Kamis, 12 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Mengusir DNSChanger dengan Avira

Posted:

CHIP.co.id - Perangkat lunak berbahaya (Malware) DNSChanger sempat menghebohkan karena disebut-sebut akan mengakibatkan kiamat internet, Senin 9 Juli lalu. Diberitakan, lebih dari seperempat juta komputer di dunia tak akan bisa terkoneksi dengan internet karena server pengaman yang selama ini dioperasikan FBI tak lagi berfungsi. Saking banyaknya pemberitaan, termasuk di Tanah Air, “kiamat internet” sempat menjadi trending topic di Indonesia pada hari itu.

Meski akibat DNSChanger terkesan dilebih-lebihkan karena nyatanya tidak ada kiamat internet, Anda tetap perlu mencari lebih jauh mengenai virus tersebut. Bagaimana ciri-cirinya PC yang terinfeksi DNSChanger?apa solusinya?

Beberapa waktu lalu, CHIP.co.id telah menguraikan alternatif untuk mengecek apakah DNS Anda terinfeksi atau tidak. Kali ini tips juga muncul dari Sorin Mustaca, Data Security Expert Avira. Jika suatu hari Anda membuka website dari browser kemudian mendapatkan pesan seperti ini: "Unable to resolve the DNS address", "Server not found", dan "The webpage is not available", maka kemungkinan komputer Anda  sudah terinfeksi DNSChanger.

Tapi, jangan panik. Pertama, yakinkan bahwa koneksi internet ISP anda bagus dengan cara melakukan ping ke IP address yang anda ketahui. “Sebagai catatan jangan ping ke nama domain (e.g.: google.com) tentu saja ini tidak akan berhasil jika komputer anda sudah terinfeksi oleh malware DNSChanger,” kata Sorin, Kamis (12/7).

Contohnya sebagai berikut

Hasil ping ke 62.146.210.52 :
ping 62.146.210.52
Pinging 62.146.210.52 with 32 bytes of data:
Reply from 62.146.210.52: bytes=32 time=39ms TTL=53
Reply from 62.146.210.52: bytes=32 time=40ms TTL=53
Reply from 62.146.210.52: bytes=32 time=38ms TTL=53
Reply from 62.146.210.52: bytes=32 time=39ms TTL=53
Ping statistics for 62.146.210.52:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 38ms, Maximum = 40ms, Average = 39ms

IP address 62.146.210.52 ini merupakan salah satu IP address dari Avira ketika menggunakan nslookup ke Avira.com. Jika hasil ping Anda sama seperti contoh di atas, maka koneksi internet ISP Anda bagus, tetapi tidak dengan DNS server Anda. Dipastikan bahwa komputer anda sudah terinfeksi malware DNSChanger.

Untuk langkah selanjutnya avira mempunyai tool untuk memperbaiki sistem windows yang sudah terinfeksi oleh malware DNSChanger. Download tool AViraDNSRepairEN.exe ini kemudian simpan ke usb flash disk kemudian jalankan di komputer yang terinfeksi untuk memperbaiki sistem windows seperti semula atau langkah alternatif langsung download dari komputer yang terinfeksi dengan mengetikan URL ini di browser anda http://62.146.210.52/en/support-for-home-knowledgebase-detail/kbid/1199 dan download tool AViraDNSRepairEN.exe dari sana.

“Jika anda terkoneksi internet, akan ada ancaman bahaya malware lainnya atau malware yang sudah ada di komputer Anda akan mengupdate dirinya. Sangat dianjurkan untuk mengikuti langkah yang pertama yaitu menyimpan tool AViraDNSRepairEN.exe kedalam usb flash disk tanpa menggunakan internet di komputer yang telah terinfeksi.”

Anda dapat mendownload tool ini secara gratis dari link http://www.avira.com/en/support-for-home-knowledgebase-detail/kbid/1199

Setelah masalah DNS selesai langsung full scan sistem di komputer Anda menggunakan avira antivir rescue system.

Selangkah Menuju Final Megaxus Olimpiade 2012

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - PT Megaxus Infotech (Megaxus), kembali mempersembahkan ajang kompetisi online game se-Indonesia bertaraf nasional - Megaxus Olimpiade 2012 pada tanggal 10 - 15 Juli 2012, Atrium Laguna Central Park Mall - Jakarta Barat.

Jenis permainan yang dipertandingkan di Megaxus Olimpiade 2012, yakni: AyoDance, Lineage II, WarRock, Grand Chase, dan Counter Strike Online. Megaxus Olimpiade 2012 kali ini diselenggarakan dengan total hadiah Rp265.000.000.

Babak Penyisihan Megaxus Olimpiade 2012 sudah dimulai dengan road show Olimpiade yang terselenggara di 20 kota Indonesia, seperti; Medan, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Palembang, Batam, Pontianak, Manado, Pekanbaru, Bali, Makassar, Malang, Bangka, Palangkaraya, Lampung, Jambi, Balikpapan, dan kota lainnya.

Sebanyak 3.675 peserta online telah tersaring dan diperkirakan sebanyak 1.000 peserta on the spot yang akan berpartisipasi di pertandingan ini. Babak penyisihan dilakukan secara online dan selangkah lagi menuju putaran finalnya akan diselenggarakan di Laguna, Central Park Mall, Jakarta pada tanggal 15 Juli 2012.

Solusi 3D Prejection Mapping dan Microtiles dari Christie

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Christie menghadirkan solusi untuk 3D Projection Mapping serta Microtiles dengan jajaran produknya. Bertempat di Bistro Boulevard, Menteng, Christie menunjukkan demonstrasi 3D Projection Mapping dengan menggunakan dua buah Christie Roadster HD20K-J Projector (11/7).

Dalam design demonstrasi yang dihadiri Jonathan Lim, GM Christie Singapore; Lin Yu, VP Christie Asia Pacific; dan CK. Lum, GM Hitecindo Kharisma (Hika) ini, dibutuhkan perhitungan dimensi dan struktur eksterior bangunan. Dua unit Christie Mirage HD20K-J Projector digunakan untuk melakukan mapping tingkat atas dan bawah. Untuk konten yang digunakan, Christie bekerja sama dengan Level D & Yi Studio, Aptronim Team, dan Eightniq Production.

3D Projection Mapping pada bangunan Bistro Boulevard, Menteng

"Untuk memperluas bisnis kami di Indonesia, kami menampilkan solusi untuk dapat diaplikasikan di Indonesia. Melalui acara hari ini, kami berharap dapat menunjukkan kemampuan kamu dalam memberikan end-to-end solusi proyeksi dan proyektor untuk projection mapping dan microtiles," ungkap Lin Yu.

Microtile dari Christie, menggunakan proyeksi DLP dan teknologi Light Emitting Diode (LED) sebagai sumber visualnya. Christie Microtiles diklaim dapat menghadirkan gambar yang lebih terang serta palet warna yang lebih luas. Saat ini, Microtile ini telah digunakan saat grand final Indonesian Idol yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Sedangkan untuk proyektornya, Christie telah bekerja sama dengan 21 Cineplex sebagai penyedia proyektor.

Perangkat Christie Microtiles

"Melalui mitra kami, PT Megatech Teknik, Christie sangat diakui untuk kinerjanya di pasar bioskop digital di Indonesia. Kesuksean kami sangat luar biasa dengan penyebaran proyektor kami, Christie CP4220 dan Christie CP4230 di 21 Cineplex, jaringan bioskop terbesar di Indonesia," tambahnya.

Jonathan Lim, Lin Yu, dan CK. Lim saat memberikan sambutan

Ada beberapa event terkenal di dunia yang telah menggunakan produk dari Christie, antara lain

  • New Year's Eve Celebration di Singapura,
  • Weill Cornell Medical School di New York, Amerika Serikat,
  • Cannes Film Festival di Perancis,
  • FIFA World Cup 2010 di Afrika Selatan,
  • dan masih banyak lagi.

Langgar Privasi, Google Didenda Rp213 Miliar

Posted:

CHIP.co.id – Setelah menyelidiki selama 9 bulan, komisi perdagangan federal Amerika Serikat (FTC) akhirnya memutuskan Google bersalah dan menghukum denda sebesar USD22,5 juta atau sekira Rp213 miliar (dengan kurs Rp9500 per dollar). Denda terbesar dalam sejarah kepada satu perusahaan itu diberikan karena Google terbukti bersalah telah melanggar pengaturan privasi dalam peramban web Safari milik Apple.

Google sebelumnya mengakui bahwa mereka menghindari pengaturan privasi dalam Safari, sebuah langkah yang memungkinkan pengiklan melacak pengguna dengan cara yang tidak diinginkan. Google segera menonaktifkan fitur tersebut ketika peneliti masalah privasi mengungkapkannya Februari lalu.

Menanggapi hal tersebut, Google seperti diberitakan CNN.com, Kamis (12/7), mengatakan, “Kami tak bisa berkomentar secara khusus, namun kami juga menetapkan standar tertinggi untuk keamanan dan privasi para pengguna kami.”

Kasus ini mencuat Februari lalu setelah peneliti dari Stanford University menemukan bahwa Google telah mengubah pengaturan privasi Safari. Meski kedengarannya mengerikan, akibat sebenarnya dari tindakan Google tergolong kecil karena tujuannya hanya mengizinkan pengiklan mengirimkan pesan berdasarkan riwayat penelusuran pengguna. Google tidak pernah mengumpulkan informasi personal penggunanya.

Tabulet Sparta, Ponsel dengan Kemampuan Dual SIM 3G HSDPA

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Berdesain minimalis dengan tombol sensorik digital yang memberikan kesan ekstra bagi siapa pun memegangnya. Tabulet Sparta, merupakan smartphone teranyar dari Tabulet yang memiliki layar sentuh lebar sebesar 3.5 inci HVGA.

Bagi Anda yang menginginkan ponsel pintar dengan kemampuan layar yang maksimal, kali ini Tabulet turut meramaikan pasar ponsel pintar di Indonesia dengan menghadirkan Tabulet Sparta. Ponsel Tabulet Sparta akan hadir dengan ukuran layar TFT sebesar 3.5 inci HVGA resolusi 320 x 480. Ponsel ini mengusung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dengan memori ROM 512 MB dan RAM 256 MB.



Dengan kemampuan Dual SIM 3G HSDPA 7.2 Mbps + GSM, memungkinkan Anda lebih cepat berselancar di dunia maya dengan kecepatan 3.5G sambil terus berbicara di telepon pada waktu yang bersamaan. Untuk konektifitasnya, ponsel Tabulet Sparta dilengkapi dengan kemampuan 3G, WiFi dan Bluetooth.

Ketahanan daya, ponsel Tabulet Sparta menggunakan baterai sebesar 1500 mAh yang dapat bertahan saat masa stand-by selama kurang lebih delapan hari. Tabulet Sparta memiliki dimensi 116 x 62 x 12,9 mm dengan bobot 78 gram juga handal saat digunakan memainkan aplikasi hiburan, seperti; FM Radio; kompas; dan game menarik PES 2012, inotia 3, hingga Angry Birds Space.

Dilengkapi dengan kamera sebesar 3MP dan kemampuan flash, smartphone ini mampu mengambil gambar dengan jelas, meskipun Anda berada di tempat gelap. Untuk mendapatkan smartphone yang mendukung kinerja Android 2.3 ini, Tabulet membanderol Tabulet Sparta seharga Rp1.249.000,-.

Facebook Events Berubah Jadi Lebih Baik

Posted:


CHIP.co.id – Setelah menambah ruang berbagi status hingga 60 ribu karakter beberapa waktu lalu, Facebook kembali memperkaya fitur Events atau acara. Anda yang kerap memakai Fitur ini untuk menyebarkan undangan perkawinan, diskusi, dan sebagainya akan lebih mudah melihat seluruh jadwal acara Anda selama beberapa bulan ke depan.

Perubahan fitur ini berawal dari hackaton project di Facebook yang dipelopori Bob Balwdin. “Sebelum hackathon yang baru ini, beberapa dari kami membentuk grup Facebook yang disebut “Social Calendar Dreamers” untuk memicu diskusi mengenai pembuatan Event agar lebih visual,” kata Baldwin melalui blognya. “Pada hackathon selanjutnya, insinyur events, foto, pesan, dan tim lain bekerja sepanjang malam untuk membuat cara yang lebih baik dalam melihat events.”

Ketika prototipe proyek tersebut dutunjukkan kepada seluruh karyawan perusahaan, banyak masukan dan persetujuan agar ia segera ditambahkan ke Facebook. Fitur tersebut bisa Anda nikmati dengan mengklik “Calendar” di kiri atas laman Facebook Anda.

Pada kalender akan terdaftar seluruh acara, seperti undangan perkawinan, konser musik, atau ulang tahun selama beberapa bulan ke depan. Anda juga bisa merespon tiap acara tanpa harus meninggalkan laman yang sedang dibuka. Berdasarkan laporan cnet.com, Kamis (12/7), fitur itu telah dirilis secara resmi pada Rabu kemarin. Namun, saat Chip membuka Facebook di Indonesia, belum tampak ada perubahan dari tampilan Events.

Tabulet Troy 2, Tablet Andal Suguhkan Hiburan 3D

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Tabulet Troy 2 yang diluncurkan pada saat Indonesia Celular Show (ICS) 2012, hadir di redaksi CHIP.co.id untuk dilihat secara detail keunggulan hiburan tampilan 3D yang katanya sangat memuaskan.

Berikut ini ulasan singkatnya:


Tabulet Troy 2, merupakan tablet tabulet seri kedua keluarga Troy. Menggunakan teknologi terkini dan fitur yang komplit, Tabulet Troy 2 dilengkapi dengan sistem operasi Android 4.0, dengan memori sistem DDR3 512 MB dan 4GB storage yang menjamin aplikasi berjalan dengan lancar. Didukung dengan CHIP ARM Cortex A8 dan GPU tinggi, Tabulet Troy 2 mampu menghasilkan kinerja 3D yang handal dari sebuah tablet berharga Rp 1.999.000,-.

Troy 2 juga dikembangkan dengan teknologi NEON yang mampu membuat berbagai macam jenis file dapat dijalankan dengan baik seperti video blue-ray. Terlebih lagi, dengan kemampuan Triangle Production di tingkat 60M dan sekitar 500 juta elemen gambar yang terdapat di dalamnya, menghasilkan pengalaman hiburan 3D yang menakjubkan.

Troy 2 juga di fasilitasi fungsi yang lengkap seperti telepon dan sms, kompas, GPS serta FM Radio. Selain fitur di atas, Troy 2 memiliki fitur unggulan tersendiri, yakni kelengkapannya menjalankan jaringan selular 3.5G, menjadikannya teman terbaik untuk selalu terkoneksi ke dunia maya. Dengan kelengkapan SIM card slot yang ada di bagian belakang bodi, tablet ini juga dapat digunakan untuk menelepon dan SMS.

Bagi Anda yang menyukai mengabadikan moment penting dalam sebuah foto, tablet Tabulet ini bisa menjadi pilihan tepat. Dilengkapi dengan kamera utama sebesar 2MP dan kamera sekunder yang berada di depan bodi tablet berukuran VGA, membuat moment penting Anda menjadi lebih indah dengan kerapatan piksel yang tidak mengecewakan.

Untuk menjalankan fungsinya, Tabulet menghadirkan tampilan tanpa tombol pada bagian home screen-nya, tetapi sayangnya fitur ini kurang maksimal saat memainkan sebuah aplikasi. Jika belum mengetahui tombol back, pengguna mengalami kesulitan untuk keluar dari sebuah aplikasi. Karena, letak tombol back pada tablet ini tersembunyi kecil berdampingan dengan tombol volume dan restart. Maka tak jarang akan mengambil jalan keluar untuk me-restart tablet ini dari tombol restart.

Tetapi, dari kekurangan di atas, CHIP.co.id mengakui kemampuan tablet ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan hiburan maksimal dari sebuah tablet yang dibanderol harga pas di kantong.

Google + Hangout Hadir di iPad

Posted:

CHIP.co.id – Penggemar Google + kini bisa mengakses fitur unggulan jejaring sosial bikinan Google itu secara penuh melalui iPad. Fitur populer itu, yakni Hangout bisa diakses setelah Google meng-upgrade aplikasi Google + khusus untuk sistem operasi iOS.

Fitur Hangout memungkinkan pengguna melakukan video chat dengan 9 orang temannya. Google juga mengubah tampilan lebih menarik, menambahkan Google + Events, dan memperbolehkan pengguna mengunggah foto mereka langsung dari applikasi tersebut.

Rumor: Samsung Galaxy Note 2 Layar 5,5 Inci Dirilis Agustus

Posted:


CHIP.co.id - Jika Anda termasuk yang menganggap Samsung Galaxy Note terlalu besar sebagai smartphone, maka siap-siaplah menyambut penggantinya yang justru dikabarkan memiliki ukuran yang lebih bongsor. Techradar, Kamis (12/7) melaporkan, Samsung Galaxy Note 2 yang dirilis Agustus mendatang memiliki ukuran layar sebesar 5,5 inci, lebih besar dibanding pendahulunya yang hanya 5,3 inci.

Galaxy Note 2, perpaduan antara tablet dan smartphone itu juga dipersenjatai prosesor quad-core dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Samsung juga meng-upgrade kemampuan kameranya menjadi 12 atau 14 megapixel, dibanding sebelumnya sebesar 8 megapixel.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Samsung Galaxy Note 2 akan diperkenalkan dalam pameran elektronik IFA EXPO di Berlin bulan depan. “Samasung akan merilis Galaxy Note 2 dalam IFA 2012, pameran elektronik di Berlin, Jerman pada akhir Agustus,” kata sumber yang tak disebutkan namanya.

"Model terbaru itu akan hadir dengan layar 5,5 inci, tapi belum jelas mengenai fitur apa saja yang akan dimasukkan.”

Samsung termasuk berhasil menjawab keraguan sejumlah orang atas penjualan perangkat Samsung Galaxy Note karena justru produk tersebut laris manis. Mampukah perusahaan asal Korea Selatan itu melakukannya lagi tahun ini?

Gandakan Kapasitas Penyimpanan Ultrabook dengan Flash Drive Cruzer Glide USB

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Flash drive 128GB Cruzer Glide USB adalah USB drive SanDisk berkapasitas terbesar yang pernah ada dan menampilkan penyimpanan yang andal, aman dan portable untuk foto, video, musik dan file-file lainnya.

Drive ini merupakan sahabat ideal bagi siapa pun yang menggunakan notebook ultra tipis yang seringkali memiliki penyimpanan terbatas hingga 128GB. Dalam konfigurasi ini, Cruzer Glide USB memungkinkan pelanggan untuk menggandakan penyimpanan yang tersedia dengan solusi portable yang nyaman. 

Dengan garansi terbatas selama lima tahun, USB flash drive Cruzer Glide tersedia dalam kapasitas 4GB hingga 128GB dengan harga retail yang disarankan (MSRP) sebesar Rp55.000,- hingga Rp960.000,-.

Flash Drive SanDisk Extreme USB

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Beberapa waktu lalu SanDisk memperkenalkan enam produk terbarunya di pasar Indonesia, dan salah satunya adalah Flash Drive SanDisk Extreme USB.

Flash drive SanDisk Extreme USB dengan USB 3.0 bisa mentransfer, menyimpan, dan berbagi files 10 kali lebih cepat dengan kecepatan mencapai 190MB/s. Flash drive SanDisk Extreme USB memberikan kinerja cepat yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputasi generasi berikut.

Drive ini bisa mentransfer file-file lebih kecil dalam waktu hampir sekejap, dan file-file besar, seperti file berukuran 3GB, dalam waktu 20 detik atau file berukuran 40GB dalam waktu empat menit3. 

"Drive ini secara dramatis mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan saat mentransfer file-file mereka secara cepat," ungkap Idris Effendi, Country Sales Manager SanDisk Indonesia.

Flash drive SanDisk Extreme USB didukung oleh garansi terbatas seumur hidup4 dan tersedia dalam pilihan kapasitas 16 GB hingga 64 GB dengan harga retail yang disarankan (MSRP) sebesar Rp290.000,- hingga Rp950.000,-.

SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - SanDisk Corporation hadirkan kartu memori mobile tercepat di dunia.  SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I cocok digunakan untuk ponsel cerdas dan pengguna tablet yang ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan perangkat mereka saat menikmati pengalaman mobile tercepat.

“SanDisk menawarkan lini kartu memori mobile terbesar dalam industri saat ini. Portofolio kami termasuk kartu-kartu microSD dengan kecepatan tertinggi, kapasitas penyimpanan terbesar dan keandalan yang diinginkan konsumer," kata Idris Effendi, Country Manager SanDisk Indonesia.

Kartu SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I tersedia di kuartal 3 tahun 2012 dengan pilihan kapasitas 8 gigabyte (GB) dan 16 GB dengan harga retail yang disarankan (MSRP) sebesar Rp460.000,- dan Rp830.000,-. Kartu ini kompatibel dengan perangkat yang memiliki slot microSDHC dan ideal untuk ponsel cerdas dan tablet yang mendukung UHS.

Kinerja Maksimal untuk Perangkat Mobile Generasi Berikut

SanDisk Extreme Pro microSDHC UHS-I memungkinkan pengguna ponsel cerdas dan tablet untuk benar-benar menikmati aplikasi-aplikasi canggih pada perangkat mobile mereka. Karena fasilitas yang disuguhkan microSDHC teranyar dari SanDisk.

  • Merekam Video Full-HD: Ponsel akan merekam sekitar sepertiga dari semua video pada tahun 2014, menurut IDC. Dengan peringkat 1 UHS Speed Class (setingkat dengan Class 10), kartu baru ini memungkinkan pelanggan untuk merekam video Full HD yang berkualitas superior bahkan dalam 3D.
  • Mengambil Gambar Berkualitas Tinggi: Menurut IDC4, ponsel akan mengambil 525 milyar foto di tahun 2012, sekitar setengah dari semua foto yang diambil tahun ini. Kartu ini ideal untuk aplikasi-aplikasi mobile imaging, karena menawarkan kecepatan tulis hingga 90MB/detik untuk mengambil beberapa foto dengan mode burst menggunakan perangkat mobile yang mendukung UHS-1.
  • Transfer File Lebih Cepat: Dengan kecepatan baca hingga 95 megabyte per detik (MB/detik), kartu ini memindahkan file dengan cepat diantara perangkat-perangkat host.
  • Multitasking Tanpa Hambatan; Mengunduh dengan Cepat: Kartu ini memungkinkan pelanggan untuk secara mulus menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan dan mengunduh file dengan cepat menggunakan telepon 4G LTE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar