Kamis, 19 Juli 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Kaspersky Luncurkan Kaspersky Security for Mac

Posted:


CHIP.co.id - Kaspersky Lab mengumumkan peluncuran Kaspersky Security for Mac, solusi keamanan terbaru yang didesain untuk melindungi pengguna komputer Apple. Kaspersky Security melindungi Mac OS X dari ancaman apa pun dengan menggabungkan teknologi keamanan tradisional dengan metode berbasis cloud dan menawarkan respon tercepat dari bahaya terbaru.

Selain melindungi komputer dari ancaman khusus untuk Mac, solusi terbaru ini juga mencegah menyebarnya malware Windows dan Linux ke komputer lain dan, untuk pertama kalinya, menyediakan rangkaian fitur Parental Control yang efektif, melindungi anak-anak Anda dari konten online yang tidak pantas.

Teknologi Perlindungan Terbaru

Kaspersky Security for Mac menggunakan teknologi perlindungan terbaru untuk menghadapi semua jenis ancaman dengan lebih baik, termasuk Trojan, worms, spyware, adware dan keylogger. Modul file scanning aktif saat start-up dan secara otomatis men-scan file baru dan file yang di-update, meminimalkan dampak terhadap sumber daya sistem. Kemampuan untuk mendeteksi dan memblokir malware untuk Mac, Windows or Linux dan mencegah penyebaran objek berbahaya ke komputer lain di rumah atau komputer milik teman dan rekan kerja.

Database antivirus diperbarui setiap jam untuk memastikan perlindungan terhadap ancaman terbaru, sementara teknologi keamanan berbasis cloud bereaksi atas objek berbahaya terbaru dalam hitungan menit.

Demi memberikan perlindungan yang lebih baik, Kaspersky Security for Mac kini menyediakan fitur Web Protection yang mendeteksi dan memblokir website berbahaya, website tiruan dan website phising serta memberitahukan setiap ancaman online yang terdeteksi kepada pengguna.

Parental Control yang Kaya Fitur

Parental Control merupakan tambahan terkini dari produk baru Kaspersky Lab untuk Mac, memberikan pengalaman online yang aman dan terbatas untuk anak Anda. Orangtua bisa menentukan batas waktu untuk aktivitas Internet anak mereka atau menentukan waktu tertentu setiap harinya terkait kapan anak-anak diperbolehkan online. Kaspersky Security for Mac akan memastikan SafeSearch pada mesin pencari seperti Google selalu berfungsi, memastikan hanya konten yang sesuai yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Jenis file khusus dapat dibuat agar tidak bisa diunduh ketika anak Anda menggunakan komputer. Beberapa situs yang tidak diinginkan juga bisa diblokir: baik secara manual atau berdasarkan kategori. Selain itu, Kaspersky Security juga memonitor aktivitas jejaring sosial anak Anda seperti Facebook. Fitur ini memungkinkan orangtua memantau dengan siapa sang anak berkomunikasi, dan untuk membatasi kontak tertentu atau bahkan keseluruhan jejaring sosial. Fungsi reporting yang ektensif memastikan orangtua selalu tahu kapan dan bagaimana anak mereka menggunakan Internet.

Kinerja yang Lebih Baik dan User Interface yang Lebih Mudah

Secara keseluruhan, Kaspersky Security for Mac terbaru memberikan kinerja dan kegunaan yang lebih baik. Teknologi iSwift buatan Kaspersky Lab menawarkan file scanning pintar, men-scan hanya item yang dibuat atau dimodifikasi sejak terakhir kali dijalankan. User interface yang telah diperbarui, dengan pengaturan yang mudah dimengerti dan semua informasi yang dibutuhkan pada jendela utama membuatnya lebih user-friendly.

Ramadhan, Indosat Luncurkan Layanan Gratis 3 Hari 3 Malam

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Menyambut bulan suci Ramadhan, Indosat menyuguhkan layanan spesial untuk pelanggannya, yakni program Ramadhan Makin Penuh Berkah yang memberikan layanan Gratis 3 Hari 3 Malam ++.

"Adanya Program GRATIS 3 Hari 3 Malam ++ ini, kami harapkan pelanggan dapat menikmati berkah silahturahmi dengan rekan bisnis, kerabat, dan juga keluarga," ungkap Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer Indosat.

Program GRATIS 3 Hari 3 Malam ++ ini merupakan kelanjutan program Ramadhan penuh berkah yang telah diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2012. Jika dalam program sebelumnya, setiap isi ulang akan mendapat GRATIS Nelpon, maka Gratis 3 Hari 3 Malem ++ tidak hanya memberikan gratis telepon saja, tetapi layanan SMS dan paket data.

"Setiap pelanggan reload Rp10.000,- maka akan mendapatkan gratis nelepon 100 menit, 50 SMS, dan internetan 2MP. Kalau reload Rp25.000,- maka akan mendapatkan gratis nelepon 240 menit, 100 SMS, dan internetan 5MP. Kemudian, dengan isi ulang Rp50.000,- maka pelanggan mendapatkan gratis nelepon 500 menit, 250 SMS, dan 15MB," ungkap Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product Development & Management Indosat.

Pesan Steve Wozniak untuk Industri StartUp Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Kesempatan bertemu dengan Steve Wozniak pada seminar Innovation & Creativity telah berakhir pada hari Selasa, 17 Juli 2012 lalu, tetapi CHIP.co.id masih menyimpan beberapa pesan dari Woz untuk masyarakat Indonesia.

Steve Wozniak yang lebih memilih keluar dari Apple, karena ia tidak suka mengurusi perusahaan dan memecat orang, selalu kreatif dengan ide-ide briliannya dan menyebarkannya kepada khalayak ramai. Memiliki tujuan hidup yang mengutamakan keterbukaan dan mementingkan kebahagiaan orang lain, Woz mendukung sepenuhnya orang-orang yang bergelut di industri kreatif StartUp.

"StartUp company adalah industri yang membuat orang percaya mewujudkan mimpi mereka, dengan menciptakan sebuah produk yang baik. Kita bisa melihat Facebook sebagai salah satu start-up tersukses saat ini, telah membuktikan kepada kita semua bahwa apabila produk kita baik, otomatis orang-orang akan menggunakannya dan menyukainya," kata Woz.

Alasan Facebook saat ini sebagai StartUp yang sukses hampir sama dengan alasan Woz menjalani hidup. Dia juga mengamati perkembangan Facebook dan perkembangan entrepreuner muda yang ingin mengikuti langkah sukses StartUp industri tersebut dengan menciptakan produk yang sama.

"Jikalau Anda seorang entrepreuner sejati, pesan dari saya adalah jangan mengikuti produk yang sudah sukses. Jika Anda ingin menciptakan satu produk yang besar seperti Facebook, janganlah menciptakan produk yang sama. Kalau bisa, Anda ciptakan pasar tersendiri yang belum pernah ada dan gunakan Facebook sebagai mitra," ujarnya penuh semangat.

Ketika ditanya, bagaimana cara entrepruner di Indonesia yang ingin memulai industri StartUp tidak hanya menjaring pasar lokal saja, namun dapat juga meluas ke pasar global. Ia pun menjelaskannya dengan semangat, "Kalau Anda tahu industri StartUp Cile yang saat ini telah berkembang dengan pesat, karena pemerintahan memang fokus mendukung industri kreatif ini. Yang mereka lakukan untuk dikenal oleh masyarakat luas adalah menyebar jaringan. Memang mereka memiliki kantor utama di Cile, tetapi mereka memiliki kantor perwakilan untuk mencari sponsor atau memasarkan produk ke daerah yang telah memiliki industri teknologi lebih besar, seperti Sillicon Valley. Ide ini dapat dicontek oleh StartUp industri Indonesia, dengan cara memiliki kantor perwakilan di Sillicon Valley, dengan jaringan luas kita dapat mengetahui market, maka otomatis produk mereka akan mendunia dengan sendirinya. Karena, untuk menjadi global, kalian harus berpikir secara global dahulu." jelas Woz.

"Dan, jangan dilupakan satu hal penting lainnya yang harus dipegang teguh oleh para entrepreuner StartUp. Apabila kalian mendapatkan uang, jangan habiskan kegunaan uang tersebut dalam waktu sekejap, tetapi harus menggunakan uang tersebut dengan bijaksana secara setahap demi setahap," tambah Woz, menutup pembicaraan.

Apple Rilis OS X Mountain Lion 25 Juli?

Posted:


CHIP.co.id - Apple berencana merilis OS terbaru untuk Mac, Mountain Lion pada 25 Juli mendatang. 9to5mac menulis, Mountain Lion sudah bisa diunduh di Apple Store seharga USD19,99 untuk upgrade. Jika Anda baru saja membeli MacBook Pro atau MacBook Air terbaru, Anda bisa mendapatkan updatenya secara gratis.

Pada Mountain Lion, Apple menambahkan fitur Messages menggantikan pendahulunya, iChat, yang bisa terhubung dengan AIM, Google Talk, iMessage, dan layanan pesan lainnya. 

Sony Rilis 2 Walkman Baru

Posted:


CHIP.co.id - Sony baru saja mengumumkan dua Walkman terbaru yang akan dijual Agustus mendatang. Walkman F800 series yang dijalankan dengan sistem operasi Android akan dijual mulai USD269,99 atau sekitar Rp2.500.000. Sementara model kedua yng diberi nama E470 dibanderol mulai USD79.99 atau sekitar Rp 759.000.

WD Red Desain Hard Drive Pertama untuk Sistem NAS SOHO

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - WD mengumumkan produk hard drive NAS perdananya WD Red, sebuah inovasi dari seri hard drive SATA yang didesain khusus untuk NAS (Network Attached Storage) untuk kantor di rumah dan kantor skala kecil (home and small office/SOHO) dengan satu hingga lima drive bay. WD Red yang kompatibilitasnya telah teruji dengan pabrikan NAS box teratas dan dioptimalkan untuk daya dan kinerja kini tersedia dalam kapasitas 1 TB, 2 TB dan 3 TB.

Lini WD Red  menampilkan teknologi NASware yang didesain untuk meningkatkan keandalan dan kinerja sistem, mengurangi downtime bagi pelanggan serta memudahkan proses integrasi. WD Red juga menampilkan 3D Active Balance Plus, teknologi kontrol keseimbangan yang lebih baik. Teknologi ini dapat secara signifikan meningkatkan kinerja dan keandalan drive. Ekslusif bagi pelanggan WD Red, WD menawarkan layanan pelanggan premium gratis terus-menerus (24x7) dan garansi terbatas 3 tahun.

Penambahan seri WD Red memperluas solusi-solusi hard drive klien WD “Power of Choice”. WD menyadari bahwa pelanggan dan aplikasi mereka beragam dan harus diberdayakan untuk memilih  drive yang paling sesuai dengan kebutuhan penyimpanan spesifik mereka. Dengan berbagai warna cerah, solusi penyimpanan “Power of Choice” jelas dan mudah dikenali.

WD Blue (kinerja solid dan andal untuk komputasi sehari-hari), WD Green (dingin, senyap, ramah lingkungan). WD Black (kinerja maksimal untuk komputasi bertenaga) dan WD Red (untuk penyimpanan di rumah dan kantor kecil). Keempat warna tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih secara cepat drive WD terbaik sesuai dengan aplikasi atau kebutuhan pelanggan.

“Pasar penyimpanan yang terhubug ke jaringan (NAS) tingkat pemula diperkirakan tumbuh sebesar 86,2% pada 2011-2016 CAGR,” menurut John Rydning, research vice president untuk hard disk drives, IDC. “Hard drive WD Red baru menawarkan kombinasi unik dari fitur-fitur produk dan dukungan pelanggan untuk pengguna yang ingin memperluas kapasitas solusi-solusi NAS mereka.”

WD Red berintegrasi secara sempurna dengan solusi-solusi WD NAS dan memenuhi syarat untuk bekerja dengan berbagai mitra OEM WD. Hard drive WD Red tersedia di reseller dan distributor yang ditunjuk. Harga eceran yang disarankan (MSRP) untuk WD RED 1 TB (model #: WD10EFRX) adalah US$125 USD, 2 TB (model #: WD20EFRX) adalah US$ 190 dan 3 TB drive (model #: WD30EFRX) adalah US$260.

15 Program Berbahaya Paling Berpengaruh di Dunia versi Kaspersky Lab

Posted:


CHIP.co.id - Untuk merayakan ulang tahunnya yang  ke-15, Kaspersky Lab mengajak kita untuk mengingat kembali 15 program berbahaya paling berpengaruh dalam sejarah. Kaspersky Lab sendiri, didirikan oleh Eugene Kaspersky pada 26 Juni 1997. Berawal dari hanya 20 karyawan pada tahun 1997, Kaspersky Lab berkembang menjadi perusahaan keamanan privat terbesar di dunia, dengan lebih dari 2.400 karyawan di sekitar 200 negara di seluruh dunia.

“Dalam 15 tahun terakhir kami bekerja sepanjang waktu setiap hari, menganalisa dan menghadapi segala jenis ancaman IT yang telah berevolusi dalam rentang waktu tersebut mulai dari hooliganisme cyber, penjahat cyber sampai ke perang cyber. Yang terpenting saat ini adalah bekerjasama menghadapi ancaman digital. Serangan terkini seperti Stuxnet, Duqu dan Flame telah menunjukkan seberapa rapuhnya infrastruktur IT terhadap ancaman militer dan teroris. Namum kami berusaha sekuat kami demi mencegah potensi kerusakan yang bisa terjadi akibat dari penyerangan seperti ini,” ujar Eugene Kaspersky, CEO dan co-founder Kaspersky Lab.

Kelima belas program berbahaya paling berpengaruh tersebut adalah:

  1. 1986 - Brain, virus PC yang pertama muncul: virus ini menyebar dengan menuliskan kodenya pada boot sector atau floppy disk.
  2. 1988 - worm Morris menginfeksi sekitar 10% komputer yang tersambung ke Internet (sekitar 6000 komputer).
  3. 1992 - Michelangelo, virus pertama yang menarik perhatian media secara masif.
  4. 1995 - Concept, virus makro pertama.
  5. 1999 - Melissa mengawali era email massal malware yang mengakibatkan epidemik global.
  6. 2003 - Slammer, worm fileless (tanpa file), mengakibatkan epidemik masif di seluruh dunia.
  7. 2004 - Cabir: Proof-of-Concept for Symbian yang pertama; disebarkan melalui Bluetooth.
  8. 2006 - Leap, virus pertama Mac OSX
  9. 2007 - Worm Storm [Zhelatin] memelopori penggunaan distributed C&C servers.
  10. 2008 - Koobface, malware pertama yang menjadikan Facebook sebagai targetnya.
  11. 2008 - Conficker, salah satu epidemik terbesar dalam sejarah, menginfeksi perusahaan, pengguna rumahan dan pemerintah di lebih dari 200 negara.
  12. 2010 - FakePlayer, Trojan SMS pada Android.
  13. 2010 - Stuxnet, penyerangan bertarget pada sistem SCADA [Supervisory Control and Data Acquisition]; menandai munculnya era perang cyber
  14. 2011 - Duqu, Trojan canggih yang mengumpulkan intelijen mengenai targetnya
  15. 2012 - Flame, program berbahaya sangat canggih yang secara aktif digunakan sebagai senjata cyber untuk menyerang entitas di beberapa negara.

Bing Tambahkan Tips dari Forsquare di Tiap Hasil Pencarian

Posted:


CHIP.co.id - Mesin pencari Microsoft, Bing, kini lebih sosial dan berguna setelah integrasi dengan Forsquare dengan menambahkan sidebar "Friends Know." Sekarang tiap kali Anda mencari tujuan, Bing akan otomatis memberikan tips dari pengguna Foursquare tentang tempat tertentu untuk melengkapi hasil pencarian Anda.

Konten yang Anda lihat dari Foursquare akan bervariasi tergantung tempat dan lokasi geografis Anda, misalnya mencari Chipotle di Kota New York akan memunculkan tips khusus untuk masing-masing wilayah.

Microsoft sejak awal ingin memasukkan data Foursquare dalam hasil pencarian Bing. Sayangnya menu tambahan ini baru bisa dinikmati pengguna di Amerika Serikat. Belum ada kepastian kapan Microsoft akan menyediakan layanan serupa kepada pengguna Bing di seluruh dunia.

D-Link Perkenalkan Layanan Digital Home Solution Berbasis Cloud

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - D-Link memperkenalkan layanan digital home solution yang memiliki basis cloud yang disebut D-Link Cloud (17/7). Dengan layanan yang memiliki tiga jenis, yaitu Cloud Router, Cloud Camera, serta Cloud Storage, Anda dapat melakukan access, view, share, dan control perangkat digital Anda secara langsung dan dimana pun.

Cloud Router

D-Link memiliki dua jenis router untuk seri Cloud Router, yaitu DIR-600L dan DIR-605L. DIR-600L memiliki koneksi berkecepatan 150 Mbps, sedangkan DIR-605L memiliki kecepatan dua kali lipat, yaitu 300 Mbps. Keduanya telah mendukung fitur Wi-Fi Protected Setup (WPS) dan dapat dienkripsi data WEP & WPA/WPA2.

Router ini juga dapat memberikan notifikasi kepada penggunanya mengenai siapa saja yang terhubung ke jaringan Anda meski sedang tidak berada di rumah. Melalui app mydlink lite yang dapat diunduh di Apple App Store (perangkat iOS) dan Google Play Store (perangkat Android). Anda juga dapat mem-block pemakai jaringan yang tidak diketahui. Selain itu, melalui ponsel, Anda juga dapat melihat real-time browsing history dari router D-Link Cloud.

Cloud Camera

Untuk IP kamera, D-Link memiliki 3 jenis, yaitu DCS-932L, DCS-942L, dan DCS-5222L. DCS 932L merupakan seri dengan spesifikasi terendah dengan hanya dapat merekam video dengan formet MJPEG dan belum memiliki slot micro SD. Sedangkan untuk DCS942L, telah mendukung video berformat codec H.264 dan MPEG, serta memiliki resolusi maksimal 640 x 480. Untuk DCS-5222L, telah mendukung video HD dengan resolusi maksimal 1280 x 720.

Anda dapat memantau segala kegiatan yang terjadi di rumah Anda saat berada di luar rumah melalui situs mydlink setelah melakukan penambahan perangkat ke dalam akun. Setelah itu, Anda dapat melakukan remote view melalui situs tersebut.

Cloud Storage

Untuk cloud storage, D-Link memperkenalkan DNR-322L yang juga berfungsi sebagai Network Video Recorder (NVR). NVR ini dapat me-remote live view dan playback darimana pun melalui internet. Untuk media penyimpanannya, D-Link menyediakan 2 slot SATA HDD dengan maksimal kapasitas mencapai 4 TB.

YouTube Perkenalkan Fitur Blurr All Faces

Posted:


CHIP.co.id - Google menambahkan fitur mengaburkan wajah pada situs YouTube untuk melindungi anonimitas peserta aksi unjuk rasa yang diposting pengguna. Situs berbagi video itu menambahkan fitur tersebut menyusul pengamatan aktivis hak asasi manusia yang tergabung dalam WITNESS baru-baru ini bahwa tidak ada situs terkemuka yang menawarkan teknologi semacam itu.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan mencentang kotak menu Blur All Faces dalam perangkat tambahan video di situs YouTube. YouTube menggunakan unjuk rasa Arab Spring di Mesir sebagai contoh dalam posting di blog mereka.

Pihak YouTube mengatakan, fitur mengaburkan wajah juga memungkinkan pengunggah video menghindari potensi isu sensitif dengan mengunggah wajah anak-anak untuk dilihat dunia.

Melalui blog resmi, YouTube mengatakan, "Apakah Anda ingin berbagi rekaman protes sensitif tanpa mengekspos wajah-wajah aktivis yang terlibat, atau berbagi titik kemenangan dalam permainan basket ketika berusia 8 tahun tanpa menyiarkan wajah anak-anak ke dunia, teknologi blurring kami adalah langkah pertama untuk menyediakan anonimitas visual di YouTube."

YouTube mengatakan teknologi tersebut masih dalam pengembangan dan belum sepenuhnya akurat. Mereka menyarankan pengunggah yang tak puas agar tetap menyimpan videonya secara pribadi.

AXIS Hadirkan Konten Islami

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - AXIS, menambahkan serangkaian konten Islami spesial selama bulan suci Ramadhan. Pesan harian berupa Tausyiah dari para pemuka agama Islam, beserta tips menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tersedia melalui layanan konten spesial Ramadhan AXIS.

Sambil menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, pelanggan AXIS juga dapat menikmati konten Islami lain berupa cuplikan film Islami, ilmu agama Islam, serta berita Islami yang dapat menambah wawasan dan memperkaya kehidupan spiritualnya. Tersedia juga berbagai aplikasi Islami, seperti wallpaper dan ringtone, untuk lebih memeriahkan suasana bulan Ramadhan. Ratusan konten Islami ini dapat diakses melalui UMB *123*6# dengan biaya terjangkau mulai Rp1.000 per konten, bahkan GRATIS.

Daniel Horan, Chief Marketing Officer AXIS mengatakan, "Memberi kesempatan pada semua umat Muslim untuk memperkaya kehidupan spiritualnya selama bulan suci Ramadhan, AXIS menghadirkan berbagai konten Islami eksklusif spesial Ramadhan berupa pesan harian dari pemuka agama Islam, ilmu agama Islam, berita Islami, hingga aplikasi Islami seperti jadwal sholat di telepon seluler.”

AXIS bekerja sama dengan penyedia layanan konten terkemuka untuk menghadirkan beragam keistimewaan bagi pelanggannya selama bulan Ramadhan. Pesan harian berupa Tausyiah dari para pemuka agama Islam, seperti Yusuf Mansyur, Sholeh Mahmoed yang juga dikenal dengan Ustad Solmed, Harry Moekti, Ustad Jefry atau Uje, dan masih banyak lagi, beserta tips menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tersedia melalui layanan konten spesial Ramadhan AXIS. 

Pelanggan AXIS juga dapat menikmati konten Islami lain berupa cuplikan film Islami, ilmu agama Islam, serta berita Islami yang dapat menambah wawasan dan memperkaya kehidupan spiritualnya. Untuk lebih memeriahkan suasana bulan Ramadhan, pelanggan juga dapat mengunduh aplikasi Islami, seperti wallpaper dan ringtone, yang dapat dipilih sesuai jenis ponselnya. AXIS juga menawarkan GRATIS RBT spesial dari The Changcuters di bulan Ramadhan.

Ini Dia Foto iPad Pertama Kali yang Dibikin Apple

Posted:


CHIP.co.id - iPad besutan Apple tak bisa dipungkiri merupakan tablet terpopuler dan terlaris di dunia saat ini. Sebelum seperti sekarang, iPad ternyata hanyalah sebuah prototipe yang dikembangkan Apple bahkan sebelum mereka merilis iPhone tahun 2002 .

Gambar dari prototipe pertama iPad dimuat beberapa media di Amerika Serikat Rabu (19/7) kemarin. Dalam gambar itu terlihat perangkat yang tergolong tebal, tapi bentuknya sangat jelas menyerupai bentuk iPad yang khas. Diyakini bahwa produk tersebut merupakan yang dimaksud Steve Jobs ketika diwawancarai di konferensi All Things D tahun 2010.

"Saya akan memberitahu Anda sebuah rahasia. Dimulai dengan tablet. Saya punya ide memiliki sebuah layar kaca, layar multitouch yang bisa anda ketik dengan jari. Saya bertanya mengenai hal itu kepada orang-orang kami. Dan enam bulan kemudian, mereka kembali dengan tampilan menakjubkan ini," kata Jobs ketika itu.


Prototipe tersebut diumumkan kepada khalayak setelah Apple terlibat sengketa hukum dengan Samsung mengenai pelanggaran hak paten. Awalnya prototipe itu hanya ditunjukkan kepada para hakim.

iPad pertama kali dikeluarkan pada tahun 2010 yang berarti hampir 8 tahun sebelumnya Apple sudah mulai mengerjakan perangkat multitouch. Saat itulah tampaknya Apple memutuskan fokus menggunakan prototipe tersebut untuk membuat iPhone.

FAS2220, Solusi Storage untuk Perusahaan Menengah dari NetApp

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - NetApp memperkenalkan FAS2220 terbaru yang diklaim berbiaya rendah. FAS2220 juga dapat memperluas ekosistem partner cloud untuk membantu bisnis kelas menengah (18/7).

FAS2220 terbaru dari NetApp merupakan tambahan terbaru dari portfolio produk kelas entry-level dan dibangun di atas momentum dan keberhasilan produk FAS2240. Dengan posisinya yang diklaim sudah memimpin di pasar kelas menengah, FAS2220 yang baru membawa teknologi-teknologi terbaru dan nilai tambah yang memungkinkan bisnis kelas menengah untuk:

  • Start right dengan menyediakan kinerja lebih tinggi dan nilai software lebih banyak daripada sistem penyimpanan tradisional kelas entry-level.
  • Keep it simple dengan menawarkan peningkatan kinerja tanpa penambahan instalasi atau pengelolaan yang rumit.
  • Grow smart dengan memanfaatkan investasi penyimpanan yang sudah ada dan dengan mudah menambahkan berbagai kemampuan baru seiring dengan perubahan kebutuhan.

FAS2220 memanfaatkan teknologi NetApp Flash Pool yang baru untuk menyediakan sebuah kombinasi tanpa banding untuk kinerja. Flash Pool memanfaatkan pendekatan NetApp Virtual Storage Tier ke pasar bisni kelas menengah. Hal ini dapat memungkinkan pelanggan untuk mempercepat kinerja aplikasi dan menyederhanakan proses implementasi dan dijalankan secara out of the box.

FAS2220 tersedia dengan kapasitas 180 TB. Saat ini, FAS2220 belum tersedia di pasar Indonesia dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Dell Luncurkan Laptop Project Sputnik Khusus Developer September Ini

Posted:


CHIP.co.id - Dell akan meluncurkan laptop Sputnik, versi khusus dari XPS 13 pada September mendatang. Peluncuran ini dilakukan setelah inisiatif pengembangan Project Sputnik disetujui secara komersial.

Project Sputnik merupakan prakarsa eksperimental dalam upaya Dell membuat platform perangkat keras dan perangkat lunak yang akan memudahkan para pengembang membuat aplikasi cloud. Laptop Sputnik akan dijual menggunakan Ubuntu 12.04 dengan satu set lengkap hardware driver Linux, profil khusus untuk pengembang dan peralatan Cloud.

Profil khusus untuk pengembang dimaksudkan untuk memudahkan mereka untuk terhubung ke GitHub dan mengunduh profil pengembangan JavaScript, Ruby, Android, dan lainnya. Sementara peralatan Cloud akan membantu pengembang mengelola "microclouds" yang bisa mensimulasikan dengan tepat lingkungan dalam skala tertentu, dan kemudian menyebarkan lingkungan itu secara mulus ke Cloud. Kedua alat ini akan membantu pengembang mengakses dan menempatkan lingkungan pengembangan yang kuat tanpa membebani sistem dengan bloatware yang tidak perlu.

Gambar Project Sputnik sistem Ubuntu telah tersedia online,  dan Anda bisa mencobanya pada XPS 13, profil dan peralatan Cloud masih dalam pengembangan. Sayangnya Dell belum mengumumkan kepastian tanggal peluncuran atau harga laptop Sputnik.

Windows 8 Tersedia di Pasar 26 Oktober Tahun Ini

Posted:


CHIP.co.id - Microsoft baru saja mengumumkan tanggal peluncuran Windows 8 tang telah lama ditunggu-tunggu penggemarnya. Para konsumen bisa mendapatkan pengganti Windows 7 itu tepatnya tanggal 26 Oktober tahun ini.

Steven Sinofsky, Microsoft Windows President mengumumkan hal tersebut dalam pertemuan penjualan tahunan Microsoft, dan blog Windows segera mengabarkan beritanya. Tanggal peluncuran ini akan diberlakukan bagi yang ingin meng-upgrade ke Windows 8 maupun mengunduhnya ke PC baru.

Sebelumnya Microsoft telah mengumumkan bagi para pengguna yang hendak migrasi dari Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 bisa membeli Windows 8 seharga USD40 atau sekitar Rp380.000.

Apple Harus Umumkan Bahwa Samsung Tak Meniru iPad

Posted:


CHIP.co.Id - Hakim di pengadilan Inggris memerintahkan Apple mengumumkan kepada publik bahwa Samsung tidak meniru iPad. Bloomberg, Kamis (19/7) melaporkan, Apple harus mengumumkan hal itu di website dan di beberapa surat kabar dan majalah Inggris menindaklanjuti putusan pengadilan bahwa Samsung Galaxy Tan tak melanggar paten iPad. Apple juga diharuskan memasang pengumuman itu di websitenya selama 6 bulan.

Dalam putusannya awal bulan ini, hakim Colin Birss mengatakan Galaxy Tab ”tidak punya kebersahajaan yang sama dan kemudahan yang ekstrem seperti yang dimiliki Apple,” dan menganggap bahwa "keduanya tidak sama keren."

Apple gagal membendung peredaran Samsung Galaxy Tab 10.1 di Inggris, sebagaimana yang mereka lakukan di Amerika Serikat melalui gugatan ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran paten desain. Di negeri Ratu Elizabeth itu, Senin (9/7), hakim memutuskan memenangkan Samsung.

Alasannya, Galaxy Tab 10.1 tidak melanggar sedikit pun desain iPad. Meski demikian, perasaan Samsung tampaknya bakal campur aduk menyikapi putusan ini. Pasalnya, Hakim Colin Briss, seperti dikutip dari NPR.org, Selasa (10/7), mengatakan, tablet Samsung Galaxy 10.1 tak cukup keren sehingga bisa membingungkan orang untuk membedakannya dengan iPad atau melanggar paten desain Apple.

VMware Permudah Perjalanan Menuju Cloud dengan Zimbra 8.0

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - VMware, Inc. mengumumkan Zimbra Collaboration Server 8.0. Bagi organisasi yang tertarik pada email berbasis Cloud, Zimbra 8.0 menawarkan jalan yang jelas untuk memindahkan kolaborasi dan messaging ke Cloud. Selain mudah digelar di Cloud privat maupun publik, Zimbra 8.0  cukup fleksibel untuk menghantarkan solusi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan organisasi saat ini maupun di masa depan. Bersamaan dengan pengumuman ini, VMware menyediakan Zimbra 8.0 Beta yang bisa diunduh untuk organisasi di seluruh dunia.

Versi terbaru Zimbra dibangun dari kekuatan dan keahlian VMware di bidang Cloud untuk menawarkan pilihan solusi email berbasis browser baik bagi organisasi berskala enterprise maupun kecil, di dalam Cloud privat atau publik. Selain itu, Zimbra 8.0 ini menawarkan fitur-fitur terdepan kelas enterprise yang banyak dibutuhkan pengguna. Untuk menghadirkan pengalaman TI yang mudah, Zimbra 8.0  tersedia sebagai peranti lunak virtual yang bisa dipasang hanya dalam tempo sepuluh menit, dengan manajemen secara minimal.

“Kami melihat pergesaran mendasar dari cara orang-orang bekerja sehingga menciptakan berbagai permintaan baru pada infrastruktur dan aplikasi TI seperti email dan komunikasi terpadu,” kata John Robb Senior, Director, VMware.

Zimbra 8.0 menghubungkan pengguna dengan personal Cloud mereka masing-masing melalui antar muka yang sudah didisain ulang. Fungsi mailbox yang lebih cerdas juga membantu pengguna mengelola arus informasi yang masuk via saluran email, kalender, suara dan sosial.

“Zimbra 8 dirancang supaya para pengguna akhir menjadi lebih efisien dengan cara menghubungkan mereka dengan data yang mereka miliki, sekaligus memberikan cara yang mudah bagi departemen TI untuk mengelola transisi ke Cloud privat dan publik, serta membantu mereka mewujudkan benefit dari era PascaPC.”

Pada Zimbra 8.0, VMware telah bermitra dengan Cisco dan Mitel untuk menawarkan kemampuan komunikasi terpadu yang tertanam dalam Zimbra. Integrasi mendalam memungkinkan pengguna menghubungkan sistem suara dan pesan dalam satu inbox, menjalankan fungsi Click2Call, voicemail, presence dan chat langsung dari aplikasi Web Zimbra Web.

Zimbra 8.0 juga dilengkapi dengan antar muka pengguna dan pilihan integrasi untuk menghubungkan pengguna ke Cloud yang merupakan wujud dari cara baru dalam bekerja di era PascaPC.

“VMware telah meningkatkan kemampuan VMware Zimbra 8 secara signifikan untuk memudahkan kolaborasi, sekaligus lebih aman baik bagi pengguna maupun administrator. Kami melihat momentum yang kuat ini juga terjadi di Indonesia di antara para pelanggan dan mitra sehingga kami yakin Zimbra akan terus tumbuh,” terang Andreas Kagawa, Country Manager, VMware in Indonesia

Futoshi Niizuma, Direktur Eksekutif Baru Seagate

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Seagate Technology plc, mengumumkan pengangkatan Futoshi Niizuma sebagai Direktur Eksekutif Bidang Penjualan untuk kawasan Asia Utara, ASEAN dan ANZ. Selain menjadi direktur representatif Nippon Seagate, Niizuma juga akan menangani penjualan, marketing, serta pengembangan bisnis baru untuk kawasan Asia Utara.

“Kami senang Futoshi-lah yang kini memegang jabatan baru ini,” kata BanSeng Teh, Wakil Presiden Senior dan Managing Director untuk kawasan Asia Pasifik dan Jepang.

Niizuma bergabung dengan Seagate pada bulan Oktober 2012 sebagai Direktur Representatif Nippon Seagate yang menangani penjualan dan marketing di Jepang. Sebelum bergabung dengan Seagate, Niizuma telah memegang berbagai jabatan tinggi di bidang penjualan, marketing dan manajemen termasuk Kenwood Corporation dan Advanced Micro Devices.

“Futoshi mempunyai pengalaman yang luar biasa dengan para pelaku bisnis di sekitar wilayah tersebut dan keahliannya dalam memimpin akan membantunya dalam mengatur dan mengelola kinerja tim penjualan demi meraih kesuksesan dalam pasar yang majemuk ini. Ditambah dengan kemampuannya untuk mengenali peluang-peluang baru yang muncul serta meningkatkan  kekuatan pokok bisnis, Futoshi adalah kandidat paling ideal untuk memajukan bisnis Seagate di wilayah ini ke tingkat yang lebih tinggi," tambah Bangseng.

What We Can Learn From Steve Wozniak

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Dalam balutan jas rapi, Steve Wozniak -co-founder Apple yang belakangan juga mendapat julukan “penggemar gadget” dari media- menyentak lebih dari 200 peserta seminar di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jakarta, Selasa (17/7) sore lalu. Saat memasuki panggung, Wozniak mengangkat tangan kanan, mengucapkan “hallo” sekenanya, lalu sambil berdiri langsung nyerocos tanpa jeda, tanpa canda, selama hampir 30 menit.

Dia pun menceritakan kegilaannya terhadap peralatan elektronik sejak kecil. Pada usia 9 tahun, Wozniak menyadari bahwa komputer akan menjadi kegemarannya selamanya setelah menemukan sebuah jurnal yang berisi penjelasan tentang penomoran biner, logic gates dan perangkat penyimpanan. Dia selalu membaca jurnal itu di sekolah, bahkan ketika pelajaran belum dimulai. “Anda tak perlu jadwal sekolah ketika Ana menyukai sesuatu,” katanya.

Mengingat kembali masa-masa itu, Wozniak berpesan hendaknya generasi muda atau siapa pun, bekerjalah pada bidang yang benar-benar Anda sukai. Jika ingin memulai sesuatu, tak usah pikirkan apakah yang Anda kerjakan akan menghasilkan uang atau tidak. Just do it!

“Dulu saya tak kepikiran apakah ada pekerjaan dalam bidang komputer tapi saya sangat menyukainya. Anak muda seperti saya dan Steve Jobs, kami tak punya uang untuk memulai bisnis. Tapi kami begitu bergairah dengan apa yang kami lakukan,” katanya.

Ketika memasuki bangku SMA, Wozniak mulai membuat program dan mendesain komputer. Tidak ada referensi apa pun yang bisa dirujuknya karena orang belum pernah membuat hal demikian. “Saya mengunci pintu dan bekerja sendirian. Setelah beberapa kali percobaan selama beberapa bulan, saya memiliki desain yang cukup baik dengan chip seperti yang ada saat ini. Lalu saya mulai mendesain semua komputer mini.”

Wozniak juga berpesan agar orang mewujudkan idenya sebaik-baiknya. Bila perlu tuangkan ide dalam bentuk film atau visual, dan bila ia sudah benar-benar sempurna, tunjukkanlah itu kepada orang lain, uang akan datang dengan sendirinya.

“Tak usah berharap sukses dari awal. Bekerjalah sesempurna mungkin sebelum Anda membagikannya atau mencari dana.”

Berkat kerja keras dan ketekunan itu, Wozniak berhasil merevolusi komputer pribadi dengan memperkenalkan Apple II di West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Apple II laris manis hingga jutaan unit dan menjadi sumber pemasukan utama Apple, termasuk menutupi sejumlah kerugian akibat produk gagal yang muncul berikutnya seperti Lisa.

Melihat Apple yang sekarang telah bertransformasi menjadi perusahaan raksasa dengan nilai kapitalisasi USD500 miliar, terbesar di dunia, banyak peserta seminar bertanya-tanya, bagaimana perasaan Wozniak setelah tak lagi aktif di perusahaan itu?

“Ketika pertama kali mendirikan perusahaan saya membuat keputusan bahwa saya tak ingin menjadi pemimpin perusahaan apa pun. Saya orang yang sangat non-politik dan non-sosial. Saya lebih suka bekerja di laboratorium menciptakan teknologi. Saya tak suka mengurusi perusahaan, memecat orang.”

“Ketika memulai Apple bersama Steve Jobs kami tak pernah tahu akan seperti apa perusahaan itu nanti.”

Dalam hal manajemen, Wozniak memuji Jobs karena mampu melakukannya dengan baik, termasuk menjual produk Apple ke seluruh dunia. Dia menyebut titik balik Jobs dalam hal mengatur perusahaan sebenarnya terjadi ketika dia keluar dari Apple tahun 1985 dan merintis perusahaan sendiri, NeXT. Saat kembali ke Apple tahun 1996 Jobs sudah menjadi orang yang jauh berbeda, dia mampu mengatur perusahaan dengan lebih baik.

Steve Wozniak yang saat ini tengah mengembangkan cloud computing berbasis chip sebagai pengganti hard drive storage mengaku filosofi hidupnya adalah keterbukaan. Dia tak keberatan berbagi informasi asal-usulnya, apa yang sedang ia kerjakan, nomor telepon, dan alamat e-mailnya. Woz benar-benar membuktikan ucapannya itu ketika memberikan nomor teleponnya kepada moderator seminar, Farhan. Barangkali filosofi ini juga yang membuatnya sulit bertahan di Apple.

Tak mengherankan ketika ditanya apa yang akan dilakukannya jika sekarang menjabat CEO Apple, Wozniak mengatakan ingin membuat perusahaan itu lebih terbuka kepada seluruh dunia. Kepada seluruh orangtua yang hadir saat itu, Wozniak berpesan agar mereka tidak mengekang kreativitas anak-anaknya. “Saya bersyukur orangtua saya tak pernah mengekang saya,” katanya sembari berpesan agar kita menjadi orang kreatif dan jangan mencontek ide orang lain.

Empat Jenis Scam dan Spam yang Perlu Dihindari di Facebook

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Dengan lebih dari 800 juta akun yang terdaftar dan dikunjungi  400 juta user setiap hari, Facebook terus memimpin perlombaan dominasi jejaring sosial dengan inovasi unik dan produk yang cerdas serta strategi pemasaran yang menyebabkan user tanpa henti menekan tombol 'like' dan memposting update status sepanjang hari.

Facebook tidak hanya menjadi media utama untuk berbagi ide dan berinteraksi dengan teman-teman, akan tetapi menjadi tempat serangan yang booming untuk hampir setiap penjahat dunia maya di dunia.

Dengan mengambil keuntungan dan  kepercayaan user di dalam hubungan jaringan mereka, pelaku dunia maya menyebarkan kode berbahaya dan mengirim pesan spam menggunakan trik rekayasa sosial untuk menyebarkan pesan mereka ke ribuan user yang tidak curiga.

Berikut adalah empat penipuan paling umum di Facebook yang ditemukan oleh Norton;

1. Like / Berbagi Umpan
Jenis: rekayasa sosial Hasil: Pengguna menyukai link

Suka atau berbagi umpan yang terjadi ketika seorang hacker bertindak sebagai sumber yang dapat dipercaya dan meminta pengguna mengklik “like” pada halaman update, foto, video atau status untuk mengakses konten khusus (biasanya sensasional).

Ketika usermengklik tombol "like",kemungkinan diarahkan untuk survei yang mengharuskan user untuk mengisi beberapa informasi pribadi, mendaftar untuk layanan berlangganan, atau bahkan mereka memposting link beberapa kali di Facebook.

2. 'Like' Clickjacking
Jenis: Social engineering / penipuan Hasil: Pengguna menyukai link

‘Like' clickjacking terjadi ketika hacker menyajikan kepada tampilan sebuah video dengan sebuah tombol 'bermain' sederhana, tapi sebenarnya ada sebuah frame yang tidak terlihat pada halaman dengan tombol tersembunyi "like". Ketika user "like" halaman tersebut, posting status update muncul  di dinding user yang lainnya – menyebabkan teman-teman mereka penasaran dan tergoda untuk mengunjungi halaman tersebut.

3. Tagging
Jenis: Spam Hasil: Sebuah pesan spam yang ditampilkan

Tagging terjadi ketika user meng upload iklan atau foto dan kemudian ditandai kepada serangkaian orang secara acak. Jika pengaturan user memungkinkan untuk memberitahukan ketika user  ditandai, user akan menerima email yang meminta untuk melihat gambar. Orang-orang yang ditandai dan teman-temannya meng-klik yang sudah ditandai dan diarahkan kepada spam.

4. Phishing
Jenis: Rekayasa Sosial Hasil: Dapat membaca dan mengendalikan akses ke akun user

Phishing adalah pesan palsu yang memberitahkan user bahwa mereka akun Facebook mereka ditangguhkan, atau mengambil bentuk dari permintaan pertemanan yang ditunda. Bila user klik pada link tersebut, hal tersebut akan membawa user ke halaman login palsu untuk informasi akun user.

Halaman login palsu akan merekam user ID dan password dan kemudian menggunakannya untuk mendapatkan akses yang tidak terbatas ke akun user, dan memungkinkan akan mendapatkan informasi yang terperinci ke dalam password user untuk kegiatan online lainnya seperti internet banking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar