Jumat, 15 Juni 2012

Chip Online Indonesia

Chip Online Indonesia


Antix Labs Dukung Telkom Group Wujudkan Layanan Game Lintas Platform

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel sebagai bagian dari Telkom Group menyambut baik kerjasama pengembangan layanan game online lintas platform yang dijalin Telkom Group bersama Antix Labs. Telkom Group merupakan operator pertama di Indonesia yang memegang hak ekslusif dari Antix Game Player di mana layanan tersebut akan mulai dihadirkan pada awal Juni 2012.

Hasil pertemuan antara Telkom Group dengan pihak Antix Labs di Jakarta menghasilkan rencana bersama pemanfaatan layanan game online lintas platform melalui jaringan Telkomsel (GSM) dan Flexi (CDMA) sebagai bagian dari rencana pengembangan layanan games online generasi terbaru di tanah air.

Diutarakan oleh Gideon Edie Purnomo selaku Head of VAS, Applications and Device Management Group Telkomsel, “Kerjasama yang dijalin Telkom Group dengan Antix Labs dalam pengembangan konten dan layanan games online, sejalan dengan upaya Telkomsel untuk terus mengembangkan komunitas Dunia Games Tekomsel *900#."

Telkom Group berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan layanan games berkualitas untuk seluruh pelanggan. Dengan kerjasama yang dijalin, Telkom Group ke depan akan lebih mengembangkan kemampuan Antix Game Player sebagai “social games”. Dimana layanan ini menekankan pada hubungan kedekatan antar teman, kolega, serta memungkinkan antar pelanggan saling share permainan, memberikan tantang satu sama lain, dan bermain games bersama bahkan pada saat online melalui Wi-Fi ataupun Bluetooth. Bahkan seluruh fitur layanan games tersebut tetap dapat bekerja online antar telephone, handset tablet, komputer desktop, televisi, dan perangkat lain yang terkoneksi internet meskipun software-nya tidak saling kompatibel.

Francis Charig, Chief Executive Antix Labs mengatakan, “Kami memilih Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling dinamis di dunia untuk mengembangkan serangkaian game teranyar dari Antix Labs. Kami yakin produk yang Antix Labs berikan dapat mendukung pihak Telkom Group dalam menyediakan berbagai layanan penting dengan jenis dan kapabilitas yang berbeda bagi pelanggan khususnya penikmat games.”

Diutarakan pula oleh Francis bila Antix sangat terbuka untuk menjadi channel distributor bagi komunitas game development di Indonesia di pasar internasional.

Kerjasama ini juga didukung oleh mitra dari Telkom Group dan Antix, yaitu Studio9 and SpeedUp (MLW Telecom) dengan memasukkan permainan-permainan Antix ke dalam Studio9; sebuah toko online konten dan aplikasi yang terintegrasi dalam SpeedUp device produk. Inovasi dan diferensiasi ini sejalan dengan gaya hidup dan prospek yang menjanjikan bagi perkembangan bisnis game di masa yang akan datang.

Schneider Electric Bangun Pabrik Miniatur Circuit Breaker di Cibitung

Posted:


Cibitung, CHIP.co.id - Kebutuhan listrik yang didistribusikan PT PLN (persero) di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sejalan dengan tren pasar ini, PT Schneider Indonesia pun menerima peningkatan permintaan suplai unit Miniatur Circuit Breaker (MCB) dari PT PLN. Dengan peningkatan permintaan pasar tersebut, PT Schneider Indonesia harus meningkatkan kapasitas produksinya dengan memiliki pabrik baru MCB di Cibitung dengan kapasitas produksi jauh lebih besar dari yang sebelumnya.

Pabrik MCB Schneider Electric Indonesia ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri, selain memberikan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk sekitar area pabrik, mempekerjakan 100% tenaga kerja lokal mulai dari manajemen tingkat atas hingga staf, penggunaan sekitar 70% bahan baku lokal serta produk yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri yang juga akan menambah pendapatan negara.

“Melihat kapasitas produksi pabrik kami yang sebelumnya ada di Cikarang sudah tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan, khususnya PT PLN yang semakin meningkat, kami memutuskan untuk memindahkan produksi ke pabrik baru di Cibitung ini yang khusus memproduksi MCB," ungkap Riyanto Mashan, Country President PT Schneider Indonesia menjelaskan pada saat pembukaan Pabrik MCB mereka di Cibitung.

Dalam pemilihan tempat pabrik baru, PT Schneider Indonesia harus melihat beberapa faktor pendukung, diantaranya adalah kawasan industri yang dekat dengan para pemasok bahan baku produk yang akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pabrik. Para karyawan pabrik juga mendapatkan bimbingan dalam memilih tempat tinggal baru mereka yang dekat dengan pabrik demi efisiensi kerja mereka.

“Sejauh ekonomi Indonesia terus berkembang, dimana listrik merupakan kebutuhan pokok yang permintaannya juga akan terus meningkat dan selama pemerintah menjaga fundamental makro ekonomi dan iklim usaha yang membuat semakin banyak investasi masuk ke Indonesia, maka prospek industri kelistrikan akan sangat baik ke depannya. Pembukaan pabrik baru ini menandai komitmen Schneider Electric Indonesia dalam perkembangan kelistrikan di Indonesia,” jelas Riyanto lebih lanjut mengenai industri kelistrikan di Indonesia.

MCB merupakan elemen penting dalam kelistrikan melihat fungsinya memutuskan arus listrik ketika terjadi arus pendek ataupun gangguan kelistrikan lainnya yang menghasilkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Pabrik Schneider Electric Indonesia telah mengalami perkembangan produksi MCB selama 27 tahun beroperasi sejak tahun 1985 di Surabaya dengan kapasitas produksi 3,5juta poles. Peningkatan kapasitas produksi sebesar 71% terjadi diiringi dengan pemindahan pabrik ke Cikarang pada tahun 1998 dan hingga saat ini pabrik MCB baru Schneider Electric Indonesia yang berlokasi di Cibitung memiliki kapasitas produksi 12,5juta poles atau meningkat 92% dari kapasitas produksi pabrik sebelumnya.

Sony XPERIA U

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Sony sukses dalam mengeluarkan smartphone canggihnya, XPERIA S, dan kini giliran XPERIA U yang akan kami ulas.

Sony XPERIA U hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel dan menggunakan teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine. Sony XPERIA U ditenagai dengan prosessor dual core 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB.

Sony XPERIA U menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread yang bisa diupdate menjadi versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Smartphone Sony ini memiliki keunikan yang terdapat pada body bagian bawah yang dapat dilepas dan diganti case bagian bawahnya.

Sony XPERIA U dilengkapi juga dengan kamera 5 megapiksel dengan kemampuan merekam video HD 720p, kamera depan VGA, radio FM, Wi-Fi 802.11 b/g/n, memori internal 4GB, dan baterai berkapasitas 1320mAh.

Teknologi XLoud juga dilengkapi pada Sony XPERIA U ini untuk speaker yang terdapat pada samping kamera bagian belakang.

Mouse Gaming Roccat Savu

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id -  Savu adalah salah satu model mouse gaming yang baru saja diperkenalkan bulan Maret lalu oleh produsen perangkat gaming asal Jerman, Roccat. Produk ini diposisikan di kelas menengah dan dibekali dengan beberapa fitur menarik, termasuk sensor ber-resolusi 4000 dpi serta tombol Easy Shift. Tombol ini berfungsi untuk men-trigger fungsi kedua di tiap tombol. Sekarang saatnya melihat apa saja yang ditawarkan Roccat melalui produk ini.

Tampilan Savu tampak meyakinkan dengan desain kombinasi warna hitam-biru ala Roccat. Kesan gaming mouse terpancar jelas, walaupun kotak karton ini tidak tampil semewah kemasan Kone yang merupakan produk flagship Roccat.

Mouse-nya sendiri terlihat sederhana dengan tubuh yang seluruhnya dilabur warna hitam keabu-abuan. Dipadu dengan garis-garis tegas yang menjadi prinsip desain produk Roccat, produk ini jadi terlihat mirip pesawat tempur stealth yang modern.


Di bagian belakang  terdapat lampu yang bisa menyala ketika mouse sedang beroperasi. Warna lampu ini bisa diubah-ubah sesuai keinginan melalui software driver. Pilihan warnanya sangat banyak, mencapai 16,8 juta warna, dan bisa diatur agar berganti-ganti (fade in-out) atau tetap menyala dengan warna sama

Rocat Savu menggunakan sensor optic Pro-Optic R3 yang memiliki resolusi 4000 dpi.

Global Telecoms Business Akui Kemajuan Layanan Nokia Siemens Networks dan Telkomsel

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Nokia Siemens Networks dan Telkomsel bersama mendapatkan penghargaan Global Telecoms Business (GTB) Innovation Awards 2012 dalam kategori inovasi infrastruktur jaringan nirkabel. GTB Innovation Award memberikan penghargaan atas penggunaan portofolio Customer Experience Management (CEM) Nokia Siemens Networks on Demand.  Portal baru tersebut memberikan Telkomsel titik masuk tunggal ke metrik real-time dan analisa, serta merekomendasikan langkah-langkah proaktif untuk mengidentifikasikan dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengalaman layanan pelanggan.

“Penghargaan ini  mengakui komitmen kami dalam memprioritaskan pelanggan dan terus meningkatkan pengalaman layanan kami,” ungkap Hanang Setiohargo, VP Network dan Service Assurance Management Telkomsel.

Setiohargo pun mengakui, bahwa keberhasilan Telkomsel mendapatkan penghargaan dari GTB tersebut karena adanya kontribusi dari Nokia Siemens Networks. “Nokia Siemens Networks berhasil mengimplementasikan tawaran Serve atOnce Intelligence-nya untuk Telkomsel. Kami sangat -senang bisa menggunakannya. Telkomsel dan Nokia Siemens Networks akan meneruskan penggelaran tersebut untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan. Inovasi ini memberikan kami pandangan terpadu bagaimana pelanggan kami menerima layanan kami dan pandangan pelanggan secara real-time, membantu kami untuk secara proaktif meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.”

Nokia Siemens Networks meluncurkan portal CEM on Demand di Mobile World Congress 2012 di Barcelona. Portal ini mempermudah operator dalam mengelola pengalaman pelanggan. Ini terdiri dari berbagai paket konten, kombinasi beberapa laporan yang pelanggan sentris dan dashboard yang menunjukkan informasi yang diambil dari indikator-indikator kinerja utama (KPI) untuk jaringan, layanan dan perangkat.

CEM on Demand juga memungkinkan tindakan  guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Sebagai contoh, portal ini memungkinkan Telkomsel untuk menelusuri persentase kegagalan layanan berdasarkan lokasi dan jenis perangkat, untuk pelanggan perseorangan bernilai tinggi – baik pemukiman maupun perusahaan - dan secara khusus memprioritaskan peningkatan bagi mereka.

“CEM on Demand memungkinkan Telkomsel untuk memilih paket konten yang sesuai dengan kebutuhan dan menyediakan informasi yang relevan dengan perusahaan. Dengan demikian, Telkomsel bisa mengadopsi pendekatan bertahap dan terkendali untuk menjawab faktor-faktor yang paling penting yang mempengaruhi pengalaman pelangan," kata Lassaad Essafi, head of Insight and Experience solutions Nokia Siemens Networks.

Sentimen Pasar Data Center di Asia Pasifik Meningkat

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Emerson Network Power merilis hasil temuan survei dua kali setahun Market Pulse ke-8. Survei tersebut menunjukkan peningkatan sentimen pasar data center dan infrastruktur penting serta kenaikan yang cukup bagus dalam hal investasi.

Survei yang merangkum pendapat para pemimpin bisnis dan pekerja data center pengguna produk Emerson Network Power di kawasan Asia Pasifik tersebut menunjukkan seluruh indeks perkiraan ke depan berada di wilayah positif, yang sangat kontras dengan hasil survei sebelumnya (Oktober 2011).

“Seperti perusahaan lain di Asia Pasifik, perusahaan-perusahaan di Australia dan Selandia Baru semakin menyadari meningkatnya pilihan infrastruktur ketika mereka memperkuat usaha melalui optimisasi (efisiensi energi, biaya yang lebih rendah, peningkatan kinerja), terutama menjelang Pajak Karbon (Carbon Tax) di Australia dan Skema Trading Emisi (Emissions Trading Scheme) di Selandia Baru,” ujar John Simpson, Managing Director Emerson Network Power Australia and New Zealand.

Perusahaan-perusahaan semakin menyadari teknologi yang ada, dan lebih siap berinvestasi karena mereka tahu harus terus mengembangkan usaha agar kompetitif meski di tengah goncangan pasar finansial regional dan global.

Indikator-indikator Utama Peningkatan Pasar Data Center di Asia Pasifik

Survei Market Pulse Emerson Network Power Market Pulse dibagi atas lima indikator utama yang menentukan skor total market pulse. Kelima indikator ini adalah belanja modal (CAPEX), perkiraan proyek, jadwal proyek, sentimen ekonomi dan sentimen bisnis.

Empat indikator naik dan hanya CAPEK yang menunjukkan penurunan. Survei terbaru ini menunjukkan keempat indikator berada di wilayah positif dan hanya CAPEX, seperti diduga sebelumnya, tetap statis, hasil dari outlook enam bulan sebelumnya.

Secara keseluruhan, perkiraan proyek dan jadwal proyek meningkat. Perkiraan proyek naik sebesar 14% dibanding survei sebelumnya (dengan peningkatan positif meski kecil pada pelaksaan proyek). Proyek dengan jadwal enam bulan ke depan juga naik sebesar 3% dibanding survei sebelumnya meski proyek dengan jadwal lebih dari enam bulan ke depan turun sebesar 5%.

Yang menarik adalah meski sampel responden meningkat hampir 40%, proyek-proyek nyata juga naik lebih dari 60%. Meski di Asia sentimen bisnis per level ekonomi berbeda-beda, seluruhnya mengharapkan kinerja bisnis yang positif.

Dengan Asia Utara sebagai pengecualian, sentimen ekonomi kembali ke level positif. Sentimen positif terakhir terlihat saat krisis finansial global (GFC) mulai menunjukkan perbaikan dan peningkatan. Paruh kedua 2011 bersamaan dengan munculnya Krisis Finansial Eropa, yang mengakibatkan penurunan sentimen.

Untuk pertamakalinya sejak awal 2010 – titik awal membaiknya krisis finansial global – manajemen perubahan dan perubahan teknologi  menjadi prioritas ketiga, lebih dari prioritas-prioritas sebelumnya seperti kepadatan (density) dan visibilitas.

Panasonic Pasarkan 8 Kamera Lumix dan 3 Camcorder Seri Terbaru

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Seiring dengan semakin maraknya fotografi yang menjadi bagian dari gaya hidup modern, Panasonic meluncurkan lini produk kamera lumix dan camcorder terbaru sebanyak 11 seri. Kamera tersebut terdiri dari 8 tipe kamera lumix dan 3 seri camcorder. 

Presiden Direktur Panasonic Gobel Indonesia, Ichiro Suganuma mengatakan “Kami sadar bahwa fotografi tidak hanya sekedar hobi, melainkan juga gaya hidup masa kini, karenanya Panasonic ingin terus berinovasi dan memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan memberikan produk yang terbaik dan berteknologi tinggi kepada para pencinta fotografi di Indonesia.”

Permintaan akan kamera dan camcorder profesional yang mampu menghasilkan gambar berkualitas prima, namun tetap memiliki dimensi yang ramping dan ergonomis telah meningkat. Menjawab permintaan pasar tersebut, Panasonic meluncurkan kamera Lumix TZ 30, FT 4, FT 20, S 71, FH 6, FH 4, S2 dan T230, serta V500, V100, dan V10 untuk jenis camcorder. Kecanggihan produk tersebut didukung dengan fitur  menarik  seperti GPS system dan body yang tahan debu serta air.

Delapan Kamera Panasonic Lumix Seri Terbaru

Panasonic meluncurkan delapan kamera Lumix seri terbaru, yakni diantaranya TZ 30, FT 4, FT 20, S 71, FH 6, FH 4, S2 dan T230. Kedelapan model kamera terbaru dari Panasonic ini memiliki beragam fitur yang cocok menemani hobi memotret Anda.

Salah satu andalan produk terbaru ini adalah Lumix TZ 30 yang merupakan pocket camera yang dilengkapi dengan 20x Optical Zoom LEICA DC Lens, 24mm Ultra Wide Angle dan Nano Surface Coating dengan body yang slim dan compact. TZ 30 sangat cocok untuk mereka yang hobi traveling dengan built-in GPS system dan shooting-range yang lebar serta perekam video dan foto dengan kualitas tinggi.

Selain itu produk baru lainnya bagi para petualang dengan aktifitas outdoor, Panasonic Lumix menghadirkan FT 4 dan FT 20 dengan padding dari karet, reinforced glass, dan karbon resin yang membuatnya dustproof dan waterproof, serta dapat digunakan hingga kedalaman 5 meter dibawah permukaan air. Panasonic FT 4 dan FT 20 merupakan kamera digital compact yang tahan di berbagai macam kondisi medan saat pengambilan gambar.

Sedangkan untuk pengambilan gambar di berbagai suasana, Panasonic Lumix FH 6 dan FH 4 memberikan kemudahaan bagi mereka yang sering berhadapan dengan medan yang  kurang pencahayaan. Dengan fitur lensa super Bright F2.5 LEICA DC VARIO-SUMMARIT, 24mm Ultra Wide-Angle dan 5x Optical Zoom yang akan mempertajam dan mengurangi blur walaupun dengan pencahayaan yang minim sekalipun.

Untuk konsumen yang stylish dan simple, Panasonic mengeluarkan seri S2 yang simple, smart dan stylish. Mengandalkan kemudahan operasionalnya, namun tidak menurunkan performa Panasonic Lumix S2. Produk tersebut didukung dengan lensa 28mm wide-angle 4x optical zoom serta image prosesor tingkat tinggi, Venus Engine, yang akan menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Tiga Camcorder Terbaru Panasonic

Tersedia tiga tipe camcorder di pasar, yaitu V500, V100, dan V10. Panasonic Lumix V500 mengandalkan Intelligent 50x Zoom dan HYBRID O.I.S. yang akan meminimalisir blur pada saat zoom sehingga menghasilkan gambar yang jelas bahkan pada saat melakukan 50x zoom handheld dan pada saat mengambil gambar sambil berjalan.

Panasonic Lumix V100 merupakan camcorder yang mengedepankan desain yang ringan dan compact sehingga mudah untuk dibawa serta dapat merekam selama lebih dari dua setengah jam. Tipe V10 merupakan pengembangan dari model sebelumnya yang dapat memproduksi gambar dengan kualitas HD serta fitur 70x zoom.

Telkomsel Sediakan Layanan Wi-Fi Seamless Pertama di Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel kembali menggebrak dunia pertelekomunikasian di Indonesia. Layanan baru dihadirkan yang memungkinkan pelanggan melakukan perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke Wi-Fi secara otomatis (auto-connect). Perpindahan koneksi ini dilakukan untuk memperoleh layanan akses data berkecepatan tinggi melalui Mobile Wi-Fi Seamless. Layanan ini adalah hasil kerjasama antara Telkomsel dan Telkom sebagai induk perusahaan.

Layanan Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel dapat digunakan oleh pelanggan yang memiliki ponsel pintar (smartphone) dengan teknologi Seamless Wi-Fi atau EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-Subscriber Indentity Module). Pelanggan dapat menikmati Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel dan langsung terhubung ke Wi-Fi  secara otomatis tanpa perlu login dengan memasukkan user ID dan password apabila telah berlangganan paket data Telkomsel Flash dan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi EAP-SIM.

“Layanan Mobile Wi-Fi Seamless  Telkomsel hadir untuk memberikan pengalamanan akses data yang lebih cepat dan nyaman kepada pelanggan. Selain itu, penggunaaan layanan Mobile Wi-Fi Seamless merupakan terobosan baru yang belum pernah dilakukan oleh operator selular lain di Indonesia,” papar Ririn Widaryani, VP Product Marketing Group Telkomsel.

Wi-Fi merupakan bentuk lain akses data ke jaringan mobile Telkomsel pada Node-b atau BTS (Base Transceiver Station), sehingga pelanggan dapat merasakan pengalaman mengakses layanan data melalui jaringan Wi-Fi  dengan kecepatan tinggi sama seperti ketika menggunakan jaringan 2G/3G.

“Saat ini, Telkom telah menyediakan 6000 jaringan Wi-Fi yang telah tersebar luas di Indonesia. Dengan adanya layanan terbaru Telkomsel Mobile Wi-Fi Seamless, Telkom akan menambahkan layanan Wi-Fi yang berkecepatan tinggi hingga 100 Mbps, sebanyak satu juta unit,” tambah Widaryani.

Cara Menggunakan Layanan Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel

Untuk dapat menikmati layanan Mobile Wi-Fi Seamless Telkomsel, pelanggan harus melakukan setting pertama kali pada ponsel pintar (smartphone) dengan cara  mengaktifkan Wi-Fi dan memilih SSID flashzone-seamless, kemudian memilih EAP-SIM sebagai Enterprise sub-type.

 Jika sudah berada di area Flash Zone Seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting device akan langsung terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu memasukkan userID dan password. Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flash Zone Seamless.

"Layanan ini hanya dapat digunakan bagi pelanggan Telkomsel Flash saja. Bagi pengguna layanan paket data Telkomsel BlackBerry tidak dapat menggunakan layanan tersebut," tutup Widaryani.

 

CHIP Meet Up Version 7.0 : You've Been Hacked

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertempat di main stage Festival Komputer Indonesia (FKI) 2012, Jakarta Convention Center (JCC), CHIP.co.id mengadakan seminar CHIP Meet Up Version 7.0 : You've Been Hacked (9/6).

Pada seminar yang berjalan selama kurang lebih tiga jam ini, CHIP.co.id menghadirkan dua pembicara handal di bidangnya, yakni A. Alfons Tanujaya - Director PT. Vaksincom dan Yani Ismanto, S.PD, S.H, M.H - Perwira Unit Cyber Crime Polda Metro Jaya. Kedua pembicara ini membagikan ilmu mereka seputar Malware, Flame, Antivirus, dan penyelidikan kepolisian akan kasus Cyber Crime yang saat ini menjadi kasus terheboh di Indonesia dan dunia.

Dimulai oleh Bapak A. Alfons Tanujaya yang memaparkan pengetahuan akan Malware, Flame, Antivirus, dan ancaman di dunia Cyber. Ia menjelaskan kepada peserta bahwa saat ini tidak ada sistem operasi yang aman dari ancaman di dunia Cyber.

"Jangan kira Anda menggunakan sistem operasi MacOS maka device Anda akan terhidar dari serangan Malware, Flame, ataupun Virus. Karena saat ini, perkembangan ancaman di dunia Cyber bertumbuh semakin pesat, seiring dengan semakin banyak orang yang menggunakan  teknologi," tutur Tanujaya.

Secara berurutan, sistem operasi yang paling rentan serangan adalah Windows, Android, dan MacOS. Tanujaya juga menemukan temuan bahwa serangan Trojan saat ini masih tinggi. Beberapa tahun lalu saja, Ia telah menemukan 98% pengguna MacOS yang terkena serangan Trojan.

Untuk mendukung temuan Tanujaya akan ancaman-ancaman kejahatan di dunia Cyber, Yani Ismanto dari Polda Metro Jaya memaparkan bahwa kejahatan melawan hukum yang menggunakan Internet yang semakin mengancam keamanan masyarakat dunia.

"Setiap hari, ada 30 laporan kasus cybercrime yang ditemui oleh kepolisian Indonesia, di antaranya adalah kasus pencemaran nama baik," ungkap Ismanto.

Berdasarkan temuan di atas, kejahatan dan ancaman tidak akan terjadi, jikalau pengguna Internet menggunakan password yang aman.

"Bagi Anda yang menggunakan teknologi Internet untuk menyimpan file-file penting milik pribadi atau pun lembaga. Diharapkan untuk mengganti password kemanan Anda minimal satu minggu sekali. Karena, semakin sering dan sulitnya password Anda, maka ancaman di dunia maya akan terminalisir," jelas Tanujaya.

Tetapi, seringnya kita mengganti password maka semakin mudahnya kita melupakan password tersebut. Maka, Tanujaya pun memberikan tips aman menyimpan password Anda dengan menggunakan layanan pengingat password gratis, seperti "Keepas Password". 

Sedikit bocoran tentang aplikasi tersebut. Bagi pembeli majalah CHIP edisi mendatang, tim digital CHIP mengungkapkan akan memberikan aplikasi "Keepas Password" di dalam DVD CHIP terbaru. Kapan waktunya? Tetap terus berlangganan majalah CHIP Indonesia ya.

Prodigy Kenalkan Tiga Game Teranyarnya

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Bertepatan dengan Festival Komputer Indonesia (FKI) 2012 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 6 - 10 Juni 2012, PT Prodigy Infinitech (Prodigy) baru saja menggebrak dunia gaming Indonesia dengan memperkenalkan tiga game terbaru.

Tiga game yang telah dipersiapkan untuk dimainkan oleh penggemar game Tanah Air oleh Prodigy, yakni; Realm of the Titans (The new 3d Dota), Mercury Red (Fusion FPS), dan Harvestmoon Online (Social Online Game).

"Inilah wujud dari keeksistensian kami, dengan mempersiapkan tiga game teranyar yang akan segera diluncurkan berbarengan," ungkap Sony, General Manager Prodigy Infinitech.

Untuk saat ini, penggemar game Indonesia sudah dapat memainkan Realm of the Titans (ROT) dan Mercury RED. Prodigy telah memegang hak lisensi ROT di Asia Tenggara. Jadi, pemain game ini dapat bermain dan berperang bersama para Titans di luar Indonesia, seperti; Singapura, Filipina, Thailand, Myanmar, Brunei, Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Berbeda dengan dua konsep permainan ROT dan Mercury RED yang berbasiskan perang-perangan, Prodigy juga menghadirkan game farming simulation, Harvest Moon yang telah memiliki penggemar setianya di Indonesia. Siapa yang tidak tahu game Harvest Moon? Sudah pasti semuanya sudah pernah mendengar dan memainkan game yang menceritakan kesibukan sebagai seorang petani di sebuah desa terpencil. Bagi kalian penggemar game Harvest Moon, harap tunggu tanggal mainnya ya! Karena, game Harvest Moon Online yang telah dilengkapi dengan fitur bahasa Indonesia ini, baru dapat dimainkan di sosial media kesayangan, Facebook dalam waktu dekat.

Symantec Temukan Kenaikan Ancaman Spam Hingga 2,9 Persen

Posted:

Jakarta, CHIP.co.id - Selama bertahun-tahun, penyerang memfokuskan pada PC berbasis Windows, karena sangat luasnya penggunaan platform Windows sehingga imbal investasi menjadi jauh lebih besar. Namun, Symantec Intelligence Report edisi bulan Mei 2012 mengungkapkan bahwa telah terjadi pergeseran perhatian dari para penyerang dari PC ke mobile device.

Pergeseran ini tampak jelas seperti yang telah kami laporkan dalam Symantec Internet Security Threat Report (ISTR) terbaru untuk 2011, di mana ancaman Android berubah dari sesuatu yang sama sekali baru, menjadi sesuatu yang biasa terjadi, seperti Opfake.

Ancaman ini juga menyerang banyak sistem operasi perangkat, dari Symbian, Windows Mobile, dan bahkan menargetkan perangkat iOS melalui penipuan phishing yang sangat rumit. Tidak hanya pertumbuhan ancaman perangkat bergerak yang terus tumbuh di tahun 2012, tetapi kecepatannya juga telah bertambah secara signifikan. Di akhir bulan Mei 2012, terdapat 11 jenis ancaman Android baru dan dalam 12 bulan kemudian jumlahnya akan mencapai lebih dari 30. Naik hampir tiga kali lipat, dari tahun sebelumnya.

Penemuan terbaru lainnya adalah W32.Flamer, ancaman yang sangat terarah dan canggih yang secara khusus menargetkan beberapa ratus organisasi dan perorangan di wilayah Timur Tengah. Berdasarkan analisis Symantec terbaru, Flamer muncul sebagai tool mata-mata serbaguna yang biasanya dibuat untuk tujuan spionase cyber dan mencuri semua informasi dari mesin yang dibajak. Flamer memiliki ukuran 20 megabyte, yang jauh lebih besar dibandingkan Stuxnet atau Duqu. Di bawah ini adalah infografik beberapa faktor kesamaan mereka:

Lebih jauh, Symantec juga memperkirakan akan melihat spammer yang mengambil keuntungan dari “kalender acara” lainnya yang akan datang termasuk Olimpiade London 2012. Symantec baru saja menemukan sebuah penipuan baru di mana spammer menanyakan keinginan untuk ikut serta dalam acara tersebut menjadi koordinator, penyambut tamu, dan lainnya. Sepertinya scammer akan terus mengambil keuntungan dari acara olah raga besar tingkat dunia dengan penipuan lotere dan penggunaan taktik baru lainnya yang lebih canggih.

Statistik Spam di Kancah Global dan Indonesia


Dari hasil grafik di atas, Symantech menemukan:

  • Rasio spam global di trafik email meningkat sebesar 3,3% poin sejak April, menjadi 67,8%.
  • Indonesia memiliki tren yang sama di mana tingkat spam meningkat sebesar 2,9%, menjadi 66,3%.

Rasio Peningkatan Virus April - Mei 2012


Dari hasil grafik di atas, Symantech menemukan:

  • Rasio global virus yang berasal dari email di trafik email adalah 1 dalam 365.1 email di bulan Mei, merupakan penurunan dari 1 dalam 330,0 di bulan April.
  • Juga, rasio virus yang berasal dari email di trafik email di Indonesia turun menjadi 1 dalam 1281,4 email di bulan Mei, dibandingkan 1 dalam 1353,3 email di bulan April.

LG Garap Kompetisi Game 3D Terbesar di Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id – Kabar baik bagi penyuka permainan konsol (console game), khususnya Pro Evolution Soccer 2012, datang dari PT. LG Electronics Indonesia. Vendor elektronik yang berbasis di Korea Selatan ini baru mengumumkan akan mengadakan kompetisi game 3D terbesar di Indonesia. Kompetisi bertajuk Lets Fight in 3D 2012 ini rencananya bakal berlangsung di delapan kota besar di Indonesia dengan total hadiah lebih dari seratus juta rupiah.

Bagi peminat kompetisi ini, LG membuka luas pendaftaran sebagai peserta yang dilakukan secara online dengan mengakses www.lg.com/id/lets-fight-in-3d atau mengakses langsung ke situs resmi LG di alamat www.lg.com/id untuk informasi lebih lanjut. Adapun tenggat akhir pendaftaran ditutup sampai satu hari sebelum jadwal kompetisi dibuka di setiap kotanya.

Medan ditunjuk sebagai kota pertama yang akan membuka kompetisi Lets Fight in 3D 2012. Berlangsung mulai dari 13 – 17 Juni mendatang, kompetisi akan mengambil tempat di pusat perbelanjaan Sun Plaza. Selama empat hari tersebut, masing-masing peserta akan beradu lihai menjadi yang terbaik. Kota Palembang berada di urutan berikutnya pada tanggal 27 Juni - 1 Juli. Sementara Pekanbaru berlangsung pada 11 Juli – 15 Juli. Bandung berada di urutan selanjutnya yang berlangsung tanggal 25 Juli – 29 Juli dan Semarang pada tanggal 1 – 5 Agustus. Sedangkan untuk kedua kota lainnya, perhelatan Lets Fight in 3D 2012 masing-masing akan diselenggarakan pada 15 Oktober – 21 Oktober di Makassar dan  31 Oktober – 4 November di Surabaya.

“Tak hanya bagi para calon peserta, kami juga mengundang masyarakat dari berbagai kota ini untuk menjadi bagian dan berbagi kesenangan dalam menikmati pengalaman bermain game dalam nuansa 3D,” ujar Eko Adhi Suyitno, Product Manager Flat Panel Display – PT. LG Electronics Indonesia.

Selanjutnya, satu pemenang terbaik di tiap kota penyelenggaraan nantinya akan kembali ditantang membuktikan keunggulannya dalam babak final di Jakarta pada kisaran akhir tahun ini. Untuk mengikuti putaran final ini nantinya akomodasi peserta akan menjadi tanggungan LG.

Meskipun bermain dalam format 3D, LG menjamin tidak akan menimbulkan gangguan bagi peserta untuk mengikutinya. Mengusung teknologi Film Patterned Retarder (FPR) di dalamnya, LG Cinema 3D Smart TV hanya membutuhkan kacamata dengan lensa terpolarisasi (polarized lens) yang ringan dan bebas dari gelombang elektromagnetik karena tak membutuhkan daya listrik dari baterai. Dengan teknologi FPR, kedua mata menangkap sinyal dari layar TV secara bersamaan.

ZTE Dapatkan Sertifikasi Logo Windows 8

Posted:


China, CHIP.co.id – ZTE Corporation, pada hari Senin, tanggal 11 Juni 2012, resmi menjadi perusahaan pembuat perangkat terminal yang menerima sertifikasi Logo Windows 8 untuk pertama kalinya di China. Ini artinya produk ZTE memiliki kompatibilitas penuh dengan standar kualitas tinggi yang diwajibkan oleh Microsoft untuk perangkat berbasis Sistem Operasi Windows 8.

ZTE menerima sertifikasi untuk kartu data MF668A setelah lulus dalam uji WHCK untuk Microsoft Windows 8. Sertifikasi yang didapat ini akan mempercepat proses peluncuran komersial dari produk-produk seri Windows 8 dari ZTE.

Di tahun 2012 ini, ZTE juga akan bekerjasama dengan Microsoft untuk merilis sejumlah produk berbasis Windows 8, termasuk jenis smartphone dan tablet.

ZTE juga menjalin kemitraan sangat dekat dengan Microsoft yang sudah dimulai sejak tahun 2011. Perusahaan ini adalah mitra strategis yang sangat penting untuk platform Windows 8. ZTE secara resmi meluncurkan Windows Phone pertamanya, yang dinamakan ZTE Tania pada ajang PT/EXPO COMM China tahun 2011 di Beijing dan secara resmi meluncurkan smartphone tersebut di bulan Februari.

“Sertifikasi logo Windows 8 adalah sebuah penanda dari pencapaian dan pengakuan untuk kerja yang sudah bertahun-tahun dilakukan di bidang terminal," ungkap He Shiyou, Wakil Presiden Eksekutif, dan Pimpinan Divisi Terminal serta Handset dari ZTE.

ZTE Gandeng Yayasan Sayap Ibu Rayakan Hari Anak Sedunia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - ZTE Indonesia pada hari Sabtu, tanggal 9 Juni 2012, bekerja sama dengan Yayasan Sayap Ibu, menyelenggarakan acara sosial dengan tema “Care For Future Hope” (Peduli Akan Anak-anak Sebagai Harapan Masa Depan Kita).

ZTE menggandeng Yayasan Sayap Ibu yang mempunyai misi nasional yaitu berusaha mewujudkan kesejahteraan sosial. Kegiatan Sosial ZTE yang dilaksanakan di pusat Yayasan Sayap Ibu di Jl. Barito II, Kebayoran Baru Jakarta, melibatkan puluhan anak-anak dari berbagai usia. Saat ini ada sekurangnya 30 anak kecil di bawah naungan yayasan tersebut, rata-rata berusia dari balita hingga 10 tahun, dan 6 di antaranya sedang menempuh pendidikan di sekolah dasar.

“Kegiatan ini diselenggarakan demi memperingati Hari Anak Sedunia Acara yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2012 sekaligus merupakan satu bentuk dukungan ZTE terhadap anak-anak Indonesia,” demikian disampaikan oleh Andrew Tang, Direktur Teknis dan Komersial ZTE Indonesia. Dukungan yang diberikan ZTE dalam acara ini meliputi pemberian sumbangan sebagai tindakan nyata dalam memperjuangkan masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa agar dapat terus berkarya.

Sejak pertama kali berdiri di Indonesia, ZTE Indonesia sudah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang ditujukan untuk membantu mereka yang membutuhkan, terkena musibah dan juga usaha pelestarian lingkungan. Contohnya, ketika terjadi gempa bumi besar di Sumatera bagian Utara, ZTE Indonesia dan Asia-Pasifik memberi bantuan dalam rupa fasilitas Emergency Rescue Center, tenda-tenda, obat-obatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan, peralatan penyelamatan, selimut, pakaian bagi para korban gempa. Selain penanggulangan bencana, ZTE juga berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan, dengan kampanye sosial One Man, One Tree, yang sudah menyumbangkan lebih dari 3000 batang pohon untuk ditanam.

Dalam bidang pendidikan, ZTE juga berkomitmen penuh untuk meningkatkan transfer ilmu serta meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global melalui berbagai kemitraan dengan instansi-instansi keilmuan, contohnya adalah ikut serta dalam pendirian Innovation Lab di salah satu universitas ternama serta ujicoba teknologi LTE di Bandung pada tahun lalu.

Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan memberikan penghargaan “Indonesia Open Source Award” (IOSA 2012) kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, tokoh, komunitas, dan wartawan. Penghargaan tersebut akan diberikan atas prestasi atau karya pelaku yang terkait penggunaan peranti lunak Open Source di Indonesia.

Penganugerahan IOSA 2012 yang akan dilaksanakan pada 4 Juli 2012 ini didukung Kementerian Ristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asosiasi Open Source Indonesia dan komunitas Open Source Indonesia lainnya. Hal itu dinyatakan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Ashwin Sasongko di kantor Kementerian Kominfo Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat pada Selasa 13 Maret 2012. 

IOSA Awards yang diselenggarakan sejak 2010 ini bertujuan memberikan penghargaan dan memotivasi para pengguna, penggiat, pendidik, dan pengembang produk-produk berbasis Open Source. Berbeda dengan IOSA 2010 dan 2011 yang hanya memberikan penghargaan kepada institusi pemerintahan dan pendidikan menengah atas, IOSA 2012 ini juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa, tokoh, komunitas, dan wartawan, sehingga ada tujuh jenis penghargaan. 

Semua kategori, yaitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda), dan Sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) yang akan diberi penghargaan paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 – Juni 2012) telah menggunakan doftware Open source. Sementara mahasiswa yang akan diberi penghargaan adalah mahasiswa perorangan atau kelompok dari perguruan tinggi di Indonesia (akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut , dan universitas) yang telah menghasilkan karya terkait Open Source. 

Sementara tokoh yang akan diberikan penghargaan adalah personal atau perorangan yang telah berjasa atau berkontribusi dalam pemanfaatan produk-produk Open Source di Indonesia selama paling tidak satu tahun terakhir (Juli 2011 – Juni 2012). Kontribusi ini bisa dalam bentuk sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Calon penerima pengharagaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan tokoh tersebut. 

Komunitas yang akan diberikan penghargaan adalah kelompok atau group yang telah aktif paling tidak selama satu tahun terakhir (Juli 2011 – Juni 2012) dalam sosialisasi, penggunaan atau implementasi, pengembangan, atau dukungan di berbagai bidang seperti pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, dan/atau masyarakat umum. Contoh bentuk komunitas adalah KPLI (Kelompok atau Komunitas Pengguna Linux Indonesia) atau komunitas pengguna produk-produk Open Source lainnya, komunitas pengembang, komunitas pebisnis, dan bentuk komunitas Open Source lainnya. Wilayah dan jenis kegiatan komunitas dapat meliputi institusi pemerintahan, pendidikan, bisnis, LSM, masyarakat umum, dan lain-lain.  Komunitas calon penerima penghargaan dapat diajukan oleh personal atau instansi/organisasi atau komunitas yang memiliki data atau informasi keaktifan komunitas tersebut. 

Wartawan yang akan diberi penghargaan adalah personal atau kelompok wartawan yang telah menerbitkan tulisannya di media cetak nasional (majalah, tabloid, atau koran) atau media online selama kurun waktu setahun terakhir (Juli 2011 – Juni 2012). Wartawan calon penerima penghargaan harus mengirimkan bukti tulisan dalam bentuk hardcopy atau softcopy (file hasil scan dalam format jpg, png, atau pdf). Panjang tulisan minimal 400 kata atau 3.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan dapat berbentuk feature, opini, atau kolom.  

Dewan juri IOSA 2012 terdiri atas beberapa juri dari komunitas dan pemerintah yang telah dikenal masyarakat TIK dan Open Source Indonesia, di antaranya Dr. Onno W. Purbo, Prof. Kalamullah Ramli, Prof. I Wayan Simri Wicaksana, Rusmanto Maryanto, dan lain-lain. Jadwal pendaftaran calon dibuka oleh panitia IOSA 2012 sejak 19 Maret 2012 hingga 8 Juni 2012 melalui website www.iosa.web.id. 


 

Malam Puncak Apresiasi Nirmana Award 2012

Posted:

 


Jakarta, CHIP.co.id - Malam Puncak Apresiasi Nirmana Award 2012 diselenggarakan Sabtu 26 Mei 2012 kemarin. Setelah melalui masa kompetisi selama kurang lebih 3 bulan, panitia mendapatkan 800 lebih karya yang masuk untuk dijurikan. Ini membuktikan bahwa desainer muda Indonesia memiliki semangat yang luar biasa untuk berkarya, menunjukkan hasil karya, dan berkompetisi di sebuah ajang kompetisi yang positif. 

Setelah melewati proses penjurian yang melibatkan para pelaku industri kreatif ternama Indonesia, seperti Bona Soetirto, Chris Lie, dan Beng Rahadian, akhirnya tiga karya terbaik dari enam kategori yang dikompetisikan, yaitu Digital Imaging, Typhography, Motion Graphic, Design Tshirt, dan Ilustrasi pun diumumkan 

“Ada yang tidak diajarkan di kampus-kampus desain, yaitu keberanian. Keberanian untuk menunjukkan karya hanya mampu diuji melalui ajang kompetisi desain seperti Nirmana Award, yang nantinya akan membuat para desainer muda ini berani untuk mengembangkan kreativitasnya, dan membuat sebuah karya yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Saya yakin, Nirmana Award bagai angin segar bagi para desainer muda yang haus akan keberanian berkompetisi,” papar Irwan Ahmett, seorang seniman yang juga inisiator Urban Play Project yang turut menjadi pembicara pada workshop yang diadakan oleh Nirmana Award 2012.

Anto Pinarso selaku Executive Director Nirmana Award 2012 juga mengharapkan bahwa ajang kompetisi desain Nirmana Award 2012 tidak hanya akan berhenti di sini, namun harus menjadi awal terlahirnya desainer industri kreatif muda Indonesia yang mampu bersaing menembus kerasnya bisnis industri kreatif Indonesia, yang bisa berkarya tidak hanya untuk diri sendiri, namun menjadi inovator yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga kelak para desainer muda ini akan menjadi pembawa perubahan bagi daerahnya masing-masing. 

Sebagai wadah apresiasi, Nirmana Award patut berbangga, karena dalam penyelenggaraan yang pertama nya ini, Nirmana Award mampu membangkitkan harapan bagi dunia kreatif Indonesia, bukan hanya bagi para desainer muda yang tidak terjamah kantor-kantor agency besar di ibukota, namun sebaliknya bagi kantor-kantor agency yang membutuhkan ide-ide kreatif segar yang muncul dari pemikiran-pemikiran para generasi penerus industri kreatif Indonesia. Karena dalam industri apapun, regenerasi diyakini mampu membawa warna perubahan industri tersebut ke arah yang lebih baik. 

Untuk itu, Nirmana Award 2012 mengucapkan selamat bagi para pemenang kompetisi desain Nirmana Award 2012 yang akan dimumkan pada malam hari ini. Namun, terlepas dari para pemegang trofi, seluruh peserta baik yang berkompetisi maupun para peserta Roadshow dan Creative Portfolio Review nyatanya adalah pemenang bagi dunia kreatif Indonesia yang sesungguhnya. 


 

Waspadai Scam Baru di Facebook

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Waspadai scam cara baru yang mengintai akun Facebook Anda. Penipuan yang sedang terjadi di Facebook saat ini memberikan pengumuman untuk segera mendaftarkan keaktifan akun Anda untuk dienkripsi oleh Facebook team sebelum tanggal 15 Juni 2012.

Isi pengumuman scam tersebut ternyata juga memberikan iming-iming bahwa Facebook sedang memproteksikan diri akan serangan scam dari undang-undang SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act).

Kemudian, Anda diharuskan untuk login akun Facebook pada tombol yang telah disediakan. Tetapi setelah Anda menekan tombol tersebut, maka secara langsung scam ini akan memberikan pengumuman untuk klaim US$ 1 juta koin dan menyebarkan berita tersebut ke seluruh teman Facebook Anda.

Trik ini telah beberapa kali diterapkan pada beberapa situs media sosial dan pelaku sengaja menggunakan nama merk maupun brand ternama untuk menyakinkan korbannya untuk menyebarkan pengumuman palsu.

Telkomsel Berbagi Kasih dengan Atlet Veteran Indonesia

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Telkomsel kembali berbagi kebahagiaan di perayaan ulang tahun ke-17 dengan menggelar kegiatan Fun Bike 17 Tahun Telkomsel  Muda, Beda dan Paling Indonesia. Pada saat yang sama Telkomsel juga memberikan apresiasi kepada 5 purna atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Telkomsel menggelar Fun Bike 17 Tahun Telkomsel, pada hari Minggu, 10 Juni 2012 mulai pukul 05.30 pagi diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta terdiri dari karyawan Telkomsel dan pelanggan setia Telkomsel. Kegiatan Fun Bike ini memanfaatkan car free day mengambil  rute Senayan – HI – Senayan dengan meeting point dan lokasi puncak acara di Plaza Barat Senayan.

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga, mengungkapkan,”Aktivitas Fun Bike ini merupakan wadah untuk mempertemukan Telkomsel dengan para pelanggan, maupun mempertemukan antar pelanggan Telkomsel yang memiliki minat sama, bersepeda. Hal ini adalah bukti bahwa kami tidak pernah jauh dari pelanggan dan selalu memahami kebutuhan gaya hidup masyarakat Indonesia di era mobile lifestyle.”

Dengan semangat muda, beda dan Paling Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk menghargai para atlet yang berjasa dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Untuk itu pada puncak acara juga akan hadir lima purna atlet yang diundang mendapatkan apresiasi dari Telkomsel.

Kelima atlet senior yang hadir untuk mendapatkan apresiasi dari Telkomsel, mereka diantaranya; atlet tinju Edo Resiley yang meraih juara WBC Pan Pacific Asia dan PABA Asia, atlet tinju Cris Oritimur juara Nasional dan WBO Asia Pacific serta atlet tinju Jhonny Manusiwa yang pernah menjuarai tinju nasional dan PABA Asia Pacific. Selain itu hadir juga Samuel Huwae, atlet lari halang rintang yang pernah menjuarai Sea Games tahun 1987 & Sea Games 1991 serta kejuaraan Singapore Open dan Taiwan Open. Yang terakhir adalah Eduardus Nabunome, atlet lari marathon juara Sea Games tahun 1985, 1987, 1989, 1991, 1997 dan juara 1 maraton Asia.

Flash Disk ADVAN USB 3.0, Berikan Kecepatan Transfer Data Tinggi

Posted:


Jakarta, CHIP.co.id - Advan sebagai vendor tablet PC dan peralatan aksesoris komputer kembali meluncurkan produk terbarunya di segmen flash disk, ADVAN USB 3.0.  Bagi penggemar gadget teknologi baru, peralatan ADVAN USB 3.0 ini sangat menarik karena mampu menjadi media penyimpan dan transfer data yang mumpuni.

Jika dulu Anda ingin menonton file video di PC namun harus meng-copy file-nya dari USB 2.0 ke hard disk terlebih dahulu, baru memutarnya dengan media player, kini Anda bisa meninggalkan cara rumit itu. Bayangkan, Anda bisa menonton film HD (high definition) terbaru lewat televisi hanya dengan mencolok ADVAN USB 3.0 yang di dalamnya terdapat file film HD tersebut.

USB 3.0 merupakan revisi besar ketiga dari Universal Serial Bus (USB) standar untuk konektivitas komputer. Pada akhir 1990-an, revisi besar pertama dibuat dengan spesifikasi USB 1.1. Revisi yang disebut USB 2.0 menambahkan kecepatan transfer baru High Speed ​​(HS - 480 Mbit/s) dibandingkan kecepatan sebelumnya (Kecepatan Rendah (LS) - 1,5 Mbit/s dan Kecepatan Penuh (FS) - 12 Mbit/s).

Spesifikasi ADVAN USB 3.0 menggunakan konsep yang sama dari USB 2.0, tetapi dengan banyak perbaikan dan implementasi yang sama sekali berbeda. Perubahan spesifikasi ini melakukan perbaikan dalam beberapa bidang, seperti mentransfer kecepatan - menambahkan jenis transfer baru yang disebut Super Speed ​​atau SS - 5 Gb/s. USB 3.0 memiliki kecepatan transmisi hingga 5 Gb/s, yang 10 kali lebih cepat dari USB 2.0 (480 Mbit/s).

ADVAN USB 3.0 secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk transmisi data, mengurangi konsumsi daya, dan juga kompatibel dengan USB 2.0.  Pada komputer laptop generasi terbaru sudah dilengkapi dengan port USB 3.0 yang penampakannya sama seperti port USB 2.0 lama, namun berwarna biru. 

ADVAN USB 3.0 sudah dilengkapi dengan aplikasi antivirus (AVG) di dalamnya. Hadir dalam dua pilihan warna; hitam dan putih. ADVAN USB 3.0 dikemas dalam bentuk stylish dan modern. Untuk mendapatkannya, flash disk Advan USB 3.0 dijual dengan harga Rp139.000,00 untuk kapasitas 16 GB.

Social Movement Festival Ajak Generasi Muda Cintai Kebudayaannya

Posted:

 

Jakarta, CHIP.co.id - Indonesia dengan beragam latar belakang masyarakatnya memiliki beragam budayanya juga. Kebudayaan yang beragam itu hanya akan menjadi sejarah jika tidak ada yang peduli dan mau melestarikannya. Karena itulah komunitas anak muda Rotaract Semanggi mengadakan acara Social Movement Festival 2 pada Minggu (27/05) di At America, Pacific Place, Jakarta  

Dengan mengusung tema “Culture Meets Technology,” festival komunitas dan gerakan sosial ini merupakan kali kedua yang diadakan Rotaract Semanggi Jakarta. Di tahun 2011 lalu, acara yang sama berhasil menyedot perhatian publik sekaligus menjadi inspirasi beragam komunitas sosial. 

 “Sebagai pemuda Indonesia, kami prihatin dengan keberlangsungan nasib budaya bangsa ini di tengah invasi budaya luar – beberapa malah sempat diklaim oleh negara lain. Lewat SMF 2, kami mengajak pemuda dan masyarakat untuk lebih peduli, bangga, dan cinta terhadap budaya Indonesia.” ujar Oke Hastiawan, Project Manager SMF 2 sekaligus President Club of Rotaract Semanggi Jakarta.

Setidaknya sekitar 700 peserta dan lebih dari 30 komunitas partner turut hadir pada acara yang terbagi dalam dua sesi tersebut. Sesi pertama dari pukul 1 hingga 5 sore diisi oleh pembicara-pembicara dari berbagai latar belakang baik akademisi maupun praktisi. Sebut saja Adhyatmika, seorang film maker muda yang pernah memenangi kompetisi video di AmerikaSerikat, Dwiki Dharmawan yang pernah mengaransemen musik tradisional dengan perangkat elektronik, serta Profesor Sarlito Wiryawan dan Dr. Margaretha yang menyoroti kebudayaan dari sudut pandang akademisi. 

SMF 2 juga dimeriahkan dengan pemutaran film dokumenter batik oleh Vivian Idris dari Kalyanashira Foundation, atraksi seni dari IOV Univeristas Pelita Harapan,  Seraf Voce Sampoerna School of Education dan Saman Kids.

“Tema budaya sengaja kami gandengkan dengan teknologi untuk mendapatkan kesan kekinian dan menarik perhatian kaum muda, harapannya anak muda memiliki kesadaran utuh bahwa melestarikan budaya dapat dilakukan oleh siapa pun dalam bentuk apa pun,” tambah Fikri, koordinator humas acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar