistant akan melihat apakah PC Anda mampu untuk berjalan di Windows 8 atau tidak.

Jika Anda melakukan upgrade dari Windows 7, Anda dapat membawa windows setting, personal files, dan aplikasi yang diinstal. Apabia Anda melakukan upgrade dari Windows Vista, Anda dapat membawa windows setting dan personal files saja. Sedangkan bila Anda melakukan upgrade dari Windows XP, Anda hanya dapat membawa personal files saja. Tentu saja Microsoft juga memberikan kemungkinan untuk melakukan upgrade ke Windows 8 saja tanpa membawa windows setting, personal files, dan aplikasi yang diinstal.

Apabila Anda memilih untuk membeli paket DVD Windows 8, Anda dapat membelinya dengan harga $ 69.99 selama masa promosi. Promosi upgrade PC Anda ke Windows 8 baik melalui proses online dan membeli paket DVD ini dapat Anda nikmati sampai 31 Januari 2013.

Menjaga Smartphone Android Tetap Aman dari Kejahatan Dunia Maya

Posted:


CHIP.co.id - Trend Micro, telah mengamati bahwa smartphone berbasis Android menderita atas meningkatnya serangan pelaku kriminal di dunia maya.

Menurut International Data Corporation (IDC), hampir sejumlah 1,8 miliar telepon genggam akan dikapalkan tahun ini dibandingkan dengan 1,7 miliar unit di tahun 2011. Hingga akhir tahun 2016, 2,3 miliar telepon genggam akan dikapalkan ke jalur distribusi. IDC memprediksi bahwa perangkat berbasis Android akan tetap menjadi perangkat smartphone yang paling banyak dijual dalam kurun lima tahun ke depan, dan pangsa pasarnya akan mencapai puncaknya di tahun ini.

“Dalam kenyataannya, jumlah mobile malware yang telah terdeteksi oleh Trend Micro telah berlipat ganda dalam kurun waktu satu bulan. Hal ini di luar proyeksi awal kami untuk bulan tersebut," ungkap David Rohan, Country Manager & Regional Director  South East Asia Region, Trend Micro.

Tambahan data dari Trend Micro mengungkapkan rincian perilaku dari 10 keluarga malware. Fake apps (aplikasi palsu) adalah yang paling dominan dengan jumlah sekitar 30 persen. Berikutnya adalah data stealers (pencuri data) sebesar 21 persen. Adware berada di peringkat ketiga dengan 18 persen. Premium Service Abusers berada di 14 persen sementara Rooter/RAT dan Malicious Downloaders masing-masing berada pada 13 persen dan 4 persen.

“Semakin meningkatnya popularitas perangkat-perangkat berbasis Android ini, begitu pula penggunaannya oleh para penjahat di dunia maya. Dua dari varian malware Android yang terkenal ini, yakni RuFraud9 dan DroidDreamLight10, telah mengakibatkan banyak kekesalan pada jutaan pengguna karena mereka kehilangan data dan terkadang uang," tambah Rohan.

Insiden hilangnya data disebabkan karena perangkat pribadi tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang sesuai. Sehingga, semakin banyak perangkat yang tidak terkontrol oleh administrator TI dalam menyimpan atau mengakses data korporasi. Menurut survei Information Week 2012 Mobile Security, 86 persen organisasi mendukung atau berencana untuk mendukung BYOD.  Tetapi, survei ini juga menunjukkan bahwa hanya 20 persen dari organisasi memiliki sistem yang dapat mendeteksi malware pada semua platform perangkat yang mereka miliki.

Sementara ancaman mobile yang paling banyak datang dalam bentuk aplikasi berbahaya,Trend Micro berharap penjahat di dunia maya akan pergi setelah adanya aplikasi resmi seiring dengan adanya kerentanan atau kesalahan coding sehingga dapat terjadi pencurian atau tereksposnya data pengguna. Namun, Trend juga mencatat bahwa sangat sedikit pengembang aplikasi yang memiliki penanganan kerentanan dan proses remediasi yang matang.

Secara umum ancaman mobile meliputi, Trojans dan worms, dan memerlukan campur-tangan pengguna untuk menyebarluaskannya. Beberapa ancaman mobile melibatkan spyware yang dapat mencatat nomor keluar dan merekam percakapan. Hal ini mendorong karyawan pada pelanggaran privasi, pencurian identitas, dan pelanggaran hak intelektual perusahaan.

Untuk memproteksi terhadap ancaman-ancaman perangkat mobile, seseorang dapat melakukan yang berikut ini:

  • Mengimplementasi solusi antivirus yang dibuat untuk perangkat mobile, seperti Trend Micro Mobile Security.
  • Menjaga agar semua sistem operasi smartphone dan keamanan software tetap menggunakan yang terkini.
  • Mengedukasi karyawan mengenai ancaman-ancaman terkini, gejala-gejala terinfeksi, dan cara untuk memproteksi perangkat-perangkat mobile.
  • Tetap menjaga agar proteksi anti-virus pada smartphone di enabled.
  • Aplikasikan praktek-praktek terbaik untuk keamanan PC pada perangkat mobile Anda.
  • Carilah dukungan TI apabila mesin utama Anda semakin melambat setelah dilakukannya synch-up dengan smartphone Anda.

 

Pengadilan Tetap Larang Penjualan Galaxy Tab di AS

Posted:


CHIP.co.id – Persaingan antara Apple dan Samsung dalam penjualan tablet kian sengit. Namun, tampaknya Apple bisa bernapas lega setelah pengadilan Amerika Serikat pada Senin pekan lalu menolak permohonan Samsung agar larangan penjualan Galaxy Tab 10.1 di negeri Paman Sam tersebut dicabut.


Dikutip dari Reuters, Selasa (3/7), hakim di Pengadilan Distrik San Jose, California, Lucy Koh, mengabulkan permohonan Apple untuk menghentikan penjualan Galaxy Tab 10.1 yang diperkuat sistem operasi Android. Atas putusan tersebut, pihak Samsung telah mengajukan banding. Samsung juga mengajukan banding ke pengadilan federal di Washington DC, yang memiliki kewenangan khusus untuk menangani sengketa hak kekayaan intelektual.

Apple dan Samsung memang terlibat pertarungan sengit baik dalam penjualan Galaxy Tab vs iPad, maupun ponsel Samsung Galaxy vs iPhone. Kedua perusahaan raksasa tersebut saling gugat di pengadilan di sejumlah negara karena Samsung dituduh melanggar paten milik Apple.

Sampai sejauh ini, Apple masih mendominasi penjualan tablet dengan pangsa pasar sebesar 63 persen, sedangkan Samsung menguasai sebesar 7,5 persen.

Facebook Tambah Ikon Khusus Pernikahan Sesama Jenis

Posted:


CHIP.co.id - Facebook menambahkan ikon terbaru untuk mempermudah pasangan gay atau lesbian yang mengumumkan pernikahannya. Hal ini terungkap saat co-founder Facebook, Chris Hughes, mengumumkan pernikahan dengan pasangan sesama jenisnya, Sean Eldridge, di laman Facebooknya (30/6).

The Gay and Lesbian Alliance Against Defamation (GLAAD) memuji langkah yang diambil Facebook dan menyebutnya sebagai langah penting untuk pengakuan terhadap komunitas Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender (LGBT).

"Langkah ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian tindakan Facebook untuk mendukung komunitas LGBT," ungkap Allison Palmer, Wakil Presiden GLAAD.

Nokia Klaim Tablet Google Nexus 7 Langgar Paten

Posted:


CHIP.co.id – Baru saja diluncurkan pekan lalu, tablet Nexus 7 besutan Google telah mendapat ancaman gugatan hukum karena diduga melanggar paten milik Nokia. Tablet berukuran 7 Inchi yang dipersenjatai dengan OS Android teranyar, Jelly Bean, itu pertama kali diperkenalkan ke publik pada konferensi Google di San Fransisco.

Persoalan muncul karena Nokia menengarai Google mengambil keuntungan dari teknologi Wi-Fi yang patennya dimiliki oleh perusahaan asal Finlandia tersebut. Sebelum peluncuran Nexus 7, baik Google maupun Asus sebagai pembuat tablet, tidak pernah meminta izin kepada Nokia terkait paten teknologi Wi-Fi.

“Nokia memiliki lebih dari 40 paten. Baik Google maupun Asus tidak memiliki lisesnsi di bawah portofolio kami. Perusahaan yang belum memiliki lisensi seharusnya mendekati kami dan mendaftar untuk mendapatkan lisensi,” kata juru bicara Nokia seperti ditulis Enquirer, Selasa (3/7)

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada kepastian apakah Nokia akan mendaftarkan gugatan hukum atas klaim pelanggaran paten tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar