Kamis, 21 Juni 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Teknologi Augmented Reality untuk Semua

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Pasti Anda sudah sering mendengar akan sebuah teknologi teranyar yang sedang marak diperbincangkan di dunia IT, bernama Augmented Reality atau biasa disebut dengan AR. Mau tahu seperti Apa teknologi AR lebih lanjut, simak ulasan singkat CHIP.co.id berikut ini.

Teknologi AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata hasil proyeksi benda-benda maya dalam waktu yang nyata. Hal inilah yang menjadikan AR sebagai teknologi kreatif yang cukup diminati saat ini.

Selain menambahkan benda maya ke dalam lingkungan nyata, teknologi AR juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah laposan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan dan menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakan di atas gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.

Sebagai teknologi yang mulai marak diperbincangkan di dunia IT beberapa tahun belakangan ini, AR dapat dimanfaatkan di semua bidang perusahaan sebagai media marketing menarik minat pelanggan mereka.

Salah satu implementasi AR dalam komunikasi perusahaan antara lain yang dibuat oleh Indosat, yakni Indosat MonstaR. MonstaR merupakan Virtual Pet berbasis AR pertama di Indonesia. Melalui platform ini, pelanggan Indosat dapat mendaftar, kemudian dowmload aplikasi dan memainkan monstaR-monstaR lucu  pada smartphone. Untuk lengkapnya aplikasi ini dapat diunduh di www.planetmonstar.com.

Augmented reality pada awalnya sebuah simulasi yang dilakukan pada berbagai penelitian seperti pembelajaran dalam melakukan operasi di bidang kedokteran, hingga simulasi pengedalian pesawat terbang di ruang kokpit. Namun dengan kemajuan teknologi, Qualcomm  mengembangkan teknologi Augmented reality dapat dilakukan pada perangkat mobile untuk menghadirkan permainan menarik untuk semua, seperti MonstAR.

Ultrabook Terbaik CES12 dari HP Hadir di Indonesia

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - HP Indonesia hari ini memperkenalkan empat produk terbarunya, HP ENVY 14 Ultrabook, HP ENVY 4 Ultrabook, HP Pavilion m6, dan HP Omni 27 All-in-One. 

Keempat produk terbaru dari HP ini diklaim oleh Danny Lee, Country General Manager Personal System Group HP Indonesia sebagai produk yang akan menjadikan gaya hidup penggunanya menyenangkan, menghibur, dan lebih kreatif.

"Melanjutkan kesuksesan HP Folio 13 dan seri komputer desktop All-in-One yang diluncurkan sebelumnya, hari ini kami menawarkan empat produk terbaru yang membawa keunggulan performa, kualitas, hingga desain yang menakjubkan, sehingga menawarkan peluang kepada setiap penggunanya untuk mewujudkan beragam aktivitas dan gaya hidup yang semakin bernilai bersama HP," tambah Lee saat dijumpai di Shangrilla Hotel, Rabu - 20 Juni 2012.

Diantara empat produk terbaru ini terdapat satu produk unggulan terbarunya, yakni HP ENVY 14 SPECTRE yang mendapatkan penghargaan dari CES 2012 sebagai komputer terbaik. Termasuk dalam golongan Ultrabook, Spectre tersedia dalam ukuran display 14 inci, didukung oleh prosesor terbaru 3rd generation Intel Core i7, BeatsAudio, dan dilengkapi drive mSATA solid state yang dipadukan dengan Intel Rapid Start. Untuk ketahanan baterai, Spectre dapat menyala hingga 9 jam.


 

Sharp Indonesia Luncurkan Game Interaktif Augmented Reality

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Menyemarakkan piala UEFA 2012, Sharp Indonesia sebagai sponsor resmi perhelatan tersebut meluncurkan sebuah permainan interaktif dengan teknologi Augmented Reality (AR). Permainan yang dapat dimainkan melalui komputer maupun handphone ini diberi nama, Catch the Magic Ball yang sudah dapat diunduh di http://catchthemagicball.com/.

Permainan “Catch the Magic Ball” sendiri merupakan hasil kerjasama antara Rumio sebagai AR Developer, Sharp Electronic Indonesia, dan Pensil Media. Selain dapat dimainkan langsung di website, permainan ini juga dapat diunduh di Google Play, Apple Store dan Blackberry Appworld.

AR merupakan teknologi yang menggabungkan informasi virtual secara real time dengan apa yang terjadi di kenyataan. AR menyajikan interaktivitas antara kreatornya dengan oran-orang di sekitarnya. Hal inilah yang menjadikan AR sebagai teknologi kreatif yang cukup diminati saat ini. Sebagai teknologi yang mulai marak beberapa tahun belakangan ini, AR dapat dimanfaatkan di semua bidang perusahaan, mulai dari consumer product, operator telekomunikasi, otomotif, hiburan, hingga pendidikan.

"Kami melihat bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar dalam industri TIK, dimana jumlah penetrasi komputer maupun handphone terus berkembang, termasuk pengguna internet. Ini merupakan tantangan dan kesempatan bagi pelaku industri lokal untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas agar mampu bersaing dengan luar negeri dengan berinovasi melalui teknologi AR,” kata Rizky Syahrum, Co-Founder sekaligus Chief Executive Officer Rumio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar