Selasa, 10 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Seagate Buka Concept Store Pertama di Indonesia

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id -  Seagate Technology penyedia solusi piranti penyimpanan data dan hard disk drives mengumumkan pembukaan concept store pertama di Jakarta. Concept store Seagate adalah outlet ritel yang dimiliki dan dikelola oleh PT. Gerak Puncaklancar, berlokasi di Mangga Dua Mall, salah satu mal IT terbesar di Jakarta.

Concept store ini akan memamerkan dan menjual seluruh produk yang ditawarkan Seagate, mulai dari drive untuk desktop, notebook, sampai solusi penyimpanan eksternal dan aksesoris-aksesoris pendukungnya.

“Indonesia adalah pasar yang sangat penting untuk Seagate di wilayah Asia Pasifik, oleh karena itu kami memutuskan untuk memperkuat komitmen kami terhadap pasar ini dengan mendirikan sebuah concept store, dan bermitra dengan PT. Gerak Puncaklancar,” kata Ban Seng Teh, Wakil Presiden Senior dan Managing Director untuk Seagate Asia Pasifik dan Jepang.

“Toko ini menawarkan konsep one-stop yang ramah dan nyaman, di mana pelanggan bisa menemukan semua jenis solusi untuk kebutuhan penyimpanan data mereka, baik untuk pengguna perorangan maupun untuk bisnis.”



Toko ini juga memiliki area demo di mana pelanggan bisa langsung mencoba sendiri perangkat hard drive Seagate dan fitur serta keuntungan yang ditawarkan solusi penyimpanan lainnya. Pengunjung toko bisa menjajal produk terbaru Seagate, hard drive Backup Plus, yang menawarkan kemudahan setup, backup dengan hanya satu klik serta menjadi produk pertama yang memiliki fitur simpan dan berbagi (saving dan sharing) konten Facebook dan Flickr milik pengguna.

Para pengunjung juga dapat mencoba secara langsung bagaimana penyimpanan nirkabel untuk mobile, Seagate Satellite™ bisa memperluas kapasitas penyimpanan perangkat tablet. Keluarga produk Seagate BlackArmor NAS untuk pemakaian keluarga, bisnis kecil dan bisnis rumahan, serta seri produk Momentus XT dan Barracuda yang memiliki kinerja paling tinggi untuk PC juga bisa langsung dijajal di sini.

Cyrus TVPad Slim 3G WiFi, Tablet yang Bisa Setel TV

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mitra Komunikasi Nusantara (MKN) menggandeng Telkomsel hadirkan paket bundling hemat Cyrus TVPad Slim 3G WiFi di pasar Indonesia.

"Kami hadirkan tablet teranyar dari Cyrus yang telah dilengkapi dengan layanan koneksi data berbasis 3G WiFi dari Telkomsel. Dengan dibandling harga Rp2.599.000,- pelanggan berkesempatan mendapatkan paket internet TelkomselFlash selama 3 bulan dan voucer INDOBOOK sebesar Rp1.350.000,-," ungkap Budiasto Kusuma, Chief Marketing Officer PT. Mitra Komunikasi Nusantara.

Cyrus TVPad Slim 3G adalah perangkat komputer tablet dengan spesifikasi layar sebesar 7 inci capacitive multitouch yang memiliki kualitas high definition (HD).

 

Selain dilengkapi dengan layar 7 inci, tablet ini memiliki prosesor Cortex 1 GHz, yang lancar digunakan untuk mengoprasikan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

"Komputer tablet ini juga memiliki fitur kamera 5 Megapixel serta dilengkapi dilengkapi dengan fitur TV analog, di mana pelanggan bisa menyaksikan, merekam, ataupun mengambil gambar dari acara TV lokal favorit," tambah Kusuma, sata dijumpai di Negev Restaurant, Selasa - 11 Juli 2012.

Windows 8 Meluncur ke Pasar Oktober Mendatang

Posted:


CHIP.co.id – Microsoft secara resmi mengumumkan akan merilis Windows 8 pada akhir Oktober mendatang. Tapi, pengguna manufaktur bisa memperoleh Windows 8 lebih cepat pada awal Agustus mendatang, sedangkan konsumen harus menunggu harus menunggu sampai akhir Oktober dan kemungkinan cara memperolehnya dengan mengunduh.

Kepastian mengenai hal ini disampaikan vice-president Windows, Tami Reller pada acara Microsoft’s Worldwide Partner Conference di Amerika Serikat. Dia mengatakan, OS untuk PC dan mobile untuk manufaktur akan dibuat terlebih dahulu sebelum diluncurkan kepada kosumen.

"Penantian itu hampir berakhir. Windows 8 berada dalam jalur yang benar untuk dirilis kepada manufaktur pada pekan pertama bulan Agustus dan Windows 8 akan tersedia untuk umum pada akhir Oktober. PC Windows 8 baru akan bisa dibeli dan upgrade-nya juga akan tersedia,” katanya seperti dikutip dair T3.com, Selasa (10/7).

Biaya upgrade Windows 7 ke Windows 8 diperkirakan memakan biaya USD40 atau sekitar Rp400 ribu.

Tiga Ponsel SmartLite dengan Dukungan Full Touch

Posted:


CHIP.co.id - Tiga ponsel sekaligus diperkenalkan oleh Nokia Indonesia dalam acara bertajuk Nokia Asha Full Touch yang digelar di lokasi wisata ternama, Ancol, Jakarta pada tanggal 9 Juli 2012. Ketiga ponsel terbaru tersebut, yakni Nokia Asha 305, Nokia Asha 306, dan Nokia Asha 311.

Hingga saat ini, telah tersedia 10 tipe Nokia Asha yang tersedia di lebih 130 pasar dan ditujukan untuk konsumen muda yang gemar bersosialisasi dengan pilihanperangkat bergerak yang cocok dengan gaya hidup mereka.

Diklaim oleh Nokia Indonesia bahwa ketiga ponsel terbaru yang diperkenalkan ini mampu membawa pengalaman perangkat full touch menjadikan akses Internet 3 kali lebih cepat dan 85% lebih hemat. Nokia Asha 305 yang cerah dan modern hadir dengan harga terjangkau dan dilengkapi dengan Easy Swap Dual SIM.

Lalu, Nokia Asha 306 hadir dengan model single SIM yang merupakan perangkat Nokia dilengkapi Wifi dengan harga paling terjangkau saat ini. Sedangkan Nokia Asha 311 yang merupakan ponsel SmartLite dengan desain indah hadir dengan layar sentuh yang dilengkapi koneksi 3,5G dan dukungan prosesor 1GHz.

"Dengan memperkenalkan rangkaian produk Nokia Asha Full Touch ke pasar Indonesia, kami mempercepat komitmen untuk menghubungkan satu miliar konsumen berikutnya ke Internet," ungkap Martin Chirotarrab, Presiden Direktur, Nokia Indonesia.

Ponsel SmartLite ini melengkapi kebutuhan anak muda metropolitan akan sebuah perangkat dengan harga terjangkau yang stylish, dilengkapi pengalaman Intenet yang memadai, dunia musik serta hiburan, aplikasi web, dan ratusan aplikasi menarik.", tambah Martin.

Mengenai harga dan ketersedian, harga retail untuk Nokia Asha 305 berkisar Rp849.000 dan sudah dapat dibeli di gerai Nokia Retail Store. Untuk Nokia Asha 306 dan Nokia Asha 311 akan mulai dijual dalam bulan ini.

Akhirnya MacBook Pro 2012 Retina Display Muncul Juga

Posted:


CHIP.co.id - Apple akhirnya mengumumkan secara resmi jadwal peluncuran, harga dan spesifikasi MacBook Pro 2012 dalam acara Worldwide Developers Conference 2012 (WWDC 2012) di San Fransisco. CEO Apple menyebut MacBook Pro 2012 sebagai laptop tercantik yang pernah dibuat dan akan dipasarkan dengan harga antara £999 sampai £1,400 (1 Euro = Rp11.800).

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, laptop tersebut sudah dilengkapi retina display 15,4 inci dengan kepadatan pixel 2880 x 1800. Tim Cook mengklaim kepadatan pixel MacBook Pro 2012 empat kali lebih besar dibanding pendahulunya.

Disitat dari T3.com, Selasa (10/7), Bobot MacBook Pro 2012 juga termasuk paling ringan, hanya sekitar 2 kilogram atau hampir setara dengan MacBook Air. “Kami ingin generasi Pro selanjutnya memiliki layar baru yang mematikan,” kata Cook.

Adapun kekuatan baterai diklaim mampu bertahan selama 7 jam, dengan waktu standby selama 30 hari. “Tak usah khawatir kami akan menyampaikan semua kepada anda dalam beberapa menit lagi. Kita hanya perlu menikmati bebera saat betapa menakjubkannya ini,” kata Cook saat presentasi di depan para audiensnya.

"MacBook Pro merupakan komputer tercantik yang pernah kami buat, tak pernah ada notebook semenawan ini,” katanya lagi.

Senior vice president Apple bidang pemasaran, Philip Schiller menambahkan, perangkat baru tersebut dilengkapi prosesor yang lebih cepat, grafis, memory, dan penyimpanan flash dan konektor USB 3. Dalam kesempatan tersebut, Apple juga memperkenalkan MacBook Pro dengan layar 13 inci dan 15 inci, namun tanpa dilengkapi retina display.

Pada MacBook Pro 13 inci dibenamkan Intel Core i5 atau i7 dual-core processor, sampai dengan 2,9 Ghz dengan kecepatan Turbo Boost hingga 3,6 GHz. Sementara MacBook Pro 15 inci juga memiliki fitur yang sama, termasuk grafis GeForce GT 650M.

Kedua varian tersebut bisa dikonfigurasi dengan hard drive 1TB atau SSD hingga 512GB, dua kali lebih cepat daripada MacBook generasi sebelumnya. MacBook Pro 13 inci tersedia dengan prosesor i5 dual-core 2,5 GHz, memory 4GB dan hard drive 500 GB seharga £999. Sementara yang dilengkapi prosesor i7 dual-core a 2.9 GHz, memory 8GB dan hard drive 750GB dibanderol seharga £1,249 termasuk pajak.

MacBook Pro 15 inci tersedia dengan prosesor Intel Core i7 quad-core 2,3 GHz, memory 4GB, Intel HD Graphics 4000 dan NVIDIA GeForce GT 650M, and hard drive 500GB seharga £1,499. Sayangnya belum ada pengumuman spesifik mengenai harga MacBook Pro retina display.

Kapasitas Kompak di Mili Power Star

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Mili yang terkenal dengan kemampuan merefleksikan portable charger, mengeluarkan series terbaru Mili Power Star. Memiliki body yang slim dalam dimensi 54 x 100 x 12 mm, portable charger ini sangat mudah dibawa kemana-mana.

Biasanya kabel yang ada di portable power bank tidak tertanam langsung ke dalam perangkat tersebut yang membuatnya terlihat berantakan, dan seringkali kita menghilangkan kabel koneksi pengisian. Tetapi terdapat teknologi terbaru versi Mili Power Star yang memiliki kabel tertanam langsung di dalam bodi portable power bank ini.

Dibanderol harga, Rp355.000,- Mili Power Star telah dilengkapi daya baterai Lithium Polymer sebesar 2000  mAh. Dengan daya sebesar ini, perangkat ini dapat digunakan untuk pengisian baterai di smartphone BlackBerry Dakota 9900 hingga full 100% dalam waktu kurang lebih 1.5 jam.

Sayangnya, perangkat ini hanya dapat digunakan untuk pengisian daya ponsel-ponsel yang memiliki koneksi micro USB.

Rumor: iPad Mini Tablet Tertipis dari yang Pernah Ada

Posted:


CHIP.co.id – Rumor tentang rencana Apple merilis iPad Mini, tablet generasi terbaru dengan ukuran lebih kecil dibanding saudaranya, iPad, kian kencang. Kabar terbaru menyebutkan iPad Mini akan menjadi tablet tertipis dengan ketebalan hanya 7,2 milimeter. Hal tersebut disampaikan Macotakara, blog yang berbasis di Jepang.

Jika benar, iPad Mini akan lebih tipis dibanding pesaingnya, Kindle Fire, Google Nexus 7 dan Toshiba AT200. Tablet tersebut diharapkan telah beredar di beberapa negara Eropa sebelum Desember mendatang.

Sumber Macotakara mengklaim iPad Mini juga akan memiliki kemampuan 3G, mengungguli Galaxy Nexus 7, yang hanya dilengkapi Wi-Fi. Selain super tipis dan berkemampuan tinggi, iPad Mini dikabarkan dijual dengan harga berkisar Rp1,8 juta sampai Rp2 jutaan, sehingga menjadikannya tablet termurah yang pernah dikeluarkan Apple.

Keputusan Apple mengeluarkan iPad Mini diperkirakan untuk membendung gempuran para pesaingnya dalam penjualan tablet, seperti Samsung dengan Galaxy Tab, Amazon dengan Kindle Fire, maupun Google yang baru saja merilis Galaxy Nexus 7.

Smartfren Andro Max, Smartphone Android 4.0 yang Andal

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Muncul di bulan Juni yang lalu saat pameran Indonesia Celular Show (ICS), smarphone teranyar dari Smartfren, yakni Smartfren Andro Max, telah menarik hanti banyak penggemar smartphone Android di Indonesia. Mari kita simak ulasan singkat tentang kemampuan smartphone yang dibanderol harga Rp888.000 ini, sehingga dapat menarik hati banyak orang.

Kemunculan Andro Max merupakan langkah Smartfren untuk kembali meraih pelanggannya, mengingat 60% pengguna mereka merupakan pelanggan data/internet. Ponsel yang diciptakan oleh Hisense, produsen telepon dari China ini menyuguhkan fitur unggulan lengkap smartphone yang andal plus harga lebih ekonomis untuk menikmati sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Ponsel ini menggunakan prosesor 800 MHz dan kelengkapan grafis Adreno 200 yang kurang kencang pada sistem operasi Android 4.0. Tetapi, di balik kekurangannya tersebut, Smartfren Andro Max yang berdimensi 11.2 x 6 x 1.1 cm ini dilengkapi dengan layar TFT 3.5 inci dengan piksel 480 x 320 yang terlihat kontras.

Pengalaman navigasi di smartphone ini pun cukup menyenangkan tanpa efek tunda (lag). Apalagi smartphone besutan Smartfren ini mampu menjalankan banyak game yang sederhana, hingga berkualitas HD sekalipun.

Untuk kualitas baterai sebesar 1200mAH, sayangnya smartphone ini tidak memiliki kekuatan tangguh untuk digunakan sehari-hari, sama seperti halnya ponsel Android lainnya. Ketahanan baterai yang disuguhkan jika dalam keadaan stand by, sekitar 8 jam. Sedangkan, untuk ketahanan baterai saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi sekitar 4 jam.

Avaya Rilis Router ERS 3500 untuk Pasar UKM

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Avaya memperkenalkan Avaya Ethernet Routing Switch (ERS) 3500 untuk pasar UKM di Indonesia. ERS 3500 adalah rangkaian baru switches Ethernet ringkas, yang didesain secara khusus untuk perusahaan skala kecil dan menengah (UKM), kantor cabang di daerah dan lingkungan terbuka seperti ruang kelas dan kamar hotel.

ERS 3500 Series terdiri dari 6 switch Fast and Gigabit Ethernet yang tersedia dalam konfigurasi 10 dan 24-port. Pelanggan bisa memilih model dengan Power over Ethernet (PoE+) yang sudah ditingkatkan untuk memastikan jaringan mereka siap digunakan di masa depan dan mengaktifkan telepon IP canggih, model dengan titik-titik akses nirkabel dan model dengan kamera-kamera pengintaian melalui video. Switch tanpa kipas juga tersedia untuk lingkungan yang sensitif terhadap suara, seperti ruang kelas atau kamar hotel, tempat-tempat yang mengharuskan operasional tanpa suara.

Avaya ERS 3500 series adalah keluarga switch yang sempurna untuk lokasi-lokasi kantor berskala kecil – perangkat ini memberikan fitur-fitur dan kemampuan-kemampuan yang diharapkan perusahaan pada harga yang sesuai untuk pasar kecil dan menengah.

"Kami telah mendesain ERS 3500 untuk bekerja secara mulus dengan Avaya IP Office, sehingga menyederhanakan penggelaran dengan solusi kolaborasi unggulan kami untuk UKM sehingga bisnis bisa jadi berjalan lebih produktif dan lebih cepat," ungkap David A. Winarso, Consulting System Engineer, AVAYA ASEAN.

Kemampuan-kemampuan plug and play dan otomatisasi ERS 3500 akan menyederhanakan penggelaran bagi para pelanggan Avaya dan mitra penyalur dengan mengurangi kemungkinan adanya kesalahan saat pengaturan, sehingga memberikan konsistensi di berbagai lokasi dan memastikan bahwa praktek terbaik diikuti selama instalasi. 

Konsumen bisa membeli model-model Avaya ERS 3500 dengan 24-port dengan memperhatikan kebutuhan di masa depan. Dimulai dari skala kecil dan melakukan investasi untuk kapasitas tambahan saat usaha mereka tumbuh. Stackable Chassis Architecture dari Avaya memungkinkan digunakannya model-model tersebut dalam peluncuran software di masa yang akan datang, sehingga menawarkan kemampuan untuk menumpuk hingga 8 unit ERS 3500 bagi pelanggan untuk ketersediaan jaringan yang telah ditingkatkan, pengelolaan yang lebih sederhana dan kapasitas backplane virtual hingga 80Gbps. Stackable Chassis akan menyediakan fungsonalitasi yang sama dengan chassis modular tanpa biaya terkait.

Malam Penganugerahan IOSA 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Rangkaian kegiatan Indonesia Open Source Award (IOSA 2012) akhirnya berakhir dengan penyerahan anugerah kepada 21 finalis yang diberikan oleh Menteri komunikasi dan informatika Republik Indonesia, Tifatul Sembiring di Hotel Bidakara Jakarta (4/7). IOSA dilaksanakan untuk meningkatkan pemanfaatan dan implementasi free and open source software (FOSS) di lingkungan pemerintahan dan lembaga pendidikan, yang diharapkan juga mendorong peningkatan pemanfaatan open source software di lingkungan bisnis dan individual.

IOSA 2012 merupakan salah satu bentuk gerakan IGOS (Indonesia, Go Open Source!), yang diinisiasi pada tahun 2004 oleh 5 Menteri (Komunikasi dan Informatika, Riset dan Teknologi, Pendayagunaan Aparatur Negara, Pendidikan Nasional, Hukum dan HAM). Kegiatan IOSA 2012 ini diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika didukung oleh Kementerian Riset dan teknologi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), Komunitas Open Source, dan Universitas Gunadarma.

Pada dasarnya, IOSA adalah semangat untuk bisa lebih mengoptimalkan penggunaan TIK dengan piranti lunak legal khususnya di lingkungan pemerintah melalui pemanfaatan Open Source Software (OSS). Salah satu faktor pendorong dari pemanfaatan OSS tersebut adalah upaya efisiensi penggunaan anggaran pemerintah dan adanya jaminan keberlanjutan suatu piranti lunak karena kode sumber (source code) yang terbuka sehingga siapapun dapat mengembangkan piranti lunak tersebut.

IOSA mulai dilaksanakan pada tahun 2010 dan secara rutin tiap tahun dilaksanakan. IOSA 2012 adalah pelaksanaan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2012 ini 17 badan pemerintah pusat  dan 64 badan pemerintah daerah yang mengikuti IOSA 2012. Kemkominfo bekerja sama dengan Universitas Gunadarma menyediakan pemilihan untuk kategori SLTA. Dengan berjalannya waktu, IOSA kini memiliki beberapa kategori baru. Yaitu mahasiswa, penghargaan kepada tokoh, dan komunitas. Kategori baru lainnya adalah penghargaan kepada para tokoh, wartawan serta komunitas. Pihak-pihak ini merupakan pihak yang sangat penting di dalam perkembangan Open Source.

Pada IOSA 2012 mahasiswa diberikan kesempatan mengajukan karyanya yang mengunakan perangkat lunak Open Source, baik karya animasi, ataupun perangkat lunak/keras yang menggunakan Open Source. Kepesertaan mahasiswa pada tahun ini terdiri dari 161 mahasiswa pendaftar dari 23 lembaga pendidikan tinggi yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia.

Pemenang IOSA 2012

A. Kategori Pemerintah Pusat

Juara 1.
Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. Pemilihan penggunaan OSS
bukan hanya karena faktor biaya saja, tetapi berdasarkan keamanan dan kehandalan. Serta
mampu mewajibkan pihak ketiga (kontraktor) untuk Menkalinan OSS

Juara 2.
Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Konsistensi pimpinan dalam menggunakan OSS dan serta
memiliki pertimbangan yang kuat untuk Green ICT. Pertimbangan ini memicu pembangunan
private cloud di lingkungan Bapeten

Juara 3.
Lembaga Pertahanan Nasional. Mengalokasikan penandanaan yang besar sekitar 7 juta EU
untuk pengembangan berbagai aplikasi Open Source.

Penghargaan Khusus diberikan kepada :
• Penghargaan Khusus terhadap HAKI, Kementerian Agama
• Penghargaan Khusus, Sektor Keamanan, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan
Keamanan
• Penghargaan Solusi berbasis Pelayanan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara
• Penghargaan Dokumen Panduan, Kemeterian Pemuda dan Olah raga
• Penghargaan Semangat pengadopsian OSS, Badan Pengawas Obat dan Makanan
• Penghargaan GIS berbasis OSS, Kementerian Kehutanan
• Penghargaan Interoperabilitas berbasis OSS, Kementerian Perhubungan

B. Kategori Pemerintah Kota

Juara 1.Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang
penggunaan OSS di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan dan memberikan alternatif
aplikasi pemerintah yang masih mewajibkan format proprietary. Konsisten penggunaan OSS

Juara 2.
Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Memiliki kecepatan pengadopsian
yang sangat istimewa dengan road map dan master plan serta telah dipilih sebagai proyek
percontohan dalam pemanfaatan dan pengadopsian Open Source.

Juara 3.
Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dengan keistimewaan karena melakukan
pengadopsian Open Source dengan strategi menjemput bola dengan melakukan kegiatan
“door to door” dalam implementasinya.

Penghargaan Khusus diberikan kepada :

• Penghargaan khusus untuk percepatan implementasi OSS. Pemerintah Kota Malang,
Jawa Timur
• Penghargaan khusus untuk kemandirian pengembangan aplikasi OSS, Pemerintah
kota Yogyakarta, DIY
• Penghargaan khusus untuk efisiensi anggaran TI dengan OSS, Pemerintah Kabupaten
Karanganyar, Jawa Tengah
• Penghargaan khusus untuk penerapan OSS di institusi pendidikan, Pemerintah
Kabupaten Lamongan. Jawa Timur
• Penghargaan khusus untuk pembangunan komunitas OSS, Pemerintah Kabupaten
Sinjai, Sulawesi Selatan
• Penghargaan khusus untuk penerapan OSS di bidang kesehatan, Pemerintah
Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
• Penghargaan khusus untuk semangat pengadopsian OSS, Pemerintah Kabupaten
Batanghari, Jambi

C. Kategori Sekolah (SMA/MA/SMK/MAK)

Juara 1.
SMA IT Ummul Quro Bogor, Jawa Barat

Juara 2.
SMA Muhammadiyah Waleri, Jawa Tengah

Juara 3.
SMKIT Smart Informatika Surakarta, Jawa Tengah
Penghargaan khusus diberikan kepada :
SMK 1 Cibinong Bogor, Jawa Barat. Penghargaan khusus untuk pengadopsi OSS paling
awal di tingkat sekolah menengah.

D. kategori Mahasiswa
Juara 1. Adityo Baharmoko,. Animasi Iklan Layanan Masyarakat menggunakan aplikasi
Open Source. Universitas Negeri Semarang

Juara 2. Fauzan Helmi Sudaryanto, Aulia Vivansyah Afif, Fajar Iman, Rasmunandar Rustam,
Riza Herzego Nida Fathan, Suci Fadhilah. Kamus Nusantara. Universitas Indonesia

Juara 3. Andre Pratama, Alfie Syahri, Cindy Putri P. Alat Prediksi Banjir Berbasis
Mikrokontroler. Universitas Gunadarma

Penghargaan khusus diberikan kepada :
1. Evans Winanda Warga, Mara Nugraha, Merli Indriati, Mobile Mail Information.
2. Hadyan Taris Akbar, Lukman Hasyim, Arby Rusman. Otomatisasi Seleksi Komentar
Positif/Negatif.

E. Kategori Wartawan
Dipilih berdasarkan peran aktif menyumbangkan pemberitaan dan pembahas tentang Open
Source di media massa.
• Achmad Rouzni Noor II, DETIKNET
• Liliek Dharmawan, Media Indonesia
• Reza Wahyudi, TEKNO KOMPAS
• Trisno Heriyanto, DETIKNET

F. Kategori Tokoh
• Edy Mulyanto, mendorong penggunaan Open Source di pendidikan melalui materi ajar
dan mendorong mahasiswa menggunakan Open Source.
• Hizkia Subiyantoro (Hizaro), secara aktif mendorong industri digital kreatif yang
menggunakan aplikasi Open Source.
• Mohammad Basyir Ahmad, memiliki komitmen yang tinggi untuk menerapkan OSS di
lingkungan pemerintahan dengan dobrakan-dobrakan baik di bidang regulasi yang
memungkinkan pengadopsian OSS secara menyeluruh di badan pemerintah.

G. Kategori Komunitas
• Blender Indonesia, memiliki karya digital kreatif berbasis Open Source.
• Forum Ubuntu Indonesia, aktif memiliki forum diskusi online dan darat.
• Pengguna Blankon Malang, akfit menyediakan dukungan teknis pada proses migrasi
Open Source di lingkungannya.

Kelompok Anonymous Klaim Bertanggungjawab Atas Syiria Files

Posted:


CHIP.co.id - Para hacker yang tergabung dalam kelompok Anonymous dan sejumlah hacker yang oleh media barat disebut hacktivis mengklaim ikut membantu WikiLeaks memperoleh 2 juta lebih e-mail “Syria Files” yang dibocorkan kepada publik sejak pekan lalu.

Dalam pernyataan pers, Sabtu (7/7) lalu, Anonymous mengaku telah membantu demonstran pemerintahan Suriah selama lebih dari setahun, sejak pekan pertama mereka mencetuskan revolusi. Anonymous juga mengungkap keberadan tim “Anonymous Op Syria” yang terdiri-dari Anonymous Suriah, kelompok Luzslec yang sekarang dikenal sebagai Antisec dan Peoples Liberation Front.

Kelompok Anonymous mengatakan, pada Februari 2012 tim tersebut telah bekerja siang dan malam untuk mencapai prestasi tersebut. Sangat banyak data yang tersedia untuk diambil sehingga membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mengunduhnya. Dan demikian juga sedemikian besarnya bahaya terdeteksi, khususnya anggota Anonymous di Suriah karena banyak dari mereka berada di negara tersebut.

Pada tanggal 14 Maret 2012, kelompok Anonymous mulai membocorkan e-mail pribadi Presiden Suriah Bashar al-Assad dan istrinya. Pengungkapan ini menjadi berita utama di seluruh dunia, tapi itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan data yang diretas. Karena pada 5 Juli 2012, WikiLeaks mempublikasikan 2,4 juta e-mail pejabat dan perusahaan-perusahaan Suriah.

“Ini baru permulaan, harapannya ke depan makin banyak pengungkapan hal seperti ini seiring dengan menguatnya kerjasama antara WikiLeaks dan Anonymous dan mengubah sejarah umat manusia,” demikian pernyataan kelompok tersebut.

“Selama seorang tiran tetap berkuasa, Anonymous akan terus bekerja tanpa henti siang dan malam dari setiap negara dan setiap zona waktu untuk membantu para pejuang kemerdekaan yang bernai dan aktivis di Suriah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar