Minggu, 03 Juni 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Finpay, Permudah Transaksi Berbelanja Online

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - PT. Telekomunikasi Indonesia dan Yayasan Kesejahteraan Keluarga Bank Indonesia berkolaborasi menjadi PT. Finnet Indonesia (FIN@NET), baru-baru ini meluncurkan layanan Finpay. Layanan ini dihadirkan untuk mempermudah proses pembayaran untuk bisnis online atau e-commerce.

"Kebutuhan masyarakat terhadap kemudahan dan keamanan bertransaksi secara online semakin meningkat. Untuk itu Finpay hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik dari sisi pembeli maupun penjual untuk dapat berbisnis dan bertransaksi secara online dengan mudah, aman dan terjangkau," ungkap Walden R. Bakara, Presiden Direktur PT. Finnet Indonesia.

Layanan Finpay ini sejalan dengan visi PT Finnet Indonesia yaitu berperan aktif mendukung perekonomian dan bisnis Indonesia dengan mengambil bagian dari ekosistem e-commerce Indonesia.  Juga turut mendukung visi dari Bank Indonesia untuk mengurangi penggunaan dan perputaran uang tunai di masyarakat dan mewujudkan Cashless Transaction Society.

“Sejalan dengan meningkatnya praktik e-commerce terutama bisnis online bagi sektor ritel / startups, kami dari Finnet meluncurkan Finpay sebagai sistem pembayaran yang mudah dan aman bagi pembeli dan penjual, sehingga kami berharap produk ini merupakan bagian dari ekosistem yang mendukung e-commerce di Indonesia," jelas Bakara.

Melalui layanan Finpay, pedagang atau merchant, baik korporasi, retail maupun startup atau individu, dapat menerima transaksi secara online dari pembeli ataupun pelanggan dengan menggunakan berbagai cara pembayaran antara lain dengan Kartu Kredit, Bank Transfer secara elektronik melalui ATM,  internet banking, mobile banking ataupun dengan emoney seperti Mcmobilecash.  Untuk mempermudah proses pembayaran, PT. Finnet Indonesia menggandeng MasterCard.

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan PT. Finnet Indonesia untuk meluncurkan Finpay, sehingga dapat mengambil langkah lebih lanjut untuk mendukung pengembangan sistem pembayaran elektronik yang inovatif di Indonesia serta membantu melakukan perubahan guna mencapai visi kita: A world beyond cash," Matthew Driver, Division President, South East Asia, MasterCard Worldwide.

Dengan Finpay, para pebisnis dapat melakukan transaksi secara global dengan pembayaran secara lokal serta tepat waktu (real time onine) sesuai tema Finpay yaitu Act Globally Pay Locally. Karena alasan itulah Finpay dihadirkan untuk mempermudah pembelajaan online, dari sektor usaha korporasi retail maupun rintisan atau startups.

Festival Jawa Kidul Dorong Penggunaan Software Open Source

Posted:


Tasikmalaya, CHIP.co.id - Gelaran Festival Jawa Kidul (Selatan) (JadulFest) mulai bergulir hari ini (02/06) di Desa Mandala Mekar, Tasikmalaya. JadulFest diprakarsai oleh Gerakan Desa Membangun yang terdiri atas beberapa desa di pesisir Selatan Pulau Jawa. 

Salah satu agenda JadulFest adalah menjadikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai sarana untuk meningkatkan potensi desa. Desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun telah menggunakan software Open Source dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Open Source yang bersifat terbuka dipilih karena dinilai tidak memberatkan anggaran desa. "Selain itu, masyarakat kita juga bisa terlibat dalam pengembangan aplikasi open source," ujar Irman Meilandi, Ketua Panitia JadulFest. 

Berkaitan dengan dunia TI, JadulFest memiliki agenda kegiatan yang bertujuan untuk mendalami sistem operasi komputer dan aplikasi desa berbasis Free and Open Source Software (FOSS). Di hari kedua festival akan diselenggarakan berbagai workshop, seperti bagaimana cara membangun kemandirian TIK pedesaan dengan software open source, internet pedesaan, keterbukaan informasi publik, dan mengelola informasi desa dengan mengoptimalkan blog.

Menurut kepala desa Mandala Mekar, Yana Noviandi, peserta yang telah datang di hari pertama mencapai 300-an orang. "Mereka berasal dari berbagai desa di Jawa dan bahkan ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan NTB," ujar Yana. Selain workshop, JadulFest yang akan berlangsung hingga 5 Juni 2012 nanti juga diisi dengan kegiatan sosial lain seperti penghijauan dengan penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar